rifqimamAvatar border
TS
rifqimam
PENGALAMAN SERVICE DI ESC XIAOMI ROXY [UPDATE]



THIS CASE IS CLOSED


Hai agan2 dan sista2 emoticon-Malu (S)kali ini ane akan curhat mengenai pengalaman ane service di ESC Xiaomi. Langsung aja yah tanpa basa basi





Ga nyangka jadi top thread emoticon-Matabelo


Sebelum agan2 membaca, ane perjelas yah gan. Semua kejadian dan kronologis disini 100% fakta

Pada tgl 5 Oktober 2015, ane membeli device Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi TAM di Bandung Electronic Center. Menurut ane hape Xiaomi sedang naik daun di karenakan hape tersebut murah tetapi speknya gahar ditambah sangat nyaman dipakai. Banyak sekali review2 di internet yang bilang kalau hape ini sangat worth it banget buat dibeli. Tampilanya Xiaomi sangat fresh krn berbasis rom MIUI, speknya gahar untuk kelas low end, dan beresolusi tinggi sehingga nyaman untuk dipandang. Saking cintanya kepada produk ini, ane sempat bergabung dengan komunitas Mi Fans Bogor (Mi fans adalah sebutan kpd user2 Xiaomi) dan membeli headset mi piston 3 emoticon-Malu (S) . Setelah betah memakai produk ini, masalah pun muncul

Tanggal 4 Desember 2015 tepatnya 2 bulan (kurang sehari) setelah pembelian, hape ane tiba2 mati. Ane pikir mungkin krn mati biasa sehingga ane mencoba untuk melepas battery dan memasangnya lagi tetapi hape ane tetap tidak nyala. Ane mencoba untuk mencoba mencharge dan hasilnya pun ttp nihil. Padahal sebelumnya hape ini tidak pernah kebanting atau kecemplung di air bahkan ane sengaja memakai Spigen Slim Armor agar bila kebanting, casingnya tetap terlindungi. Disini ane sdh mulai panic dan mencoba searching ke google dan mencoba memperbaiki hape tersebut. Sempat ada artikel yg bilang untuk membongkar hape tetapi ANE TIDAK MELAKUKANNYA karena ane tau bila ini akan membatalkan garansi. Terlebih ane tau di setiap hape Xiaomi pasti ada sticker mungil berlogo Mi yg letak nya diatas baut sehingga terlihat apakah hape ini sudah pernah terbongkar atau belum. Mungkin krn ane sdh putus asa, ane coba untuk searching service center resmi Xiaomi dan akhirnya ketemu Exclusive Service Center (ESC) Xiaomi yang beralamat di Ruko Niaga Roxy Mas. Saat itu ane menelpon ke ESC nya dan disarankan untuk mengemail ke alamat mi@tom.co.id
Ane mengemail data diri ane beserta keluhannya berikut barbuk nya

Spoiler for barbuk identitas ane dan kwitansi pembelian:


Beberapa jam setelah ane mengirim email, kemudian di balas dgn ESC Xiaomi dan beling begini

Spoiler for barbuk reply:


Ane kurang mengerti maksud dr email ini apa sehingga ane mengirim email lagi dan bilang ane tdk mengerti dgn perintah tersebut. Setelah beberapa menit kemudian ane di telpon oleh ESC dan dijelaskan bahwa maksud perintah tersebut adalah ada kurir yg akan menjemput hape ke rumah ane dan akan mengirimnya ke ESC tersebut. Jujur disini ane merasa puas dgn ESC ini krn responnya yg sangat cepat

Ketika jam set 5 kurir tersebut datang ke rumah ane dan akan menngirim hape ane ke ESC. Ane sempat bertanya apakah kurir tersebut akan bertanggung jawab bila hape ane terjadi masalah ketika dlm perjalanan mengirim ke ESC dan ternyata tidak. Kurir tersebut hanyalah pihak ketiga seperti layaknya jasa pengiriman biasa. Saat itu ane sempat bingung dan menelepon ke ESC. ESC menyarankan agar mencoba service di TAM beralamat di depan Plaza Jambu 2 Karena itu ane memutuskan untuk mencoba memperbaiki ke pihak TAM

Tanggal 5 Desember 2015 ane pergi ke TAM. Disitu ane sempat bertanya2 kepada CS nya. Kurang lebih berikut percakapan ane dengan CS nya

A: mbak saya mau nanya ini hape redmi 2 ane mati total, kira2 berapa lama yah estimasi perbaikannya?
CS: oh redmi 2 yah? Bila yang terkena mesinnya kemungkinan akan lama pengerjaannya. Kalau mas service di TAM masuk ke antrian nomer 9 untuk penggantian hardware krn hardware Xiaomi cukup jarang
A: oh begitu yah mbak? Coba deh cek dulu kerusakannya apa
*CS nya pergi ke belakang dan mengecek kerusakannya
CS: iya mas bener ini yang rusak hardwarenya, kemungkinan lama bisa sampai 1 bulan
A: walah lama banget mba. Kl saya pergi ke Service Center nya Xiaomi kira2 bkl lama juga ga yah?
CS: sepertinya ngga mas karena ESC Xiaomi itu pusatnya, pst sparepart nya lengkap dan juga TAM bisa dibilang pihak ketiga krn tidak hanya mengservice device Xiaomi saja
A: oh gitu mbaa…. Yaudah deh saya service nya ke ESC Xiaomi aja

Saat itu ane benar2 memantapkan untuk service di ESC Xiaomi. Pada hari itu juga ane mengirimkan email agar kurir datang lagi ke rumah ane dan mengirim device ane ke ESC Xiaomi. Akhirnya pada tanggal 8 Desember 2015 kurir datang ke rumah ane dan mengirim device ane. Berselang 2 hari, pada tanggal 10 Desember 2015 ESC Xiaomi sdh menerima hape ane berikut barbuknya

Spoiler for barbuk recieve:


Akhirnya ane lega hape sudah sampai dengan selamat sentosa. Tetapi saat inilah MASALAH MUNCUL ketika esoknya tanggal 11 Desember 2015 ESC Xiaomi mengemail ane dan bilang bahwa DITEMUKAN BEKAS EX-REPAIR di hape ane sehingga garansi ane VOID. berikut email nya

Spoiler for barbuk ex-repair:


Disini ane merasa kaget gan!!! Padahal ane tdk pernah membuka atau mengservice ke tempat sembarangan! Karena itu ane menelpon ke ESC Xiaomi, berikut percakapannya

A: mbak ini kenapa yah hape saya ko batal garansi? Padahal ga pernah dibuka sebelumnya
CS: oh iya jadi gini, di dalam hape bapak sticker garansi nya sobek jd garansi batal
A: loh kok gitu mbak? Terus saya kudu gmn dong?
CS: bapak sebelumnya pernah coba bawa ke TAM Bogor yah? Mungkin disana pernah dibuka pak jadi garansi nya sobek. Saya sarankan bapa untuk meminta surat keterangan ke TAM nya karena telah membuka hape bapak sehingga garansinya sobek
(oh iya seingat ane, hape ane pernah di bawa ke belakang untuk di cek kerusakannya)
A: oh oke deh mbak. Nanti saya pergi ke TAM yah untuk meminta surat keterangan garansi nya

Pada hari itu juga ane pergi ke TAM dan mencoba menjelaskan apa yang terjadi. Ane mengobrol dan si mbak nya dan biilang kl TAM bila cuma mengecek kerusakan pasti hanya di liat doang dan cuma di charge, tidak sampai dibuka. Kalaupun benar di bongkar, pasti ada jobsheet nya tidak bisa sembarang di bongkar. Disitu ane merasa panik dan langsung segera menelpon ESC Xiaomi. Kata ESC Xiaomi mereka akan mengekskalasikan masalahnya kepada teknisinya terlebih dahulu dan si mbaknya berjanji akan segera memberitahu keputusannya hari itu juga. Ane sempat menyangkal bila hape ane pernah di bongkar pasti sticker kecil nya akan hilang atau rusak. Kemudian si mbaknya tetap mengekskalasikan masalahnya. Oke ane disini ane merasa sedikit tenang.

Setelah menunggu cukup lama ane tidak di telpon juga. Kemudian tanggal 21 Desember 2015 kiamat pun terjadi. ESC Xiaomi TETAP MEMBATALKAN GARANSI ANE DAN MENYARANKAN AGAR MENGGANTI MAINBOARD XIAOMI REDMI 2 ANE!

Spoiler for barbuk tetep ditolak garansi:


WHAT THE FUCK??? Disini ane sudah benar2 naik pitam. Kemudian nyokap ane mengetahui masalah ini dan segera menelpon ke pihak ESC Xiaomi. Nyokap ane benar2 marah, beliau memarahi habis2an CS ESC Xiaomi nya. Sampai akhirnya CS tersebut untuk menyuruh ane agar menelpon ke pusat Xiaomi. Ane sempat bingung, bukankah yang di ESC Xiaomi di Ruko Roxy ini adalah pusatnya service nya XIaomi tapi ko ternyata ada pusatnya lagi? Yaudahlah drpd bertanya dalam diri akhirya CS tersebut memberi nomer 08001401558. Segera ane menelpon ke nomer tersebut

Ketika menelpon ane menjelaskan permasalahnnya dan CS tersebut KEMBALI akan mengeskalasikan masalah ini dan dia bilang paling cepat 2 hari dan paling lama sampai hari senin (tanggal 28 Desember). Oke ane menunggu LAGI kejelasan garansi hape ane. Ane tunggu pada tanggal 28 Desember 2015 dan TIDAK ADA KABAR SAMA SEKALI. Jujur ane sudah benar2 marah dan muak dengan kasus ini tetapi ane tetap sabar. Berhari2 ane menunggu sampai saat 4 Januari 2016 ane mengirim email ini

Spoiler for barbuk lelah menunggu:


Tidak disangka esoknya ESC Xiaomi membalas email ane bilang bahwa HAPE ANE TETAP BATAL GARANSI KARENA SUDAH DITEMUKAN BEKAS REPAIR. Berikut emailnya

Spoiler for barbuk penggantian unit:


Ane benar2 tidak bisa menahan amarah. Seakan2 keluhan ane tidak digubris oleh pihak ESC Xiaomi (terbukti di email tidak dijelaskan maksud dari ex-repair). Ane ingin sekali datang ke ESC Xiaomi Roxy sana untuk membentak2 dan memarahi Service Center nya.

Logikanya begini:
Ane SANGAT INGAT saat mengirim hape ane lewat kurir, sticker kecil di atas baut MASIH ADA DAN MASIH UTUH, bila ane sudah membuka, pastinya sticker tersebut sudah hilang atau rusak dong? Kalau misalkan ane pernah bawa service ke konter biasa, buat apa bawa ke konter biasa? wong hape baru berumur 2 bulan dan masih bergaransi lagi

Sekarang ane disarankan oleh nyokap ane agar tetap tenang dan menyarankan ke ane agar meminta surat keterangan dari TAM Bogor untuk menjelaskan bahwa TAM TIDAK PERNAH MEMBONGKAR HAPE ane dan ane akan mengadukan kasus ini ke BPSK (Badan Perselisihan Sengketa Konsumen) di Bogor.

Tujuan ane membuat trit ini karena ane sebagai Mi Fans dibuat kecewa oleh ESC Xiaomi dan produk Xiaomi. Masa baru 2 bulan pakai saja sudah rusak? Ane mau klaim garansi tetapi malah ditolak krn alasan sticker garansi sudah sobek. Bagaimana ini? Apakah Service Center Xiaomi memang seperti ini?

Demikian trit ane emoticon-Malu (S)maaf bila ada kesalahan kata. Ane cuma perlu doa agan2 kaskuser aja semoga urusan ane cepet kelar emoticon-Kiss (S)

Tongkrongin terus yah tritnya supaya bisa tau akhir dari kasus ini seperti apa! bakal terus ane update ko perkembangannya emoticon-Cendol (S)

Ada juga nih pengalaman user redmi 2 yang posting di surat pembaca. berikut TKP nya

Nb: buat mimin dan momod maaf bila ane salah kamar, ane membuat trit ini hanya ingin sekedar curhat dan berbagi pengalaman saja dan dikarenakan banyak sekali penghuni forum the lounge maka ane memutuskan untuk penulis di forum ini. terima kasih emoticon-Smilie

Tambahan sedikit:
menurut pantauan ane, banyak kaskuser para pengguna merk Xiaomi yang juga pernah klaim garansi ESC Xiaomi dan mereka bilang kalau service nya ESC Xiaomi itu memuaskan banget. Jujur sih, ane juga pas pertama kali nanya2 di telpon ngerasa puas banget tanggapan si mbaknya ramah banget (suaranya lembut) dan sabar ngehadapin ane yang bawel ditambah reputasi ESC Xiaomi yang bagus. oleh karena itu sekarang ane malah curiga kl hape ane adalah refurbished dikarenakan baru dua bulan pakai sudah matot dan sticker garansinya sobek. ntahlah gan ane juga masih bingung ini siapa yang salah apa mungkin cuma ane yang apes yah emoticon-Entahlah

Oh iya buat agan2 yang merasa ragu mau beli hape Xiaomi, saran ane agan BELI aja. kl ngeraguin aftersalesnya, aftersalesnya bagus ko gan. kalau agan ga percaya silahkan aja baca page satu2 disitu kebanyakan TIDAK ADA yang ngerasin jeleknya aftersales Xiaomi. bila untuk kasus ane, sepertinya CUMA ANE yg ngerasain jeleknya aftersales Xiaomi. intinya agan ga usah ragu yah emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh rifqimam 13-01-2016 09:00
aleandro727
aleandro727 memberi reputasi
1
268.6K
549
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.