• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • "Wonderful Indonesia" Promosi, Promosi, Promosi, Sudah Tepat Sasarankah?

psdinkAvatar border
TS
psdink
"Wonderful Indonesia" Promosi, Promosi, Promosi, Sudah Tepat Sasarankah?
Note:
Gak usah repot2 cek repost gan karena tulisan ini orisinil buatan sendiri.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kata Pengantar

Tidak ada yang meragukan keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Melihat akan potensi besar yang bisa menghasilkan pundi-pundi tambahan baik bagi daerah setempat dan juga bagi negara. Pemerintah melalui Kementrian Pariwisata membangun sebuah brand yang dimaksudkan untuk menaungi seluruh sektor pariwisata baik alam, budaya & adat, serta bangunan-bangunan yang memiliki keunikan, estetika, dan kekayaan sejarah masa lampau.Yups, brand itu adalah Wonderful Indonesia dengan illustrasi seekor burung yang sedang membentangkan sayapnya sebagai picture mark.

Spoiler for Logo Wonderful Indonesia:

Yang akan menjadi fokus penulisan saya adalah sudah tepat sasarankah iklan tvc Wonderful Indonesia berbahasa asing yang dimuat di tv lokal.

Sebelum masuk kepembahasan saya akan menjabarkan terlebih dahulu hal-hal yang bisa mempengaruhi konsumen bertindak sesuai kemauan produsen. Karena pembahasan ini mengenai pariwisata tentu konsumen yang dimaksud adalah orang-orang yang akan tertarik dan akhirnya mengunjungi tempat-tempat yang sudah ditawarkan oleh produsen (Kementrian Pariwisata). Inilah yang dimaksud dengan 'bertindak sesuai kemauan produsen".

Spoiler for Promosi Saja Tidak Cukup:


Berikut Hal-hal yang Mempengaruhi Konsumen untuk Bertindak
Spoiler for 1. Keunikan Tempat:

Spoiler for 2. Kenyamanan:

Spoiler for 3. Lokasi dan Fasilitas:


Spoiler for 4. Informasi yang Mudah Didapat:


Spoiler for 5. Wajib (Sangat Penting!!!):

Itulah hal-hal yang bisa mempengaruhi konsumen untuk bertindak sesuai kemauan produsen.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ISI

Sekarang kita masuk kepembahasan intinya. Jawaban singkat terkait pertanyaan di atas (sudah tepat sasarankah iklan tvc Wonderful Indonesia berbahasa asing yang dimuat di tv lokal adalah) tidak!!! Alasannya sangat mudah dan logis dengan menjawab pertanyaan ini. Banyakkah warga negara asing yang menyaksikan siaran televisi lokal?

Sampai sini sekiranya agan-agan ingin meninggalkan tulisan ini sangat diperbolehkan karena memang itulah intinya. Tapi berhubung saya penganut demokrasi dalam arti yang sebenarnya, dimana kebebasan harus dibarengi dengan tangung jawab. Jadi kritikan saya juga seharusnya dibarengi dengan masukan yang semoga bermanfaat.

Jika agan-agan berminat untuk membaca langkah-langkah strategis apa yang seharusnya dilakukan oleh Kementrian Pariwisata untuk menarik minat wisatawan asing, mari kita lanjut ke bawah gan!

Cara-cara yang Dapat Dilakukan untuk Menggaet Wisatawan Asing
Mengetahui sudah lumayan banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Jadi cara-cara yang dapat dilakukan untuk menggaet turis asing bisa dibagi ke dalam 2 cara.

1. Promosi di Dalam Negeri.

Spoiler for 1a. Pembagian Selembaran (Brosur atau Flyer) Kepada Wisatawan Asing:


Spoiler for 1b. Pemasangan Billboard:


Spoiler for 1c. Promosikan ke Kedubes Negara Asing:


2. Promosi Berskala Global
Spoiler for 2a. Menjadi Sponsor:

Spoiler for 2b. Libatkan Kedutaan Besar Kita:

Spoiler for 2c. Libatkan Generasi Muda:

Spoiler for 2d. Jadikan Artis Dunia Sebagai Duta Pariwisata atau Brand Ambasador:

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Penutup

Apa yang saya tulis disini mungkin sudah atau sama sekali belum dilakukan oleh pemerintah. Jika memang sudah dilakukan cukup kita jadikan sebagai penambah wawasan semata.

Semua yang saya ditulis adalah berkaitan jadi jika salah satu ditiadakan pasti akan berdampak pada keselurahan. Promosi bukan "barang" murah, tidak jarang setelah menghabiskan banyak dana untuk promosi tapi hasil masih belum keliatan.

Saya pernah membaca, inti dari brandingadalah menepati janji. Kita bisa mengatakan ini indah, ini nyaman, dll, dll. Tapi jika pada kenyataannya tidak sesuai seperti yang kita katakan konsumen pasti akan meninggalkan.

Kita hidup di jaman digital dimana semua serba cepat, tinggal "klik" jadi. Sayangnya itu tidak berlaku dikehidupan nyata. Semua butuh proses dan pengorbanan (waktu, tenaga, pikiran, dan uang). Terkait aktifitas promosi yang bukan barang murah, kesabaran dan keuletan adalah faktor kuncinya. Butuh waktu tahunan bahkan puluhan tahun agar kita bisa merasakan dampak dari promosi yang kita lakukan dan tentunya tetap menjaga brand promise.


Quote:


Spoiler for Kritik dan Saran:



Denger2 agan2 disini pada suka mulustrasi, ga lupa jadi bakal ane sertakan mulustrasi telanjang pula gan.
Spoiler for Nih Gan Mulustrasi Telanjangnya:



Komentar kaskuser ada di post 3 gan.


Spesial buat yang kontra. Untuk yang kontra lainnya belom sempet ane cek satu2 per page tapi kalo ada bakal ane angkut kemari juga
Spoiler for kontra:

Diubah oleh psdink 10-08-2016 16:37
1
36.5K
315
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.