Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
483
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576bafe8925233cc328b4567/dimasa-depan-air-akan-lebih-mahal-dari-emas-ini-alasannya
Quote: Quote:Halo agan-agan sekalian. Kali ini ane ngetrit tentang air. Munculnya ide ini awalnye ane yang lagi bosan nungguin adzan magrib dan bingung mau ngapain. Tiba-tiba ada pesan WA masuk dari pacar keempat ane. Oh iya, pacar-pacar ane lainnya udah ane kenalin di trit sebelumnya. Sebut aje pacar keempat ane, Ms. A. Spoiler for Ms. A: Nah, Ms. A ini orangnya rada jail gan. Hari ini kebet
Lapor Hansip
23-06-2016 16:46

Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya

Past Hot Thread
Sebelumnya makassih buat agan-agan sekalian, udah dikasih kepercayaan kepada trit ane buat jadi HT.
Quote:
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya

Mulustrasi

Quote:Halo agan-agan sekalian. Kali ini ane ngetrit tentang air. Munculnya ide ini awalnye ane yang lagi bosan nungguin adzan magrib dan bingung mau ngapain. Tiba-tiba ada pesan WA masuk dari pacar keempat ane. Oh iya, pacar-pacar ane lainnya udah ane kenalin di trit sebelumnya. Sebut aje pacar keempat ane, Ms. A.
Ms. A

Nah, Ms. A ini orangnya rada jail gan. Hari ini kebetulan doi lagi berhalangan dan kaga puasa. Dengan semena-menanya doi ngirimin ane foto air dalem gelas. Secara alami lidah ane langsung bergoyang-goyang. Apalagi ane abis balik kerja, bawa motor, panas-panasan, macet, pokoknya kompleks dah. Nah supaya ane bisa fokus lagi, makanya ane buka leptop, cari dokumen yang dibutuhin baik simpanan ane maupun dari om gugel, lalu bikin trit deh tentang air. Hehehe.

Quote:“We shall not finally defeat AIDS, tuberculosis, malaria or any of the other infectious diseases that plague the developing world until we have also won the battle for safe dringking-water, sanitation and basic health care.”
Kofi Annan, United Nations Secretary-General (2005) The International Decade for Action 2003-2015)

Quote:
Quote:
Intro

Air

Quote:Air adalah sumber kehidupan. Segala jenis makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan manusia membutuhkan air agar dapat bertahan hidup. Sampai sekarang, usaha manusia mencari sumber air yang lain (diluar bumi) masih belum menunjukkan hasil yang signifikan. Sekitar 70% permukaan bumi tertutupi oleh air. Meskipun menggambarkan jumlah angka yang besar, tapi tidak semuanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.
Dalam beberapa dekade terakhir, terjadi peningkatan kasus terkait kesulitan akses mendapatkan air bersih. Bahkan, masalah air ini dapat menyebabkan perang antar sesama manusia. Ditambah lagi dengan isu lingkungan yang menyatakan bahwa tingkat pencemaran air meningkat secara signifikan. Sehingga sebagian besar peneliti menyatakan bahwa dimasa depan harga air dapat melampaui harga emas. Apakah ramalan ini akan terjadi? Yok kita lihat dari beberapa aspek berikut.

Quote:
Quote:
Persentase Air di Dunia

Persentase

Quote:Fakta tentang air :
- 97% air yang ada didunia merupakan air laut atau air asin, sehingga untuk mengkonsumsinya diperlukan usaha, biaya dan teknologi yang tinggi.
- 2.5% air yang ada di dunia tersimpan dalam bentuk es (kutub utara, kutub selatan dan tempat bersalju lainnya).
- 0.5% nya merupakan air tersedia.
70% dari air tersedia tersimpan di dalam tanah sebagai air bumi.
20% dari air tersedia tersimpan di atmosfer. Air ini mengikuti siklus hidrologi (hujan dan penguapan).
10% adalah air akses tersimpan di sungai, danau ataupun reservoir. Air ini lah yang bisa kita akses secara mudah.

o Dari 10% air akses, sekitar 70% nya digunakan untuk sektor pertanian.
o 30% nya digunakan untuk kebutuhan manusia.

Kesimpulannya,
Air yang digunakan untuk kebutuhan manusia adalah 30% dari 5% dari 0.5% air atau hanya sekitar 0.015% air tawar di seluruh dunia yang tersedia dan mudah diakses untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hasil ini belum memperhitungan faktor pencemaran air, dimana berdasarkan beberapa publikasi menyatakan bahwa persentase air yang sudah tercemar di dunia meningkat setiap tahunnya.

Quote:
Quote:
Distribusi Air di Dunia

Distribusi

Quote:Faktanya air tidak terdistribusi merata diseluruh dunia. Distribusi air sangat dipengaruhi oleh faktor iklim terutama hujan. Jika dibandingkan, umumnya wilayah disekitar khatulistiwa atau lintang rendah mendapatkan surplus air hujan (tropis). Sedangkan wilayah lintang tinggi defisit akan air hujan (subtropis dan kutub). Banyak faktor yang mempengaruhi tipe iklim di suatu wilayah, salah satunya adalah pergerakan matahari. Wilayah lintang rendah yang mendapatkan penyinaran matahari sepanjang tahun akan mendapatkan surplus energi sehingga dinamika atmosfer diwilayah ini akan tinggi, khususnya hujan dan penguapannya.
Indonesia sangat beruntung terletak di kawasan khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis, yang berarti wilayah Indonesia memiliki tingkat curah hujan yang tinggi, hanya sebagian kecil wilayahnya yang memiliki tingkat curah hujan rendah.

Quote:
Quote:
Permasalahan

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menganggap air sebagai sumberdaya alam yang melimpah dan tidak akan pernah habis. Tetapi kenyataannya, untuk mendapatkan air bersih perlu mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Bahkan pada musim hujan sekalipun, masyarakat sering kali kesulitan dalam mendapatkan air. Penyebabnya adalah :
Quote:
Pengelolaan

1. Manajemen dan pengelolaan air yang masih rendah dan belum sepenuhnya air tersedia bisa dimanfaatkan oleh pihak terkait. Belum lagi, permintaan terhadap air oleh masyarakat meningkat setiap tahunnya.

Quote:
Penggunaan

2. Penggunaan air oleh masyarakat atau individu masih tergolong sangat boros. Bagi sebagian masyarakat, hal ini dianggap sepele. Tetapi jika hal sepele itu dilakukan oleh sebagian besar masyarakat?

Quote:
Pencemaran

3. Pencemaran yang dilakukan terus menerus menyebabkan kualitas air menurun secara drastis. Sumber pencemar yang sulit diidentifikasi, sehingga akan menghambat penanganan dalam penegakan peraturan ataupun sanksi.

Quote:
Konversi lahan

4. Banyaknya konversi lahan yang menyebabkan degradasi dan deforestasi. Ketika terjadi hujan, erosi pada tanah akan lebih mudah. Erosi ini mengakibatkan air sungai menjadi keruh. Sehingga mempersulit pihak yang memiliki kewenangan dalam mengelola air. Inilah yang menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih pada musim hujan.

Quote:
Quote:
Jejak Penggunaan Air

Untuk menganalisa pola konsumsi penggunaan air masyarakat maka muncul konsep untuk melacak jumlah air yang digunakan yaitu konsep water footprint, yaitu total volume air yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa yang dikonsumsi oleh penduduk suatu negara baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh dari perhitungan water footprint diantaranya adalah untuk memproduksi 1 kg daging dibutuhkan sekitar 15.000 liter air. Sedangkan untuk memproduksi 1 kg beras dibutuhkan sekitar 2497 liter air. Berikut water footprint dari berbagai produk.
water footprint

Quote:Setelah mengetahui mulai dari persentase air yang ada di dunia, distribusi air, permasalahannya dan penggunaan air untuk menghasilkan produk + peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya. Sehingga berdasarkan hemat ane, dimasa depan hampir mungkin harga air bakal lebih mahal dari harga emas. Gimana pendapat agan-agan?
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast


Sumber


Quote:
Quote:
Baca juga trit ane lainnya


Diubah oleh mamokgalau
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 25
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:28
Quote:Original Posted By yogijuliyanto93
mungkin bisa di gunakan dengan teknologi yang bill gates pernah minum
emoticon-Wow emoticon-Wow


mungkin rasa nya ada manis-manis nya gitu..
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:33
Lebay lu TS
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:35
Quote:Original Posted By vixihood


mungkin rasa nya ada manis-manis nya gitu..


hahaha bill gates aja minumnya sedikit
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:35
Quote:Original Posted By climberrock
Karena manusia gak mungkin minum emas emoticon-Big Grin


nih, ini nih baru bener

emoticon-Traveller
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:36
cewek ente gan? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:37
Quote:Original Posted By vixihood
mungkin rasa nya ada manis-manis nya gitu..



ente juga manis sis emoticon-Malu
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:38
Quote:Original Posted By rokugawa666
cewek ente gan? emoticon-Leh Uga


pacar gan
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:38
Quote:Original Posted By mamokgalau
pacar gan



cantik gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:39
percuma mas kita banyak, kalau kita ga punya air :ngkakak ,emang mas bisa sebagai alat bersih²?
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:39
Quote:Original Posted By rokugawa666
cantik gan emoticon-Big Grin


wkwkwkwk emoticon-Wakaka
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:39
sebenernya emang lebih milih air ketimbang emas
tapi kan butuh emas untuk beli air emoticon-Big Grin
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:40
Quote:Original Posted By rifaldiansyah
sebenernya emang lebih milih air ketimbang emas
tapi kan butuh emas untuk beli air emoticon-Big Grin


butuh emas buat nikah gan emoticon-Big Grin
bagi cendol dong
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:42
Quote:Original Posted By rokugawa666
butuh emas buat nikah gan emoticon-Big Grin
bagi cendol dong


RT
Diubah oleh mamokgalau
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:43
kl air langka, emas bkl lebih langka gan. jd emas akan ttp lebih mahal..
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:48
Nanti jangan jangan air itu langka bukan karena makin sedikitnya air bersih tapi..... tau sendiri kan emoticon-Big Grin
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:50
Quote:Original Posted By gubi
kl air langka, emas bkl lebih langka gan. jd emas akan ttp lebih mahal..


bagimane ceritanye gan? emas baik yg udah diolah ataupun msih trsimpan di bumi jumlahnya ga bakalan berubah. klo air juga gtu, tpi problemnya kualitas airnya yg smkin buruk gan.
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:52
Quote:Original Posted By mamokgalau
bagimane ceritanye gan? emas baik yg udah diolah ataupun msih trsimpan di bumi jumlahnya ga bakalan berubah. klo air juga gtu, tpi problemnya kualitas airnya yg smkin buruk gan.


air kan renewable gan, emas gak renewable. kl soal kualitas air ada teknologi gan, macam pure-it..

0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 22:53
bisa jadi breeh mungkin, oksigen juga bakal jadi sesuatu yang sulit didapatkan dan akan jadi semahal emas di masa depan nnti emoticon-Big Grin
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 23:00
Quote:Original Posted By gubi
air kan renewable gan, emas gak renewable. kl soal kualitas air ada teknologi gan, macam pure-it..


sepengetahuan ane air itu non renewable gan. prinsip pure it itu cuma memisahkan unsur-unsur asing, dgn syarat unsurnyr tdak mlbihi ambang batas. contohnya, air pdam bisa di pure it in, nah kalo air selokan di masukin ke pure it? yg bisa secara ampuh mmprbaiki kualitas air itu hanya siklus hidrologi alami gan.
0 0
0
Dimasa depan air akan lebih mahal dari emas? Ini alasannya
23-06-2016 23:05
Yang berlebihan itu emang gk baik yaa terlalu hemat juga gk bagus jadi yg biasa2 ajaa asalkan gk berlebih emoticon-Big Grin
Diubah oleh adeutut
0 0
0
Halaman 4 dari 25
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia