leeyeonjiAvatar border
TS
leeyeonji
Kenapa kuliah itu GA PENTING buat yang mau jadi KAYA.
Pertama maksud dari judul di atas itu untuk orang yang mau jadi KAYA aja, ga penting - penting banget lah kuliah. Kalo lu mau jadi dokter / arsitek atau hal semacamnya, kuliah emang suatu keharusan. Jelas kalo semua orang ga kuliah, ga bakal ada yang namanya dokter, hakim, ahli tambang dan hal semacam nya yang membutuhkan kuliah. I know the world needs that. Tapi kalo lo mau jadi orang kaya, atau lo mau sukses, kuliah itu bukan suatu keharusan.

No offense ya pertama buat yang kuliah, ini sama sekali ga ada hubungannya karena Gue ga kuliah dan Gue iri dengan orang yang kuliah. Yep, Gue ga kuliah. Dan Gue benci banget sama pemikiran bodoh yang kayaknya Gue sangat mengenaskan karena ga kuliah, pikiran orang yang ga kuliah itu bakal ga sukses, dan lainnya. Gue gasuka disaat orang berusaha nyuruh Gue buat nabung kuliah, oh iya orang juga suka banget buat nyuruh Gue kerja sama orang.



Dari dulu Gue sama sekali ga bisa bayangin Gue kerja di meja kantor dari jem9 - 5. That's so not me. Gue lebih milih kerja 16 jam sehari untuk diri Gue sendiri, kekayaan untuk diri sendiri, dan membangun usaha Gue sendiri. Sure, it's okay si kalo kerja magang untuk dapet ilmu / kerja beberapa tahun untuk dapet pengalamannya dulu. Tapi untuk kerja sama orang lain for the rest of my life, no freaking way.




Kenapa kuliah itu penting:

- Beberapa perkerjaan HARUS kuliah.
Siapa yang mau dibedah sama orang yang cuman yakin bakal bisa angkat tumor? Siapa yang mau tinggal dirumah yang dibangun oleh orang yang dengan kekuatan pikiran positif ? Ga ada.

- Dapet temen baru.
Yang artinya dapet banyak networking baru yang mungkin bisa membantu masa depan lu. Tapi lu harus bayar seengaknya diatas 100 juta untuk dapet teman di college. Dan cari temen ga harus hanya dengan kuliah.

- Biar ga kayak penganguran aja.



- Nyenengin orang tua.
Kalo orang tua emang mampu bayar why not kan? Lagian kebanyakan orang tua jaman sekarang, kalo mampu bayarin kuliah anaknya, dan anaknya gamau kuliah bakal marah banget deh kayaknya. Secara kalo ditanya temen - temennya,

" Sekarang anak lu kuliah dimana? Baru lulus SMA kan dia kemarin jeng"
" Anak Gue ga kuliah, dia mau buka bisnis sendiri"
"Oh......"


Besoknya langsung diomongin kalo ortu anak tersebut gamampu bayarin kuliah / ngedidik anak.

Kenapa kuliah itu ga penting kalo lu mau jadi "KAYA aja" :



- Bayar ratusan juta untuk mendapatkan pekerjaan bonafit.
Ok maybe kebanyakan dari lu mikir, "Bego, balik modal lah kerja beberapa tahun juga!"
Oh really? Gaji lulusan S1 berapa si setahun? Dan naik pangkat untuk naik gaji berapa tahun?
even pake duit ortu, I think you're wasting your time kalo lu kuliah dan ujung- ujungnya lanjutin usaha orangtua. Atau lu mau dapet kerjaan yang ga harus dengan kuliah misalnya lulus dan mau buka usaha sendiri. Kalo lu kerja dari lu lulus SMA dan lu kerja mati - matian dalam jangka 4 tahun itu , Gue yakin disaat temen - temen lu baru lulus dan nyari kerjaan kemana - mana dan dapet gaji kecil, income bersih lu perbulan udah JAUH melebihi mereka.

-Buang - buang waktu. Seperti yang udah Gue jelasin di atas, itu lah kenapa buang - buang waktu. Banyak pelajaran yang ga kepake, ga nyantol di otak, ga ngaruh di kehidupan nyata, dan perjalanan ke kuliah, waktu istirahat yang kebuang nunggu jam pelajaran selanjutnya, ongkos buat kuliah beli buku, ongkos perjalanan dll.



- Pendapatan terbatas. Kalo lu kuliah Gue berasumsi lu mau dapet ijazah yang digunain untuk kerja sama orang lain. Kerja sama orang lain, bahkan sebelum lu digaji setau Gue bakal dipotong pajak dulu yang ga kecil. Semakin besar pendapatan lu, juga semakin gede pajak lu. Makin nyesek, lu udah kerja banting tulang tapi malah uangnya ga bisa lu nikmatin. Warren buffet, orang terkaya no.2 didunia, bayar pajak lebih KECIL daripada serketarisnya.




- Susah mau kaya dibawah umur 30.Karena waktu kuliah yang lama, sekitar 4 tahun. Apalagi yang mau kaya raya cepet, harus nunggu naik jabatan biar naik gaji dan lainnya.

- Waktu ga flexibel. Anggeplah mau kerja sama orang, ga bebas mau kerja kapanpun dan semakin lu sibuk dan menimbun kekayaan, tapi ga bisa lu nikmatin karena lu sibuk buat kekayaan lebih banyak lagi untuk mepertahankan lifestyle lu yang udah kaya raya ini. (I'll talk more about this on another post)


Daripada nabung buat kuliah, Gue lebih milih nabung buat beli buku. Buku yang ngajarin real world skills. I'd rather pay for informal education, dan saving buat bayar les. Jadi bayar orang yang emang bisa hal itu entah karena kuliah or whatever untuk ngajarin Gue lagi. Lebih murah kan?

Kalo agan - agan ada yang ga kuliah dan punya cerita menarik silahkan di komen dibawah, yang menarik bakal ane masukin page 1.



CHEERS,
Isabella Tjandra
Diubah oleh leeyeonji 03-06-2016 18:12
0
17.1K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.