Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
317
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a720a31cbfaa5c528b4567/quotbhutanquot-negara-menarik-lhoo-gan-males-baca-jangan-masuk
:1thumbup -WELCOME TO MY SIMPLE THREAD-:1thumbup Selamattt Petaanggg agan-sista semuanya??? Semoga dalam keaadan sehat semuanya yaa...entah kenapa ane mau coba share tentang negara unik dan menarik yang satu ini. Karena banyak hal yang ada didalam negara ini yang patut kita ketahui tentang kebudayaan, ras, adat-istiadat bahkan peradabannya sampai sekarang. Yaa sekalian ente berasa lagi keliling-ke
Lapor Hansip
07-08-2016 18:50

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)

Past Hot Thread
emoticon-Jempol-WELCOME TO MY SIMPLE THREAD-emoticon-Jempol


HOT THREAD (08-08-2016)


Selamattt Petaanggg agan-sista semuanya??? Semoga dalam keaadan sehat semuanya yaa...entah kenapa ane mau coba share tentang negara unik dan menarik yang satu ini. Karena banyak hal yang ada didalam negara ini yang patut kita ketahui tentang kebudayaan, ras, adat-istiadat bahkan peradabannya sampai sekarang. Yaa sekalian ente berasa lagi keliling-keliling dunia gitu, ane jelasin lewat thread ini. Oke baiklahh tidak perlu berlama-lama lagi, kita cekidoottt sekarang juga emoticon-Smilie

