Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
531
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/574339d71ee5df90508b4567/inilah-struktur-terbesar-alam-semesta-yang-teramati
Quote:SELAMAT DATANG DI THREAD ANE :ultahhore Spoiler for universe: Kali ini ane mau menjelaskan tentang Struktur Alam Semesta yang mungkin banyak yang belum tahu. Ane pun gak semua tahu sih, karena ane bukan ahli astonomi. Siap2 kepala puyeng kalau emang kalian serius baca penjelasan ane di bawah ini.. langsung aja ke TKP. Quote:GALAXY (GALAKSI) Spoiler for Galaksi Bima Sakti: adalah se
Lapor Hansip
24-05-2016 00:11

Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati

Past Hot Thread
Alhamdulillah HT


Quote:
SELAMAT DATANG DI THREAD ANE emoticon-Ultah
universe

Kali ini ane mau menjelaskan tentang Struktur Alam Semesta yang mungkin banyak yang belum tahu.
Ane pun gak semua tahu sih, karena ane bukan ahli astonomi.
Siap2 kepala puyeng kalau emang kalian serius baca penjelasan ane di bawah ini.. langsung aja ke TKP.


Quote:
GALAXY (GALAKSI)
Galaksi Bima Sakti

adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap. Galaksi yang ada berkisar dari galaksi katai/kerdil dengan hanya 10 juta bintang hingga galaksi raksasa dengan 100 triliun bintang.

coba bayangin gan.. bumi kita berada dalam sistem tata surya yg didalamnya ada 1 bintang yaitu matahari.. dan yang galaksi kerdil aja berisi 10 juta bintang ... emoticon-Hammer


Quote:
GALAXY GROUP (KELOMPOK GALAKSI)
lokal grup

merupakan kesatuan dari galaksi yang terdiri dari sekitar 50 atau lebih sedikit anggota yang terikat secara gravitasional, masing-masing setidaknya bercahaya seperti Bima Sakti (sekitar 1.010 kali kecerahan Matahari)

kalau ini kumpulan dari puluhan galaksi bisa bayangin gak?emoticon-Confused


Quote:
CLUSTER GALAXY (GUGUS GALAKSI)
a cluster galaxy

adalah struktur yang terdiri dari ratusan hingga ribuan galaksi terikat bersama oleh gravitasi dengan massa umunya mulai 1014-1015 massa matahari.

coba bayangin yg ratusan galaksi aja gan gimana? emoticon-Big Grin


Quote:

SUPERCLUSTER GALAXY (SUPERGUGUS GALAKSI)
kumpulan supercluster

sekelompok cluster galaksi biasanya terdiri dari 3 sampai 10 cluster dan mencakup sebanyak 200.000.000 tahun cahaya. jumlah superkluster di alam semesta teramati diperkirakan 10 juta.

buseett.. dalam satu supercluster mungkin ada jutaan galaksi bahkan lebih... apa masih bisa dibayangkan?emoticon-Gila



Quote:
FILAMENT
galaxy filament

adalah salah satu struktur terbesar di alam semesta, menyerupai formasi benang, dengan panjang 50 sampai 80 megaparsec, (163-261000000 tahun cahaya) yang membentuk batas diantara void besar di alam semesta. Filamen terdiri dari gravitasi galaksi yang terikat.

gampangnya filament itu seperti benang yg menghubungkan antar galaksi atau mungkin cluster gan.. sorry kalau salah tafsiran ane.. emoticon-Shutup



Quote:
VOID
void

adalah ruang kosong yang luas yang mengandung sangat sedikit bahkan tidak ada galaksi, biasanya memiliki diameter 10 sampai 100 megaparsec. void yang sangat besar, yang didefinisikan oleh tidak adanya superkluster melimpah, kadang-kadang disebut supervoids.

void itu gampangnya ruang kosong seperti gambar diatas itu...



Quote:
THE GREAT WALL
struktur alam semesta

Struktur terluas yang merupakan kumpulan dari superkluster sekitar satu miliar tahun cahaya jauhnya yang memperluas 5% panjangnya dari seluruh alam semesta teramati.

wall itu gambarnya yg seperti membentuk dinding itu lho... emoticon-Big Grin


Quote:
LARGE QUASAR GROUP / LQG (KELOMPOK KUASAR BESAR)
LQG

adalah kumpulan dari quasar yang membentuk dan dianggap merupakan struktur astronomi terbesar di alam semesta.

sedangkan
Quote:
QUASAR (KUASAR)

terjadi ketika gas di sekitar lubang hitam berpindah ke lubang hitam. Ketika gas tersebut mendekati lubang hitam, gas tersebut memanas akibat friksi, dan berpijar begitu cerah sehingga cahaya ini dapat dilihat dari sisi alam semesta lainnya. Kuasar sering lebih cerah dibandingkan dengan keseluruhan galaksi tempat kuasar tersebut. Tak seorangpun yang tahu pasti apa itu kuasar, namun sejak tahun 1980-an, para ilmuwan telah mencoba menguaknya. Kuasar adalah benda langit yang luar biasa terang. Sebuah kuasar menghasilkan terang seratus kali lebih banyak daripada seluruh galaksi Bimasakti dalam ruangan yang tak lebih besar daripada tata surya.


Quote:
daftar struktur kosmik terbesar




Quote:
SATUAN JARAK DALAM ASTRONOMI


Berpusing2 ria Agan sekalian masih berlanjut.. jangan lupa siapin Aspirin nya sebelum baca yg dibawah ini emoticon-Ngakak

Alam Semesta Mirip Otak?


Quote:
Video tentang Alam Semesta



Quote:
PENUTUP
Makasih gan mau baca trit ane yg udah bikin kalian berpusing-pusing ria.. emoticon-Hammer (S)
Pastinya bisa menambah wawasan kalian dan membuat kita semua sadar bahwa Alam Semesta ini begitu maha luasnya. emoticon-Matabelo



Jangan Lupa
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Bagi Cendolnya Gan!


SUMBER: Wikipedia, googling kesana kemari



Quote:
Numpang promosi trit ane lainnya yg sudah karam, moga bisa bangkit lagi.. emoticon-Leh Uga
Andy Story
(GAMBAR) Quotes Karya Sendiri
Koleksi Lagu Ciptaan Sendiri
Diubah oleh risyant
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 27
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:20
Keren Gan,. emoticon-Matabelo
Kalau di jelajahi, pasti bisa ketemu sama rocket dan groot.
Diubah oleh handoko3kusuma
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:20
jadi inget jaman sma pas ane ikut olimpiade astronomi, tapi emang semakin dalem lu belajar astronomi bukan tambah mudeng, tapi malah sebaliknya emoticon-Gila
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:21
coba ane mau teleport dulu ke kepler 101 emoticon-Cool
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:21
lho ada rumus fractal.. nice share gan..
emoticon-Malu emoticon-Rate 5 Star

ilmuwan² dunia saat ini masih stuck dalam dualisme gan...
antara teori relativitas versus mekanika kuantum...
emoticon-Leh Uga
padahal.. ah sudahlah..
emoticon-Traveller
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:22
Jadi ternyata otak kita itu kaya alam semesta ya gan, luas dan kita berarti baru menggunakannya sedikit banget.
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:24
Itu menggambarkan kita kecil banget! Jgn sok dan sombong! Di lempar meteor segede bis aja udah kocar kacir
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:24
cuilik nemen yo kite iki
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:25
Nice info gan,saya suka banget sama hal yang berbau luar angkasa. saran dari saya mah mungkin agan seharusnya ngasih pengalaman atau hal yang menarik perhatian agan kenapa buat thread iniemoticon-Toast
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:26
Entah kenapa kepintaran ane nambah 4% abis mbaca ni trit emoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:27
Itu baru Observable Universe, belum yang ghaib",,, hahaha.
Tapi, masih kalah gede sama Super Tengen Toppa Guren Laggann. Hahaha,,,
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:27
Milky way, virgo supercluster, andromeda, parsec, light year, wall, cluster, opoooo iku semua puyeng ndase braiiInilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:28
menurut saya.
kenapa
bentuk swl otak mirip dwngan susunan alam semesta.
ada yg ingin menunjukan ada suatu tema dalam suatu penciptaan.
untuk menujukan kekuasaanya.

seprti pada hewan berbeda beda. namun sebenarnya memiliki perbandingan yang sama.
sama juga pada tubuh manusia, memiliki perbandingan yg sistematis.

maksud ane, itu tanda kuasaan allah gan.
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:29
Mumet gan jadinya. Ga mudeng blastoise.
Yg mudeng ane mah jemuran lom kering gan.
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:29
gak cape apa ya kerjaannya ngamatin langit mulu emoticon-Hammer
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:30
Quote:Original Posted By rizkyravie25
Entah kenapa kepintaran ane nambah 4% abis mbaca ni trit emoticon-Ngakak


sa ae lu gan emoticon-Big Grin emoticon-Leh Uga
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:30
thanks gan infonya emoticon-Shakehand2
selamat udh buat gue bingung emoticon-Bingungemoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:31
bingung2 deh emoticon-Confused
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:31
void keren
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:35
Sampai kapan manusia mau sombong kalau liat ukurannya di alam semesta ini emoticon-Mewek
0 0
0
Inilah Struktur Terbesar Alam Semesta yang teramati
24-05-2016 21:39
Kita nda ada apa2nya dibanding ciptaan Allah yg maha luas dan besar
Hikmah: jgn besar kepala kita hanyalah sebutir debu di dunia ini emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 4 dari 27
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia