Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
598
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57945e80582b2e534d8b4569/waspadalah-passion-itu-menjebak
Agan pasti sudah sering mendengar "ikuti apa passionmu dan uang akan datang dengan sendirinya". Masalahnya adalah it's a total bullshit. Omong kosong. Ane ingin sampaikan bahwa passion dan menghasilkan uang adalah 2 hal yang sangat berbeda. - Passion = sesuatu yang agan suka lakukan atau kerjakan - Menghasilkan uang = sesuatu yang agan lakukan dan "orang lain" mau membayarnya P
Lapor Hansip
24-07-2016 13:21

Waspadalah! Passion itu Menjebak

Past Hot Thread
Waspadalah! Passion itu Menjebak

Agan pasti sudah sering mendengar "ikuti apa passionmu dan uang akan datang dengan sendirinya".
Masalahnya adalah it's a total bullshit. Omong kosong.

Ane ingin sampaikan bahwa passion dan menghasilkan uang adalah 2 hal yang sangat berbeda.
- Passion = sesuatu yang agan suka lakukan atau kerjakan
- Menghasilkan uang = sesuatu yang agan lakukan dan "orang lain" mau membayarnya

Passion itu cenderung egois karena hanya memikirkan perasaan diri sendiri dan yang lebih buruk passion itu sangat menjebak. Mengapa bisa?
Inilah beberapa penjelasan mengapa passion bisa membunuh agan:

Quote:1. Uang dihasilkan dengan mengerjakan sesuatu yang orang lain "butuhkan"

Suka atau tidak suka, agan tidak akan bisa menghasilkan uang dengan passion apapun jika hal tersebut tidak dibutuhkan orang lain. Katakan saja passion agan bermain catur, sayangnya tidak banyak orang yang mau membayar agan untuk bermain catur.
Mungkin agan bisa menghasilkan uang dengan ikut lomba dan kejuaraan sana-sini, tapi apakah itu bisa menjadi pilihan karir yang menjanjikan? Berapa banyak atlit berprestasi dalam negeri yang sudah mengharumkan nama Indonesia hidupnya malah sulit di masa tua? Bahkan cabang olahraga yang populer seperti sepak bola saja mengalami krisis karena keadaan organisasinya yang berantakan.

Ane tidak mengatakan ini hal yang positif atau negatif, ini adalah kenyataan dan benar-benar terjadi. Sudah banyak orang yang hidupnya susah karena mengejar passionya, apa yang sering kita dengar tentang sukses dengan "follow your passion" hanya berasal dari sebagian kecil mereka yang beruntung dan berhasil dalam mengerjakan passionnya.

Bagaimana dengan mereka yang gagal? Siapa yang tahu.

Sama seperti maraknya entrepreneur pada jaman ini, kita sering mendengar cerita-cerita sukses pengusaha muda, tapi kenyataanya 90% lebih bisnis gagal pada tahun pertamanya dan ini fakta.

Bagaimana dengan mereka yang gagal? Yah, siapa yang tahu.

Poin penting yang ingin ane sampaikan adalah follow your heart but take your brain with you. Ikuti kata hati agan, tapi jangan lupa bawa pikiran agan bersamanya. Boleh berpikir idealis tapi jangan sampai agan menjadi tidak realistis.


Quote:2. Passion itu banyak dan mungkin agan akan memiliki ratusan passion selama hidup agan

Banyak orang yang salah mengartikan kalau passion itu adalah "pekerjaan yang kita suka".
Passion adalah "aktivitas yang kita suka", ingat passion itu aktivitas bukan pekerjaan. Kurang lebih prinsipnya sama seperti hobi. Pastinya agan memiliki banyak hobi yang artinya agan memiliki banyak passion dalam hidup ini.

Jika agan suka menggambar bukan berarti passion agan adalah menjadi pelukis. Contoh ane suka travelling, bermain basket, mendesain, dan bermain game. Itu semua adalah passion ane. Lantas apakah semua passion itu harus diperjuangkan? Tidak! Bahkan mungkin semuanya tidak worth it untuk diperjuangkan, passion adalah hobi bukan pekerjaan.

Beberapa orang beruntung karena bisa menjadikan hobinya (passion) sebagai pekerjaan, tapi jangan sampai agan terjebak dengan satu passion dan menganggap itu adalah jalan hidup agan. Passion agan banyak, jika bisa menghasilkan silahkan diperjuangkan, kalau tidak? Ya tidak usah dipaksakan.

Toh agan tidak perlu membuktikan hidup agan yang hanya sekali untuk menjadi contoh yang gagal bukan? Ingat passion itu hobi, pertimbangkan hobi mana yang pantas untuk diperjuangkan (bisa menghasilkan) atau mungkin agan tidak perlu mempertimbangkan hobi sama sekali.

note: passion agan juga bisa berubah-rubah seiring berjalannya waktu


Quote:3. Passion adalah kompetisi

Katakan saja passion agan bermain badminton dan ingin menjadi atlit badminton profesional. Tetapi apakah orang-orang yang memiliki passion (badminton) tersebut hanya agan? Ada ribuan bahkan jutaan orang lainnya yang memiliki passion serupa, dan mereka yang bisa sukses tentunya adalah mereka yang punya kemampuan dan nilai lebih.

Bukan berarti agan harus menyerah jika ada persaingan, tetapi pastikan agan mengerti kompetisinya dan sanggup bersaing di level yang sama. Bukan berarti dengan menyukai suatu hal (passion) lantas membuat agan menjadi hebat dalam bidang tersebut, justru yang sering terjadi adalah kebalikannya, begitu agan melihat persaingan yang sulit dan merasa kalau ternyata kemampuan agan tidak seberapa, disaat itu passion agan akan surut.

Karena itu passion bukanlah cara untuk meraih kesuksesan/kekayaan melainkan hanya salah satu jalan untuk kesana, masih ada ribuan cara lain diluar passion untuk mencapai kesukesan, namun definisi kesuksesan orang berbeda-beda, ada yang menganggap jika mereka bahagia maka mereka sukses, dalam hal ini tentu passion akan sangat membantu mereka meraih kesuksesan (kebahagiaan) tersebut.


Quote:4. Passion bukanlah satu-satunya jalan terbaik dalam menjalani hidup

Agan pasti sering mendengar quote:
"If you don’t build your dream, someone will hire you to help build theirs." - Tony Gaskins

Quote yang sangat menggelitik namun menjebak. Kenyataannya adalah menjadi karyawan bukanlah sesuatu yang sangat buruk, tidak ada yang salah dengan membantu orang lain mencapai mimpinya (build others dream).
Bisa agan bayangkan kalau semua orang menjadi entrepreneur? Apa jadinya dunia kalau tidak ada yang namanya karyawan?

Hal yang sama juga berlaku terhadap passion. Tidak ada yang salah dengan menjalani hidup dan pekerjaan yang bukan passion agan, tentu agan beruntung jika bisa hidup karena passion agan dihargai dengan layak, namun bukan berarti itu adalah satu-satunya cara menikmati hidup.

Daripada fokus pada passion, ane lebih menekankan fokus pada kelebihan agan. Hidup adalah persaingan, dan mereka yang menang adalah mereka yang dapat bermain dengan lebih baik, jadi fokuslah pada kelebihan atau bakat agan daripada hanya terperangkap dengan passion dan hati agan yang sering galau tak menentu itu.


Itulah sebab-sebab mengapa passion itu justru menjebak.
Akhir kata ane ingin tekankan bahwa hidup ini penuh dengan realita pahit dan kegagalan, fakta dilapangan tidak selalu seindah quotes-quotes di internet. Kita perlu lebih banyak belajar dari cerita gagal dan realita lapangan daripada sekedar dijejali mimpi dan ilusi kesuksesan yang tidak seindah teori diatas kertas.

Salam sukses untuk agan semua emoticon-Smilie

Sumur

Kunjungi juga thread ane yang lain:
Quote:Mengapa Agan Tidak Bisa Mendapatkan yang Agan Inginkan- Hot Thread !!
Pentingkah IQ untuk Kesuksesan - Hot Thread !!
Bagaimana Cara Mencari Passion Anda - Hot Thread !!
Jangan Membahagiakan Semua Orang - Hot Thread !!
Diubah oleh anonymbus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 19 dari 31
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:29
emang sih passion gak masuk akal bagi orang lain.emoticon-Leh Uga
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:30
bener juga gan
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:31
Tapi passion membuat kita lebih semangat dalam mengerjakan suatu pekerjaan gan.
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:35
Ya pake logika jg harusnya gan,

Misal passion lu maen catur, tapi yg lebih bagus dr lu banyak, ya mending cari jalan lain lah.. kecuali lu paling jago catur se indonesia.. pasti duit dateng jg sendiri.. tapi kalo lu ga yakin kalo menonjol diantara jutaan orang, mending mikir gmn passion lu yg "biasa" itu bisa dibayar org lain

Passion main bola.. tapi yg lebih jago banyak bgt.. eh seenaknya sendiri lg orangnya.. ya kalo jd atlet suram lu.

Tapi kalo kekeuh mau ikut passion, ya lu harus mikir gimana kekurangan lu bisa ketutup sama hal lain yg spesial. Nah kl udh gt boleh dicoba
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:38
Jd si ts maunya hidup demi uang dengan menjadi pengikut boss.
Kasihan gan.
Banyak yg sukses dengan passion.
Cepet amat nyerahnya
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:38
Bisa jadi sih, ya pinter" pilih hobi yang menghasilkan bree, contoh nih ente hobi jam" mahal tuh, ato hobi ngerakit jam, itu bisa dijual bre dan menghasilkan duit B)
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:42
Quote:Original Posted By mikrobit
kalo ada seorang anak kecil dia sudah berbakat bermain musik, kira2 kalo agan sebagai orang tuanya bakal ngarahin anak ini ke jalur orang yg biasa sama seperti yg lainnya atau ke jalur musik sesuai passionnya dia ?

ingat loh Tuhan sudah menganugrahi setiap orang itu sesuai dengan talentanya masing2, asal kita sungguh2 maka rezeki datang sendiri



liat" gan. kalo ortunya bukan seniman mungkin akan di jadiin pilihan ke 2
beda kalo ortunya seniman, apalagi yg sukses. itu baru bisa dijadiin pilihan pertama

masalahnya gan, walaupun waktu kecil udah pinter main musik, tapi kalo latihannya sama aja kayak orang laen. gedenya pasti bakalan sama kayak yg laen.
tidak bisa menonjol lagiemoticon-Toast
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:42
itu sih karena ente gak punya cukup kemampuan untuk bikin passion jadi duit...
keluarga ane sukses smua karena kami ngikutin passion kita masing-masing, and we are happy with it emoticon-Toast
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:43
kerja ngumpulin duit trus duitnya dipake buat ngejar passion gan emoticon-Cool
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:44
Quote:Original Posted By botolkecapp
gw tinggalin pekerjaan lama gw dengan gaji belasan juta, buat jadi tukang martabak emoticon-Big Grin
sekarang gw lebih happy ga ngliatin layar komputer mll, bangun siang, ga kena macet dan bisa menyalurkan apa yg emank gw suka untuk kerjain, gw emank hobby masak....
btw penghasilannya uda mulai mendekati gaji gw emoticon-Big Grin
emank awal2 berat, apalagi ga gampang buat martabak enak, kerja dr kantoran jd penjual, gengsinya lah kata orang (bagi gw mah bodo amat)emoticon-Big Grin tapi kalo lu suka ama yg u kerjain u pst berusaha buat produk terbaik, dan bukan soal uang aja yg u cari, dan orang yg jual produk karena uang aja akhirnya akan kalah oleh orang yg menjual karena pengen menghasilkan produk terbaik, dan sukses masalah waktu, karena dimana ada kebutuhan di sana ada permintaanemoticon-Big Grin

jadi curcolemoticon-Malu

btw sayang aja pas lu tua hidup lu cm inget tentang pergi pagi, pulang sore macet2an, tntng liat komputer tiap hari, ngeluh tiap hari, di paksa ngelakuin yg u ga suka, dan pd akhirnya u ngerasa itu arti hidup lu?emoticon-linux


Ane stuju gan, ane baru wisuda awal tahun, sempet ngelamar ke beberapa perusahaan juga, tpi ane malah mikir kl ane kerja pagi pulang sore malem capek, nanti kl misal nikah kasian istri sama anak ane. Ane hobi woodworking dulu cuma ngerjain cuma buat dekorasi kamar sendiri, sekarang alhamdulilah walau masih terhitung baru respon dari keluarga sama teman semua mendukung. Udah mulai muter juga uangnya gan. Ane skrg masih ngerjain semua sendiri, doain nanti ane bisa ngebantu temen" didesa ane buat maju bareng emoticon-Big Grin
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:45
mnatappp an..ane amankan
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:47
saya mau cerita aja ya om... saya baru merintis bisnis, dan di tahun2 pertama ini kita memang masih struggle... tapi kenapa saya "enjoy"??? ya karena ini hobi saya... saya suka travelling dan hal2 yg berbau transportasi... setiap saya update status di lapak saya, atau broadcast BBM & WA, saya juga sekaligus sharing info yg memang saya ketahui, karena memang saya suka mencari info2 terbaru ttg itu...

bayangkan, jika saya memulai bisnis yg dasarnya bukan passion saya, dan tahun2 pertama kita dapetnya dikiiiiitttt banget, kita mungkin gak merasa bahagia... dan itu udah pernah saya alamin... pernah dagang batik, terus jadi dropshipper aksesoris, hancur total... kenapa??? ya karena memang bukan "interest" saya di situ...
Diubah oleh junoon
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:47
Quote:Original Posted By MichaelSylndra
Salah baca ente..



Iya Kali Bray emoticon-Shakehand2
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:48
Nice info gan. Tapi poin yang perlu agan perhatikan adalah pebisnis yang di tahun pertamanya gagal. Terus kenapa ada pebisnis yang sukses terus? Karena dia ngga menyerah gan walau gagal berkali-kali. Itu baru yang namanya passion. Kalo passion baru gagal sekali dua kali udah nyerah itu bukan passion namanya. Kalo passion itu apapun halangannya ga akan nyerah.

Jadi sebenarnya yang menjebak itu bukan passion nya. Tapi godaan untuk menyerah. Ingat gan, di dunia ini ga ada yg instan. Gagal itu bagian dari proses.
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:48
Tapi bekerja sesuai passion itu tidak merasa seperti bekerja loh gan, rasanya lagi kaya seneng-seneng aja emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:49
pertamax
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:49
[removed]void(0); dan ujung ujungnya banyak orang2 salah kaprah ; bilang hobi orang buang2 duit & waktu emoticon-Cool koar koar sana sini mending ibadah lah kerja lah emoticon-Big Grin ga paham apa itu waktu luang emoticon-Big Grin
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:50
follow your heart but take your brain with you.
Diubah oleh afterlovehasgon
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:51
Quote:Original Posted By markuzyo.inc


Kalo money oriented biasanya quality nya yang dihantam gan, secara kalo orang bener bener passion disana quality itu no compromise alias prioritas nomor satu. Kalo money oriented mah menurut gw kebanyakan low quality pokoknya hi quantity sama untungnya hi juga (asal jadi duit).


iya gan .. kepuasan pribadi itu g bs d ukur dari uang ...... dan melihat orang lain puas dengan hasil kerja kita buat gw juga jadi kepuasan tersendiri ..... terkadang manusia udah lupa ada yang lebih penting nilai nya dari pada selembar ato setumpuk kertas
0 0
0
Waspadalah! Passion itu Menjebak
01-08-2016 09:52
Quote:Original Posted By idam069



liat" gan. kalo ortunya bukan seniman mungkin akan di jadiin pilihan ke 2
beda kalo ortunya seniman, apalagi yg sukses. itu baru bisa dijadiin pilihan pertama

masalahnya gan, walaupun waktu kecil udah pinter main musik, tapi kalo latihannya sama aja kayak orang laen. gedenya pasti bakalan sama kayak yg laen.
tidak bisa menonjol lagiemoticon-Toast
temen gw pinter musik, ayahnya seniman.. trs masuk sekolah musik,.. kerjanya skrg kalo ada acara2 gede, ato acara2 negarabyg butuh musik, dia dipanggil.. ya emg harus serius gan kl mau jadi

Guru les gw dl kuliah musik, sekarang krrjanya ngajar les musik.. walaupun ky gt tapi dia seneng kan, namanya juga passion.. drpd bikin laporan bulanan di kantor

0 0
0
Halaman 19 dari 31
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia