• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Perbatasan Wilayah Paling Ketat yang Pernah dan Masih Ada di Dunia

gilbertagung
TS
gilbertagung
Perbatasan Wilayah Paling Ketat yang Pernah dan Masih Ada di Dunia



Ada sekitar 200 negara di dunia. Kebanyakan negara memiliki perbatasan langsung dengan negara lain. Ada pula negara yang tidak memiliki perbatasan langsung dengan negara manapun, seperti Jepang dan negara-negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik. Beberapa perbatasan menjadi perbatasan yang ketat karena dinginnya hubungan antara negara-negara yang bersebelahan tersebut atau karena sebab lainnya. Apa sajakah itu?

Jerman Barat - Jerman Timur

Pada 1945, Jerman menyerah kepada Sekutu dan diduduki oleh empat negara Sekutu : Amerika Serikat, Britania Raya, Prancis, dan Uni Soviet. Wilayah pendudukan tiga negara pertama ditambah Berlin Barat minus Saarland yang diurus Prancis hingga 1956 membentuk Jerman Barat. Sementara wilayah pendudukan Soviet membentuk Jerman Timur. Karena Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet baru saja dimulai dan negara-negara Blok Timur memiliki kebijakan menutup diri dari dunia luar, Jerman Timur sebagai negara satelit Soviet yang berbatasan dengan Jerman Barat yang masuk Blok Barat mengawasi ketat perbatasan yang membentang sejauh 1.393 kilometer dari Laut Baltik ke perbatasan Cekoslowakia (sekarang Republik Ceko). Dengan keajaiban ekonomi Jerman Barat Pasca-Perang Dunia II, kesenjangan ekonomi di antara 2 negara Jerman melebar dan banyak warga Jerman Timur ingin pergi ke Jerman Barat untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Pemerintah Jerman Timur pun berusaha menghentikan imigrasi warganya ke Jerman Barat dengan menjaga perbatasan dengan ketat. Pada 1989, sebagai bagian dari gelombang reformasi di Uni Soviet dan negara-negara satelitnya, Jerman Timur melepaskan seluruh pembatasan untuk menyeberangi perbatasan dengan Jerman Barat. Bersamaan dengan peleburan Jerman Timur ke dalam Jerman Barat pada 3 Oktober 1990, perbatasan ini berakhir riwayatnya.

Berlin Barat - Berlin Timur

Kekalahan Jerman tahun 1945 bukan hanya membuat Jerman terpecah menjadi dua. Ibu kota Jerman, Berlin juga terbelah dua. Mirip dengan Jerman, kota Berlin dibagi menjadi Berlin Barat (zona AS, Britania Raya, dan Prancis) dan Berlin Timur (zona Soviet). Berlin Barat menjadi sebuah enklaf dalam wilayah Jerman Timur. Karena begitu banyaknya warga Berlin Timur yang melarikan diri ke Berlin Barat, pemerintah Jerman Timur membangun Tembok Berlin pada 1961 untuk menghentikannya. Tembok sepanjang 155 kilometer ini berdiri selama 28 tahun dan sekitar 5.000 orang berhasil melewati tembok ini untuk ke Berlin Barat. Tembok ini menjadi perwujudan dari "Tirai Besi" yang memisahkan dua blok politik di Eropa saat itu. Gelombang reformasi di Blok Timur akhirnya menamatkan riwayat tembok ini. Pada 9 November 1989, tembok ini mulai dihancurkan oleh massa yang pada akhirnya dibantu oleh pemerintah Jerman Timur dan menjadi peristiwa paling bersejarah pada abad ke-20. Pada 1991, tembok ini akhirnya benar-benar runtuh dengan beberapa bagian dibiarkan sebagai pengingat masa Jerman menjadi 2 negara terpisah.

Korea Utara - Korea Selatan

Pada 1945, Semenanjung Korea dibebaskan Sekutu setelah 35 tahun berada di bawah pendudukan Jepang. Wilayah ini dibagi dalam dua wilayah administrasi. Bagian utara di bawah Soviet dan bagian selatan di bawah AS. Bagian utara membentuk Korea Utara dan bagian selatan membentuk Korea Selatan. Perbatasan awal kedua negara ditetapkan di garis paralel 38 derajat Lintang Utara. Pada 25 Juni 1950, pecah Perang Korea dan berakhir - namun secara teknis masih berjalan - pada 1953. Sekarang, perbatasan kedua negara menjadi yang paling ketat di dunia. Zona Demiliterisasi sepanjang 250 kilometer membelah kedua Korea yang semakin kelihatan berbeda.

Spanyol - Maroko

Spanyol adalah satu-satunya negara di Eropa yang memiliki wilayah di Afrika. Melilla dan Ceuta yang terletak di ujung utara benua Afrika secara administratif masuk ke dalam wilayah Spanyol. Perbatasan antara Spanyol dan Maroko ini dijaga ketat karena banyak imigran Afrika yang berusaha masuk Spanyol (dan Eropa) melalui perbatasan ini setiap tahunnya. Dua pagar pembatas setinggi 6 meter menjadi halangan yang harus dilewati imigran Afrika yang ingin masuk ke Spanyol.

India - Pakistan

Britania Raya memerdekakan salah satu jajahan terbesarnya, India pada 1947 dan membaginya menjadi dua : India dan Pakistan. Kedua negara sempat berperang pada 1947 dan gencatan senjata dicapai pada 1949. Namun, wilayah Kashmir sampai saat ini masih menjadi rebutan kedua negara. Perbatasan India - Pakistan adalah yang paling rumit di dunia dengan panjang 2.900 kilometer dan sering terjadi konflik di perbatasan kedua negara.

Prancis - Jerman

Pada periode antara Perang Prancis-Prusia dan Perang Dunia II, Prancis dan Jerman memiliki hubungan yang buruk. Kedua negara saling tidak menyukai satu sama lain. Setelah Perang Dunia I, Prancis menjaga ketat perbatasannya dengan Jerman untuk mencegah Jerman menginvasi Prancis seperti pada Perang Prancis-Prusia dan Perang Dunia I. Prancis membangun sebuah sistem pertahanan di sepanjang perbatasannya dengan Jerman yang disebut Garis Maginot. Memakan waktu pembangunan 10 tahun, garis pertahanan ini membentang dari perbatasan Swiss ke perbatasan Luxemburg. Garis pertahanan ini tidak diperpanjang dengan kuat sampai ke pantai Selat Inggris karena Belgia telah menjadi sekutu Prancis. Ini pun menjadi keunggulan bagi keberhasilan Jerman menaklukkan Prancis pada 1940 dengan melewati Hutan Ardennes dan dengan demikian menghindari menginvasi Prancis dari Garis Maginot.


Demikian perbatasan wilayah paling ketat yang pernah dan masih ada di dunia. Terima kasih telah meluang waktu untuk membaca threadini dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII
Referensi VIII
Referensi IX

Apresiasi dari Kaskuser










Diubah oleh gilbertagung 19-05-2018 05:10
0
94.4K
312
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.