Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
873
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576ab9ab1cbfaa88158b4567/kenapa-banyak-sarjana-pendidikan-gak-mau-jadi-guru
Halooo agan-sista sejagad Kaskus :kiss Ini thread pertama ane :malus , dijamin gak repsol karena sumbernya dari pemikiran dan hasil pengamatan ane sendiri. Agan-sista pasti memiliki saudara atau teman bergelar Sarjana yang lulus dari jurusan pendidikan. Sebagian dari mereka mungkin bekerja sebagai guru, tapi pasti ada juga yang bekerja di bidang selain pendidikan. Agan-sista pasti pernah bertanya
Lapor Hansip
22-06-2016 23:15

KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU

Halooo agan-sista sejagad Kaskus
emoticon-Kiss


Ini thread pertama ane emoticon-Malu (S), dijamin gak repsol karena sumbernya dari pemikiran dan hasil pengamatan ane sendiri.


HOT THREAD TANGGAL 26 JUNI 2016

HOT THREAD PERTAMAX ANE


Agan-sista pasti memiliki saudara atau teman bergelar Sarjana yang lulus dari jurusan pendidikan. Sebagian dari mereka mungkin bekerja sebagai guru, tapi pasti ada juga yang bekerja di bidang selain pendidikan. Agan-sista pasti pernah bertanya kepada mereka yang bekerja di luar jalur pendidikan itu, “Kok gak ngajar?” atau “Kenapa milih kerjaan lain? Kenapa gak jadi guru aja?”


Atau mungkin agan-sista termasuk insan bergelar S.Pd. yang bekerja di luar dunia pendidikan dan sempat merasa pusing menghadapi pertanyaan-pertanyaan tadi.


Emang kenapa sih, banyak sarjana pendidikan gak mau jadi guru?


Quote:1. Gajinya Kecil
Gajinya Kecil


Quote:2. Tidak Sesuai Passion
Tidak Sesuai Passion


Quote:3. Dulu Memilih Jurusan Pendidikan Karena Terpengaruh Keluarga/Teman
Memilih Jurusan Pendidikan Terpengaruh Keluarga/Teman


Quote:4. Mendapat Beasiswa di Jurusan Pendidikan
Mendapat Beasiswa di Jurusan Pendidikan


Quote:5. Tidak Menyukai Lingkungan ‘Pendidikan’
Tidak Menyukai Lingkungan 'Pendidikan'


Quote:6. Tidak Suka Anak Kecil
Tidak Suka Anak Kecil


Quote:7.Terlalu ‘Bandel’ untuk Menjadi Guru
Terlalu 'Bandel' untuk Menjadi Guru


Quote:8. Kurang Menantang
Kurang Menantang


Quote:9. Terlanjur Mendapat Pekerjaan di Bidang Lain
Terlanjur Mendapat Pekerjaan di Bidang Lain


Nah, begitulah kira-kira alasan para sarjana pendidikan menolak menjadi guru berdasarkan versi ane. Buat agan-sista yang bergelar S.Pd tapi tidak menjadi guru, bener gak tuh? Kalo ada alasan yang kurang, silakan tambahkan di komen. Nanti ane gusur ke sini komennya emoticon-Big Grin


Segitu dulu aja ya thread-nya emoticon-Malu (S)Terima kasih buat agan & sista yang udah menyempatkan baca, rate, dan komen thread ane. Buat yang mau sedekah cendol juga, ane menerima kok.emoticon-Cendol (S) emoticon-Blue Guy Peace


emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S) See you on my next thread.. emoticon-Kiss (S) emoticon-Kiss (S)


emoticon-Kiss


UPDATED

Tambahan dari agan

Quote:Karena jurusan Pendidikan itu emang biasanya termasuk yang biayanya ringan dibanding jurusan-jurusan lain.. dan karena dulunya berharap lulus dari universitas negeri jurusan pendidikan bisa mudah diterima bekerja sebagai guru PNS.. kenyataannyaaa ternyata mengecewakan.. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By jawamotorsport
Satu lagi gan....

Kuliah di unversitas negeri bekas IKIP itu biayanya lebih murah daripada kuliah di universitas negeri yang umum.
Iya bener gan, jadi guru itu ya harus PNS kalo gak PNS ya gak usah jadi guru deh, dan proses untuk jadi PNS itu ya banyak saingan, nyogok sana-sini. Yaudah cari kerjaan lain aja yg gajinya lebih manusiawi bisa buat makan sebulan.
Dan sayangnya lulusan dari universitas negeri bekas IKIP dengan gelar S.Pd. meskipun itu lulusan teknik tidak bisa diterima kerja di BUMN sekelas Pertamina, PLN, Telkom, Pelindo dll. Karena BUMN lebih memilih gelar S.T. gan meskipun sesama lulusan teknik tapi gelar S.Pd tidak diakui. Tapi kalo misal mau masuk kerja di perusahaan swasta bisa, temen2 ane banyak yang kerja di perusahaan swasta daripada ngajar, alasan utamanya ya faktor gaji sama kayak ane gaji yg ane dapat di perusahaan swasta sebulan + lemburan jauh lebih manusiawi daripada ane jadi guru. Ane ini lulusan teknik mesin dari universitas negeri yg gelarnya S.Pd.

Ane juga sempet mikir, ngapain coba universitas negeri bekas IKIP ini keluarin gelar sarjana pendidikan yg jika lulusannya tidak semua jadi guru? Padahal dulu ane sempet mengira kalo setelah ane lulus kuliah gelar S.Pd. ini ane bakalan berpeluang besar buat jadi PNS, dalam bayangan ane lulus kuliah langsung jadi guru PNS dan ditempatin dimana saja gitu, ternyata itu cuma mimpi aja.... Toh temen2 seangkatan ane yg bersedia dikirim ke pelosok indonesia sampai sekarang belum juga jadi PNS, alias masih honorer, padahal ane lulus wisuda dari tahun 2011 lho... Untungnya ane gak ikutin jejak temen2 ane yg jd honorer dan ane lebih pilih kerja di perusahaan swasta, coba kalo misal ane sampai sekarang jadi guru honorer di pelosok indonesia dg gaji kecil yg gak manusiawi ya selain rugi umur dan buang2 waktu, ane gak bisa kesampaian beli mobil dan rumah di usia muda dong.... Selain itu, ane gak bisa dapet istri cantik dong... Susah lah jaman sekarang cari istri cantik yg bisa nerima gaji guru honorer yg kecil...

Sekali lagi buat ane, jadi guru itu ya harus PNS kalo gak bisa jadi PNS ya gak usah jadi guru aja deh...


Diubah oleh frontalbaby
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.2K Anggota • 911.5K Threads
Halaman 20 dari 45
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:02
kalau semua-muanya dikaitkan dengan penghasilan pasti buruk sekali kehidupan ini, guru sejati itu mereka datang dengan pangilan hati, mereka menyebarkan ilmunya kepada anak2 di plosok2 desa, mereka 10000000x lebih bermanfaat daripada kita,
bukannya manusia yang bermanfaat itu adalah manusia yang bisa menolong sesamanya.

emoticon-Baby Boy
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:04
Jadi guru itu emang harus passion gak mudah ngadepin anak jaman sekarang gan. Biarpun gajinya kecil jrg dilirik cewek cakep isi dompet pas lah buat beli bensin naik motor pelan pelan biar irit honorer kalau dikampung ya cuma buat makan sekali di pizz* h*t lgs habis. Trus iklim kerja untuk guru honorer di sd negeri tu bener bener kerja keras dari jam 7 - nglembur2 gaji ya segitu2 aja munkin tambah nasi bungkus. Ya kalau ada waktu bisa ngamen nge les sana sini. Tp gak tau kenapa saya sebagai lulusan S.Pd buarpun gaji pas tapi rasanya nikmat buat disyukurin. Yah smoga bisa nabung beli mobil beli rumah punya istri cantik ya gan. Amin
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:04
Quote:Original Posted By toko.ketamine
milih prodi emang gak boleh aji mumpung
mumpung di terima di jalur undangan, sikat aja walau jurusan nya gak cocok sama passion kita
mumpung dapat beasiswa, sikatttt
intinya harus jujur sama diri sendiri
kalo trlalu perhitungan, yah gitu akibatnya
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU

Waduh... ane barus lulus sma nih, keterima undangaj di perikanan brawijaya. Sebenernya ane demen kimia, tapi entah knp waktu itu milih perikanan (ga ada masukkan dari siapapun). Nyoba setahun di Malang + kuliah bisa ngabisin 20jt. Kepikiran sbm tahun depan buat tek kimia. Akibat kurang jujur sama diri sendiri nih. emoticon-Blue Guy Bata (S)
Diubah oleh naufalxox
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:06
Quote:Original Posted By ebilebil
ane dilemaa juga gann, ane semester 8 lagi ngurus skripsi setiap ditanya "ntar lo beneran nau jadi guru" ane kadang masih bingung gan huhuhi. awalnya ane emang gak mau banget jadi guru karena ini kemauan orangtua terutama ayah, tapi gan.... pas ane ngerasain PPL ngajar di SMA negri jakarta, ane ngerasa enjoy bahkan ane mulai ngerasa seneng ngajarin mereka, tapi kalo inget gaji..... ane miris.... emoticon-Sorry


cerita nya agak mirip ane gan.. ortu tuh pingin bngt ane jd guru, ane diomongin ya gpp klo mo krja tuh dr bawah dulu gak lngsung jd tinggi bla bla bla.. emang sih krjaannya lbh nyantai drpda krja kantoran.. sebelumnya ane juga prnh krja kantoran..
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:06
Naik hate juga bre emoticon-Leh Uga
Ntah kenapa sekarang susah bre, kalo kata ortu ane dlu guru masi jarang2 bre
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:07
Quote:Original Posted By alvinmusik
ane yang calon sarjana TI pngen jdi guru, nah it yang ilmu ppendidikan gak mau, heran ane
emoticon-Bingung


soalnya yg kependidikan udah paham seluk beluk serta carut marutnya dunia pendidikan gan, sebelum ente jadi guru, mending cari tau dulu deh dunia pendidikan tu kaya gimana

Quote:Original Posted By gurubiologi
Jadi guru sekarang susah walau pun sukarelawan di sekolah negri atau swasta susah kalo tidak ada orang dalam


bener, kakaknya temen ane pernah nyogok oknum 7jt, buat jadi guru honorer, itu juga gajinya 150rb/bln ... bayangin gan, bkn cuma pns aja yg nyogok, jadi honorer ada jg yg kudu nyogok...

Quote:Original Posted By ratmadi
Maaf gan, ane mau tanya apakah bener gaji guru sekecil itu? Bukannya kesejahteraan para guru sdh ditingkatkan pada era pemerintahan (alm. Gus Dur)?
CMIIW
Padahal pekerjaan menjadi seorang guru itu mulia banget.


iya yg pns/sertifikasi (mulai jaman sby) CMIIW, yg honorer gajinya horror gan, g manusiawi


Quote:Original Posted By wintaka
klo masalah gaji kyknya skrng guru gak kalah sama BUMN atau swasta lain sih gan, disamping itu mungkin faktor gensi jg ada. soalnya menurut pandangan ane nih jd PNS tuh kajah bergengsi dibanding kerja di perusahaan2 BUMN.


iya gan, guru pns/ sertifikasi udah sejahtera sekarang, garis bawahi yg honorer, gajinya nggak manusiawi...

Quote:Original Posted By syaido


kok tau bisa tau ane jurusan itu gan?


soalnya ente menyoroti masalah TIK dihapus, otomatis lahannya mhs lulusan Pend. TIK cuma di SMK jur TKJ/RPL/Multimedia ... yg ente soroti itu salah satu keluhannya anak2 lulusan Pend TIK gan... emoticon-Cool
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:08
disamping gaji yg cukup lah buat sehari2
guru jga harus mengemban amanat yg besar
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:09
bbrp temen w yg berpikiran "maju" pada cari beasiswa gan
bbrp ad yg keluar negeri tp banyakn yg k lokal sih
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:10
Salut ajalah wat para guru2 yg berdedikasi dengan ikhlas.

walopun dengan gaji yg kecil.

karena berbagi ilmu sama dengan bersedekah.

senyum juga termasuk sedekah loh..
emoticon-Big Grinemoticon-Wow
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:12
Quote:Original Posted By caproel
kalo jadi guru mengaharapkan gaji itu salah bray,,,emoticon-Traveller itu kata temen ane yang kuliah di pendidikanemoticon-Traveller
gara2 koneksi lemot gak dapet pejwanemoticon-Nohope


lebih ke pengabdian ya gan...
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:13
widiiihhh ada yang bahas guru.
sory curcol dikit nih.
Menurut Pomut ya gan, Jadi Guru tu ya harus pinter. emoticon-Cool . Pinter dalam hal apa dulu ni ?, pelajaran, itu udah kewajiban. guru mesti pinter ngadapin kondisinya. banyak sarjana pendidikan gak mau jadi guru ?, tu mereka pada diajarin gag sih sama dosennya kalau mau jadi guru tu gag usah ngarap gaji, kalau ngarap gaji ya melarat. mau aman ya cari kerja sampingan, jangan ngarap gaji guru emoticon-Cool. Lagian kalau jadi guru cuman ngarep gaji percuma gan. hari pertama pomut matrikulasi di kampus, pomut dan kawan - kawan kena usir dosen, kata beliau " Ngapain kalian kuliah disini ?, mau jadi guru ?, gag usah, percuma, mending dari sekarang sebelum terlambat kalian berhenti, cari kerja bantu ortu kalian, guru itu bukan sebuah pekerjaan, guru itu sebuah pengabdian[/B] " . jadi kalau mau jadi guru ya harus tau resikonya.

[B]" Guru itu bukanlah pekerjaan, guru itu adalah sebuah pengabdian "
Mr. Zain emoticon-Cool


kalau mau jadi guru yang gragas abis, bagus contoh ni orang


#PocongImut
#PocongCalonGuru
#PageOneBilaBerkenan
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:13
udah banyak guru gan
sama pemerintah juga lagi ngebatesin jumlah pns

Mending kalo ngajar ke sekolah swasta aja
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:13

wew

Quote:Original Posted By anwar04
Nte terlalu naif, gan. Ane punya temen, anak dari pejabat kementrian xxx eselon 1 atau eselon 2 gitu ane nggak inget. Dia tes bareng ane tahun 2013 lalu. Ane udah sampe tahap wawancara dan yang lulus banyak yang nilainya di bawah ane padahal pas tes kompetensinya pun ane unggul dari beberapa peserta lain.

Nah, temen ane ini tiba-tiba nilai CAT-nya invalid alias nggak bisa diakses. Kalau orang biasa, berarti dianggap gugur karena nilainya nggak jelas otomatis dianggap nggak memenuhi passing grade. Tapi, sekarang temen ane udah melenggang jadi PNS. Bahkan formasinya itu juga dibuat khusus yang sesuai ama latar belakang pendidikannya padahal kalo mau prosedural, jurusannya nggak dibutuhin di kementrian tersebut. Jadi, nggak semua itu lulus dengan jujur.

Ada juga teman ane di pemkot dan DPD RI yang lulus tanpa nyogok sih. Intinya, semua masih bisa dimanipulasi selama nte punya "kekuatan".



Yang naif ente gan...!!!
makanya baca postingan org tuh menyeluruh dan dicerna baik2..ane ga bilang 100% pake sistem yg CAT sekarang itu murni 100%...ane bilang pemerintah sudah menuju ke arah yang benar.

sistem yang dibuat manusia itu ga ada yg sempurna, yg sempurna itu milik Allah.

ane tekankan sekali lagi, jangan negatif thinking terus dengan pemerintah. pemerintah sudah berusaha menuju ke arah jalan yang baik.

point utamanya perbaiki diri sendiri, intropeksi diri sendiri dan perbaiki kualitas diri sendiri.. jangan bisa nya menyalahkan orang lain terus.. sudah sejauh mana anda berkarya dan berguna bagi Nusa bangsa, atau setidaknya keluarga Anda...
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:15
pengen ganti suasana dulu gan. kerja diluar non pendidikan misal bank & perusahaan
Diubah oleh difkygaling
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:17
Quote:Original Posted By jawamotorsport


gaji gede itu yang udah jadi PNS gan, dan proses untuk jadi PNS itu gak gampang, saingannya banyak, harus nyogok sana-sini. Guru itu ya harus PNS kalo gak PNS ya gajinya kecil gan, sekitar 600-800rb sebulan dan gak dapat tunjangan apa2 kalo bukan PNS. Sedangkan untuk dapatkan tunjangan sertifikasi buat guru berpengalaman yg bukan PNS itu gak tiap bulan dapat, alias 3 bulan sekali dapat tunjangan sertifikasi gan. Dan kalo ditotal gaji guru bukan PNS yg sudah dapat tunjangan sertifikasi tiap bulannya masih dibawah gaji Buruh Pabrik yg sering demo2 itu gan.... Ane bicara gini karena tante ane jadi guru honorer di SD sudah pengabdian 20 tahun belum jadi PNS tapi dia sudah dapat tunjangan sertifikasi. Tunjangan sertifikasi itu hanya diberikan melalui proses yg ribet, tes lagi sana-sini, dan gak mungkin fresh graduate dari universitas yg baru kerja jadi guru bisa langsung dapat. Tante ane saja baru dapat tunjangan sertifikasi setelah 15 tahun ngajar, dan selama 15 tahun itu tante ane hidup dari gaji guru yg jauh dbawah kata layak. Ya buat nutupin kebutuhan disambi ngelesin anak2 SD tiap sore, tapi ya masih belum cukup lah, masih jauh dibawah UMK.

Itu cerita pengalaman ane gan... ane sendiri lulusan teknik mesin dari universitas negeri bekas IKIP tapi ane gak mau nerusin jadi guru lagi, dulu sih pernah ane jadi guru di SMK gan, tp ane lebih milih kerja di sektor swasta karena gajinya lebih layak dan bisa buat biaya hidup sebulan daripada ane jadi guru dulu. Sekali lagi guru itu ya harus PNS, kalo gak PNS ya mending gak usah jadi guru lah...


iye gan di sd daerah ane. guru yg gak pns gajinya 200rb sebulan.
ane tau soalnya kadang bantu2 bikin laporan keuangan.
kadang ane mikir itu buat transport aja kurang. kesian gan
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:18
setubuh ama TS emoticon-Big Grin
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:20
Gak bakat gan jadi guru. Ane kurang bisa bersosialisasi dengan murid2 gan. emoticon-Hammer2
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:22
Sayang sekali sih gan sebenarnya uda punya gelar S.Pd tp gak mw ngajar,, alasan yg pertama emg sih gajinya kecil,, tp skrg uda ada sertifikasi dan kalo pd mw ikut program pemerintah yg mengajar di daerah pedalaman gajinya jg gede lho jgn salah,, kalo yg alasan lain, ya smw emg personal sih, kalo emg gak punya passion bwt ngajar, gak sk anak kecil, kurang menantang, ya gak usah diterusin sih emg, drpd nanti jd beban,, tp ane dlu jg sama ngerasa gak punya passion bwt ngajar, tp lama2 setelah dijalani ya enak jg,, bisa mencerdaskan anak bangsa,, ilmu kita akan bermanfaat buat mereka,, so be a smart people guys emoticon-Cool
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:23
Emang biaya persemester kuliah guru berapa gan?
0 0
0
KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU
26-06-2016 14:23
Quote:Original Posted By dindra13
widiiihhh ada yang bahas guru.
sory curcol dikit nih.
Menurut Pomut ya gan, Jadi Guru tu ya harus pinter. emoticon-Cool . Pinter dalam hal apa dulu ni ?, pelajaran, itu udah kewajiban. guru mesti pinter ngadapin kondisinya. banyak sarjana pendidikan gak mau jadi guru ?, tu mereka pada diajarin gag sih sama dosennya kalau mau jadi guru tu gag usah ngarap gaji, kalau ngarap gaji ya melarat. mau aman ya cari kerja sampingan, jangan ngarap gaji guru emoticon-Cool. Lagian kalau jadi guru cuman ngarep gaji percuma gan. hari pertama pomut matrikulasi di kampus, pomut dan kawan - kawan kena usir dosen, kata beliau " Ngapain kalian kuliah disini ?, mau jadi guru ?, gag usah, percuma, mending dari sekarang sebelum terlambat kalian berhenti, cari kerja bantu ortu kalian, guru itu bukan sebuah pekerjaan, guru itu sebuah pengabdian[/B] " . jadi kalau mau jadi guru ya harus tau resikonya.

[B]" Guru itu bukanlah pekerjaan, guru itu adalah sebuah pengabdian "
Mr. Zain emoticon-Cool


kalau mau jadi guru yang gragas abis, bagus contoh ni orang


#PocongImut
#PocongCalonGuru
#PageOneBilaBerkenan


setuju gan.. lbh ke pengabdian ya, trus musti extra sabar sana sini emoticon-Smilie.

agan cewek apa cowok.. klo cewek mah sebenernya gpp jadi honorer dulu.. toh ntar jd ibu rmh tangga krjaannya lbh santai gan hehe
0 0
0
Halaman 20 dari 45
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia