didierrosanAvatar border
TS
didierrosan
Buat anak kost ( Tantang Diri Kamu dengan 500ribu Sebulan)
[B][/B]
Halo agan / wati sekalian , kali ni ane coba nge-share suatu tips yang mudah - mudahan berguna, oke langsung saja ya , Mohon maaf kalau repost emoticon-Repost

Sebagai anak kos tentu kita harus pandai mengatur keuangan agar tidak mati kelaparan di akhir bulan. Naiknya harga kebutuhan pokok dan biaya ini itu perkuliahan ditambah keinginan membeli barang-barang cantik nan unyu-unyu di Mall bisa bikin kamu mumet muter-muter tujuh keliling tuh guys. Padahal biaya bulanan yang dikirim orang tua ngga nambah-nambah. Duhh kasian..
Nah untuk kamu yang kepingin berhemat tapi udah ngga tahu lagi caranya hemat, berikut TOP SECRET bagaimana caranya bertahan hidup meski hanya dengan uang 500ribu.

Sarap Murah, Sehat, Menyenangkan

Jangan karena kamu lagi penghematan terus bela-belain ngga sarapan? Bukan begitu guys caranya hemat. Nanti yang ada kamu malah kalap pas makan siang. Daripada ngga sarapan, lebih baik kamu pilih menu sarapan yang murah, sehat, dan mengenyangkan. Kamu bisa membeli minuman sereal seharga Rp 1.500 untuk satu kali sarapan. Lumayan buat ganjel perut sampai makan siang.

Lauk makan siang dan malam yang digabung

Karena ini dalam masa penghematan garis keras maka sebaiknya janganlah bermewah-mewah. Kamu bisa memasak nasi sendiri di kosan dengan bermodalkan rice cooker. Pilihlah beras yang tidak terlalu jelek atau sekitar harga Rp 8.500/liter atau kamu bisa membawa beras dari rumah sekitar 2-3 liter biar tidak terlalu berat (lumayan ngurangin belanja). Lalu pilih juga lauk yang bisa dimakan dua kali seperti sayur atau ikan. Kamu juga bisa puasa Senin-Kamis atau main ke rumah teman yang dekat, siapa tahu dikasih makan?

Mie instan / roti sebagai selingan

Namanya selingan berarti jangan sering-sering ya. Kamu bisa makan mie instan 1 sampai 2 kali seminggu untuk membuat kantongmu lebih hemat. Atau kalau kamu jenuh dengan mie instan, kamu bisa membeli roti tawar abang-abang lewat yang harganya jauh lebih ekonomis dari yang ada di minimarket atau sekitar Rp 8.000. Sehat dan mengenyangkan. Fyi juga guys bahwa roti tawar bisa bertahan 3 sampai 4 hari tuh, lumayan banget daripada kalian makan mie instan.

Beli sendiri gula dan teh

Jangan dikira beli gula dan teh adalah satu hal yang sifatnya pemborosan, kamu malah bisa lebih hemat ketika memiliki dua bahan makanan ini di kosan. Kamu hanya tinggal menyeduhnya dan membawanya kemana-mana untuk menghindari kamu jajan di jalan. Selain itu teh manis hangat juga terbukti dapat menghangatkan perut kamu sehingga rasa lapar berkurang. Hanya dengan Rp 4.500 lho guys! Daripada beli es teh manis di warung yang paling murah harganya Rp 2.500 atau di Mall yang bisa sampai Rp 10.000. Coba pikir lagi?

Minum Air isi ulang

Kalau kamu ada niatan kos dalam waktu lama, kamu bisa minta modalin orang tua kamu dulu untuk membelikan galon air mineral. Atau kamu bawa aja yang ada di rumah kalau masih ada lebih. Satu galon air mineral berisi 19 liter air dan untuk satu kali isi ulang kamu hanya diharuskan membayar Rp 5.000. Kalau kamu tinggal sendiri sepertinya 19 liter itu sudah banyak deh, setidaknya bisa untuk 2 sampai 3 minggu. Dan jangan hanya bawa galon, kamu juga wajib bawa botol air yang cukup untuk aktivitas kamu seharian. Jangan sok unyu-unyu membawa botol kecil dengan alasan ribet kalau kamu termasuk yang glonggongan alias banyak minum air. Daripada beli di luar yang harganya Rp 3.000 untuk 600ml?

Cemilan Bergizi

Masa anak orang disuruh makan berat mulu sama minum air teh, kan sedih ya? Sekali-kali mah pengen nyemil-nyemil sambil ngerjain tugas. Eits, jangan sedih. Kamu tetap bisa nyemil kok meski dalam kantong sekarat. Pilihlah cemilan yang isinya banyak dan kenyang walaupun kamu makan sedikit. Apaan tuh? Biskuit! Pilihlah biskuit gandum atau yang berasal dari tepung tapioka. Meskipun harganya sedikit lebih mahal tapi percaya deh biskuit ini akan lebih lama bertahan dalam lemari persediaan makan kamu dibanding ketika kamu membeli snack atau makanan ringan yang murah tapi isinya angin doang. Kamu juga bisa memilih snack kacang atom yang bisa kamu kombinasikan dengan nasi sebagai kerupuk.

Kerjakan Tugas Di kampus

Manfaatkan wi-fi kampus semaksimal mungkin. Daripada kamu pergi ke fast food yang akhirnya jajan atau membeli kuota internet untuk mengerjakan tugas, lebih baik manfaatkan saja wi-fi gratis yang tersedia di kampus. Babat habis semua tugasmu disana atau kamu bisa sekalian download-download lagu atau film untuk mengisi kekosongan waktu di kosan. Kalau internet-nya ngadat-ngadat, ya kamu coba datang lebih pagi di mana belum banyak orang yang menggunakannya.

Movie Marathon jado alternatif Kegiatan

Karena kamu udah puas-puasin download dengan wi-fi kampus, kini saatnya menikmati hari libur di mana katakan BHAY MAKSIMAL pada tugas yang sudah dikumpulkan. Kamu bisa mengurung diri seharian di kamar (tapi jangan lupa makan) dengan melakukan movie marathon. Habisin deh semua koleksi film yang kamu punya dan tak terasa malam akan datang. Kalau kamu lelah kamu bisa sambi-sambi baca buku, dengerin lagu atau tidur-tiduran cantik. Pokonya katakan BYE juga deh sama waktu luang yang bikin kita kepingin hedon.

Berkumpul asal jangan di mall

Kalau kamu bosan dengan kesendirian dan pertapaan yang kamu lakukan demi membunuh waktu luang serta tetap hemat maka kamu bisa kembali menjadi makhluk sosial dengan catatan hemat. Maksudnya? Tetaplah berkumpul dengan teman-temanmu tapi pilih lokasi yang hemat kalau perlu ngga usah keluar duit. Kamu bisa memilih untuk berkunjung ke rumah temanmu di mana kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos (tapi pilih yang terdekat ya) atau ajak teman kamu ke kosan dan sajikan cemilan yang kamu punya atau sekadar rumpi-rumpi sama tetangga kos. Setidaknya tiga cara itu bisa bikin pengeluaran kamu lebih hemat dibanding kalian janjian jalan ke Mall.

Gunakan koneksi dan commuter Line untuk berpergian

Sesekali minta tolong teman ngga masalah lah ya? Kamu bisa janjian dengan teman kamu yang punya kendaraan untuk nebeng ketika hendak berpergian. Ya melas-melas dikit lah biar doi kasian. Atau kamu bisa cari-cari modusan yang siap 24 jam nganterin kamu kemanapun si eneng mau. Atau kalau cara ini masih ngga berhasil juga ya terpaksa deh keluarin jurus ampuh yang paling hemat, yaitu menggunakan jasa commuter line! Untuk satu kali perjalanan, commuter line hanya membebani kamu tarif Rp 2.000 untuk 25 kilometer pertama dan Rp 1.000 untuk 10 kilometer selanjutnya. Nah kebayang kan tuh berapa banyak jarak yang bisa kamu tempuh? Dan kalau lokasi yang kamu tuju lumayan jauh dari stasiun, kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek terorganisir yang menyediakan diskon atau harga lebih murah dari ojek pangkalan (ya asal perginya jangan sering-sering).

Ya gitu deh kira-kira yang bisa kamu lakukan dengan 500ribu sebulan. Papasemar telah menghitung dan hasilnya untuk kebutuhan pokok kamu yang sudah pasti kamu keluarkan yaitu sekitar Rp 415.000. Jadi masih ada sisanya kan untuk jajan-jajan. Sebenarnya ada satu lagi sih cara agar bisa hidup hemat, yaitu dengan jadi orang yang menyenangkan. Ketika kamu menyenangkan, orang ngga akan ragu untuk ngajak kamu makan atau traktir kamu setiap jalan bareng. Banyak jalan menuju Roma! Hehehe.

Sumber : http://papasemar.com/tantang-diri-ka...0ribu-sebulan/
0
14.2K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.