jiuguiAvatar border
TS
jiugui
Solusi Tiongkok untuk Kemacetan: Straddling Bus


Akhir bulan Mei lalu, sebuah gambar bus yang melaju di atas kendaraan lain beredar di internet. Bus yang disebut straddling bus -- secara harfiah berarti bus yang mengangkang -- ini merupakan jawaban atas kemacetan di Tiongkok.

Ketika itu, satu-satunya hal yang dibicarakan orang-orang adalah betapa mengerikannya bus itu karena ia terlihat seolah "memakan" mobil-mobil yang ada di bawah kolongnya.

Sebuah perusahaan Tiongkok yang membuat desain bus ini lalu membuat bus tersebut. Menurut Xinhua News, Transit Elevated Bus atau TEB-1 pertama kali melakukan uji coba di jalan pada hari Selasa di timur laut kota Qinhuangdao, yang terletak di provinsi Hebei.

Menurut gambar yang beredar, bus ini memiliki bagian dalam yang cukup luas dengan panjang 72 kaki (22 meter) dan lebar 25 kaki (7,6 meter). Gambar tersebut juga menunjukkan penumpang yang sedang menatap keluar jendela dengan wajah senang

The Verge menyebutkan, bus ini memiliki tinggi kurang lebih 16 kaki (4,9 meter) dan memiliki kolong setinggi 7 kaki (2,1 meter) sehingga mobil bisa berjalan di bawahnya. Bus yang dapat mengangkut hingga 300 penumpang ini memiliki jalur yang tersendiri yang tertanam di jalan.

Bus ini pertama kali diperkenalkan di tahun 2010. Kemudian, ia kembali dipamerkan di 19th International High-Tech Expo yang diadakan di Beijing pada akhir bulan Mei lalu. Song Youzhou yang mendesain bus ini mengatakan, saat ini, prototipe dari TEB-1 sedang dibangun. Sebanyak 5 kota telah menandatangani kontrak dengan TEB Technology Development Company untuk melakukan proyek percobaan.n.

http://teknologi.metrotvnews.com/new...straddling-bus

Indonesia Minat Datangkan Bus Kangkang Tiongkok,
http://www.kaskus.co.id/post/57a2bc1...c06ea9118b456b
Diubah oleh jiugui 04-08-2016 03:54
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.8K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.