Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1294
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57622baf14088da56f8b4571/sinamot-mahar-super-mahal-ala-batak
Lajang Batak yang ingin menikah pasti akan merasa cemas... bukan cemas karena apa-apa, tapi cemas memikirkan berapa harga Sinamot yang harus dikeluarkan nanti. Memang harga Sinamot tidak ada harga yang baku/pasti. Sinamot ditentukan dengan diskusi antar keluarga. Namun besar-kecilnya Sinamot juga dipengaruhi oleh beberapa hal. Sinamot adalah biaya yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak p
Lapor Hansip
16-06-2016 11:31

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak

Past Hot Thread
Eh... udah HT aja nih. Terimakasih buat momod, officer, dan seluruh warga KASKUS. Karna udah HT, ane jelasin ya gansis biar ga cape liatin komen di thread ini. Sinamot ini bukan bermaksud memperjualbelikan perempuan tetapi secara simbolis sebagai penghargaan terhadap seorang gadis bahwa gadis itu terhormat. Bagi kami orang Batak, perempuan itu sangat berharga karna merupakan Anak Raja atau kami sebut Boru Ni Raja. Jadi kalau mau meminangnya harus ada perjuangan. Bukannya gadis Batak itu sombong atau matre , tapi beginilah cara mereka dihargai. Besar kecilnya Sinamot juga ga pasti. Itu semua tergantung dari diskusi antar keluarga walaupun tidak dipungkiri faktor yang disebutkan dalam thread ini masih dipakai sebagai pertimbangan menentukan harga sinamot. Kalau kedua belah pihak mampu, ya jadinya pesta besar. Tapi kalau kedua belah pihak tidak mampu, ya sederhana saja yang penting perjuangannya udah jelas terlihat. Pantang mundur untuk mendapatkan pujaan hatinya walaupun harus membayar sedikit lebih mahal bisa diartikan kalau si pria tidak main-main cintanya dengan si gadis. Jangan salah paham ya! emoticon-Big Grin



Pihak perempuan sering ngeliat perjuangan calon hela(menantu pria)-nya dari diskusi marhata sinamot antar dua pihak keluarga.

Kalau diliat dia betul-betul berjuang untuk sang gadis, nanti juga diterima sinamotnya sesuai kemampuan. Lagian pihak perempuan jadi bisa melihat juga tingkat solidaritas keluarga pihak laki-laki karna sinamot ini ga selamanya murni uang si calon mempelai pria, tapi juga ada bantuan dari bapauda, bapatua, tulang, dsb.

Belum lagi tanggung jawab pihak perempuan jadi berat kalau ada sinamotnya. Kan malu kalau kita udah dikasih sinamot tapi ternyata setelah jadi istri dan parumaen(menantu perempuan) orang malah ga becus. Apa nanti kata keluarga besan?

Dan hasilnya bisa dilihat di sekitar kita, pasangan batak itu jarang ada yang bercerai. Bukan hanya karena susahnya perjuangan untuk menikah tapi juga karena susahnya untuk bercerai. Ketika ada masalah dalam rumahtangga mereka kelak, mulai dari keluarga, kerabat bahkan dalam keadaan tertentu tetua adat pun ikut mendamaikan.

Dan juga setelah menikah, karena telah terbiasa menabung dan kerja keras untuk mengumpulkan modal menikah jarang sekali orang batak yang bermalas-malasan menafkahi keluarganya. Dan juga rajin menabung untuk anaknya kelak.

Kami orang Batak, tidak mendapatkan pasangan kami hanya modal kolor dan janji tapi dengan perjuangan yang berat dan bantuan keluarga besar. Jadi, ambil positifnya aja emoticon-Big Grin



Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Lajang Batak yang ingin menikah pasti akan merasa cemas... bukan cemas karena apa-apa, tapi cemas memikirkan berapa harga Sinamot yang harus dikeluarkan nanti. Memang harga Sinamot tidak ada harga yang baku/pasti. Sinamot ditentukan dengan diskusi antar keluarga. Namun besar-kecilnya Sinamot juga dipengaruhi oleh beberapa hal.

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Sinamot adalah biaya yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan yang hendak menikah dalam bahasa batak sering disebut Tuhor Ni Boru. Kalau bahasa Indonesianya bisa dibilang Mahar.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi besar kecilnya Sinamot.


Status Pendidikan

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Makin tinggi status pendidikan, makin besar Sinamotnya. Itu sebabnya boru batak diusahakan sekolah setinggi mungkin. Kalau yang hanya tamatan SD Sinamotnya kisaran Rp. 1.000.000, coba kita bayangkan berapa kira-kira Sinamot untuk yang tamatan S-2? Biasanya bisa sampai puluhan juta loh.


Status Pekerjaan

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Semakin tinggi gaji/penghasilan seorang gadis, maka semakin tinggi pula Sinamot yang diharapkan. Bisa saja seorang gadis yang hanya tamatan SD dihargai Sinamotnya hingga puluhan juta karena memiliki penghasilan yang bisa dibilang tidak kalah dengan para manajer di perusahaan besar. Itu hanya sekelas penghasilan manajer loh, bagaimana kalau sekelas Direktur? Atau mungkin pemilik perusahaan? Wow... Membayangkannya saja sudah luar biasa.


Status Sosial Keluarga

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Status sosial keluarga juga berpengaruh dalam menentukan harga Sinamot. Semakin dihormati/dipandang suatu keluarga oleh masyarakat, maka semakin besar pula Sinamot untuk anak gadisnya. Karena Sinamot ini juga dianggap sebagai harga diri seseorang.


