idheseven
TS
idheseven
Pihak - Pihak Yang Paling Sibuk Jelang Lebaran


Quote:


Assalamu'alaikum,

Bulan puasa sudah memasuki hari-hari terakhir. Menjelang lebaran, masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di perantauan selalu disibukkan dengan tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga atau sanak saudaranya. Saat masa arus mudik berlangsung, berbagai sarana transportasi pasti ramai oleh para pemudik, baik itu moda transportasi darat, laut, maupun udara.

Kata “Mudik” sebenarnya berasal dari bahasa Jawa “Mulih Dilik” yang artinya pulang sebentar. Libur Lebaran digunakan oleh para perantau untuk pulang sebentar ke kampung halamannya dan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan sanak saudaranya.

Ketika jelang lebaran, kota-kota di Jakarta biasanya menjadi lenggang dan sepi tidak seramai biasanya. Hal ini dikarenakan hampir sebagian dari sebagian yang lain warga Jakarta meninggalkan Ibukota dan pergi mudik ke kampung halaman. Sebagian besar penduduk jakarta memang berasal dari daerah. Saat jelang lebaran, kemacetan jalanan di kota metropolitan ini seakan freeze selama beberapa hari.

Tingkat mobilitas yang tinggi saat arus mudik dan arus balik membuat jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat. Pada tahun 2012 lalu, misalnya, jumlah kecelakaan yang terjadi saat periode mudik adalah 5.013 kasus kecelakaan dan 898 orang meninggal dunia dalam beberapa hari. Jumlah ini cukup besar dan bahkan mungkin dapat melebihi jumlah korban perang setiap harinya.

Tradisi mudik ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa negara juga memiliki tradisi mudik. Salah satu contohnya adalah Tiongkok. Tradisi mudik di Tiongkok biasanya terjadi pada saat Tahun Baru Imlek. Sama halnya dengan di Indonesia, stasiun kereta api disana juga sangat penuh karena dipadati oleh pemudik yang ingin merayakan Imlek di kampung halamannya.

Nah, saat jelang lebaran, ada beberapa pihak yang sibukan oleh suasana mudik. Mari kita simak ulasan tentang pihak-pihak yang paling sibuk selama menjelang dan sesudah lebaran.
emoticon-Ngacir2

Spoiler for Pesan Sponsor:

1. Pihak Pertokoan

Ketika menjelang lebaran, biasanya para penduduk kota mencari apa yang mereka inginkan dan mereka butuhkan. Biasanya, para penduduk mengunjungi pasar meliputi toko baju dan toko makanan. Ya, mereka ingin membeli baju baru. Selain membeli baju baru, mereka juga ingin membeli makanan untuk jamuan open house ketika lebaran nanti. Biasanya, pihak pertokoan khususnya baju menambah karyawan mereka. Hal ini dikarenakan untuk mempercepat pelayanan dan menghindari antrian yang panjang ketika jelang lebaran. Ada juga yang mengadakan diskon besar-besaran seperti pada toko online.

Ketika di pasar, bisa agan jumpai lonjakan para pembeli.Entah yang mau membeli buah atau sayur, atau sekedar survey nanyain ke penjual harganya melonjak tidak. Namun, hal yang sangat disayangkan ketika menjelang lebaran adalah harga-harga semakin melonjak tak terbendung. Seperti pada Kabupaten Sidrap, harga kebutuhan pokok melonjak termasuk ayam, gula, beras dan lainnya. Lonjakan harga ini juga terjadi di wilayah lain di seluruh Indonesia.

Spoiler for Pesan Sponsor:

2. Pihak Kepolisian

Ketika menjelang lebaran, pihak kepolisian dan keamanan setempat mengerahkan banyak personel untuk mengamankan mudik. Terlihat dalam berbagai berita melaporkan bahwa banyak pihak kepolisian yang mengerahkan dan meningkatkan patroli untuk menjaga agar situasi aman terkendali. Di setiap tikungan, biasanya ada polisi yang menjaga dan mengamankan arus lalu lintas. Berbeda dengan hari biasa, berada di pos polisi dan siap siaga untuk mengayomi masyarakat. Tak jarang, mereka juga menilang para pengendara yang melanggar aturan meski tidak ada surat perintah dari atasan. Tapi perlu diingat, hal itu hanya dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk agan, sebaiknya mematuhi peraturan daripada harus ditilang tanpa perintah.

Polisi, melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat.

Spoiler for Pesan Sponsor:


3. Pihak Pengobatan

Saat menjelang lebaran, biasanya pihak pengobatan seperti PMI mengadakan pos pengamanan mudik. Selain itu, pihak pengobatan juga wajib siap sigap apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan yang terus meningkat jelang lebaran. Hal ini dikarenakan karena faktor manusia dan faktor alam. Apabila alam mendukung dan manusia mendukung, kecelakaan bisa dihindari. Namun, apabila sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, apaboleh buat. Mari kita berdoa, supaya kecelakaan bisa berkurang dan pengendara mematuhi aturan. Dan semoga, apabila kecelakaan bisa ditekan dan dikurangi, hal ini bisa mengurangi kesibukan pihak pengobatan.

Teruntuk agan yang mau mudik, jangan lupa periksa kesehatan di pengobatan terdekat. Persiapkan mental, fisik, dan kesehatan agan sekeluarga. Semoga agan selamat sampai tujuan. Aamiin.

Spoiler for Pesan Sponsor:


4. Pihak Perhubungan

Dinas perhubungan / pihak perhubungan juga sangat sibuk jelang lebaran. Hal ini dikarenakan mereka harus menyiapkan strategi bagi para pemudik untuk menggunakan struktur jalan. Seperti memperbaiki jalan, memperlebar jalan, rute mudik, marka jalan dan lainnnya.

Spoiler for Pesan Sponsor:


5. Pihak Jalanan

Pihak transportasi umum, seperti bus, kereta api, motor mabur, kapal, dan jet luar angkasa juga sibuk menjelang lebaran. Biasanya, mereka menambah armadanya untuk mengatasi lonjakan penumpang. Ada juga yang mencanangkan mudik gratis menggunakan transportasi bus atau jet luar angkasa.

Spoiler for Pesan Sponsor:


6. Pihak Pengiriman

Siapa sangka pihak yang satu ini tidak sibuk. Pihak pengiriman juga sibuk saat menjelang lebaran. Hal ini dikarenakan semakin membludak titipan dari pengirim yang akan dikirimkan ke penerima. Kini, ada juga pihak pengiriman khusus mudik. Agan bisa nggak susah payah membawa barang-barang mudik. Tinggal kirimkan melalui jasa pengiriman. Belum lagi terkendala ada macet. Hal ini tentu bisa menyebabkan lamanya barang sampai. Bisa saja tidak sampai ke penerima. Atau sampainya sebagaimana internet explorer loading.

Spoiler for Pesan Sponsor:



6,5. Pihak Pekerja dan Pihak Lain

Pihak pekerja mulai dari satpam dan hansip yang menjaga rumah ketika mudik,
Pihak hotellers yang melayani pelanggan ketika mudik dan ingin menginap,
Pihak wartawan dan reporter tv yang mengupdate perkembangan mudik,
Pihak penjual makanan yang menjual makanannya kepada pemudik,
Pihak orang kampung yang siap-siap menerima kedatangan para pemudik,
dan Pihak lain yang ikut-ikutan sibuk.

Spoiler for Pesan Sponsor:


7. Pihak Mempelai

Biasanya, pihak mempelai sibuk menyiapkan jawaban untuk menghadapi pertanyaan kapan nikah saat lebaran nanti. Nah, buat agan udah siapin jawabannya belom gan? Kalau belum siap jawabannya, kapan nikah?
emoticon-Ngakak

AWAS! Pihak Kriminal

Pihak kriminal, mulai dari pencuri yang siang mencuri rumah yang kosong apabila rumah ditinggal mudik tanpa pengamanan. Begal apabila ia siap membegal para pengendara sepeda motor yang mudik. Dan tentunya, pihak semacam ini sudah bertaubat karna bulan ramadhan 1437 H ini sangat membuat mereka sibuk beribadah. Alhasil, mereka pun tidak bisa melakukan aksinya karena dipersibuk oleh urusan akhirat. Mereka sudah taubat. Waspadalah!! Waspadalah!! Waspadalah!!


Alhasil, semua pihak ikut sibuk. Semua pihak disibukkan sendiri-sendiri dengan urusan dunianya. Tapi jangan lupa, urusan akhirat harus didahulukan! Selamat bermudik dan selamat menantikan lebaran. Semoga dengan thread ini, bisa menjadikan pelajaran bahwa selain para pemudik yang sibuk mudik, para pahlawan ini mengamankan jalan kita untuk mudik. Tinggal kita amankan diri sendiri dan kerabat dekat. Ingat, diluar sana banyak yang lagi pada sibuk. Marilah kita saling menghargai, respect kepada sesama dan selalu menghormati sesama pengguna jalan. Selamat mudik Gan! Sekian Wassalamu'alaikum.

Menurut Agan, Siapakah pihak yang paling sibuk menjelang lebaran 2016 ini? Apakah agan juga ikutan sibuk?

klik foto untuk berbagi cendol




Quote:


Komentar Kaskuser
tentang pihak yang paling sibuk dan berat tugasnya jelang lebaran
Pihak zakat
Quote:

Harapan membawa berkah
Quote:

Salkus dengan foto matahari
Quote:

Mencari pemasukan tambahan
Quote:

Servis dan reparasi kendaraan
Quote:

Tidak libur di jalanan
Quote:

Beban lalin kian memberat
Quote:

Acara kondangan
Quote:

Pesan sponsor yang lumayan
Quote:

Terbangkalai
Quote:

Kekecewaan terhadap tukang tilang sembarangan
Quote:

Tips menghindari kapan nikah?
Quote:

BUMN pada sibuk gan
Quote:

Salut sama pakpol
Quote:

Maling yang sibuk
Quote:

Pihak BUMN +stasiun TV
Quote:

Koreksi dari agan ini
Quote:

Mudik ketika sensasi lebaran hilang
Quote:

Salut sama mereka
Quote:

Salkus tentang harga kue
Quote:

Profesi yang sibuk
Quote:

Polisi tetap menjalankan tugas
Quote:

Acara setahun sekali dan tidak boleh ketinggalan
Quote:

Ban mobil juga ikut sibuk
Quote:

Anggapan polisi bertaubat akibat ramadhan
Quote:

Keamanan dan BUMN
Quote:

Perkiraan yang salah gan
Quote:

Menjaga rumah adalah tugasnya
Quote:

Pencari duit recehan baru
Quote:

WC keliling sangat diperlukan
Quote:

Hati hati terhadap tukang kriminal
Quote:

Pakpol tidak mudik
Quote:

Tukang kriminal yang kian sibuk
Quote:

Tukang kriminal ikut mudik
Quote:

Profesi yang sibuk
Quote:

Pihak wartawan
Quote:

Penjaga gerbang tol
Quote:

Istri yang sibuk
Quote:

Sibuk nongkrong
Quote:

Sepi begal
Quote:

Pengincar target
Quote:

Sesuatu yang ganjil dan yang sibuk
Quote:

Safety first buat kaskuser
Quote:

Tidur juga merupakan salah satu kesibukan
Quote:

Ramadhan penuh berkah, sibuk beribadah
Quote:

Jasa perjalanan
Quote:

Siapin THR dari pihak kampung
Quote:

Bengong juga menjadi kesibukan tersendiri
Quote:

Jalinan tali silaturahmi dengan saudara
Quote:

Merasa sibuk dengan pic brengsek
Quote:

Satpam yang tidak libur
Quote:

Kepentingan mudik
Quote:


Sponsored by :

Diubah oleh idheseven 02-07-2016 10:09
0
46.8K
314
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.