budirahmanto28Avatar border
TS
budirahmanto28
Pengunaan Pertalite yang semakin banyak di daerah
Pertalite Dan Pertamax, BBM Yang Ramah Lingkungan Favorit Masyarakat



Inovasi yang dilakukan Pertamina dengan meluncurkan Pertalite menjadi salah satu lompatan penting pada tahun 2015. Sejak diluncurkan pertengahan tahun lalu, Pertalite langsung disambut hangat oleh masyarakat. Penempatan harga BBM dengan RON 90 yang cocok untuk mobil-mobil masa kini dikenal sangat jitu.

Harga Rp6900 per liter untuk Jakarta dan sekitarnya serta kota-kota lain membuat Pertalite sangat diminati. Penjualannya meningkat dan sangat pro rakyat. Belum lagi teknologi pembuatan Pertalite membuat bbm ini ramah lingkungan dan meningkatkan performa mesin.

Pertalite pun menjadi senjata yang pas bagi Pertamina dalam menggempur pesaingnya seperti Shell dan Total. Kedua perusahaan minyak asing itu selama ini dikenal sudah kelawalahan menghadapi persaingan dengan Pertamax, BBM dengan RON 92. Shell Super, harganya selalu di atas Pertamax. Terakhir Pertamax dengan harga Rp7350, sudah tak bisa disaingi dengan Shell Super Rp7800 per 30 Mei 0216.

Pertaluite dengan harga jual Rp6900 per liter ditengarai telah memukul penjualan BBM Ron 92. Namun bukan jenis BBBM Ron 92 yang dimiliki Pertamina. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan konsumsi pertalite dan pertamax. Jenis BBM berkualitas mulai menjadi pilihan masyarakat.

Area Manager Communication and Relation PT Pertamina wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara Heppy Wulansari menyebutkan, tingkat konsumsi pertalite di jatim mengalami kenaikan hingga 59 persen.

Kenaikan juga dirasakan pada bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax. Di wilayah Jatim, tingkat kenaikan konsumsi pertamax mencapai 26 persen. Kondisi berbeda terjadi pada tingkat konsumsi premium dan solar.

Saat ini di seluruh wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara, telah ada 567 SPBU yang melayani penjualan pertalite. Tingkat konsumsinya mencapai 1.218 kl per hari.

Sementara di Jakarta, PT Pertamina (Persero) akan lebih mengandalkan penjualan Pertalite . Dengan kualitas diatas Premium, Pertalite memberikan pilihan lebih kepada konsumen yang menginginkan BBM berkualitas dengan harga terjangkau.

Spesifikasi Pertalite berdasarkan keputusan Dirjen Migas No 313.K/10/DJM.T/2013

1. Bilangan oktana (RON): 90
2. Stabilitas Oksidasi: 360 menit
3. Kandungan sulfur : 0,05%m/m atau setara 500 ppm
4. Tidak ada kandungan timbal
5. Tidak ada kandungan logam
6. Kandungan oksigen 2,7 % m/m
7. Warna hijau
8. Kandungan pewarna 0,13 g/100 liter
9. Berat jenis minimal 715 kg/m3 maksimal 770 kg/m3

Dari spesifikasinya tersebut ada beberapa keunggulan BBM jenis pertalite ini dibandingkan dengan premium antara lain sebagai berikut:

▶ Pertalite memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium. Dengan begitu untuk setiap konsumen yang menggunakan produk ini pun diklaim akan menghasilkan pembakaran yang lebih optimal daripada menggunakan premium.
▶ Bensin baru pertalite ini lebih bersih sehingga Pertalite juga dipastikan tidak membuat mesin kendaraan mudah rusak dan bunyi.
▶ BBM baru ini juga ditambahkan beberapa bahan aditif dan pewarna hingga kualitasnya lebih baik dibandingkan premium.

▶ Produk ini memiliki kandungan Ron yang lebih baik dan ramah lingkungan dibandingkan premium.
▶ Pertalite ini lebih bersih, lebih ringan, lebih baik daripada Premium, tapi harganya lebih murah dari Pertamax.

Dengan perkembangan teknologi pada kendaraan yang semakin canggih, kualitas bahan bakar pun harus ditingkatkan untuk memperoleh performa kendaraan yang maksimal. Teknologi kendaraan baru memiliki kompresi mesin yang semakin tinggi agar emisi gasnya lebih ramah lingkungan. Semakin tinggi kompresi mesin, kualitas BBM nya juga harus semakin tinggi.
Nah, untuk Pertalite dengan kadar RON 90 ini cocok untuk kendaraan dengan kompresi 8-10:1* menggantikan Premium, untuk kompresi mesin yang lebih tinggi sebaiknya gunakan BBM yang nilai RON nya lebih tinggi, misalnya Pertamax 92 atau Pertamax Plus.

Kehadiran pertalite dimaksudkan untuk memberikan pilihan bagi masyarakat yang menginginkan BBM dengan kualitas lebih baik dibanding Premium, namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Pertalite adalah varian produk bahan bakar gasoline yang diformulasikan Pertamina untuk konsumen yang menghendaki bahan bakar pembakaran yang lebih baik dengan harga terjangkau.

Langkah ini, kata dia, terinspirasi oleh perkembangan teknologi kendaraan bermotor di Indonesia. Seperti apa Spesifikasi dari BBM yang memiliki kandungan RON 90 ini, Berikut datanya:

Spesifikasi dan Hasil Pengujian Pertalite

1. Karakteristik
Spesifikasi Pertalite : Min 90
Spesifikasi Pemerintah : Min 90

2. Kandungan Timbal
Spesifikasi Pertalite : None
Spesifikasi Pemerintah : None

3. Kandungan Mangan dan Besi
Spesifikasi Pertalite : None
Spesifikasi Pemerintah : None

4. Kandungan Sulfur
Spesifikasi Pertalite : 180 ppm
Spesifikasi Pemerintah : Maks 500 ppm

5. Stabilitas Oksidasi
Spesifikasi Pertalite : > 480 menit
Spesifikasi Pemerintah : Min 360 menit

6. Warna dan Tampilan Visual
Spesifikasi Pertalite : Hijau, Jernih, Terang
Spesifikasi Pemerintah : Hijau, Jernih, Terang

Perbandingan Hasil Uji Pertalite dengan Premium

Kendaraan Uji
1. Avanza
2. Camri

Avanza
Pertalite : 14,78 km/l
Premium : 13,93 km/l

Camri
Pertalite : 16,09 km/l
Premium : 15,08 km/l

sumber : http://seputarenergi.com/?p=2804
0
4.9K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.