Status Sebagai Anak

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Ada lagi yang mempengaruhi harga Sinamot yaitu status si anak didalam keluarganya. Anak perempuan satu-satunya disebut Boru Sasada. Anak perempuan yang merupakan anak sulung disebut Boru Panggoaran. Anak perempuan yang paling bontot disebut Boru Siappudan. Ketiganya memiliki harga Sinamot yang biasanya lebih mahal.


Status Perilaku

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Semakin baik perilaku seorang gadis dinilai oleh masyarakat, maka semakin tinggi pula harga Sinamotnya. Tapi kalau kelakuan seorang anak gadis dianggap masyarakat tidak baik bisa-bisa ga dihargai lagi dong. Itu sebabnya orang Batak sangat keras mendidik anaknya bila menyangkut moral.


Status Rupa

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Yang ini juga berpengaruh loh. Semakin cantik seorang gadis, semakin tinggi pula harga Sinamotnya. Karna anak gadis yang cantik itu dianggap bisa memperbaiki keturunan loh.


Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Ingat : Sinamot tidak termasuk biaya pesta ya! Biaya pesta nikah orang batak juga tidak kalah banyak. Untuk sewa wisma aja paling murah kisaran 4 juta. Belum lagi biaya kateringnya, musiknya, bikin undangan dan acara adatnya. Itu sebabnya orang batak kalau mau cerai juga mikir jutaan kali mengingat biaya yang dikeluarkan untuk menikah tidak sedikit dan penuh perjuangan.

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak


Pantesan aja banyak yang jadi Panglatu (Panglima Lajang Tua) ternyata Sinamotnya mahal ya.
Jadi, sudah cukupkah tabungan Anda untuk menikah?
Diubah oleh sleepyodore
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 59 dari 66
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 06:49
Sinamot apaan sih? Pake bhs lain napa
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 07:03
Yang sabar yaaa emoticon-Ngakak
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 07:05
Quote:Original Posted By makankopii
Bener banget gan. Uda ane itung kalo mau merid harus siapin +- 150jt
Mungkin 10-20 thun lgi baru tekumpul gan
emoticon-No Hope emoticon-No Hope


bujug, yg sederhana ajaaaa, nanti malah ga kimpoi kimpoiiii emoticon-Ngakak
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 08:05
Penuh dengan rintangan kalo mau kimpoi emoticon-Ngakak
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 08:16
silahkan yg ga maen2 emoticon-Big Grin
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 08:18
Quote:Original Posted By sprayn
kalo boru batak yg seperti ini Sinamotnya berapa ya:
dia anak tunggal (boru panggoaran)
dia jg cucu paling tua (pahompu panggoaran)
dia bergelar Ph.D
dia CEO perusahaan besar
dia putri Presiden


emoticon-Takut
mundur aj deh lay
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 08:42
kalo yang ngelamarnya bukan dari suku batak apa perlu sinamot juga ga gan/sist? emoticon-Sorry
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 08:55
biasa aj, di kalimantan dan sulawesi juga ada bahkan lebih mahal ....
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 09:10
sama kayak adat orang banjar yg nmnya "JUJURAN", ga ada patokan tertulis emoticon-Wakaka
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 09:17
Quote:Original Posted By pledge.des
wadu, berarti ane harus cepet2 kaya ini emoticon-Wow


cepet2 nabung yang banyak gan emoticon-Peace
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 10:10
kadang ane bermimpi pengen nikah ama orang batak tapi... ya gitulah emoticon-Big Grin
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 10:15
Quote:Original Posted By kamvretjantan
kadang ane bermimpi pengen nikah ama orang batak tapi... ya gitulah emoticon-Big Grin



ga usah ngimpi emoticon-Big Grin
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 10:20
Quote:Original Posted By bokephaha.swf



ga usah ngimpi emoticon-Big Grin


mumpung mimpi gratis dan gk dilarang jadi mimpi aja dlu bray emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 10:23
Quote:Original Posted By kamvretjantan
mumpung mimpi gratis dan gk dilarang jadi mimpi aja dlu bray emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga



gratis? i dont think soemoticon-Big Grin
mimpi pun bayar kalo sama batakemoticon-Big Grin
masih berani mimpi? gak percaya? tanya aja sendiri sama Tsemoticon-Big Grin
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 10:32
Wahhh baru tau nich klo ada yg namanya sinamot
Makanya teman akrabku org batak namanya piatur kaga nikah2 ya ampe hampir kepala 4... paling krn gak sanggu byr sinamot gan ...
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 10:33
Quote:Original Posted By bokephaha.swf



gratis? i dont think soemoticon-Big Grin
mimpi pun bayar kalo sama batakemoticon-Big Grin
masih berani mimpi? gak percaya? tanya aja sendiri sama Tsemoticon-Big Grin


yang boneng bray?

jadi ane harus pegimane ini emoticon-Bingung
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 10:36
Quote:Original Posted By kamvretjantan
yang boneng bray?

jadi ane harus pegimane ini emoticon-Bingung



kembali ke awal

GAK USAH NGIMPI

emoticon-Cool
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 11:17
Mahal juga ya blay emoticon-Leh Uga

Btw,sharenya dah 10k aja emoticon-Wow
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 11:28
budaya yang patut d contoh
0 0
0
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
17-07-2016 11:30
Lulusan S3,profesi pengusaha ,cantik,baik,ramah,berasal dri keluarga terpandang,dan anak gadis satu satunya dlm keluarga. Brpa ya sinamotnya? emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 59 dari 66
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia