• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?

nabilatama
TS
nabilatama
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
Jam belajar di sekolah akan ditambah menjadi seharian penuh, ide atau gagasan tersebut dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy seperti dilansir dari Detik (8/8/2016). Alasan jam belajar di sekolah ditambah seharian penuh atau full day school yakni agar pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki waktu untuk mendapat pendidikan karakter selain pendidikan dasar yang telah dipelajari di jam belajar biasanya.

Mendikbud juga memiliki visi agar dengan program full day school ini bisa menghindarkan pelajar SD dan SMP dari penyimpangan yang berpotensi terjadi di luar jam sekolah. Mendikbud Muhadjir Effendy menambahkan, ketika seorang anak pulang sekolah jam 1 siang, banyak orang tua yang masih bekerja hingga selesai kerja jam 5 sore. Waktu antara jam 1 siang sampai jam 5 sore ini diduga rentan adanya penyimpangan – penyimpangan karena kurangnya atau tidak adanya pengawasan dari orang tua.

Gagasan inipun telah disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Nantinya sekolah seharian penuh ini tidak hanya di dalam kelas, tapi juga bisa dilakukan di luar kelas. Tentunya belum semua sekolah sudah bisa menerapkan sistem full day school ini. Maka dari itu, Jusuf Kalla menyarankan agar diterapkan di beberapa sekolah dulu, sebagai percontohan.

Spoiler for foto anak sd:


Menurut kamu penting nggak sih jam belajar di sekolah ditambah menjadi seharian penuh ? Atau dengan kata lain, kamu setuju nggak kalau sekarang sekolah seharian penuh sampai jam 5 sore ?
Wah padahal sekolah sampai jam 1 jam 2 saja kadang sudah pengen buru – buru cabut ya ? Ini masih harus pulang jam 5. Masih harus catat mencatat pelajaran, padahal udah capek, udah ngantuk, udah laper, ujung – ujungnya catatannya berantakan kayak ceker ayam, sampai rumah tulisannya nggak kebaca, nggak bisa dipakai belajar, nggak bisa belajar jadi nggak bisa ngerjain ujian, nggak bisa ngerjain ujian akhirnya nggak lulus sekolah, waduh janganlah ya !

Hmm, sebenarnya bagus sih tujuannya, yaitu agar para pelajar, khususnya adik – adik yang masih SD sama SMP jadi terhindar dari warnet dan game online. Eh tapi kan di warnet juga bisa belajar ya ? Belajar membuat video tutorial game di YouTube (game lagi ujung-ujungnya).

Jumlah atau kuantitas waktu belajar di sekolah juga sepertinya tidak menjamin seorang pelajar bisa menyerap semua pelajaran, baik itu pelajaran atau pendidikan dasar maupun pendidikan karakter seperti yang menjadi tujuan dari rencana sekolah seharian penuh ini. Ya walaupun ada maksud lain, seperti agar para pelajar tetap sibuk dengan kegiatan yang positif.

Spoiler for foto ekskul:


Jadi nggak ya ini diterapin, jadi..nggak..jadi..nggak..jadi..



Ya udah sambil nunggu keputusan jadinya gimana, mending baca - baca thread lainnya kuy !
Spoiler for :


Bonus
Spoiler for bonus:


Tambahan dari kaskuser

Quote:

nah ini yg sepertinya tidak/kurang diperhatikan, sekarang aja udah pada demen work hard play hard, jangan2 abis study hard, play nya juga hard ya gan, waduhemoticon-Mewek

Quote:

terus anak2 pada ngelawan pas dimintain tolong nyak babenya, karena udah kecapekan sekolah, karena gak nurut, ortunya marah sampe mukulin anaknya, akhirnya masalahnya jadi makin kompleks emoticon-Mewek

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

wah ini, ini yg gaswat, karena ngerasa udah "dirantai" terus, pas udah lepas ya bebas sebebas bebasnya, jangan sampai deh, kasian

Quote:



Quote:



Quote:

Usulan yg bagus nih agan2 emoticon-Request

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


*Note
Maaf gan/sis gak bisa bales komeng/pm berhari-hari, karena kemarin2 bedrest
Sampe gak tau kalo thread sederhana ane ini sempet jadi HT, terima kasih buat agan sista, momod dan semua penghuni kaskus baik yang udah komeng maupun yang SR emoticon-Shakehand2
Diubah oleh nabilatama 19-08-2016 09:29
0
60.1K
837
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.