Quote:
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Bhutan awalnya dikenal dengan banyak nama, yaitu Lho Jong (Lembah Selatan), Lho Mon Kha Shi (Negara Mongolia Selatan dari Empat Penjuru), Lho Jong Men Jong (Lembah Selatan Pengobatan Herbal) dan Lho Mon Tsenden Jong (Lembah Mongolia Selatan tempat tumbuh Sandlewood). Asal-usul nama Bhutan mungkin berasal dari bahasa Sanskrit, Bhotanta, yang artinya “ujung dari Tibet”, atau dari kata Bhu-attan, yang artinya “dataran tinggi”. Bhutan pertama kali disatukan pada abad ke-17 oleh Zhabdrung Ngawang Namgyel. Setelah tiba di Bhutan dari Tibet dia mengkonsolidasi kekuasaannya, mengalahkan tiga kali invasi Tibet dan membangun sistem hukum dan pemerintahan yang komprehensif. Sistem hukum yang dibuatnya tidak berjalan setelah kematiannya dan Bhutan jatuh dalam perang sipil diantara para penguasa lokal. Hal ini terus berlangsung sampai Trongsa Poenlop Ugyen Wangchuck mampu mengontrol dan dengan dukungan penduduk menetapkan dirinya sebagai keturunan raja pertama Bhutan pada tahun 1907. Ugyen Wangchuck yang Agung menjadi Druk Gyalpo (Raja Naga) pertama dan membangun Dinasti Wangchuck yang berkuasa sampai sekarang.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Orang Bhutan menyebut tanah kelahirannya dengan “Druk Yul”, yang artinya “Daratan Naga Halilintar”, karena kuatnya petir yang sangat ekstrim yang selalu menyambar dari Himalaya. Bhutan juga dikenal dengan Kerajaan Kebahagiaan. Gelar resmi raja Bhutan adalah Druk Gyalpo, yang artinya Raja Naga. Nama julukan Bhutan adalah “Last Shangri-La”, karena warisan budaya dan alamnya yang masih murni. Ibu kota Bhutan adalah Thimpu. Inilah satu-satunya ibu kota di dunia yang tidak mempunyai lampu lalu lintas, karena setiap kali lampu lalu lintas dipasang, banyak orang yang keberatan dan kemudian kota kembali menggunakan polisi yang bersarung tangan putih.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Pada tahun 747 M, guru Buddha, Padsambhava, yang terkenal di Bhutan sebagai Guru Rimpoche atau Master Agung, mengunjungi Bhutan dan menyebarkan agama Buddha. Sejak itu, agama Buddha mendominasi seluruh kehiduapn sosial, politik, ekonomi dan kebudayaan di Bhutan. Tashichho Dzong di Thimpu adalah kuil Buddha juga tempat bagi pemerintahan sipil. Bangunan ini adalah istana kerajaan, kuil yang indah, dan kantor pemerintahan yang menjadi bagian kerajaan sejak tahun 1907. Universitas Buddha Tango di Thimpu dibangun pada abad ke-13 oleh Lama Gyalwa Lhanampa, dan dibangun pada tahun 1688 oleh Tenzin Rabgye, kuil tersebut sekarang menjadi Sekolah Buddisme Drukpa Kagyu di Bhutan.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Bhutan mempunyai 108 stupa di Dochula Pass, yang dibangun oleh Ratu Ashi Dorji Wangmo Wangchuk Agung, untuk memperingati kemenangan tentara Bhutan selama perng di Bhutan Selatan pada tahun 2003. Terletak di ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut, stupa ini seluruhnya menghadap arah yang sama dan masing-masing terdapat teks Buddha di dalamnya. Punakha Dzong adalah bangunan tertua kedua dan paling megah di Bhutan, juga menjadi tempat pernikahan kerajaan Raja Bhutan pada tahun 2011. Punakha Dzong terletak di persimpangan antara sungai Jantan dan Sungai Betina, yaitu sungai Pho Chhu (Bapak) dan sungai Mo Chhu (ibu). Tempat ini menjadi gedung kota, gedung peradilan dan kantor administratif pemerintah. Gedung ini juga sebagai kuil dan yang menarik bangunan ini tempat bagi peninggalan kuno dan lama Buddha yang terkenal.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Di Bhutan kita bisa berjumpa dengan rinpoche Bhutan. Rinpoche adalah Lama (guru Buddha) yang berpengetahuan, dihormati, dituakan, berinkarnasi. Kadang-kadang mereka bahkan masih muda. Orang-orang banyak yang berdiri brjajar untuk diberkati oleh rinpoche selama festival. Sampai tahun 1960-an, Bhutan tidak mempunyai jalan raya, mobil, telepon, pos, dan listrik. Bhutan melarang TV atau internet sampai tahun 1999, dengan akses yang terbatas. Di Bhutan, seluruh warga negaranya resmi menjadi satu tahun lebih tua pada Hari Tahun Baru. Pada ulang tahun raja Bhutan tahun 2003, dirayakan dengan pembukaan service handphone di negara tersebut. Internet adalah hadiah dari Raja Jigme untuk merayakan ulang tahunnya (Silver Jubilee) pada tahun 2000. Raja turun tahta pada tahun 2006, digantikan oleh putranya, Jigme Khesar Namgyel.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Agama resmi Bhutan adalah Buddha dan bahasa resminya adalah bahasa Dzongka. Pertama kali Bhutan boleh dikunjungi turis asing adalah pada tahun 1974. Bhutan mempunyai puncak tertinggi di dunia yang tidak boleh didaki, yaitu Gangkhar Puensum, karena puncak ini dianggap suci oleh orang Bhutan dan pemerintah melarang menaikinya dengan ketinggian 19.685 kaki. Gunung suci Chzhomolgari (tinggi 7314 m) adalah simbol negara Bhutan. Menurut legendanya, Naga Halilintar adalah tinggal di gunung ini. Area dilindungi terbesar di Bhutan adalah Taman Nasional Jigme Dorji yang di dalamnya ada puncak suci seperti Jomolhari, Tsherimgang, dan Jichu Drakey.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Bhutan tidak memakai GDP sebagai pengukur indeks ekonomi. Bhutan mengukur kesejahteraan dengan empat pilar, yaitu perkembangan berkelanjutan, perlindungan lingkungan, pemeliharaan budaya, dan pemerintahan yang baik, yang bersama-sama kemudian membentuk Gross National Happiness (GNH).Pada tahu 2006, beberapa tahun setelah Deklarasi GNH Raja Wangchuck, Business Week menempatkan Bhutan sebagai negara paling bahagia ke delapan di dunia. Bhutan adalah satu-satunya negara di dunia dimana penduduknya mempunyai kewajiban hukum untuk menjaga lingkungan. Di Bhutan orang dilarang menebang hutan, membunuh binatang, dan menggunakan pupuk kimia. Bhutan adalah satu-satunya negara di dunia yang melarang rokok, kantong plastik, dan sketboarding. Tata krama Bhutan menyebutkan bahwa kamu harus menolak makanan yang diberikan kepadamu. Tradisi ini dinamakan “Meshu meshu” dan tutup mulutmu dengan tanganmu. Olahraga nasional Bhutan adalah memanah.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Banyak rumah di Bhutan bergambar simbol kelamin yaitu penis untuk mengusir ruh jahat dan mendatangkan keselamatan. Sejarah simbol ini berasal dari lama yang bernama Divine Madman (Dewa Edan) yang terkenal karena cap Buddhisme nya yang khas yang menggunakan perilaku yang mengejutkan (dia seorang pemabuk dan penggombal atau perayu wanita) sebagai cara untuk membawa Buddhisme dikenal banyak orang. Menurut kepercayaannya bahwa di akan memukul ruh jahat dengan penisnya dan merubah mereka menjadi dewa-dewa yang melindungi. Poligami dan poliandri (wanita bersuami banyak) diperbolehkan di Bhutan. Jigme Singye Wangchuck, yaitu ayah raja yang sekarang, mempunyai empat istri, yang semuanya adalah adiknya. Mereka semua dikenal dengan Ibu Ratu.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Pemerintah Bhutan menggratiskan pendidikan dan berobat untuk penduduknya, meski negara ini termasuk negara miskin. Orang Bhutan suka masakan pedas. Ada lombok atau cabe di setiap masakannya. Makanan khas yang paling populer di Bhutan adalah Ema Datshi. Makanan yang populer lainnya adalah Momos, Phaksha Paa, Jasha Maru, dan Goep. Di Bhutan tidak ada makanan yang manis-manis. Minuman teh di Bhutan rasanya asin, yang dinamakan dengan “Suja”, yang dicampur dengan Yak Butter yang rasanya asin. Orang asing pasti tidak menyukai rasanya, tetapi kamu harus mencobanya.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Kambing “Takin” adalah binatang nasional Bhutan. Bunga Blue Poppy Himalaya yang jarang adalah bunga nasional Bhutan. Tanaman ini tumbuh di ketinggian antara 3000 m sampai 5000 m untuk beberapa tahun sebelum akhirnya mekar dan kemudian mati. Bhutan adalah satu-satunya negara penyerap Karbon, yang menyerap lebih banyak CO2 dibandingkan mengotori udara. Bhutan menjual listrik tenaga air dan menjadikan negara ini sebagai pengekspor energi yang dapat diperbarui. Pusat spiritual di Bhutan ada di kota Bumthang. Bumthang juga merupakan nama umum bagi empat lembah Ura, Chumey, Tang, dan Chokhor dan dianggap sebagai salah satu lembah suci di Bhutan. Keempat lembah Bumbthang ini ditandai dengan kuil-kuil, bendera pemujaan, dan stupa. Salah satu tempat yang suci di Bhutan adalah Kujey Lhakhang, karena Guru Rinpoche meninggalkan jejak jasadnya di gua ketika dia bermeditasi. Dari sini kita bisa memanjat ke Tamshing Lhakhang yang berada di sisi lain sungai yang berlawanan dengan Kurje Lhakhang. Tempat ini dibangun oleh Terton Pemalingpa. Juga Kenchosum Lhakhang, dan Mebar Tsho (Danau Api Membakar) yang dianggap sebagai danau suci bagi orang Bhutan yang percaya bahwa Pema Lingpa menemukan rahasia agamanya dari danau ini.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Di Bhutan banyak terdapat kuil (laghangs) dan tempat suci dan yang paling terkenal adalah Kuil Taktsang Lhakhang (sarang macan) yang dibangun pada tahun 1692. Pakaian nasional Bhutan untuk kaum laki-laki adalah Gho dan Kira untuk kaum perempuan. Bhutan mempunyai sangat banyak festival, yaitu festival Punakha Drubchen & Tshechu, Festival Chorten Kora, Festival Ghompukora Tshechu, Festival Paro Tshechu, Festival Lamberi Botanical Garden Rhododendron, Festival Ura Yakchoe, Festival Nimalung Tshechu & Kurjey Yshechu, Festival Musim Panas Haa, Festival Thimphu Drubchen & Tshechu, Festival Jambay Lhakhang Drup, Festival Bangau berleher hitam, Festival Tra Shigang Tshechu & Mongar Tshechu, dan Festival Dochula Druk Wangyal Tshechu.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Tempat yang menarik di Bhutan adalah Tiger’s Nest (sarang macan) yang berada di sisi tebing setinggi 900 meter di atas Paro Vally. Takstang terkenal sebagai sarang naga adalah tempat ziarah orang Buddha di seluruh dunia. orang Bhutan percaya bahwa mereka harus mengunjungi tempat ini sekali.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Hanya ada 9 pilot di dunia yang diperbolehkan mendaratkan pesawat di bandara Bhutan. Pilot harus mengemudikan pesawat melalui bukit dengan manuver yang baik sebelum mendarat maupun terbang. Orang Bhutan mempercayai makhluk mitologi, yaitu Migoli (atau Yeti), yang digambarkan sebagai makhluk seperti manusia dengan rambut yang panjang dan hitam di seluruh tubuhnya kecuali wajah.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Mariyuana tumbuh liar di Bhutan, tetapi tidak boleh dikonsumsi. Kata para petani lokal, dia memberi makan mariyuana kepada babinya agar babi merasa bahagia. Salah satu kostum atau pakaian tradisional wanita Bhutan adalah Thagzo, yaitu jenis tenunan tradisional yang pembuatannya bisa memakan waktu sampai dua tahun untuk satu panel. Bhutan terkesan sebagai negara pengoleksi perangko dengan perangko-perangko yang kreatif, yang paling inovatif darinya adalah perangko bergambar CD-ROM yang dikeluarkan pada 2008 untuk memperingati kejadian penting kerajaan, termasuk 100 tahun peringatan kerajaan dan penobatan raja kelima. Perangko peringatan tersebut berisi video cerita evolusi kerajaan.

"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)


Nahhh,,,sedikit tentang penjelasan Negara Bhutan ini semoga bisa menambah wawasan kita semua ya gan. Apapunn yang menjadi penganut kepercayaan setiap negara kita tetap harus menghormatinya karena itu merupakan kebudayaan dari leluhur kita yang diwariskan secara turun temurun.

SUMUR RESAPAN


Terima kasih sebelumnya buat agan-sista yang sudah mampir dimariih yaa,,,
Jangan lupa ada pepatah mengatakan "Kaskuser yang baik adalah yang suka meninggalkan jejak"

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Leh Uga


-THANKS FOR COMING TO MY THREAD-

-KASKUS-IS MY LIFE emoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh ujang.anto91
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 16
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:23
Anjir, gak sadar gw kalau ada gambar otong. emoticon-Ngakak (S) awal nya lagi asik baca sampe gak liat tapi pas gw perhatiin lagi bener, gambar otong emoticon-Ngakak (S) tapi kalau gw perhatiin lagi ini mirip kayak jepun ye, ada otong nya segala emoticon-Bingung (S)
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:26
Quote:Original Posted By jokodin
Anjir, gak sadar gw kalau ada gambar otong. emoticon-Ngakak (S) awal nya lagi asik baca sampe gak liat tapi pas gw perhatiin lagi bener, gambar otong emoticon-Ngakak (S) tapi kalau gw perhatiin lagi ini mirip kayak jepun ye, ada otong nya segala emoticon-Bingung (S)


Hidup otong gan! emoticon-Cool emoticon-Ngakak
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:27
Keren banget yak. Bagi ane semua negara keren semua. Sep.:sale :sale :sale :sale
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:28
mariyuana everywhere ,,.mabok mabok.gan emoticon-Ngakak
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:32
ane tertarik tp ane lg malas baca gan hehe
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:34
Gambar baik dan mariyuana adalah yang paling unik. emoticon-Big Grin
Diubah oleh hilmanzul
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:34
wow awesome ya , tapi ane tetep cinta INDONESIA

0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:38
jadi pengen otw bhutan... emoticon-Big Grin
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:39
anjir babinya nyimeng wkwk
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:49
Lucu juga buat ngusir roh nya
Wkwkkwk
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:50
wah gann.. ane pernah baca buku The gheography of bliss penulisnya erric weiner.. di buku itu di jelasin negara bhutan secara rinci gan emoticon-Matabelo
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:53
dilarang membunuh hewan, olahraga nasionalnya memanah. manah apaan? emoticon-Leh Uga
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:54
gak ada yg nyolong2 nyobain mariyuana ya?
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:55
hebat ya gan negar bhutan tidak terlalu terpengaruh modernisasi,demograzy,apalagi liberalisasi emoticon-2 Jempol
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:56
bhutan itu dekat mana ya gan
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 17:56
Gunung nya tinggi juga itu tapi kok gak terkenal ya...
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 18:04
ada yg unik
  • semuanya tentang naga
  • Banyak rumah di Bhutan bergambar simbol kelamin yaitu penis untuk mengusir ruh jahat dan mendatangkan keselamatan
  • Di Bhutan orang dilarang menebang hutan (rumah mereka gimana bikinnya kalau ga boleh pake pohon)
  • raja yang sekarang, mempunyai empat istri, yang semuanya adalah adiknya. (emang sama adeknya sendiri nafsu ya???)


tp keren sih bisa impor listrik menjunjung tinggi budaya
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 18:04
silahkan dibaca pak YAYATuntuk mdnambah wawasan dan menjadi orang yg tinggi ilmu
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 18:05
Quote:Original Posted By boas17
jadi pengen otw bhutan... emoticon-Big Grin


awas ente diusir pake gambar otong lho emoticon-Leh Uga
0 0
0
"Bhutan" Negara Menarik Lhoo Gan (Males Baca Jangan Masuk)
08-08-2016 18:08
Susah gan masuk ke negara Bhutan emoticon-Smilie
Visanya mahal bener emoticon-Smilie
Pemerintahnya aware bener sama menjaga lingkungan negaranya emoticon-Smilie emoticon-Salaman
Kalo ga salah byk pohon ganja disana gan hehe emoticon-Smilie

:nyantai
0 0
0
Halaman 7 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia