Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
852
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5780dcc214088dd0308b4568/belajar-dari-iran-negeri-quotseribuquot-embargo
Quote: Spoiler for "REPSOL": Nggak adalah Quote:Quote: Quote:Ketika berbicara mengenai sejarah Negara Persia, segera ingatan kita tertuju pada negara yang sekarang bernama Iran. Iran sendiri merupakan salah satu negara tertua di dunia. Sejarahnya telah dimulai dari 5000 tahun yang lalu. Iran berada pada persilangan yang strategis di daerah Timur Tengah, Asia Barat Daya. Seiring dengan berjala
Lapor Hansip
09-07-2016 18:15

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Past Hot Thread
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
"#HT-64"

"REPSOL"

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
Quote:
Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Ketika berbicara mengenai sejarah Negara Persia, segera ingatan kita tertuju pada negara yang sekarang bernama Iran. Iran sendiri merupakan salah satu negara tertua di dunia. Sejarahnya telah dimulai dari 5000 tahun yang lalu. Iran berada pada persilangan yang strategis di daerah Timur Tengah, Asia Barat Daya. Seiring dengan berjalannya sejarah panjang, Iran telah mengalami berbagai invasi dan dijajah oleh negara asing. Beberapa referensi tentang keadaan sejarah Iran dengan demikian tidak bisa dihapuskan untuk mendapatkan sebuah pemahaman yang sesuai terhadap perkembangan yang terjadi selanjutnya.

Barangkali kita hanya mengenal Iran sebagai negara yang terletak di Timur Tengah dan saat ini sedang mengalami masalah sulit karena tekanan dari negara Liga Arab. Usut punya usut sih, Apa yang dilakukan Iran terhadap kebijakan-kebijakan luar negerinya dianggap "salah", sehingga membuat negara-negara Arab menjadi murka. Anyway, Untuk memahami negara ini lebih dalam beserta dengan polemik yang bakal kita bahas disini, mari ikuti pictstory yang sudah saya buat sedemikian rupa agar mudah kalian pahami. I hope you read and can tell me what you think about!

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
1. Nama resmi Negara Persia ini adalah Republik Islam Iran. Iran menjadi republik Iran pada tahun 1979 ketika monarki jatuh dan pemimpin keagamaan mengambil kekuatan politik di bawah pimpinan Ayatollah Khomeini.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
2. Hampir separoh dari wilayah Iran beriklim gurun yang panas. Menurut data statistik Iran mendapati kurang dari 4 inci hujan setiap tahunnya.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
3. Ibu negeri Iran adalah Teheran, yang mempunyai arti “lereng panas” dan hampir 12 juta orang tinggal di sana.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
4. Konstitusi Iran yang berpacu pada Republik Islam, terkenal akan kegigihan revolusinya.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Imam Khomeini, tokoh revolusioner Iran, telah mengubah Iran dari negara kerajaan menjadi negara Islam yang menerapkan syariat Islam. Negeri Persia ini berkembang menjadi negara yang tegas dalam memusuhi zionisme dan para negara bonekanya. Banyak hal yang dapat dipelajari dari Iran, terlepas dari polemik kesesatan Shia yang ada.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
5. Berbicara tentang Negara Iran memang tidak akan ada habisnya, saat ini Negara yang memiliki julukan "Negeri 1000 Mullah" ini cukup menarik perhatian masyarakat dunia.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Bagaimana tidak? di tengah-tengah kondisi sulit karena gempuran kebijakan embargo, perekonomian Negara ini masih bisa tetap survive.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
6. Yang membuat Iran bisa berdiri kokoh dalam kesendirian tidak lain karena budaya intelektual dan kemampuan dagang rakyatnya.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Alhasil, meskipun dikepung embargo bertubi-tubi, justru Iran akhirnya mampu membangun industri dengan teknologi sendiri.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
7. Selama satu dekade terakhir, lewat kekuatan sistem diplomasi, kekayaan minyak, keberanian, dan semangat nasionalisme religiusnya, Iran merasa tidak pernah butuh dan tertarik terhadap bantuan Amerika.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Sebaliknya, Iran malah semakin bangga dengan kecaman-kecaman Amerika.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
8. Embargo AS dan sekutunya seakan tidak membuat Iran takluk. Ekonomi negara kaum mullah ini malah mandiri.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Berbeda dengan Korea Utara yang rakyatnya sampai kelaparan akibat sanksi embargo dari masyarakat internasional.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
9. Jadi, jangan kaget jika Iran adalah salah satu negara yang menguasai nanoteknologi dan mampu melakukan pengolahan nuklir sampai tahap akhir.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
10. Di Iran, kita dapat dengan mudah menemui mobil merk lokal seperti Saipa atau Samad. Mereka punya industri otomotif berkapasitas besar dan semua komponennya diproduksi dalam negeri.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Tahun lalu saja, Saipa berhasil memproduksi 1,1 juta unit permintaan di Iran. Bahkan kini Peugoet, telah sepenuhnya diproduksi di Iran untuk konsumsi lokalnya. Memang sih, ada beberapa merk seperti KIA, Toyota atau Audi. Tapi jumlahya bisa dihitung jari.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
11. Bisa dibayangkan jika embargo dilepaskan, plus dana-dana Iran yang ditahan di berbagai lembaga keuangan dunia cair. Republik Islam ini dipastikan akan jadi pemain penting ekonomi dunia.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
12. Yang juga menarik, disparitas ekonomi mereka tidak melebar. Memang tidak banyak gedung mewah, tapi juga tidak ada pemukiman kumuh.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Menariknya, di Iran tidak ada gelandangan yang dapat kita temui seperti layaknya di jalan-jalan di Jakarta.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
13. Di Iran jarang ada supermarket besar. Tapi pedagang kaki lima juga tidak banyak.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Rata-rata pedagang menengah disana berdagang di kios-kios resmi di pinggir jalan. Ditambah lagi, Ekonomi Iran tidak terakumulasi di tangan segelintir golongan saja.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
14. Yang menarik, meski resminya bernama Republik Islam Iran, keberadaan gereja dan sinagog dilindungi pemerintah. Bahkan pemeliharaannya mendapat subsidi dari negara.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Tidak pernah terdengar ada rakyat yang demonstrasi menentang pembangunan gereja atau sinagog.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
15. Tidak ada satupun gereja yang digusur di Iran. Bahkan saat perayaan Natal, Imam di Iran sering bertamu ke rumah orang yang beragama kristen.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Mereka ikut mencicipi jamuan-jamuan natal. Mengucapkan selamat Natal, dan memberikan doa untuk mereka. Luar biasa sekali

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
16. Pohon Natal bahkan juga berjejer, terjajakan di pinggir emperan toko jalanan Teheran, Iran.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Dan asal kalian tahu, bahwa kantor rahbar (yang sekarang dijabat Imam Ali Khamenei), pemimpin spritual tertinggi di Iran, pada saat Natal juga dihiasi oleh pohon terang. Hal tersebut dilakukan sebagai simbol penghargaan pada para pemeluk kristiani di Iran.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
17. Nasionalisme masyarakat Iran juga sangat luar biasa.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Nasionalisme Iran pernah dibuktikan saat perang Irak-Iran yang berlangsung 8 tahun lamanya. Menurut sejarah versi Iran, saat itu Irak melakukan ekspansi yang dinilai merebut wilayah Iran. Perang 8 tahun terjadi dan Irak dibawah Saddam tidak pernah mampu menduduki Iran sesenti-pun, meski pada saat itu Iran dalam kondisi sangat miskin sesudah dijarah Syah Reza Pahlevi dan rekening mereka dibekukan. Masyarakat Iran yang termasuk dalam katagori wajib militer pada saat itu ikut serta untuk berperang. Tidak sedikit dari mereka yang gugur di medan perang.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
18. Iran menerapkan wajib militer bagi warganya selama 2 tahun. Hal ini berguna untuk memupuk semangat nasionalisme masyarakat.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Saat pendidikan militer, peserta didik tidak hanya diajari tangkas dan militan, tetapi juga diberi wawasan kebangsaan secara komprehensif.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
19. Bendera merupakan simbol kecinta-tanah-air-an suatu bangsa. Jika di Indonesia bendera merah putih hanya ditemui pada bulan Agustus, hal itu agaknya sedikit beda dengan di Iran.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Di negara ini khususnya di hampir setiap titik keramaian ibu kota Teheran, bendera-bendera besar Iran berkibar dengan lantangnya. Meskipun hal ini sepele, namun rasa nasionalisme suatu negara dapat diukur dari sini.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
20. Tata Kota Iran sangat rapih, terutama di ibu kota negara Teheran.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
21. Kemacetan di setiap negara memang pasti ada. Apa lagi di kota besar seperti Teheran.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Yang berbeda adalah jumlah sepeda motornya. Jumlah kendaraan bermotor di Iran sangatlah sedikit. Jadi, jalan raya terkesan lebih rapi.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
22. Selain itu, transportasi umum Iran juga cukup mumpuni.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Di Teheran misalnya, terdapat beberapa jenis transportasi umum anti-macet. Ada bus way seperti trans-Jakarta. Ada juga metro subway, stasiun bawah tanah untuk kereta api yang super cepat. Meskipun di Jakarta sudah ada KRL, sistem jalurnya berbeda dengan subway. Jika pada KRL di Jakarta hanya dapat dibangun satu jalur, di Iran subway dapat dibangun sampai 3 lapis jalur.

Dengan demikian, jumlah kereta yang beroperasi lebih banyak dan interval waktu kedatangannya lebih singkat.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
23. Jalan-jalan di Teheran juga relatif bersih, dan memberi tempat yang cukup nyaman untuk pejalan kaki.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Intinya sih lebih nyaman dari Jakarta, walaupun masih jauh dari Singapura. Tetapi air PAM disana sudah dapat langsung diminum. Di dekat masjid Imam Khomeini bahkan ada zona pejalan kaki yang sangat luas dan nyaman karena dinaungi pohon-pohon rindang.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
24. Iran mungkin jadi negara yang tak diunggulkan di ranah militer. Padahal jika dilihat dari statistiknya, negara ini menghuni peringkat 21 dari 126 negara.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Tentu bukan sebuah pencapaian yang buruk dan tidak boleh dianggap enteng tentu saja. Dan memang pada kenyataannya, Iran memiliki modal yang lebih dari cukup untuk membuat negara lain tidak coba-coba cari gara-gara.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
25. Iran kabarnya baru-baru ini mengembangkan senjata baru bernama Soumar. Ini adalah semacam misil jarak jauh yang punya daya ledak super. Iran terinspirasi dari Kh-55 bikinan Rusia.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Meskipun demikian, negara Persia di masa lalu ini punya ciri khas sendiri. Tak hanya punya daya ledak yang tidak main-main, Soumar katanya bisa menghancurkan target dari jarak yang cukup jauh. Masih belum diketahui berapa banyak Soumar yang bisa dibuat oleh Iran. Tapi, kalau dilihat dari ekonomi mereka yang stabil, mungkin saja Iran bisa membuat Soumar dengan jumlah yang lebih dari cukup untuk meluluhlantahkan sebuah negara.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
26. Kenapa Iran tidak mau menyerang ketika Saudi, Israel dan AS sudah menantang Iran? Apa Iran takut berperang?

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
27. Yang bertanya ini mungkin lupa dengan sejarah bahwa pasca Revolusi Islam Iran, Amerika pernah gagal menyerang Iran dalam rangka membebaskan orang-orang mereka di Teheran.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Lihatlah helikopter-helikopter mereka yang jatuh secara mendadak di padang garam sebelum menyentuh Teheran.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Quote:
28. Selain perang Irak dibawah pimpinan saddam husein, mungkin itulah hal terakhir yang bisa mereka lakukan untuk menyerang Iran.

Quote:
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Quote:
Karena sesudah itu mereka merasa enggan untuk melakukan perang terbuka dengan Iran dan lebih memilih untuk melancarkan perang ekonomi dalam bentuk embargo.

Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

Lanjut Page 2
Diubah oleh faiz.azhar
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 41 dari 44
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 20:01
Ternyata,,,

Tapi...

Ah, sudahlah...

emoticon-No Hope
1 0
1
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 20:28
Quote:Original Posted By yagamitsuki
karena ekonomi mrk mandiri, ga mau direcokin, ga terisolir gan, emang maunya mrk, biar merdeka


hmm, jadi mandiri gitu yah, tapi ada ngaruh ngga sih ama globalisasi.. wkwkw tapi hebat sih
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 20:31
Trit gak berimbang
yg baik2 dibndingin sm yg yg jelek2 di indonesia. coba sebaliknya juga disampaikan spt narkoba, masalah sosial, tingkat kebahagiaan masyarakat sana
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 21:02
Quote:Original Posted By ghotsme

Lha trs apa dong?


agama buatan yahudi. namanya abdullah bin saba. silahkan cari sendiri dan pahami dalam2 ( ingat jangan baca dari 1 sumber tapi harus dari banyak sumber) maka ente bakal ngerti knp disebut bukan agama islam
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 21:12
Quote:Original Posted By aink.aipz
Dan bego ny raja saudi ngasi ijin wilayah udara kerajaan ny buat d lewatin jet tempur israel kalo mau nyerang iran
Dan bego ny negara ini masi pada rusuh kalo bahas syiah
Tau ny negara syiah yg d anggep sesat itu lebih toleran
Yahudi, nasrani ga di demo kalo bikin tempat ibadah
Iran musuhin israel tp knapa melindungi yahudi negara ny?
Sebab yahudi di iran itu warga negara yg wajib di lindungi
Kalo israel itu negara
Negara n agama beda
Warga2 iran pada pinter ga tolol ga ngeburu yahudi di negara ny pas israel ngebabad palestine

Ga kyk org sini yg sampe ngbom vihara pas ada tragedi rohingya
Padahal yg ibadah disana tuh masih sama2 org indo


coba cari ilmu dan informasi jangan dari satu jalur. pelajari dari jalur lainnnya. dan coba pahami dalem2...........(contohnya : ente bilang raja saudi ngasih ijin wilayah nya dilintasi pesawat israel. .pasti ente dapen informasi dari media2 yang selalu menyerang saudi..coba ente rinci dan pastikan sumbernya media terpercaya. bukan yang condong ke sebelah)
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 21:59
belajar dari iran??...pfffttt
tak sudi
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 22:12
pas jaman Ahmadinejad serem gan, kokoh diterpa embargo
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 22:22
Males banget kalo bahas Iran atau syiah pasti banyak banget orang nyinyir, padahal info yang dia tau cuma kata orang. Sungguh miris

Btw makasih TS udah bikin thread yang bagus
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 22:34
negara mandiriemoticon-Hammer2
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 23:08
ceweknya cakep juga tuh emoticon-Matabelo
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
26-07-2016 23:38
Ngiri lihat iran...
mereka bisa mandiri dan ta tergantung dengan barat...
indonesia ayo kita sama2 membangun bangsa ini..
benar sekali..optimisme, kerja keras dan bangga menjadi indonesia harus kita biasakan dinegara tercinta ini..
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 00:05
disana masih sering ada pertikaian kan antara syiah ama sunni CMIIW emoticon-Peace
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 00:54
yang poin 15 & 16 kalo disini udah parno orang orang...
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 07:35

coba nikah mut'ah ama cewe kayak gini... emoticon-Belo emoticon-Wowcantik emoticon-Genit
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

bisa minta nambah mulu neh..
emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak emoticon-Malu
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 07:51
baca dulu gans,

iran memang oke lah ya...
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 08:14
Naissss trit ganemoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 13:37
Quote:Original Posted By adit236


hmm, jadi mandiri gitu yah, tapi ada ngaruh ngga sih ama globalisasi.. wkwkw tapi hebat sih

pengaruh globalisasi pasti ada, walaupun ada embargo mungkin mereka masih bisa ekspor ataw impor dengan negara sekutu mereka, mungkin juga diam2, ga tau juga, tapi positifnya kebijakan ekonomi mereka ga bisa di atur oleh lembaga dari negara lain, indonesia negara kaya gan, tanpa bantuan negara lain kita bisa sejahtera dan maju meskipun awalnya pasti sederhana, tapi ke depannya bisa sejahtera dengan mandiri
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 15:40
Quote:Original Posted By yagamitsuki
pengaruh globalisasi pasti ada, walaupun ada embargo mungkin mereka masih bisa ekspor ataw impor dengan negara sekutu mereka, mungkin juga diam2, ga tau juga, tapi positifnya kebijakan ekonomi mereka ga bisa di atur oleh lembaga dari negara lain, indonesia negara kaya gan, tanpa bantuan negara lain kita bisa sejahtera dan maju meskipun awalnya pasti sederhana, tapi ke depannya bisa sejahtera dengan mandiri


iya sih ya, blom dicoba blom tahu.. isshh brrti emmg harus mandiri sih klo ngga mau diikut campurin negara laen
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 15:40
Quote:Original Posted By abud.cutt
coba nikah mut'ah ama cewe kayak gini... emoticon-Belo emoticon-Wowcantik emoticon-Genit
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo

bisa minta nambah mulu neh..
emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak emoticon-Malu


aduh itu cewek iran gan ? cakepnya... emoticon-Malu
0 0
0
Belajar dari Iran, Negeri "Seribu" Embargo
27-07-2016 22:17
Quote:Original Posted By alberto71


coba cari ilmu dan informasi jangan dari satu jalur. pelajari dari jalur lainnnya. dan coba pahami dalem2...........(contohnya : ente bilang raja saudi ngasih ijin wilayah nya dilintasi pesawat israel. .pasti ente dapen informasi dari media2 yang selalu menyerang saudi..coba ente rinci dan pastikan sumbernya media terpercaya. bukan yang condong ke sebelah)


Lah agan ga tau kalo saudi itu sekutu USA?
Coba baca sejarah berdiri ny kerajaan saudi
Dulu daerah saudi itu wilayah ottoman
Pas ottoman kalah perang di PD 1 ottoman ngelepas sebagian wilayah ny
Jerusalem, daerah arab d kasi ke inggris
Inggris ngasiin arab ke keluarga saud supaya jd negara boneka barat
0 0
0
Halaman 41 dari 44
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia