alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5751bda5dac13e8e6f8b4567/persepsi-salah-tentang-puskesmas
Lapor Hansip
04-06-2016 00:25
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Past Hot Thread
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Quote:Ane yakin nantinya tread ini bakalan ada pro dan kontra nya, jadi berkomentarlah dengan bijak dan cerdas.

PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Quote:1. Berobat di Puskesmas Cukup Mahal
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Coba tebak berapa kira kira biaya berobat di puskesmas..? mungkin agan agan pikir bahwa biaya berobat di puskesmas sekitar 20.000 s/d 30.000, ternyata berobat ke puskesmas tidak sampai sebanyak 10.000. dan masing masing daerah mepunyai tarif yang berbeda, tergantung dari kebijakan daerah masing masing, kalau biaya nya bisa di tanggung oleh pemerintah malah bisa gratis. Misalkan contoh di tread agan Quote:Original Posted By King.Cai
bahwa biaya berobat di puskesmas hanya 2.000, (Pada Tread nya Share pengalaman berobat di puskesmas)
Kalau di tempat TS biaya nya 7.500. (kalau ada tindakan medis seperti cabut gigi, tambal gigi, jahit luka, biaya nya beda lagi, tapi tetap lebih murah di banding di tempat klinik swasta)

Quote:2. Sulit Minta Rujukan Ke Tingkat Rumah Sakit
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Quote:Ilustrasi
Saya (S) : Mbak kenapa?
Pasien (P) : Sakit mata, Dok. Sama batuk
S : Sakitnya gimana?
P : Ya merah gitu, terus ada kotorannya lengket dok
S : Keluar air mata terus?
P : I..
Ibu pasien (I) : Dok kalau bisa ini dirujuk dok ke spesialis mata sama ke THT di RSUD,Dok
S : Lah kenapa gitu, Bu?
I : Ya ini kan mata dok, bahaya
S: Bu, penyakit mata ini masih bisa ditangani di puskesmas, ada obatnya Bu di sini
I : Yah tapi biar lebih jelas dok ke spesialis mata dok
S: Jadi gini Bu, ada penyakit-penyakit yang bisa ditangani di puskesmas, ga semua harus dirujuk. Nah tapi kalau sudah diobati di sini ternyata ga sembuh juga, baru bisa dirujuk. Atau penyakit yang memang ga bisa ditangani di sini misal katarak, ya langsung dirujuk Bu. Coba, anak ibu udah diobati belom?
I : Belum sih dok
S : Di puskesmas belum?kalo di klinik lain?atau udah pake obat apa?
I : Belum sih dok
S : Soalnya begini Bu, rumah sakit juga ga mau menangani yang seharusnya ditangani puskesmas, rumah sakit juga bakal complain ke puskesmas Bu
P: Yaudalah Dok, kasih obat dulu aja dari sini *mukanya kesel* Udalah ma, ikutin prosedur ajalah! *agak bentak, muka kesel ke mamanya* (suara hati saya: MBAK BISA GA SOPAN KE MAMA SENDIRI???*oke salah fokus)
I : Ya dok,tapi biar jelas kan lebih baik ke spesialis mata dok
S : ……. (suara hati : KALO CUMA KONJUNGTIVITIS GUE JUGA BISA KALEEEEE!!!!!) *capek, pasrah nulis rujukan, dengan diagnosis konjungtivitis, lalu saya tambahkan keterangan dirujuk atas permintaan sendiri, daripada diketawain sama yang menerima surat rujukan, kok konjungtivitis dirujuk._.*
S: Ini ya rujukannya Bu. Nanti kalau ditolak, gapapa balik sini besok Bu.
I : Makasih ya dok *senyum*
S : …..

Sumber
Quote:Seperti nya sebagian besar udah di jelasi oleh dokter di atas gan, bahwa tidak semua penyakit perlu di rujuk, ada 150 penyakit yang tidak boleh di rujuk oleh puskesmas, karena itu merupakan kompetensi dokter puskesmas, biasanya dokter males ngotot ngototan sama pasien, dokternya akan membuat rujukan dengan diagnosa pasien + keterangan pasien dirujuk atas permintaan sendiri. Dan saat di rumah sakit, bila pasien menggunakan kartu BPJS , pasien akan di kenakan biaya umum, karena penyakit yang di rujuk atas permintaan pasien memang bukan alur rujukan BPJS.


Quote:3. Mobil Ambulance di Pakai Untuk Kepentingan Petugas Kesehatan Bukan Untuk Antar Pasien
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Quote:Ilustrari 1
Diberitakan sebelumnya, Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sukaluyu Kabupaten Cianjur disoal oleh warga. Warga mengeluhkan pelayanan kesehatan puskesmas yang di nilai minim. Warga juga menyayangkan kendaraan ambulance yang tidak standby setiap saat di puskesmas
Sumber
Quote:Ilustrasi 2
Jika saya tanya pada Anda, instansi atau gedung apa yang paling banyak berkumpul mobil ambulan, kira-kira Anda akan menjawab apa ya? Kemungkinan Anda akan menjawab klinik dan rumah sakit. Jawaban umum tersebut tidak terlalu salah. Namun saya punya informasi lain terkait berkumpulnya ambulan di Surabaya. Setiap hari kerja, saya selalu melewati jalan Jemursari untuk menuju ke kantor saya di Jl. Semolwaru. Hampir setiap minggu pada hari-hari tertentu berkumpul banyak sekali ambulan hampir dari seluruh puskesmas di Surabaya. Rupanya pada tanggal-tanggal tertentu, seluruh dokter kepala puskesmas di wilayah Surabaya tersebut mengikuti rapat di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Akibatnya halaman parkir dan jalan di sekitar kantor tersebut dipenuhi oleh mobil ambulan yang digunakan oleh dokter puskesmas sebagai kendaraan operasional mereka pulang dan menuju ke kantor Dinkes Kota Surabaya. Terutama pada bulan desember ini menjelang laporan akhir tahun. Bila ambulannya digunakan oleh dokter puskesmas sebagai mobil dinas untuk menghadiri rapat, lalu bagaimana bila ada pasien di puskesmas atau warga sekitar yang membutuhkan ambulan untuk dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar? Apakah orang sakit tersebut dinaikkan mobil taksi atau angkutan umum lainnya? Bukankah fungsi ambulan memang sebagai operasional kesehatan seperti mengangkut orang sakit. Andaikata ambulan tersebut tersedia, biasanya keluarga pasien juga harus membayar mahal jasa penggunaan ambulan. Pertanyaan saya di atas muncul saat melihat tumpukan ambulan yang parkir. Ternyata memang penyalahgunaan ambulan diluar keperluan sebagaimana mestinya sudah sering terjadi. Beberapa berita dan tulisan di kompasiana juga pernah mengulasnya. Padahal selain ambulan, setiap puskesmas juga pasti sudah mendapatkan kendaraan operasional seperti sepeda motor seperti yang di berikan ke kantor-kantor kecamatan dan desa
Sumber
Quote:Sebenarnya di puskemas tidak ada kendaraan ambulance, yang ada itu yakni kendaraan Puskel (Puskesmas Keliling), perbedaan nya ;
Ambulance, di dalam terdapat alat bantu hidup dasar dan penggunaan nya khusus untuk merujuk pasien. saat merujuk, pasien dalam keadaan telah setabil (airway, breathing, circulasi) sudah tertangani, oleh sebab itu mobil ambulance tidak boleh melaju melebihi diatas 40 km/jam saat jalan ramai dan tidak boleh lebih di atas 80 km/jam saat jalan sepi.
Puskel (Puskesmas Keliling) di gunakan untuk menunjang kegiatan puskesmas seperti pelayanan pengobatan ke daerah sulit, pengambilan vaksin ke Depo Farmasi, kegiatan kedinasan, dan dapat juga di pergunakan untuk merujuk pasien, makanya di dalam puskel cuma ada tabung oksigen dan gantungan infus, dan biasanya pasien di bawa menggunakan puskel di usahakan pasien tiba di rumah sakit rujukan secepat mungkin, di karenakan di dalam puskel tidak terdapat alat bantu hidup dasar yang memadai.


Quote:4. Puskesmas Cuma untuk berobat
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Coba ente perhatikan lambang puskesmas ada dua buah lingkaran yang ternyata artinya.
Quote:Irisan dua buah bentuk lingkaran melambangkan dua unsur upaya kesehatan, yaitu:
a) Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan masyarakat.
b) Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan perorangan.
Sumber Permenkes 75 tahun 2014
Ini penjelasannya gan :
UKM itu adalah pelayanana di luar gedung, seperti imunisasi, Foging, Penyuluhan, Penjaringan anak sekolah, Bias Campak, Bias Dt/Td (imunisasi di sekolah), posyandu lansia, puskesmas keliling, Sosialisai PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), pembinaan kelompok resiko dan kelompok kerja, pengecekan garam beryodium dan masih banyak lagi.

UKP itu adalah pelayanan di dalam gedung, yah rutinitas harian yang agan lihat di dalam puskesmas lah gan, berobat, cabut gigi, minta rujukan, buat surat keterangan kesehatan, masang alat kontra sepsi, cek kehamilan / kandungan, melahirkan dan labor.
Nah udah jelaskan agan agan bahwa puskesmas itu bukan hanya untuk berobat aj, tapi kegiatan nya juga banyak ke masyarakat.

Quote:5. Pegawai Puskesmas hanya dokter, perawat dan bidan
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Ini mah kebiasaan orang kampung gan , setiap yang pakai baju putih pasti tebakan nya, dokter / perawat/ bidan emoticon-Wkwkwk. Padahal tenaga kesehatan di puskesmas bukan itu aj gan, tenaga kesehatan yang lainnya seperti, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga kesehatan masarakat, tenaga ahli gizi, tenaga teknologi laboratorium medik, tenaga kefarmasian dan tenaga administrasi. Di mana setiap tenaga kesehatan mempunyai tupoksi yang berbeda beda, Jadi jangan panggil semua orang yang kerja di pusekmas itu doker/ perawat / bidan ya gan.
Sumber Permenkes 75 tahun 2014

Quote:6. Pelayanan Buruk, Tenaga kesehatan kurang, Mutu di ragukan
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By liveforfree
puskesmas menurut ane pelayannya yang masih primitif bray
Quote:Original Posted By iyan.raambo123
puskesma bagus bwt rakyat tp ya itu dokter segala macemnya kyknya kurang gan
Quote:Original Posted By snape.severus
ane males berobat ke puskesmas. meragukan meragukan gimanaaaa gitu
emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By starlight4us
Di daerah ane gan puskesmas tutup jam 11, dominasi orang lama yang sangar juga masih terasa. Gedungnya aja yang berubah jadi wow, tp etos kerja? Mudah2 an bisa berubah.

Quote:Sesuai permenkes 46 tahun 2015, bahwa setiap puskesmas harus terakreditasi, tujuan akreditasi puskesmas untuk meningkatkan mutu pelayanan, beberapa waktu lalu ane ikut sosialisasi akreditasi puskesmas, semua aspek di nilai gan , dari informasi alur pelayan, voting kepuasan pasien, lambang tanda bahaya (ex : lantai masih basah), alat, kecukupan tenaga kesehatan, Tarif pelayanan, dll. kemudian setelah terakreditasi maka puskesmas akan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). di mana sistem alokasi dana BLUD ini, puskesmas mempunyai hak penuh terhadap pengelolaan anggaran, seperti Rumah Sakit lah gan anggaran nya, sehingga puskesmas mempunyai anggaran untuk merekrut tenaga kesehatan honorer dan melakukan pembelian alat kesehatan, yang bisa menunjang pelayanan terhadap masyarakat, Semoga kedepannya puskesmas yang belum terakreditasi bisa cepat selesai akreditasi.

Quote:7. Obat KW1, Obat Tidak Ampuh
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Quote:Original Posted By beringin40
karena puskeesmas itu diibaratkan pakenya cuma obat generik gan
makanya susah
Quote:Original Posted By cp9201
kalo yang ada dibenak ane Gan, obat dipuskesmas itu semacam obat KW 1 gitu, jadi kurang berkualitas. mohon maaf maaf kalo bayangan ane keliru.
emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By casoen
pernah anter nyokap berobat pake bpjs ke puskesmas
sakit asam urat + kolesterol ringan, udah dikasih obat gak kunjung sembuh
akhirnya ngasih tau ke kakak gw, kebetulan orang medis
katanya yg kurang ampuh obatnya, dibawa dah kerumah sakit tempat kakak gw kerja
cek sana sini di lab + dikasih obat, 3 hari sembuh cuy
dicek ulang kolestrol udah normal
Quote:Original Posted By aigun
1. ane pernah berobat di puskesmas. dalam hal tenaga medis, baguslah. cuma obatnya waktu itu nyampur2 ampicilin,antalgin,paracetamol,vitamin c,bkomplx dll yg biasa dijual diwarung. alhasil = ga sembuh. sembuhnya setelah ke dokter umum.
2. ane pernah cabut gigi di puskesmas. obat bius lokalnya kyk ga gitu ngaruh. sakiiit banget !. beda ama kalo ke dokter gigi. beda banyak !
3. ane pernah rawat inap di puskesmas. ini yg ane rasa paling mantap. pelayanan perawatan sangat baik. 4hari diinfus, dokternya ngecek terus 3x sehari. emang ga dapat makan tapi uang makannya dikasi dlm bentuk duit n dikasi ke anggota keluarga yg jagain biar bebas bisa beli apa2 (mana ada rumah sakit yg ngasih duit kan? hehe). tapi ane bayar utk obat yg ga ada di puskesmas n org rs pergi beli diapotik luar. biayanya 300rb (harga obat yg dibeli diluar puskesmas utk perawatan 4hari). Jauh kalo dibandingin ama di Rumah Sakit, apalagi swasta? emoticon-Wow
pesan ane kalo ada yg sakit n agak parah, daripada rawat jalan di dokter mending rawat inap aja di puskesmas emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By gemblehjoss
Puskesmas itu pengobatan seadanya

Quote:Obat Generik
Biasanya obat generik diberi nama yang sama dengan zat aktif yang dikandungnya, sesuai dengan International Non Propietary Names yang telah di tetapkan dalam Farmakope Indonesia. Contohnya: Amlodipine, Parasetamol, Antalgin, Asam Mefenamat, Amoksisilin, Cefadroxyl, Loratadine, Ketoconazole, Acyclovir, dan lain-lain. Contoh yang cukup populer adalah Norvask. Kandungan Norvask adalah amlodipine besylate, untuk obat antihipertensi. Pemilik hak paten adalah Pfizer. Ketika masih dalam masa hak paten (sebelum 2007), hanya Pfizer yang boleh memproduksi dan memasarkan amlodipine. Setelah masa hak paten berakhir, barulah industri farmasi lain boleh memproduksi dan memasarkan amlodipine dengan berbagai merek.
Tentang penggunaan obat generik, FDA (Food Drug Administration) Amerika Serikat juga telah menyutujui penggantian obat paten menjadi obat generik asal obat generik tersebut memiliki kesamaan dengan obat paten seperti kandungan, dosis, keamanan, kekuatan, kualitas, mekanisme kerja obat dan tujuan penggunaanya.
Dan jelas pula bahwa pengertian paten adalah hak paten, bukan ampuh hanya karena mahal dan kemasannya menarik.
Sumber : http://www.news-medical.net/health/D...-Generics.aspx
Berobat di Rumah Sakit / Klinik Swasta lebih cepat sembuh
Bila di bandingkan antara Puskesmas dengan Rumah Sakit / Klinik Swasta tertentu, bahwa di rumah sakit obat obatan nya lebih lengkap di banding kan puskesmas, oleh sebab itu Rumah Sakit lebih banyak bisa melakukan pengobatan, misalkan di untuk antibiotik puskesmas memiliki Amoxiciline, Ciprofloxacin, akan tetapi di Rumah Sakit mempunyai obat Cefixime,. Tetapi bukan berarti obat puskesmas tidak manjur, obat obat di puskesmas mampu mencover 150 diagnosa yang harus di tangani oleh puskesmas. Dan bila penyakit pasien tidak termasuk kedalam 150 diagonsa yang harus di tangani oleh puskesmas, maka puskesmas akan melakukan rujukan ke tingkat Rumah Sakit, yang juga memiliki dokter spesialis.


Quote:8. Jam Pelayanan Puskesmas Terlalu Singkat
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By starlight4us
Di daerah ane gan puskesmas tutup jam 11, dominasi orang lama yang sangar juga masih terasa. Gedungnya aja yang berubah jadi wow, tp etos kerja? Mudah2 an bisa berubah.
Quote:Original Posted By fatafani
Yang bikin heran..pelayanan puskes sampe jam 11 doang di tempat ane..enak bener yak..kerja nya dari jam 8 sampe jam 11 aja..
Gak tau di tempat lain...blm lg petugas nya klo lg strees biasa nya pelayanan nya rada sangar
Quote:Original Posted By erdewe
balik lagi gimana pengelolaan puskesmas nya. saya pernah nganterin temen badannya panas jam 3 sore, kata petugas puskesmas nya jam segitu uda ga terima pasien. akhirnya ya lari ke rumah sakit juga deh. [/color]
Quote:Original Posted By henchee
puskesmas jam 11 udah tutuup...
Quote:Original Posted By wardenfly
no 6 sebenarnya itu gk2 amat
tp ya karena TIPIKAL PNS emoticon-Malu (S) dokter gigi PNS no antrian ampe no 11 udah gk mau lg.baru jg jam 10an emoticon-Ngakak
ane awan.jd sbnrnya dokter PNS praktek ampe jam brapa sebenarnya?

kl bukan karna bpjs ane ogah ke puskesmas.ta karna wajibnya itu syg gk kepake.dr layanannya sih emg kgk bgt.soal murah mah murah bgt.utk penyakit ringan aj ad yg belum lunasin bpjsnya masih di tolerir dikasi tau suruh jgn lupa bayar emoticon-Ngakak
Quote:Jika di tanyakan jam kerja PNS maka ;
Untuk 6 Hari Kerja Jam Kerja PNS Per Hari = 37,5 Jam : 6 = 6,25 Jam (6Jam 15 Menit)
Untuk 5 Hari Kerja Jam Kerja PNS Per Hari = 37,5 Jam : 5 = 7,5 Jam (7 Jam 30 Menit)

Buka pelayanan puskesmas tergantung dari kebijakan daerah setempat, di karenakan kegiatan puskesmas bukan hanya dalam gedung, tetapi juga di luar gedung, setelah jam 11 / jam 12 maka pegawai melakukan kegiatan luar gedung (UKM), atau melakukan analisa pencapaian program, atau melakukan meeting bulanan, dll

Quote:9. Puskesmas Tidak 24 Jam
Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By elvaelisyadutha
Mudah mudahan aja kemenkes mmbuat pukesmas 24 jam sbagai alternatif ke dua jk rumah sakit jauh emoticon-Kiss karena ampir RS pmerintah atau swasta itu jauh shingga msyrakat sulit mndapat pertolongan
Quote:di beberapa puskesmas sudah mempunyai UGD 24 jam dan rawat inap, jadi untuk kasus gawat darurat, seperti kecelakaan, pingsan, dll, bisa langsung ke UGD puskesmas


Quote:
SUMBER
Tread ini di buat berdasarkan pemikiran TS, dari hasil bermenung di kakus, untuk dapat menulis tread bermutu di kaskus

PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Quote:

Quote:

Quote:
CEK REPOST

PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS

Diubah oleh ramlis461
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 17
04-06-2016 00:27
Quote:
KOMENT TERBAIK

Quote:
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By sibengal008
Ane pernah ngalamin di rawat inap di puskesmas bulan april kemarin gara2 dbd.. Selama 3 hari 2 malam, makan 3x sehari.. Kamar AC. Infus sebanyak +- 8botol. Dan ente tau ane kena biaya berapa? FREE gan emoticon-Smilie
Kalo di rs swasta itu 1botol infus bisa kena harga 200rb. Ane gunain abis 8botol. Ente itung2 aja brp biaya yg seharusnya ane keluarin kalo di rawat di rs swasta dengan kamar kelas 3 selama 3 hari 2 malem..
So puskesmas sangat ngebantu masyarakat yg kurang mampu kaya ane. Malahan orang2 berduit pun ane liat banyak yg berobat di puskesmas.. emoticon-Smilie
Jangan malu berobat di puskesmas.. emoticon-I Love Indonesia (S): emoticon-I Love Indonesia (S):
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By yusernembaik
Moga-moga puskesmas dikampung ane bisa semakin maju dan makin baik fasilitas n pelayananya,,,
Tpi ane mending milih sehat aja dari pada sakit
Aminnn!!!
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By Tatsuya Himura
Persepsi yang seharusnya diubah adalah puskesmas adalah tempat berobat khusus untuk orang miskin. Padahal puskesmas adalah pusat layanan kesehatan pertama yang menjadi tempat seluruh warga negara Indonesia berobat sebelum dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap, jika puskesmas tersebut tidak mampu menanganinya. Karena sistem rujuan tersebut, banyak orang yang beranggapan puskesmas kurang bagus dan mereka memilih untuk langsung berobat ke rumah sakit yang mengakibatkan menumpuknnya pasien di rumah sakit.
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By uchin46
Puskesmas sekaranng udh jauuuuh beda dengan yang dulu,,, kalo dulu tempatnya agak "kumuh" sekarang dh modern,,, kalo untuk pelayanan ane blom tau, coz hampir ga pernah mampir ke puskes,,, semoga sdh lebih ada kemajuan dari yang dulu. kalo dulu ajah udh ramah2,,, semoga sekarang tambah ramah,,,

inget banget jaman baheula ke puskes buat bersiin karang gigi rutin 6 bulanan. biasanya sama dokter gigi langganan bayar 200 rb. berhubung sang dokter lagi seminar luar kota jd iseng mampir ke puskes. pelayanan hampir sama, cuma alat ajah kalah modern, pas bayar cuma 10 ribu!!

wooow banget dhh,,,
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By bossgeng.
ane berobat tbc ke puskesmas jg gratis gan
bahkan ga perlu daftar dulu, ane langsung temuin dokternya yg kusus nanganin tbc
udah gitu ane dikasi susu gratis dr nestle..dapet jatah 2x lupa namanya apa tp susunya kental bgt kayak sereal n harganya kalo di apotik 90rb an 200 gram
sekarang ane udh sembuh emoticon-2 Jempol
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Original Posted By mamba9
Ane juga kerja di puskesmas gan tepatnya sebagai tenaga kesehatan lingkungan (kesling), paradigma kesehatan jaman sekarang harus berubah ke arah preventive atau pencegahan karena dasar dari kegiatan puskesmas adalah pelayanan dasar dan pencegahan penyakit...berbeda dengan RS dan klinik swasta lainnya yg hanya fokus pada pengobatan saja kita suka mengadakan penyuluhan dan pencegahan penyakit agar tidak berkembang disuatu daerah contohnya pemeriksaan jentik (DBD), Pemicuan STOP BABS (Buang Air Besar Sembarangan),Inspeksi Sanitasi dll... jadi intinya mencegah lebih baik dari pada mengobati...
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS


Quote:
KESIMPULAN

Quote:
Jangan Mau Sakit, Lebih Baik Sehat
Quote:Original Posted By yusernembaik
Moga-moga puskesmas dikampung ane bisa semakin maju dan makin baik fasilitas n pelayananya,,,
Tpi ane mending milih sehat aja dari pada sakit
Aminnn!!!

Puskesmas Harus Terakreditasi
Quote:Original Posted By get.off
Setuju, seharus nya puskesmas di akreditasi.. biar pelayanan nya naik bila perlu pake lembaga akreditasi handal.. sudah saat nya puskesmas bisa lebih baik lagi dengan adanya program jkn.. jgn pegawai bpjs aja yg gaji gede, itu puskesmas tingkatin kapasitas dan kapabilitas nya..
Quote:Original Posted By ndikawatch
Puskesmas sebenernya bagus, krn sdh di atur semua di permenkes.
Yg gak bagus adalah oknum di dalamnya, juga kadang kebijakan pemerintah daerahnya, beberapa daerah menjadikan puskesmas sebagai PAD dgn target tinggi, shg cost yg digunakan untuk pelayanan jadi kurang maximal.
Kurang nya SDM dokter di puskesmas juga menjadi permasalahan utama sekarang, krn tidak semua puskesmas ada dokter umum nya, kadang mngkn hanya ada dokter gigi, makanya ada beberapa testi dari TS tadi bilang klo berobat ke puskesmas gak sembuh2, krn mngkn TS ketemu perawat atau bahkan non medis sekalipun bisa jadi pengganti dokter.
Banyak celah untuk memperbaiki pelayanan puskesmas apalagi sekarang puskesmas terima kapitasi dari BPJS, seharusnya dana kapitasi tersebut bisa untuk memperbaiki pelayanan serta sarana prasarana di puskesmas
Pembenahan puskesmas sedang berproses skg, krn puskesmas skg harus akreditasi seperti fasilitas kesehatan lainya
Diubah oleh ramlis461
0
04-06-2016 00:29
mantep bre semoga mencerahkan emoticon-Cool
0
04-06-2016 00:30
Dulu cabut gigi di puskesmas, gratis pula emoticon-Hammer (S)
0
04-06-2016 00:33
Quote:Original Posted By zzainal
Dulu cabut gigi di puskesmas, gratis pula emoticon-Hammer (S)


lah kok samaan gan, cabut gigi dipuskesmas emoticon-Belo cuma gk inget, gratis apa ngga nya emoticon-Malu (S)
0
04-06-2016 00:35
Tapi ada aja kok gan.. ambulan keadaan kosong tanpa pasien.. tp sirine nyala,kenceng pula jalanya.





post terakhir hari ini sebelum menuju iso
10 post lagi buat besok ahhhhhhh
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Diubah oleh setugel
0
04-06-2016 00:37
yg nomor dua tergantung pegawai nya bray
ane pernah nganter nyokap pas minta rujuk di oper kesana sini (ga di terima) alhasil ane muter muter dulu dah emoticon-Cape d... (S)





Salman al-Farisi


0
04-06-2016 00:42
petugas cewek pas di masyarakat ya di panggil ses semua biasanya..
ses atau suster lah.. ya dimaklumin aja, krn gak bisa/bingung bedainnya..
manggilnya juga bentuk penghormataan terhadap profesi kesehatan.
0
04-06-2016 00:43
Ane pernah ngalamin di rawat inap di puskesmas bulan april kemarin gara2 dbd.. Selama 3 hari 2 malam, makan 3x sehari.. Kamar AC. Infus sebanyak +- 8botol. Dan ente tau ane kena biaya berapa? FREE gan emoticon-Smilie
Kalo di rs swasta itu 1botol infus bisa kena harga 200rb. Ane gunain abis 8botol. Ente itung2 aja brp biaya yg seharusnya ane keluarin kalo di rawat di rs swasta dengan kamar kelas 3 selama 3 hari 2 malem..
So puskesmas sangat ngebantu masyarakat yg kurang mampu kaya ane. Malahan orang2 berduit pun ane liat banyak yg berobat di puskesmas.. emoticon-Smilie
Jangan malu berobat di puskesmas.. emoticon-I Love Indonesia (S): emoticon-I Love Indonesia (S):
0
04-06-2016 00:43
mantap gan..salam dari sesama tenaga medis emoticon-Smilie
0
04-06-2016 00:49
ane mau ke pukesmas dulu bre emoticon-Ngacir
0
04-06-2016 01:06
Quote:Original Posted By alg18
ane mau ke pukesmas dulu bre emoticon-Ngacir


ngapain gan malem-malem ke puskesmas emoticon-Matabelo
0
04-06-2016 01:10
Quote:Original Posted By hanafialwi


ngapain gan malem-malem ke puskesmas emoticon-Matabelo


mau ngeliat penampakan emoticon-Cool
emoticon-Takut
0
04-06-2016 01:48
Moga-moga puskesmas dikampung ane bisa semakin maju dan makin baik fasilitas n pelayananya,,,
Tpi ane mending milih sehat aja dari pada sakit
Aminnn!!!
0
04-06-2016 04:31
puskesmas menurut ane pelayannya yang masih primitif bray
0
04-06-2016 04:46
puskesma bagus bwt rakyat tp ya itu dokter segala macemnya kyknya kurang gan
0
04-06-2016 06:23
Quote:Original Posted By zzainal
Dulu cabut gigi di puskesmas, gratis pula emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By voksellovers


lah kok samaan gan, cabut gigi dipuskesmas emoticon-Belo cuma gk inget, gratis apa ngga nya emoticon-Malu (S)
Quote:emoticon-BeloAsik bener gan bisa gratis. masing masing daerah punya anggaran masing masing ya gan, jadi masalah tarif puskesmas masing masing daerah bisa berbeda beda,


0
04-06-2016 06:28
tetep aja ane lebih sreg kalau ke rumah sakit. emoticon-Cool
0
04-06-2016 06:29
cuma puskesmas yg punya obat puyer bre emoticon-Cool

waktu ane kecil klo ane sakit selalu ke puskesmas,jaman dlu puskesmas masih jadul,lah skrg puskesmas punya fasilitas seperti rumah sakit,ada rawat inap nya juga,klo soal harga pengobatan,puskesmas solusi nya,
0
04-06-2016 06:37
Quote:Original Posted By setugel
Tapi ada aja kok gan.. ambulan keadaan kosong tanpa pasien.. tp sirine nyala,kenceng pula jalanya.





post terakhir hari ini sebelum menuju iso
10 post lagi buat besok ahhhhhhh
PERSEPSI SALAH TENTANG PUSKESMAS
Quote:Ane balas koment agan di lihat berdasarkan sudut pandang agan, karena ane kagak tau siapa supir ambulance nya.
1. Mobil ambulance setelah mengantar pasien itu di usahakan secepatnya untuk kembali ke Rumah Sakit (puskesmas cuma ada puskel). agar bisa sesegara mungkin dapat kembali di pergunakan bila ada pasien yang mau di rujuk
2. Belum semua petugas driver ambulance yang mendapatkan pelatihan mengenai ambulance, seperti ketentuan kecepatan, lampu hazard, bunyi serine, atau ketentuan bagaimana jika di lampu merah, dll..



Diubah oleh ramlis461
0
04-06-2016 06:43
Tp skrg rame puskesmas gan
Soalnya udh bagus fasilitasnya
0
Halaman 1 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.