Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
895
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a84ba6c2cb1730768b4567/fenomena-arab-wannabe-dan-sejarah-batuk-pak-haji
Spoiler for Apa ya?: Quote:Agar tidak terjadi salah faham, karena baca gak selesai, maka kesimpulan ane taruh di awal ya :D 1. Terorisme adalah tindakan keji yang diperangi semua agama. 2. Stereotype bahwa teroris adalah orang yang ke arap-arapan atau berbau arap baru muncul sekitar tahun 1990an ke atas 3. Faktanya, terorisme telah ada dan tercatat dalam sejarah sejak abad ke-1, baca: http://
Lapor Hansip
08-08-2016 16:06

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Past Hot Thread
Terimakasih Momod, Agan yang bantu rekommend, Officer dan Mimin.
Buat yang udah nyendolin, mohon maaf ya ane belum bisa balas emoticon-Malu (S)


Quote:Note: Penggunaan kata "arab wannabe" sebenarnya tidak tepat (penjelasan di bawah).


Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Apa ya?


Agar tidak terjadi salah faham, karena baca gak selesai, maka kesimpulan ane taruh di awal ya emoticon-Big Grin


Quote:
1. Tujuan ane membuat tulisan ini: berharap stereotip, phobia, alergi yang menyebabkan keresahan di tengah masyarakat terhadap kata seperti "arab", "jilbab gede", "cadaran", "jengootan", "teroris", bisa sedikit berkurang.
2. Dimana penyebab alergi dan phobia ini kebanyakan karena banyaknya data dan berita yang tidak reliabel dan objjektif tersebar masyarakat, dan malasnya masyarakat untuk mencari fakta dari textbook dan sumber langsung.
3. Kita harus sepakat terorisme adalah tindakan keji yang diperangi semua agama.
4. Stereotype bahwa teroris adalah orang yang ke arap-arapan atau berbau arap baru muncul sekitar tahun 1990an ke atas
5. Faktanya, terorisme telah ada dan tercatat dalam sejarah sejak abad ke-1, baca: http://www.terrorism-research.com/hi...tory/early.php
6. Menurut sebagian kalangan, yang mengaku cendekiawan (baca: liberalis), jilbab adalah budaya arab, yang tidak harus dituruti.
7. Namun, bagi pemeluknya, Jenggot, jilbab, dan cadar bukan budaya Arab, melainkan ajaran Agama yang harus dihormati bagi yang tidak menganut dan ditaati bagi yang menganut.
8. Sedangkan Sorban, Turban, adalah budaya sebagaimana Peci, Songkok, Koko. Jangan diputar balik dengan poin diatas.
9. Streotype tentang arab di Indonesia kebanyakan berbau negatif, bisa dilihat dari komentar-komentar dibawah.
10. Padahal bangsa arab dan nilai-nilainya telah lama masuk (beratus-ratus tahun lalu) dan berakulturasi dengan nilai-nilai nusantara, sebagaimana nilai-nilai dari tionghoa.
11. Mereka mengidentikkan arap dengan terorisme, padahal stereotype ini baru meluas sejak tahun 2000an setelah tragedi WTC dan rangkaian lainnya.
12. Budaya arab sama seperti budaya-budaya tua lainnya di dunia, namun kebanyakan kita meletakkan standar ganda dalam menyikapi budaya asing.
13. Memakai penutup wajah bagi sebagian orang dianggap tidak nusantara, sok arap katanya! Padahal faktanya beberapa dari budaya nusantara di daerah-daerah mengenakan hal yang sama.
14. Beberapa orang akan ilfeel (jijik) melihat orang yang belajar dan mempraktekkan bahasa arab.
15. Faktanya bahasa ini adalah satu dari enam bahasa resmi PBB, dan 10-15% bahasa Indonesia di ambil dari bahasa Arab.
16. Ane kagak lagi promo Budaya Arab ya Gan. Ane keseharian malah sukanya fashion ala-ala adventure gitu, tapi ane gak pakai kaos "my trip my adventure" atau "national geographic" ya. emoticon-Ngacir
17. Kalau belum sempet baca sampai tuntas, mending nanti aja bacanya, takutnya miskonsepsi (gagal faham).


Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:Kalau lagi hangout atau ada kerjaan diluar, sekarang mata kita akan disajikan berbagai macam pemandangan yang beraneka ragamnya. Mulai dari adek-adek ngegemesin dengan hotpants-nya, katanya dulu sih, celana ini jadi identitasnya "kupu-kupu night" Eropa di tahun 1970-an. Ada juga mbak-mbak aduhai dengan miniskirt ala korea dan amerika. Lalu ada juga abang-abang ganteng yang memakai celana jeans yang konon celanya para penambang.

Quote:Ada juga om-om kantoran dan anak kuliahan kayak ane (emoticon-Malu (S)), yang memakai celana pentalon. Konon katanya si mbah dulu, celana model pentalon ini dipopulerkan para penjajah, dan dulu si mbah alergi banget menirukan gaya berpakaian para penjajah. Maaf ya mbah, cucuk mu ini, demi bisa kuliah, terpaksa mengikuti pakaiannya para penjajah mbah.. Soalnya, cucukmu ini isin (malu) mbah, kalau kuliahnya sarungan.


Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:Namun pemandangan diatas yang katanya bisa mencuci mata kita, tampaknya sudah biasa. Sekarang kita akan membahas trend yang jadi pembicaraan dan dianggap "aneh" oleh sebagian masyarakat. Fashion yang sekarang mulai digandrungi di Indonesia, baik dari kalangan pemuda-pemudi sampai kakek dan nenek. Fashion yang mencoba mengikuti fashion nya "Prophet and The Companions". Dari yang sekedar seperti kayak ibu-ibu pengajian dengan jilbab lebar sampai ada yang bilang mirip istrinya teroris. Dari yang celananya mirip boyband korea diatas mata kaki, sampai ada yang bilang celananya onta. emoticon-Hammer (S)

Quote:Ada juga trend mempelajari bahasa arab yang mulai menjamur. Selain itu, seperti bahasa inggris, jepang, korea, dan mandarin, bahasa arab juga mulai dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh kecil seperti di forum "KASKUS", usernya sering memakai kata "ane" dan "ente" yang diambil dari kata "ana" dan "anta" sebagai kata ganti orang pertama dan kedua.

Nah, orang-orang diatas, mulai dari jilbab lebar, jenggotan, celana ngatung, dan mempelajari bahasa arab, biasanya ada yang memanggil mereka "arab wannabe". Lalu gimana sih sebenarnya fenomena ini, dan kapan sih masukknya ke Indonesia? Tepatkah pelabelan kata "arab wannabe" pada mereka? Yuk kita simak bersama dibawah..


Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
Quote:
Fenomena Wannabe?

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
"Wannabe" adalah kata slank (gaul) yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang ingin menjadi jenis orang yang mereka kagumi, atau menjadi bagian dari kelompok atau golongan orang yang mereka kagumi, baik itu cara berpakaian atau berperilaku.

Contohnya dahulu kala, ketika zamannya Westlife dan F4 (yang diatas 90an mungkin gak tau). Banyak cowok yang berbondong-bondong meniru gaya berpakaian dan rambut mereka. Rambut dengan potongan bulat tengah adalah sesuatu yang menambah nilai kegantengan waktu itu. Fenomena ini menurut definisi, bisa dogolongkan kepada, fenomena "wannabe".

Kata "wannabe" sebenarnya tidak selalu berkonotasi negatif, cuman pada prakteknya memang kebanyakan dipakai untuk mengolok-olok atau mendeskreditkan orang yang memperaktekkan atau menirukan sesuatu.

Nah, sedangkan "arab wannabe" sendiri adalah kata yang dikeluarkan untuk menyebutkan atau mengolok orang yang mempraktekkan nilai-nilai atau hal-hal yang telah kita singgung di bagian pendahuluan.

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Manusia adalah makhluk sosial. Interaksi, akulturasi, pertukran budaya, faham, dan bahasa adalah sesuatu yang tak dapat dihindari.

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
Dalam meyikapi tentang pertukaran nilai dari luar, maka sikap orang akan berbeda-beda. Ada yang terlalu terbuka ada yang pertengahan (menyaring), ada juga yang tertutup. Namun sebagai makhluk sosial pertukaran nilai adalah sesuatu yang nicaya terjadi.

Banyak sebab dan cara terjadinya pertukaran nilai sebuah banngsa atau kelompok, bisa lewat penjajahan, diplomasi, perdagangan atau dengan yang lainnya.

Salah satu contohnya, adalah bahasa Inggris, yang dipakai hampir di segala penjuru dunia, bahkan menjadi salah satu bahsa resmi negara tetangga, Malaysia. Dimana pada abad 17 dan 18 bahasa ini tersebar melewati proses kolonialisme. Hasilnya bimbel bahasa inggris di Malaysia sepertinya tidak sesemarak di Indonesia. emoticon-Wink

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Stereotype: Mempraktekkan bahasa Arab adalah ciri "arab wannabe"? 15% dari bahasa Indonesia adalah bahasa Arab?

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
"Gimana bro (brother)?" "Sorry sist .." "Get well soon ya.." "On the way nih.." "Anyeong Haseyo kakak.." "Oppa, jangan tinggalkan aku!" "Konochiwa mas.." "Xiexie koko.." "Gimana ni akh? syukron ukh.. 'afwan ya.."

Seperti yang sudah disinggung diatas, pertukaran nilai adalah hal yang niscaya terjadi sebagai manusia. Contohnya adalah bahasa arab, dimana sekitar 10-15 % bahasa Indonesia terdiri dari kosa kata arab baik yang masih utuh ataupun serapan. Uniknya, bangsa arab tidak pernah menjajah Indonesia, melainkan terakulturasi lewat diplomasi kerajaan dan perdagangan.

Nah, jadi jangan lupa. Buat kamu yang alergi sama arab, pandai-pandai lah memilih kata saat berkomunikasi. Karena menurut hitungan probabilitas ane yang ngawur, 1 dari 10 kalimat yang kita sebutkan, memiliki unsur bahasa arab. Oke brother? are you ready? emoticon-Big Grin

Oia, yang paling kasihan itu, penduduk Indonesia yang dikenai kewajiban mendirikan sholat, namun alergi bahasa arab. Nah, jatohnya diantara dua aja. Dia sholat tapi tersiksa oleh alerginya, atau yang paling parah, dia gak sholat karena alergi. Which one is you?

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Rupanya, bahasa arab adalah satu dari enam bahasa resmi PBB.

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
'
Quote:
Enam bahasa yang menjadi bahasa resmi yang dipakai PBB adalah Arabic, Chinese, English, French, Russian, Spanish. Bahasa resmi ini dipakai dalam rapat-rapat, surat-menyurat dan semua hal yang berkaitan dengan institusi PBB. Contohnya apabila Sekjend PBB mengirimi surat ke Presiden Indonesia, maka menggunakan bahasa Inggris bukan Spanish atau Chinese.

Nah, jadi kalau ada orang mau mempelajari ke enam bahasa tersebut atau salah satunya, akan sangat berguna dalam berperan memajukan negara Indonesia. Eh iya gak sih? emoticon-Hammer (S)

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Jilbab dan menutup sebagian wajah bukanbudaya arab dan bukan budayanya orang gurun pasir.

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
"Eleh! itu mah cuman budaya arab! Disana kan panas dan berpasir tuh.. makanya mereka pakai pakaian kayak gitu.. Ndag usah sok ke arap-arapan lah.. Kalau berpakaian itu mbok yang nusantara sedikit!"

Pernah dengar kalimat diatas dan semisalnya? Wajar aja sih kalau yang ngomong itu cuman sedang mengenakan kemben batik khas nusantara. Lha yang ngesein ini dia pakai skinny jeans dan high heels?

Nah, yang perlu diluruskan sebenarnya dari kalimat diatas ada beberapa hal. Pertama, bangsa dan kebudayaa arab termasuk kebudayaan yang tua. Kedua, kebiasaan atau budaya wanita arab dahulu, sekitar 14 abad yang lalu adalah terbuka, baik bagian sebagian kepala, dan beberapa bagian tubuh yang lainnya. Ketiga kebiasaan memakai penutup kepala bagi perempuan (veil) adalah kebiasaan yang juga dipraktekan oleh bangsa-bangsa lain.

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Pakaian wanita arab zaman dahulu menampakkan belahan dada, telinga, punggung, dan kemolekan tubuh yang aduhai dan semeriwing.

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
Diatas itu relief Latta, Uzza, Manat. Itu mungkin udah hitungan pakaian paling ketutup loh.. Soalnya mereka itu terhitung orang sholeh dizamannya. Setelah kematian, awalnya orang-orang membuat patung mereka sekedar untuk peringatan aja. Eh, lambat laun disembah deh.

Note: buat Latta ada sejarah yang menyatakan doi cewek, makanya patungnya banyakan cewek. Namun yang tepat, berdasarkan the authentic hadith, doi adalah seorang cowok yang dermawan ketika masih hidup. Cuman kenapa patungnya banyak yag bentuk cewek, ya biasalah distorsi.

Jadi pakaian wanita arab zaman dahulu (pre-islam) masih aduhai banget, bikin kita yang mandangnya semeriwing. Diceritakan dibanyak riwayat yang outentik dan valid bahwa mereka senang banget berdandan menor (tabaruj) buat menarik perhatian.

Iya, memang ada versi sejarah berbau dongeng yang menyatakan wanita arab waktu itu telah mengenal dengan memakai hijab. Namun versi ini sungguh sangat lemah validitasnya. Kenapa? Karena bertentangan dengan bukti outentik nan valid yang disepakati oleh umat manusia tak pernah berubah redaksinya dari dahulu hingga sekarang, The Quran and The Shahih Hadith.

It was narrated from Safiyyah bint Shaybah that ‘Aa’ishah (may Allaah be pleased with her) used to say: When these words were revealed – “and to draw their veils all over Juyoobihinna (i.e. their bodies, faces, necks and bosoms)” – they took their izaars (a kind of garment) and tore them from the edges and covered their faces with them.
Narrated by al-Bukhaari, 4481.


Waduh, sampai lupa.. Kamu kan alergi sama dua nama diatas ya, The Quran and The Shahih Hadith. Oke deh, alasan lain kenapa sejarah versi itu lemah karena yang menulis dari pihak lawan, dan bertentangan dengan bukti-bukti berupa sastra-sastra arab kuno, relief dan lukisan kuno yang menggambarkan wanita arab pada waktu itu. Buat relief dan lukisan, persia sih bukan arab, tapi ya dari deskripsinya sih mirip.

Pertanyaannya, jadi kalau ada kakak-kakak bermotor yang pakai dress yang menampakkan belahan punggung, itu "arab wannabe" dong? emoticon-Hammer (S)


Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Salah satu pakaian tradisional wanita Jepang, Apakah mereka "arab wannabe"?

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
'
Quote:
Nah, kalau yang di arab tadi kan katanya panaa dan berpasir, kalau yang ini apa alasannya?
"Di sana kan adem makanya pakaiannya kayak gitu..
Gedubrak.. emoticon-Hammer (S)

Menurut beberapa keterangan dibawah sumber fotonya, pakaian ini adalah pakain musim dingin wanita jepang. Namun, disebagian foto juga menampakkan bahwa ini bukan dipakai saat musim dingin saja. Mungkin yang sering mempelajari kebudayaan jepang bisa menambahkan informasi mengenai ini?

Nah, jadi kalau ada wanita yang pakaiannya longgar-longgar, terus menutup kepala dan atau sebagian wajah, apakah mereka bisa disebut "Japan Wannabe"? emoticon-Big Grin

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Ratu Zita menggunakan pakaian yang kini dicap pakaian istri teroris saat pemakaman Emperor Franz Joseph, 30 November 1916.

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
Konon dress code ini wajib dipakai para bangsawan eropa (bukan cuman autstria) saat acara-acara tertentu, contohnya adalah saat"funeral ceremony". CMIIW.

Gak kebayang kalau Empratriz (ratu) Rita saat itu berjalan di Indonesia saat ini, mungkin udah diteriakin, "Dasar Ninja!", "Dasar Teroris!" atau "Dasar W*habi!". Dan kebayang kalau ada orang yang neriakin dia di zamannya, kalau gak masuk penjara atau digantung. emoticon-Big Grin

Untuk video pemakaman Emperor Franz Joseph, bisa klik disini. (Tun off the mute)

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Rimpu Mpida, pakaian khas Dompu yang "lebih nusantara" dan lebih Indonesia dibandingkan pakaian mini yang ngegemesin.

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:
Rimpu Mpida pada dasarnya digunakan oleh para wanita yang berasal dari bima maupun Dompu, Nusa Tengara Barat, Indonesia. Digunakanyya pun dalam kegiatan sehari-hari mereka, terutam saat keluar dari rumah. Tradisi berpakaian seperti ini berupa penutupan di bagian wajah, dada, dan kaki dengan menggunakan sarung. Sarung yang digunakan pun memiliki motif dan warna bermacam-macam. Sarung ini merupakan sarung husus yang dibuat oleh masayarakat Dompu, yaitu Tembe Nggoli.

Nah nusantara banget kan pakaian ini, gak kayak pakaian yang ane pakai kalau kuliah, gak nusantara banget. Yah, palingan dilingkungan rumah saja berpakaian nusantara, dengan sarungan dan peci Pak Karno. emoticon-Peace

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Quote:
Quote:
Stereotype: Jenggotan dan Celana Cingkrang Ciri Teroris

Quote:
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji

Quote:

Nah, ini adalah stereotype yang baru muncul setelah tahun 2000an ke atas, berkat beberapa teroris abad 21 yang berpenampilan seperti itu, dan media yang jempolan. Stereotype ini pun muncul. Padahal sebelum 2000an streotype ini belum muncul.

Namun apakah benar begitu? Ruapanya tidak. Sbagaimana perut buncit bukan ciri koruptor dan hotpants bukan ciri cabe-cabean berbayar, ternyata jenggotan dan celana cingkrang bukan ciri teroris loh!

“Orang berjenggot dan bercelana cingkrang bukan ciri teroris” ujar Mantan Kapolri Jendral Barodin, ini disampaikan beliau saat memberikan sambutan dalam acara yang berlangsung di Masjid Istiqlal, Sabtu (2/1/2016). Untuk video lengkap pernyataan Jendral Mantan Kapolri ini bisa disimak, di sini.

Mungkin presepsi diatas muncul sesuai dengan peribahasa "nila setitik, rusak susu sebelanga". Tapi tahukah Agan dan Sista, dari kesaksian para aparat keamanan dibidang ini, kebanyakan teroris ketika sedang atau mau melakukan operasi, mereka mencukur jenggot untuk kamuflase? Iiih.. ngeri ya.. Jangan-jangan teman kita yang habis shaving tadi pagi adalah teroris yang sedang meyamar. emoticon-Ngacir

Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji


Diubah oleh risoles.kroket
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 27 dari 46
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 17:58
Ulasan yang berbobot gan. Karena obroloan dan umpatan panastak vs panasbung sudah tidak menghibur lagi. Haha
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 17:58
super sekali thread ente gan emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
emoticon-Sundul gan
emoticon-Sundul gan
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 17:58
Nice trit gan emoticon-Shakehand2

Ane setuju 101% sama TS. Menurut ane istilah "arab wannabe" bisa jadi disematkan oleh orang-orang yang tidak suka sama Islam atau agama Islam terus berkembang di Indonesia. Kenapa? karena Arab itu identik dengan Islam dan Islam identik dengan Arab, sehingga seolah-olah agama Islam itu buat orang Arab, padahal Islam adalah agama rahmat bagi alam semesta (CMIIW).

Mohon maaf jika pendapat ane ga nyambung he he he ..
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:00
Pemikiran ts menarik emoticon-Malu (S)
. Ane setubuh sih gan . Contoh aja di forum sebelah yg kalo ada berita terorisme walau belom diketahui pelakunye pasti pada mencap itu adalah Muslim emoticon-Leh Uga . Kerjaannya nebar kebencian aja tiap hari , Dasar atheist wannabe emoticon-Big Grin . Yah begitulah stereotype disini .
Diubah oleh newbornxiao728
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:05
wah gitu vre
ane suka arab kok
lagu arabemoticon-Ngakak (S)
nice trit ts bahasanya mudah dipahamin
dan sumbernya lengkapemoticon-Toast
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:06
ane onta gan, kalau ke kampus bawa tupperware yg 1L, itu juga nanti beli lagi wkwkwk emoticon-Ngakak
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:20
Nice trit gan, tp kok komenannya banyak yg... emoticon-Big Grin

Fenomena ini namanya generalisir, sama kyk agan yg nganggep org yg pake hotpens semuanya cabe2an, pdhl gak selalu (walau kurang etis) wkwk
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:22
nih ane cendolin agan, karena ane tau bakalan banyak yang membata agan karena thread ini
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:24
Quote:Original Posted By kily89


wuih, sama donk sama anak" Australia gan....umur 3-4 tahun dah jago bahasa Inggris...


lebih jago lagi anak2 jerman, umur 2-3 tahun dah bisa ngomong jerman fasih gan
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:26
Noted dulu gan emoticon-Smilie
Baca nanti emoticon-Jempol

:nyantai
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:29
Haji dan Hajjah adalah cap yang diberikan bangsa belanda buat rakyat nusantara pada saat masih berkolonial dimarih. Jaman dulu kala, saat meneer merajai tanah kita, naik haji itu susah. Rakyat yang bisa naik haji bisa dibilang orkay, kaya yang kebangetan pula. Buat yang ngerti sejarah dan filsafat, kolonialisme itu pake otak. Bilamana ada orkay, maka si orkay ini "ditandai". Well, Haji atau H dan Hajjah atau Hj adalah pengecapan tersebut. Si penjajah bisa acak-icik atau negosiasi ke pihak nusantara melalu bapak haji dan ibu hajjah ini. Para pemegang gelar ini rata-rata tokoh masyarakat. Tengoklah pahlawan kita yang udah naik haji, hampir semua ditandai dengan Haji dan Hajjah toh?

Kemudian stereotipe masalag arab=teroris. Stereotipe hanya bisa dikalahkan dengan stereotipe juga. So, niat TS sudah baik. Tapi pembuatan stereotipe itu gak blak-blakan ngomong "Coy, gue mau ubah stereotipe nih. Ada teori dan praktiknya, terutama dari bidang linguistik dan budaya.

Gimana nih? Mau diteruskan? Share ilmu buat saya menyenangkan. Cuma jari capek ngetik euy. bahaha
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:31
mantap gan ..
Palauan gurun pasir ga cocok buat daerah beriklim tropis .. emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:32
Bingung gan. Ane pahamin dulu yak
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:34
Jaman sekarang orang lebih suka liat cewek pakaian nya terbuka,paha diumbar2,dada dipertontonkan biar dibilang kekinian ikut model orang bule,Korea ...nanti giliran terjadi pelecehan seksual nyalahin pria..tp kl liat cewek pake jilbab lebar,pake cadar langsung dibilang teroris Wahabi,turunan Osama sodaranya onta dll..haduh
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:36
Quote:Original Posted By ngkusser


ini maksudnya gimana gan??
ideologi, sifat dan kelakuan atau fashionnya?

apa yang pertama lu liat dari orang yang banyak tattoo?? identik dengan kriminal kan.
nah begitu juga dengan yg lu bahas di mari, nah andaikata, para simpatisan teroris termasuk lu itu berkelakuan baik, pasti masyarakat luas ga akan men-judge mereka seperti itu juga. sama halnya juga tattoo, kalo andai saja para kriminil ga punya tattoo, maka tattoo itu sendiri mrnjadi sebuah hal yang sangat berseni. shukron


You, I like you bro..
Manusia malas untuk berpikir banyak.. jadi lebih sering menggeneralisasi.. dari warna, bentuk, dsb.. contoh aja warna merah identik dengan larangan, keras, dsb.. jadi ya wajar aja generalisasi gitu kalo memang yg dibilang "wannabe/generalisasi" ga berusaha keras mengubahnya.. deket2 yg tattoo an pasti serem khan, nah coba yang tatto an / " susu sebelanga" nya nyapa pake bahasa alus atau ga agak melambai, khan jadi geli malah.. bergantilah serem itu jadi geli.. kalo merasa susu sebelanga jangan kalah sama nila setitik..
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:36
gini kek kalo bikin thread, sumbernya jelas,referensinya banyak, dibahasnya juga detail, nggak asal copas doang...

seneng kan jadinya kalo liat Hot Thread isinya nggak singkat-singkat macem OnTheSp*T tran*7 emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:42
ane dari smp pengen banget punya jenggot. sekarang sih udah tumbuh jenggot ya. tapi semenjak teroris tukang bom itu pada jenggotan, ane kalo ke mol, kalo kemana gitu diliatinnya gitu banget dah emoticon-Cape d...

ngapa ya?

0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:42
yang gw binggung adalah SARUNG.... kenapa kebanyakan muslim pria di indonesia ibadah pake sarung? apakah itu emang sunnah atau budaya? karena klo ane perhatiin diarab justru pake gak sarung (hanya pakai baju terusan/gamis atau apalah namanya itu) tapi kalo di indonesia justru kebanyakan pake sarung biar sah katanya, apalagi kalo sholat jumat atau hari raya lain nya 90% pake sarung, gw pernah sholat jamaah pake celana panjang dimasjid desa waktu mudik, eh dimasjid gw jadi perhatian, pas gw tanya sodara kenapa pada merhatiin gw...? katanya "karena gw pake celana panjang, orang desa sini klo sholat pake sarung semua, yang pake celana panjang itu musafir" emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:42
kalau janggut panjng dikuncir arab wannabe jg ga yah..
0 0
0
Fenomena Arab Wannabe dan Sejarah Batuk Pak Haji
10-08-2016 18:44
mantab....sayang ane blm bisa kasih reputasi lagi....sebelumnya udah pernah kasih reputasi ke agan kata kaskus....

keren gan...mantab..
.salut agan bikin tulisan ini..
.....ane jadi pengemar ente nih...haha...
0 0
0
Halaman 27 dari 46
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia