yotkc
TS
yotkc
Kuliah Sambil Kerja?? Yes or No??


ORIGINAL POST BY YOUNG ON TOP - youngontop.com
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Halo gan! Wah gimana kabarnya nih buat agan-agan anak kuliahan yang lagi menikmati liburan semesteran yang lumayan panjang? Mantap lah pastinya. Mau tidur dari pagi sampai pagi lagi? Travelling keluar kota sama sahabat? Terserah! Puas-puasin sebelum masuk lagi lah ya!

Nah, ngomongin soal kuliah, pasti adaaa aja kebutuhan kuliah yang diitung-itung ngeluarin uang lumayan banyak ya gan? Apalagi sebentar lagi semester baru, pasti makin banyak deh kebutuhan yang harus dibeli! Mulai dari alat tulis, terus bayar kost-an buat agan yang pada ngekost , terus kebutuhan di kost-annya yang sudah hampir habis?? Atau ada juga sebagian dari agan yang memang hobi banget belanja setelah pulang kuliah sama geng kampusnya? Hahaha, pokoknya semua UUD deh! Ujung-Ujungnya Duit emoticon-Big Grin
Berhubung banyak kebutuhan yang harus dibeli, entah kebutuhan perkuliahan atau kebutuhan pribadi, sedangkan kondisi perekonomian dan dompet sudah semakin menipis, kita sebagai mahasiswa harus mencari solusi dari masalah keuangan yang kita hadapi. Sebagian dari agan pasti ada yang memilih untuk meminta sumber keuangan kepada orangtua, tetapi pasti ada juga yang gak enak karena minta terus sama ortu, terus bingung gimana cara dapatkan uang selain dari ortu ya?
Hmm, bingung banget deh. Mau kerja tapi takut IP turun, tapi butuh banget duit nih! Yaudah deh! Nekat part time aja! Nahloh, gimana nih??
Sebenarnya kerja sambil kuliah sudah banyak dilakukan para mahasiswa. Tetapi sebenarnya apasih dampak positif dan negatif dari kuliah sambil kerja? Yuk kita bahas gan!

Siap Mental


Kuliah sambil kerja secara langsung dapat melatih mentalmu! Yup, benar sekali. Kamu pasti tahu, dunia kerja dan kuliah memang sangat berbeda. Kalau kita bisa curi start untuk menyesuaikan diri dengan dunia pekerjaan, mengapa tidak? Nah, dengan bekerja sambil kuliah, kamu dapat menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, melatih kemandirian, dan melatih dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih berani. Bagaimana tidak, kamu akan dituntut untuk melakukan semua tugasmu sesuai dengan keinginan atasanmu dan melakukannya secara benar dan on time, belum lagi adanya kemungkinan adanya beberapa pihak yang kurang menyukaimu namun kamu harus dapat mencari solusinya.

Menyalurkan Passion & Hobi

Menghasilkan uang dari hobi yang kamu miliki sudah pasti menyenangkan. Kamu dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan passionmu. Ada beberapa pekerjaan parttime yang dapat dilakukan, seperti les privat sesuai bidang yang kamu kuasai, translator, menjadi event organizer, dll.
Semua kegiatan itu akan sangat bermanfaat untuk kedepannya, baik untuk CV mu dan dapat menjadi bekal saat melamar pekerjaan ketika kamu sudah lulus nanti.

Kemampuan Membagi Waktu

Kalau kamu termasuk mahasiswa yang kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah-pulang dan terkadang merasa pusing dengan semua tugas yang diberikan dosen, kamu seharusnya malu nih sama mereka yang kuliah sambil kerja, tetapi tugas tetap jalan! emoticon-Big Grin
Mereka yang kuliah sambil bekerja biasanya memiliki strategi khusus dalam membagi waktu antara tanggung jawabnya dalam bidang akademik dan tuntutan pekerjaan yang ia kerjakan. Jika seorang mahasiswa dapat mengatur jadwal antara kuliah dengan pekerjaannya, maka ia dapat dikatakan sukses dalam hal pembagian waktu dan pencapaian target.

Setelah mengetahui beberapa dampak positif dari kuliah sambil bekerja alias parttime yang memang menyenangkan dan bermanfaat, kira-kira apa saja ya dampak negatifnya gan? Yukk, bahas lagi!

Waktu Tersita dan Sulit Membagi Waktu

Dapat dipastikan bahwa part time atau kuliah sambil bekerja akan menyita banyak waktumu. Baik waktu belajar untuk kuliahmu, waktu untuk beristirahat, waktu untuk keluarga, dan yang terpenting adalah me time mu. Intinya, kamu sibuk banget deh!
Berhubung kamu masih kuliah dan memang urusan pendidikan formal lah yang harus kamu utamakan sedangkan kamu memiliki kesibukan lain, kamu akan sedikit sulit membagi waktu, sedangkan banyak dosen memberikan tugas dengan deadline yang bikin pusing setengah mati ya gan! emoticon-Big Grin

Nggak Kayak Mahasiswa

Ketika kamu kuliah sambil bekerja dan kamu menikmati pekerjaan part time mu, secara tidak langsung kamu merasa enjoy dengan aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan, termasuk bekerja.
Dengan kamu menikmatinya, secara tidak langsung kamu akan sedikit kehilangan sifat aslimu sebagai mahasiswa yang tugas utamanya adalah belajar. Mungkin saja kamu akan sedikit menjadi lebih money oriented? Ada kemungkinan juga karena kamu sudah dapat menghasilkan uang sendiri, kamu akan mengesampingkan dunia perkuliahanmu.

Lelah

"AKU CAPEK!" Pasti kata-kata ini pernah terlontar dari mulut agan-agan yang pernah merasakan kuliah sambil kerja deh! Lagian siapa sih yang gak capek ketika otaknya harus dibagi untuk memfokuskan lebih dari satu hal? Staminamu pasti terkuras.
Pertama, kamu harus fokus kuliah yang terdiri dari ngerjain deadline tugas lah, kerja kelompok lah. Kamu juga dituntut maksimal dalam pekerjaanmu. Wah! Hayati lelahhhhh :"(
Karena kamu lelah, tidak menutup kemungkinan rasa malas kuliah akan timbul dalam dirimu. Inget ya gan, fisik kita terbatas loh, jadi kita harus tau kemampuan fisik kita dalam menjalankan semua aktivitas.

Nah, jadi gimana gan? Kuliah sambil kerja memang asyik sih, apalagi pekerjaan yang kita lakukan sesuai dengan passion kita. Selain itu, kuliah sambil kerja akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih siap di dunia kerja nantinya. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab. Ditambah lagi kamu dpaat memenuhi kebutuhan pribadimu.
Inget gan, education is number one! Buat kamu yang kuliah sambil bekerja harus memiliki komitmen dan tekun dalam hal kuliah, dan mengatur skala prioritas agar kuliah dan bekerja dapat berjalan dengan simbang. Solusinya adalah carilah part time yang tidak terlalu terikat. Jadi kamu dapat membatasinya dan dapat lebih mudah mengatur jadwal kuliah dan istirahatmu, So, selamat part time ya gan! emoticon-Big Grin

____________________________________________________________________________________________________________________



YOUNG ON TOP NATIONAL CONFERENCE 2016
"It's Millennials Time To Lead This Nation"

Apasih #YOTNC2016 itu?
Young On Top National Conference merupakan event tahunan dari Young On Top dimana kamu akan mendapatkan inspirasi dari para pembicara hebat dan berkesempatan untuk kenalan sama anak muda seluruh Indonesia!

Akan ada banyak pembicara hebat di #YOTNC2016

#YOTNC2016 akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu, 13 Agustus 2016
Tempat : Kartika Expo Balai Kartini
Waktu : 09.00-17.00
Tema : It's Millennial's Time To Lead This Nation
Peserta : 5000 orang

Yuk, segera beli tiketnya di www.youngontop.com/yotnc2016atau hubungi Fajar (082311399330)

Ayok segera daftarkan dirimu bersama ribuan peserta keren lainnya!

"Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa mesti nunggu tua?"

See you ON TOP!
@youngontop


Website: http://www.youngontop.com
Facebook: http://www.facebook.com/youngontopYOT
Instagram: @youngontop
Twitter: @youngontop
Youtube: http://www.youtube.com/YoungOnTopTV
LINE: @youngontop
Email: info@youngontop.com

***cek rangkaian IMPACT2016 by YOT di tahun 2016:

www.youngontop.com/impactbali
www.youngontop.com/impactmakassar
www.youngontop.com/impactsurabaya

***buat CV berstandar internasional di http://CV.youngontop.com sekarang. Bisa didownload, email, print untuk lamar kerja. FREE!
Diubah oleh yotkc 03-04-2020 12:40
0
59.6K
314
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
icon
1.7KThread849Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.