Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
1737
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013300877/ngobrol-seputar-bea-cukai-kantor-pos-pasar-baru
Apabila ada teman2 yang ingin menanyakan seputar barang kiriman pos dari luar negeri tujuan jabodetabekten selain EMS (bea cukai Soetta), silakan tanyakan disini or telp. ke 021-3813438. sesuai PMK No. 188/PMK.04/2010 tanggal 29 Oktober 2010, semua barang kiriman pos dari luar negeri adalah barang impor sehingga dikenakan Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor(PDRI). BM dan PDRI baru dikenaka
Lapor Hansip
27-02-2012 09:23

Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru

Apabila ada teman2 yang ingin menanyakan seputar barang kiriman pos dari luar negeri tujuan jabodetabekten selain EMS (bea cukai Soetta), silakan tanyakan disini or telp. ke 021-3813438.
sesuai PMK No. 188/PMK.04/2010 tanggal 29 Oktober 2010, semua barang kiriman pos dari luar negeri adalah barang impor sehingga dikenakan Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor(PDRI). BM dan PDRI baru dikenakan apabila harga barang sudah di atas $50 per paket dan dikenakan hanya atas selisihnya.
contoh:
Pakaian 2 pcs Harga USD 80, Ongkos Kirim USD 40, karena Harga $80 sudah di atas $50, maka dikenakan BM dan PDRI atas selisihnya.
Cost dan Freight \t\t: $ 80 + $ 40 = $120
Pengurangan $50 \t \t $120 - $ 50 = $ 70
Insurance (bila tidak ada) \t: 0.5% x $ 70 = $ 0.35
CIF\t\t\t\t: $ 70 + $ 0.35 = $ 70.35
Kurs (misal) $ 1 = Rp 10.0000
Nilai Pabean (NP)\t\t: $70.35 x Rp 10.000 = Rp 703.500
Tarif Bea Masuk Pakaian 10%
Bea Masuk\t= NP x 15% \t = Rp 703.500 x 15% = Rp 105.525
PPN\t\t= (NP+BM)x 10% = (Rp 703.500 + Rp 105.525)x10%
\t\t\t= Rp 80.902
PPh\t\t= (NP+BM)x 7.5% = (Rp 703.500 + Rp 105.525)x7.5%
\t\t\t= Rp 60.676
Total\t\t= Rp 105.525 + Rp 80.902 + Rp 60.676
\t\t= Rp 247.103
tarif BM berbeda tergantung jenis barang, di bea cukai ada namanya Buku Tarif Kepabeanan Indonesia(BTKI), petugas BC menghitung BM sesuai tarif BTKI.
tarif PPN selalu 10% untuk semua jenis barang
tarif PPh selalu 7.5% untuk semua jenis barang, kecuali untuk importir yang memiliki API tarifnya mjd 2.5%
tapi hati2 dengan PPnBM, barang mewah, karena tarifnya bisa 40% untuk tas kulit di atas 500rb/pc atau sepatu harga di atas 1jt/psg. detail PPnBM lihat 620/PMK.03/2004.

prosedur barang kiriman LN di pasar baru.
-barang sampai di pasar baru, kemudian petugas pos menyiapkan barang untuk diperiksa bea cukai.
-setelah ditimbang berat, petugas pos membuka paket di hadapan bea cukai, kemudian bea cukai menuangkan isi paket ke dalam form PPKP.
-setelah itu petugas pos menutup kembali paket dan menyimpan di gudang impor.
-petugas bea dan cukai menghitung BM dan PDRI (bila ada),setelah selesai PPKP akan dinomori untuk kemudian diserahkan kembali ke PT Pos.
-apabila paket berisi barang larangan, maka otomatis akan ditegah oleh bea dan cukai (narkotika, pornografi, minuman mengandung alkohol, produk tembakau).
-apabila paket berisi barang pembatasan, perlu izin, atau butuh invoice atau COA bea cukai akan mengirimkan surat panggilan ke alamat penerima. apabila ada yang menerima panggilan invoice tidak perlu datang cukup di fax saja bukti pembelian ke 021-3500919 dengan menuliskan no. surat panggilan. tapi kalau terkait izin(karantina, kemendag, kemenkominfo, BPOM,Polri, Kemenlu, Setneg) silakan diurus dulu izinnya baru diserahkan ke BC. tapi kalau mendapat panggilan COA/MSDS atau panggilan kunci segera datang ke pasar baru untuk menyerahkan COA atau membawa kuncinya.
-PT Pos setelah menerima PPKP dari BC akan mengirimkan barang berikut PPKP ke kantor wilayah pos masing-masing.
-Kantor wilayah pos akan mendistribusikan barang ke penerima. apabila tidak kena pajak barang akan dikirim ke alamat, tapi bila kena pajak pos akan mengirim surat panggilan pengambilan barang berikut rincian pajak ke alamat penerima.
-penerima datang ke kantor pos, membayar pajak, mendapatkan bukti setor pajak,baru mengambil barang.
-apabila keberatan dengan pajak yang ditetapkan, jangan dibayar dulu, langsung ajukan keberatan ke BC pasar baru dilengkapi dengan dokumen pendukung.
untuk mengetahui posisi paket anda bisa track di website pt pos indonesia di [url]www.posindonesia.co.id[/url] kemudian masukkan no. tracking dari pos luar negeri.
terakhir kalau ada yang menghubungi untuk mengurangi pajak jangan ditanggapi, semua perhitungan pajak resmi disertai dokumen PPKP, langsung hubungi kantor pos untuk menanyakan jumlah pajak yang sebenarnya.
mudah-mudahan membantu.

kalau ada yang ingin nanya tentang EMS yang diperiksa bea cukai soekarno-hatta dengan kode huruf depan E bisa ke link berikut
[url]http://forum.det**.com/yang-punya-masalah-dengan-bea-cukai-soekarno-hatta-ngobrol-di-t83638.html[/url]
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 66 dari 88
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
20-02-2016 19:46
Selamat malam rekan2 agan2, apa dasar ppns beacukai menahan seseorang yg membawa hp lebih dari 20 pieces? Dasar yg dipakai adalah pasal 102 E, krnapa ditahan? Knapa ga dikasi opsi bayar denda? Unsur dari 102 e itu menyembunyikan, barang import, secara melawan hukum..semua invoice ada dan lengkap..thank u agan2
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
03-03-2016 10:56

permisi numpang tanya gan

gan kalo airport handling tuh apa sih? kok ane ngirim dari UK, airport handling terus ya? udah semingguan begitu terus. sebelumnya cuma 1-2 hari. ada yg bisa bantu gan?Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
03-03-2016 11:01
jejak dulu
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
13-03-2016 23:51
Nummpang nanya suhu2 d sini. Untuk brg i parcel perlakuan nya sama gak sih kyk brg yg di kirim via ems??
Ane ad bli case di amazon statusnya udh custom dr tgl 8, kalau di amazon d info in bakal ane terima tgl 23 maret ini. Apakah kemngkinan brg bs lebih cepat dr tgl 23 nyampe ke ane? Soalnya custom kok lama amat y ampe 2 minggu.
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
15-05-2016 13:52
Ada yang tau kalao nomor resinya angka semua itu dikirim pakai apa ya? 33472613145 .

Trus apakah barang langsung dikirim ke alamat penerima?Proses na seperti apa.
Melewati pos indonesia lg atau gimana?
mohon infona thanks
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
15-05-2016 15:36
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
29-05-2016 16:10

Mohon Pencerahan donkkk

kalau ada agan2 yang punya pengalaman kirim dari china ke indo, noobie mau tanya donkk biasanya brapa lama sich processing document by custom, kok ini udah hampir 3 minggu status nya tetep aja emoticon-Frown(
mohon pencerahan nya . . . thanks

Indonesia
Destination Country
2016-05-11 11:08:00 【MPCJakarta 10900】Processing document by Customs
2016-05-07 11:07:00 【MPC Jakarta IDJKTC】Airport Handling
2016-05-07 10:37:00 【MPC Jakarta IDJKTC】Arrival at inward OE
2016-05-04 12:09:00 【SINGAPORE SG】Departure from outward OE
China
Original Country
2016-05-07 11:07:00 Held by Customs at Destination
2016-05-07 10:37:00 Arrival at Processing centre
2016-05-07 09:41:00 Arrival at Destination
2016-05-04 12:09:00 【IDJKT】Despatched to overseas
2016-05-02 12:09:00 Received from Customer
2016-05-01 06:22:00 Despatched to ATC
2016-04-30 18:22:00 Shipment ready
2016-04-30 18:03:56 Successful departure from Warehouse
2016-04-30 18:03:53 Warehouse processing complete
2016-04-29 19:50:25 Successful package picked up by Warehouse
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
29-05-2016 16:11
wih mantep jg gan infonya bisa buat jaga2 klo lg oerlu emoticon-Toast
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
29-05-2016 16:19
Quote:Original Posted By cilentpeader
gan titip ini dunk
http://www.kaskus.co.id/thread/572d9...h-kantor-pos/1


gan mau tanya donk, ente beli di aliexpress tanggal brapa ?
thanks
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
05-06-2016 04:54
tanya mas-mas ganteng atau mbak-mbak cantik.
misalnya saya beli HP dari luar negeri dengan harga 100$, untuk menghindari pajak saya meminta seller untuk membuat invoice dengan harga 49$. nah apakah nanti di beacukai akan ada masalah??? apakah paket kiriman akan ditahan lama oheh pihak beacukai??? atau nanti beacukai yang menentukan harga sendiri???
trimakasih mohon penjelasannya dan share pengalamannyaemoticon-Malu [removed]void(0);
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
06-06-2016 10:46
Gan, mau tanya, saya tgl 20 Mei 2016 ada pesen supplemen dari singapore untuk nutrisi otak (Gingko Biloba) di website BRAINPLUSIQ.COM, beli 5 botol karena lebih murah jadi Rp. 1.875.000 + biaya pajak international 15% jadi totalnya Rp. 2.156.250,- untuk konsumsi sendiri dan keluarga, tapi tadi barusan dapat sms dari bea cukai pasar baru sehubungan dengan kiriman pos nomor : BK201609287BC dari Hongkong, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi yaitu IJIN SAS BPOM sesuai perka NO 39/2013 informasi lebih lanjut 021-3813438. Cuma saya telp2in terus dari tadi sibuk trus, saya mesti gimana ya gan ? bisa tolong dibantu untuk langkah2 selanjutnya, terima kasih banyak.
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
07-06-2016 13:26
Gan ane ada paket perasa berupa liquid posisi tertahan di beacukai, bisa bantuin?
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
09-06-2016 10:54
Quote:Original Posted By plipasarbaru


Untuk agan-agan yang bermasalah dengan paket unregister dengan kode depan LN, LJ dan lain-lain, silahkan agan tanyakan langsung kepada petugas pos bpk ari atau amir di kantor pos pasar baru lantai 3, No Telp (021) 3840289 ext 6230


Gan, nomor ini ga bisa dihubungi. Atau udah ganti? Kalau udah ganti tolong ya nomor yang baru atau kalau ada yang punya nomor hp nya.

Thanks in advance...

0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
09-06-2016 11:02
Fedex enak gan, langsung telp dan kasih tau biaya tax dll.
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
10-06-2016 17:11
THE STATUS OF THE SHIPMENT
BARCODE : CL617771089DE
FROM : GERMANY
TO : INDONESIA
OFFICE DATE TIME STATUS
GERMANY DE 2016-05-12 13:15 Departure from outward OE
MPC Jakarta IDJKTC 2016-05-19 10:10 Arrival at inward OE
MPC Jakarta IDJKTC 2016-05-19 10:40 Airport Handling
MPCJakarta 10900 2016-05-19 14:13 Processing document by Customs
MPC Jakarta IDJKTC 2016-05-19 14:13 Processing document by Customs

ada yg bisa bantu ini gan?
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-06-2016 13:45
Quote:Original Posted By Coffeman
Gan ane ada paket perasa berupa liquid posisi tertahan di beacukai, bisa bantuin?


liquid vape gan? senasib kita

Quote:Original Posted By dokJem
THE STATUS OF THE SHIPMENT
BARCODE : CL617771089DE
FROM : GERMANY
TO : INDONESIA
OFFICE DATE TIME STATUS
GERMANY DE 2016-05-12 13:15 Departure from outward OE
MPC Jakarta IDJKTC 2016-05-19 10:10 Arrival at inward OE
MPC Jakarta IDJKTC 2016-05-19 10:40 Airport Handling
MPCJakarta 10900 2016-05-19 14:13 Processing document by Customs
MPC Jakarta IDJKTC 2016-05-19 14:13 Processing document by Customs

ada yg bisa bantu ini gan?


gimana sekarang gan? udah sampe blom paketnya? soalnya ane punya terakhir statusnya sama kaya agan tanggal 25 Mei belum ada kabar juga
Diubah oleh thecritics
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
11-07-2016 11:43
Siang gan, klo mau protes tarif bea masuk untuk kiriman barang melalui kantor pos dengan kode BK, ane musti hubungin siapa ya?
Bisa lewat telpon atau harus datang langsung ke Pasar Baru? Trus klo datang, kudu bawa apa aja selain NPWP dan eKTP?
Hari ini ane coba telpon 2x ke (021)3813438 tapi gak diangkat...
Thank you gan.
Diubah oleh diabisin
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
17-07-2016 13:55
Quote:Original Posted By diabisin
Siang gan, klo mau protes tarif bea masuk untuk kiriman barang melalui kantor pos dengan kode BK, ane musti hubungin siapa ya?
Bisa lewat telpon atau harus datang langsung ke Pasar Baru? Trus klo datang, kudu bawa apa aja selain NPWP dan eKTP?
Hari ini ane coba telpon 2x ke (021)3813438 tapi gak diangkat...
Thank you gan.


Kode BK itu berarti barang bungkusan kiriman dari luar negeri (kalau tidak salah), Bea cukai memberi kode baru untuk barang kiriman yang dikirim tidak melalui pos. Kalau agan mau protes, mending langsung ke Bea Cukai Pasar Baru di lantai 3 dengan membawa KTP, NPWP, invoice, bukti pembayaran pembelian barang, dll. Nanti agan ambil nomor antrian di meja informasi yang berada di sebelah kanan pintu masuk kantor Bea Cukai. Nanti biasanya untuk pengurusan keberatan pajak disuruh beli materai 6000, nanti beli aja materai di kantor pos.
Diubah oleh awaycool
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
18-07-2016 14:23
hu mau tanya
klo status ky gini maksudnya apa ya
Destination Country :
2016-07-12 10:59 MPCJakarta 10900, Departure from inward OE Adpis : 100DC
2016-07-11 14:11 MPC Jakarta IDJKTC, Airport Handling
2016-07-11 13:41 MPC Jakarta IDJKTC, Arrival at inward OE
2016-07-05 13:53 HONG KONG HK, Departure from outward OE
2016-07-02 10:59 HONG KONG HK, Posting/Collection

Origin Country:
2016-07-11 00:00 Indonesia, The item (RC418902165HK) is pending customs inspection at the destination as of 11-Jul-2016.

apa barang ane ketahan di cukai, soalnya sampe tgl sgini blm sampe" jg.
pdhl harga barang + ongkir ga sampe 50$

Thanks
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
18-07-2016 14:35
Quote:Original Posted By kiagusnur

-apabila paket berisi barang larangan, maka otomatis akan ditegah oleh bea dan cukai (narkotika, pornografi, minuman mengandung alkohol, produk tembakau).


terus itu di hotel2 banyak minuman alkohol yg dijual secara legal tuh gimana cara masuknya ya? apa gak lewat cukai?
0 0
0
Halaman 66 dari 88
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia