homeworxoutAvatar border
TS
homeworxout
Pelajaran Enterpreneurship Rp 25 Juta, Gue share gratis tis..
Entrepreneurship,

Jaman gue kecil belum ada istilah itu, gan. Gue taunya jualan, usaha, dodolan dan bisnis. Gue dulu belum ngerti bisnis. Gue taunya nambah uang jajan, nambah uang main PS. Gue ga tau cara bikin rencana bisnis, gimana marketing, gimana produksi, gimana monetisasi. Gue ga mikir itu semua. Yang gue tau cuma ada kesempatan di depan mata, ya gue hajar.

Gue waktu itu kelas 2 SD. Gue punya seabrek majalah Donal Bebek, pemberian saudara. Karena gue mau nambah uang jajan, majalah Donal Bebek gue sewain ke temen-temen sekelas. Kelas 4 SD, lagi musim main gambar tempel (sticker), gue beli gambar tempel di pasar trus gue jual ke anak-anak yang lagi main. Gue masih inget, total hasil penjualan 10 ribu, gue buat pesta bakso.

Dari dua pengalaman itu, gue selalu ngerasa gue ada bakat buat jadi pengusaha. Ya. Pengusaha. Entrepreneur. Businessman. Kalo denger kata-kata itu, otak gue otomatis ngelanjutin: Steve Jobs. Bill Gates. Elon Musk. Jadi pengusaha itu buat gue ibarat pulang ke rumah, gan. Lo bisa pergi berhari-hari tapi pasti pulangnya ke rumah. Gue kerja dimana-mana, tapi di hati gue, selalu ada rasa mau jadi pengusaha. Cieh.

Sampe akhirnya, pada saat kuliah, gue dengan naifnya, meng-proklamirkan “Pokoknya kalo gue umur 26, gue harus udah ga kerja kantoran dan punya bisnis sendiri”. Tapi sekarang gue masih nulis ini di meja kantor. Dan alhamdulillah, sampai sekarang, gue udah gagal usaha 3 kali. Damn.

Orang bilang “Pengalaman adalah guru yang terbaik". Kurang tepat, gan. Yang bener “Pengalaman orang lain adalah guru yang terbaik”. Lo ga perlu loncat ala parkour dari kontainer untuk tau kalo itu bahaya kan?

Spoiler for Ga percaya??:


Biar lo semua ga masuk ke lubang yang sama, sini belajar dari gue. Pelajaran ini harganya Rp 25.000.000,00. Gue ambil dari jumlah rugi yang harus gue tanggung cuma untuk belajar poin-poin ini. Karena gue loyal, jadi gue kasih gratis. tis. Lo cuman perlu baca.

Spoiler for Rp 20.000.000,00:


Spoiler for Rp 2.000.000,00:


Spoiler for Rp 3.000.000,00:


Quote:


Quote:
Diubah oleh homeworxout 22-07-2016 13:01
0
155.8K
650
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
icon
22KThread4.5KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.