• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Foto-foto Revolusi Nasional Indonesia yang diblacklist oleh Belanda

ulimargis
TS
ulimargis
Foto-foto Revolusi Nasional Indonesia yang diblacklist oleh Belanda
Whew.. tritnya ada api unggunnya alias HT , maap ya HT kali ini agak berantakkan soalnya ane nubi total gan.


Quote:


Quote:


Cerita awal


Pada tahun 1969, Belanda terguncang, Bagaimana tidak, dalam program sebuah televisi bernama Achter het Niews (Di balik berita), seorang veteran perang Joop Hueting mengungkapkan adanya kejahatan perang yang dilakaukan oleh tentara belanda saat berlangsungnya Revolusi Nasional Indonesia. Dengan adanya pengungkapan ini, dia menyalahkan dirinya sendiri dan juga mengungkap rahasia negara dia sendiri.

Quote:


Sekitar Januari 2016, Hueting menceritakan kembali ceritanya di Museum Resistan Belanda di Amsterdam dalam rangka pameran Colonial War 1945-1949 - desired and undiesired images yang berlangsung sampai 3 April 2016.
Pameran ini menceritakan sejarah Revolusi Nasional Indonesia dari sudut pandang belanda - satu hal yang sangat mempengaruhi media belanda.

Quote:


Di pameran ini, foto-foto dipamerkan sesuai dengan kronologinya, baik itu yang sudah lolos seleksi dan terpublikasi di Belanda maupun foto-foto yang ditarik oleh pihak militer, salah satu alasannya ya karena kejahatan perang.

Berikut adalah foto-foto yang kala itu lolos dan masuk di Koran atapun majalah di Belanda dan Eropa seperti Panorama, Katholieke Illustratie dan Der Spiegel

Spoiler for lolos publikasi :


Spoiler for lolos publikasi:


Spoiler for lolos publikasi:


Spoiler for lolos publikasi:


Spoiler for lolos publikasi:



Spoiler for lolos publikasi:


Kenapa ada yang terpublikasi, tapi ada yang tidak ?

Pendek Cerita, ketika Perang Dunia II berakhir, Belanda dalam kondisi berantakkan, tetapi tetap ada upaya untuk mempertahankan kolonialisasi terhada Indonesia. Antara tahun 1945 dan 1950, lebih dari 120 ribu pemuda belandadikirimkan ke Asia dengan tujuan, mencegah perlawanan yang dipimpin oleh Soekarno yang saat itu tengah menggalang kekuatan.. Di negeri belanda sendiri, berita tentang hal ini mencuat dan memberikan imej(tampilan) yang baik . Foto-foto yang terpublikasikan di majalah dan koran menunjukkan bagaimana belanda membawa keteraturan dan kedamaian ke tempat yang telah ditinggalkan oleh otoritas lokal. Kebanyakan foto menunjukkan belanda melakukan pekerjaan yang humanis, tau dengan perilaku tentara yang ramah layaknya polisi yang mengamankan suatu daerah dari kejahatan.

Tapi kenyataan berkata lain, "keramahan" belanda ini adalah sebuah perang. tentara mereka patroli siang dan malam di lingkungan yang aneh bagi mereka. Penyergapan dan penembakan merupakan perintah, tapi musuh sering kali tidak terlihat. Semakin kesini, moral tentara semakin jatuh terlebih dengan menghadapi taktik gerilya. Perasaan belas kasihan atau iba terhadap Tentara Indonesia dan penduduk lokal pun menghilang

Berikut foto-foto yang tidak terpublikasikan waktu itu:

Spoiler for tidak terpublikasi:


Spoiler for Tidak Terpublikasi:


Spoiler for tidak terpublikasi:



Spoiler for tidak terpublikasi:


Spoiler for tidak terpublikasi:


Spoiler for tidak terpublikasi :



Demikianlah tread pertama saya di sini.. emoticon-Malu (S)Semoga kita bisa belajar dari sejarah, perbuatan belanda harus bisa kita maafkan, tapi jangan dilupakan ya gan.

SUMBER


UPDATE

Spoiler for lolos publikasi -update:


Spoiler for tidak terpublikasi -update:




Spoiler for Video yang terpublikasi - update:


Spoiler for Video yang terpublikasi - update:


Spoiler for Video yang terpublikasi - update:



Spoiler for Video yang TIDAK terpublikasi - update..WARNING!!!! DP:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:





Quote:


Quote:



Sebelum tab nya ditutup, mari kita mendengarkan ini (jika kuat buffer, gpplah sekali2 kuota kesedot ga sama 9gagu atau gosip artis)

Lagu Indonesia Raya yang diiringi alat musik etnis Nusantara



Diubah oleh ulimargis 06-09-2016 08:27
0
325.3K
1.1K
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
920.6KThread76.2KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.