benjoel36Avatar border
TS
benjoel36
[BAHAYA] Jangan-Jangan Agan Selama ini Terjebak Manic Society
Spoiler for HT #11:


~ WELCOME TO MY THREAD ~







Agan-agan pernah denger istilah manic society? (ada juga yang nyebut fast society). Istilah ini awalnya diungkapin Robert Holden di salah satu bukunya, “Success Inteligence”. Jadi menurut Om Robert ini, manic societyadalah gambaran kehidupan di mana masyarakat memuja arus kehidupan yang serba cepat. Dinamika kehidupan masyarakat mulai dari pekerjaan, gaya hidup, karir, mobilitas sosial, sampai pemenuhan kebutuhan sehari-hari harus berlangsung serba cepat.

Masyarakat pun memuja teknologi yang membuat segala sesuatu serba cepat. Internet, foto kilat, laundry express, dan jet pribadi, adalah sebagian kecil contohnya. Bahkan tidak hanya dalam teknologi, dalam hal karir dan pekerjaan pun orang-orang menginginkan proses yang cepat. Orang ingin cepat kerja, cepat kaya, cepat untung, cepat terkenal, sampai-sampai segala cara ditempuh. Ini juga salah satu gejala manic society. Padahal segala sesuatu yang diraih secara instan tidak selalu mendatangkan hasil yang langgeng. Easy come, easy go.





Di satu sisi, kecenderungan serba cepat ini mendorong kita untuk lebih giat bekerja karena prinsipnya “siapa cepat dia dapat”. Kita nggak punya banyak waktu buat bermalas-malasan karena sekalinya kita malas maka yang lebih rajin dan ulet akan segera mengambil keuntungan. Tapi yang mesti kita waspadai, manic society ini seringkali membuat kita abai terhadap kedamaian diri sendiri. Jika kita terjebak dalam manic society, seringkali kita sulit menemukan makna hidup yang sedang kita jalani. Pada akhirnya, kita menjelma menjadi sekumpulan “robot hidup”yang seumur hidup diperbudak oleh tugas dan deadline.



Contoh kasusnya gini:
Spoiler for contoh kasus:



Cerita klasik ya gan. Bisa dibayangin kalo agan ada di posisinya Pak Budi. Setiap hari harus menjalani rutinitas yang super sibuk, pagi-pagi buta sudah ngelayap ke kantor, di kantor suruh ngerjain ini itu, belum kalo didamprat bos, nanggepin rekan kerja yang senewen, dibela-belain lembur, pulang ke rumah anak istri udah lelap di kamar, nggak sempat bertegur sapa dengan agan. Esok paginya agan udah harus ngejalanin rutinitas yang sama, dan itu terjadi hari demi hari. Apa nggak stres lama-lama? emoticon-Frown

Nah, di sela-sela kesibukan itulah, pernah nggak sih agan bertanya-tanya,:
Quote:


Sadar ato nggak sadar, dalam manic society, kita dikondisikan untuk mengikuti roda kehidupan yang berputar sangat cepat. Kita selalu diburu oleh waktu, bersikap tergesa-gesa, ingin segala sesuatunya cepat selesai, menyukai hal-hal yang serba instan, memaksakan diri bekerja, hingga mengabaikan kedamaian dan kebahagiaan diri kita sendiri. Yang paling parah, jika kita terlalu larut dalam pengaruh manic society, kita bisa terjebak dalam 3 sikap buruk yang lebih dikenal dengan istilah 3H (Hurried, Hostile,dan Humorless)


Quote:



Quote:



Quote:


***Ane ngerasa punya salah satu sifat kayak di atas gan. Terus apa yang mesti ane lakuin?***


Quote:


Quote:


Selain itu . . .


Quote:


* * *


Yap itu aja thread sederhana dari ane. Semoga bermanfaat. Ane bikin thread ini juga buat self reminder, biar kita semua tetep inget untuk apa sebenernya kita hidup di dunia ini. Agar kita tidak mudah terbawa arus sampai-sampai lupa mensyukuri setiap anugerah yang Tuhan beri emoticon-SmilieJika berkenan silahkan kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) boleh juga dishare asal mencantumkan sumber linknya.



Spoiler for sumber:


emoticon-I Love Indonesia (S)Baca juga thread ane yang lain gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:
Diubah oleh benjoel36 08-07-2016 12:22
0
61.1K
410
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.