Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
415
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/573c5b0e642eb6e00b8b4567/kemana-puluhan-trilyun-bantuan-dana-desa-apakah-masyarakat-menerimanya
Setiap desa di Kecamatan Tantom Angkola Kab. Tapanuli Selatan seharusnya mendapatkan bantuan Dana Desa dari pemerintah sebesar Rp. 602.194.900,- (Enam ratus dua juta seratus sembilan puluh empat ribu sembilan ratus rupiah) untuk tahun 2016. Berdasarkan data dari Kementrian Keuangan (Badan yang berhak mengeluarkan dana kas negara), berikut data anggaran belanja untuk masing-masing desa. Quote: Quot
Lapor Hansip
18-05-2016 19:07

Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?

Setiap desa di Kecamatan Tantom Angkola Kab. Tapanuli Selatan seharusnya mendapatkan bantuan Dana Desa dari pemerintah sebesar Rp. 602.194.900,- (Enam ratus dua juta seratus sembilan puluh empat ribu sembilan ratus rupiah) untuk tahun 2016.
Berdasarkan data dari Kementrian Keuangan (Badan yang berhak mengeluarkan dana kas negara), berikut data anggaran belanja untuk masing-masing desa.

Quote:
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
Quote:
Sumber:
PHP Code:
http://www.djpk.kemenkeu.go.id/web/attachments/article/608/DANADESA2016.pdf 



Dan untuk data desa di Kecamatan Tano Tombangan Sendiri mempunyai 16 Desa dan 1 Kelurahan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tapanuli Selatan. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia juga menunjukkan bahwa Kecamatan Tantom Angkola mempunya 16 Desa dan 1 Kelurahan (Sebenarnya Kelurahan ini termasuk baru karena sebagai Ibukota Kecamatan).
Quote:
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
Code:
http://tapanuliselatankab.bps.go.id/frontend/linkTabelStatis/view/id/25
https://id.wikipedia.org/wiki/Tano_Tombangan_Angkola,_Tapanuli_Selatan


Satu kejanggalan yang saya dapatkan, data dari Kementrian Keuangan menunjukkan bahwa Kab. Tapanuli Selatan mempunyai 211 Desa sedangkan data dari BPS Kab. Tapanuli Selatan menunjukkan data 212 jumlah desa, oh iya sekedar informasi bahwa data dari BPS Kab. Tapsel adalah statistik tahun 2013. Yang menjadi pertanyaan adalah kemana larinya desa bayangan tersebut?

Dengan menggunakan data Kementrian Keuangan, yaitu sebesar 127.063.126 (dalam ribuan rupiah) dan 211 jumlah Desa pada file PDF yang tertera untuk Kabupaten Tapanuli Selatan, seharusnya Desa kelahiranku mendapatkan Dana Desa sebesar Rp. 602.194.909,95 (Enam ratus dua juta seratus sembilan puluh empat ribu sembilan ratus sembilan rupiah sembilan puluh lima sen) seperti rumus perhitungan dibawah ini:
Perhitungan dana per desa

Yang menjadi pertanyaan besar adalah,
Apakah setiap Desa benar-benar nyata mendapat dana tersebut pada tahun ini? Apakah Kepala Desa jujur menggunakan Dana Desa tersebut untuk sebesar-besar kepentingan seluruh masyarakat Desa dengan merata, adil dan transparan?
Marilah kita sama-sama mengawal Dana Desa supaya digunakan sebesar-besar kepentingan rakyat Indonesia.



Share ya agan-agan yang tinggal di daerah terutama di desa-desa yang menerima bantuan Dana Desa, trims.

Komentar & Pandangan Kaskuser

Agan yg mengamati/meneliti
Agan yg mengamati/meneliti

Agan yg merasakan dampak di desa
Agan yg merasakan dampak di desa
Diubah oleh harean
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.2K Anggota • 911.5K Threads
Halaman 19 dari 21
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
22-05-2016 17:57
Kisah usang tikus-tikus kantor...
Yang suka berenang disungai yang kotor...
Kisah usang tikus-tikus berdasi...
Yang suka ingkar janji...
Lalu sembunyi dibalik meja...
emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
22-05-2016 20:50
Quote:Original Posted By emelda.shanty
seperti membawa air dengan ember bocor
habislah dijalan
syukur klo masih tersisa emoticon-Hammer


gak lah gan kl hbis d jln alokasi Dana desa sdhbjls utk apa kl d korupsi ya ada sekitar 10 - 20%. emang kl gak korupsi ya gak mungkin ini msh Indonesia
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
22-05-2016 21:54
Alhamdulillah. Kalo ditempat ane, kepala desa malah menggenjot pembuatan proposal untuk usaha bagi warganya. Jadi kemungkinan dana ini masuk ke desa ane gan. Nice info gan 👍
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
22-05-2016 23:36
Kebetulan saya anak perantauan dari desa dan kebetulan juga bapak saya Kades di desa saya. Kalau masalah perkembangan ya sangat terasa dan benar seperti yang telah dikatakan agan lainnya kalo itu lewat musyawarah dan lain-lain, pengawasannya pun kata bapak saya cukup ketat sekarang untuk masalah dana desa, habis tak habis harus ada pertanggung jawabannya, apalagi kalau ada rivalitas di desa, bisa lebih terawasi lagi penggunaan dananya.
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
22-05-2016 23:42

Dana Desa Ketapang-Kalbar

DANA DESA Kab. Ketapang - Kalbar

Numpang share gan.....(bagian 1)

Kab. Ketapang ada 20 kecamatan dan 253 desa, total bantuan desa (DD=Dana Desa, ADD=Alokasi Dana Desa, DBHPD=Dana Bagi Hasil Pajak Daerah, DBHRD=Dana Bagi Hasil Retribusi Daerah, dan BANPROP=Bantuan Propinsi) Rp 293.621.455.650,- jadi rata2 tiap desa mendapat jatah Rp 1.160.559.113,-.
Sekilas desa ane : ane tinggal sekitar 120km dari pusat kabupaten. Waktu tempuh ke Ketapang kalau tidak hujan dan jalan bagus 3 jam, kalau hujan dan banyak kubangan air bisa 5 jam. Penduduk 1200-an, luas desa 4km2, 10 RT, 2RW, 2 Dusun. Mayoritas penduduk bekerja di kebun/sawit. Disini perangkat desa giliran piket kantor, jadi seminggu masuk kantor 2 atau 3 kali. Enak kan?
Kebetulan ane yang buat pengajuan proposal dana desa. Pengajuan dana desa 2016 ribet banget gan, banyak kendala:
1. Kendala tehnis : a). Pembuatan proposal, ada rencana kegiatan dan rincian biaya, b). Pembuatan SK, semua individu/orang yang bakal menerima dana bantuan tersebut (misal guru honorer dapat bantuan dari dana desa tersebut, Kades harus membuat SK nama2 guru tsb), c). Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) utk th 2016-2021, d). LPJ th 2015
2. Kendala geografis yang sulit. Jangan bayangkan jalan disini seperti di jawa gan, banyak jalan berlubang & blm diaspal, apalagi kalo hujan sprti kubangan, mobil aja banyak terguling dan nginep di jalan berhari2. utk desa di pinggiran bisa sampai 6 jam baru sampai di kabupaten. untuk pengajuan ke kabupaten kadang sampai nginap 2 atau 3 hari gan, itupun harus bolak balik desa-kabupaten, rata2 bisa sampai lebih dari 5 kali "turun" ke kabupaten baru proposal diACC (orang sini kalau mau ke kabupten istilahnya "mau turun"). Disini kalau turun ke kabupaten ada uang dinasnya gan, +/-300rb/org sekali turun, itupun banyak yg nggak mau gan kalau nggak terpaksa. Bisa dibayangkan berapa berapa biayanya, biasanya perangkat desa yang ke kabupaten 2 orang (kades&bendahara/kaur), 5x turun, biayanya 300rbx2x5=3jt, blm biaya tak terduga.
3. Kendala SDM. Perangkat desa msh bnyak yg blm bisa komputer, jadi utk penyusunan msh lambat.
4. Kendala pemahaman/persepsi. Di tiap kecamatan ada tim pendamping desa, tapi seringkali antara pendamping desa dan tim/dinas PMD kabupaten beda persepsi, sehingga kadang proposal dana desa sudah dicek tim pendamping desa dan oke, tp pas diajukan ke kabupaten msh banyak yg salah. Sering juga ada informasi tehnis perubahan format proposal dari kabupaten belum tersampaikan oleh tim pendamping ke desa2.

So, dana desa thn 2016 ini masih sedikit desa yg bisa mencairkan dananya gan, mngkin blm ada 30%nya, yaitu tadi gan terkendala proses pengajuan

0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 00:05
Dana Desa Ketapang-Kalbar
DANA DESA Kab. Ketapang - Kalbar

Numpang share gan.....(bagian 2)

Penggunaan Dana Desa, digunakan utk pembiayaan 4 bidang:
1. Bidang Penyelenggaraan/operasional pemerintahan. Digunakan utk gaji & tunjangan perangkat desa, BPD, LPM, bantuan utk honorer, kader PKK, kader Posyandu, pembelian ATK & inventaris kantor (laptop, sound, genset, motor dinas, meja kursi, dll). Maximal sebesar 30% dari dana desa
2. Bidang Pembangunan (fisik), misal pembangunan gorong2, jembatan, pengerasan/pengurugan jalan, pengerukan sungai, dll). Ini yang paling besar alokasi dananya, bisa 50%-70%
3. Bidang pembinaan masyarakat, misal utk bantuan ke masjid/gereja, PKK, posyandu, karangtaruna, masyarakat adat (melayu/dayak), Linmas, dll
4. Bidang pemberdayaan masyarakat, misal utk pelatihan bagi perangkat desa, dana pilkades, kelompok masyarakat (petani, pekebun, nelayan)
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 00:08
tergantung orang yg mengelolanya sih bijak tw gak dikasih tanggungjawab
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 00:52
duit nya di taro di londre kli
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 01:02
Makmur benar nih pejabat desa emoticon-Toast
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 01:02
Baru tau aku gan
Begitu banyak dana yg dikucurkan emoticon-Matabelo
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 01:03
Coba masukin ke BP aja gan
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 01:44
Ikutan Menjawab,ane ada di kementerian yang memonitoring dan evaluasi terkait dengan Dana Desa.
Wilayah ane di 5 provinsi antara lain Sumatera Utara,Kalimantan Tengah,Sulawesi Selatan,Maluku dan Jawa Tengah.
Info terakhir yang kami kumpulkan untuk Dana Desa tahap I tahun 2016 sebesar 60% dari pagu sudah diterima di kabupaten masing". Untuk proses transfer ke Desa blm bisa saya jawab karena belum 100% data terkumpul kendalanya karena sulitmya komunikasi dengam daerah yang terpencil.
Tahun 2015 sendiri untuk prov. Maluku dan Jawa tengah tidak ada sisa lebih penghitungan tetap (silpa) artinya sudah terserap oleh desa antara lain dipergunakan untuk pembangunan jalan,pembangunan pagar dll (pembangunan fisik,sesuai dengan permendagri 113).
Untuk wilayah lainnya saya tidak bisa jawab krn data belum 100% terkumpul.
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 01:47
Quote:Original Posted By amoeba13272
Dana Desa Ketapang-Kalbar
DANA DESA Kab. Ketapang - Kalbar

Numpang share gan.....(bagian 2)

Penggunaan Dana Desa, digunakan utk pembiayaan 4 bidang:
1. Bidang Penyelenggaraan/operasional pemerintahan. Digunakan utk gaji & tunjangan perangkat desa, BPD, LPM, bantuan utk honorer, kader PKK, kader Posyandu, pembelian ATK & inventaris kantor (laptop, sound, genset, motor dinas, meja kursi, dll). Maximal sebesar 30% dari dana desa
2. Bidang Pembangunan (fisik), misal pembangunan gorong2, jembatan, pengerasan/pengurugan jalan, pengerukan sungai, dll). Ini yang paling besar alokasi dananya, bisa 50%-70%
3. Bidang pembinaan masyarakat, misal utk bantuan ke masjid/gereja, PKK, posyandu, karangtaruna, masyarakat adat (melayu/dayak), Linmas, dll
4. Bidang pemberdayaan masyarakat, misal utk pelatihan bagi perangkat desa, dana pilkades, kelompok masyarakat (petani, pekebun, nelayan)


Gan menurut permendagri 113 penggunaan Dana Desa tidak boleh untuk penyelenggaraan pemerintahan,utk penyelenggaraan pemerintahan di ambil dari ADD

0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 01:51
sebenarnya dana desa itu setau ane ga dikasih cash gan, tpi lngsng untuk perbaikan pelayanan di desa. kaya puskesmas, kantor desa, trus irigasi dll CMIIW
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 05:18
Inilah alasan kenapa sekarang pade rame pemilihan kepala desa gan emoticon-Ngakak (S)


Kebetulan ane kerjanya jadi kuli pemerintah gan .. yg tupoksinya ngurusin nih dandes .

Semua desa di indonesia saat ini lagi sibuk2nya di evaluasi RAPBdes nya oleh tim gabungan dari pemda gan ..
yg lain malah udah cair dananya emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

ini pengawasannya ketat loh ,, gak sembarangan make uangnya ..
plus untuk 2016 ini masing2 desa yg ada pembangunan infrastruktur wajib tuh hire konsultan teknik yg bonafit .
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 06:28
Yo..sama2 qt kawal. Utk pejabat desa smp pusat, berhati2lah dlm mngmbil kputusan.msyrkt sudah cerdas dan siap mnjdi whistleblower.
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 08:34

mental orang indonesia yang bisanya menyalahkan

coba, orang yg teriak dan menyalahkan pemerintah terus itu sudah berguna belum bagi negaranya? sudah bener belum akhlak nya? maaf ane agak kenceng....

jangan2 anak sekolah bau kencur yg masih doyan bolos, sekolah ga bener, nongkrong sana sini...

tunjukin lewat diri lw sendiri...kerja yang bener, sekolah yg bener, ibadah yg bener, sosialisasi yg bener... jangan bisa nya nyalahin org mulu, sementara tanpa disadari diri sendiri pun tidak lebih baik...


0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 09:46
hati hati penyelewengan
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 09:51
Ane dulu pas kkn juga mengawal langsung kok mekanisme penggunaan dana desa di tempat kkn ane.. kebanyakan buat bangun infrastruktur kaya jalan penghubung dll emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh titorf
0 0
0
Kemana Puluhan Trilyun Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?
23-05-2016 12:34
Quote:Original Posted By saptoko
Di desa ane ada yang namanya bantuan swadaya dari pemerintah yang harus digunakan untuk membangun rumah, kebetulan saudara ane dapet bantuan tersebut. Nah ane tanya emang berapa jumlah bantuan dananya untuk bangun rumah, saudara ane jawab sekitar sepuluh jutaan tapi yang diterima cuma enam jutaan, ane tanya lagi lah terus sisanha kemana, saudara ane jawab lagi dipotong di kelurahan yang katanya buat ngasih bantuan yang g dapet bantuan. Berarti nombok dong bangun rumah dengan dana enam jutaan disuruh buat rumah, dia jawab ya pasti nomboklah apalagi sekarang harga material mahal, enam juta mah baru dapat buat bikin pondasi ama beli bata belum lagi atapnya ama genteng. Kesimpulan ane berarti dana desa itu belum tepat sasaran kepada yang berhak soalnya banyak potongan dimana2... Semoga aja dengan adanya pendamping desa, dana desa dapat tepat sasaran dan g dikurang2in. Amin


setau ane gan, dana bantuan utk pembangunan rumah bagi warga yg tidak mampu itu melekat,y d Pemda, dan bukan berasal dari dana transfer pusat utk desa, desa hanya mengajukan warga2 yg rumah,y perlu direhab, angka,y bervariasi 10jt - 15jt, klo ada potongan utk ngasi bantuan buat warga yg belum kebagian jatah rehab, saya rasa sah-sah saja tergantung kebijakan kades,y, asal tidak masu k kantong pribadi
0 0
0
Halaman 19 dari 21
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia