jd.idAvatar border
TS
jd.id
Klarifikasi JD.ID sehubungan dengan Crazy Sale iPhone SE promo 20 Mei 2016
JD.ID adalah perusahaan belanja berbasis daring yang terafiliasi dengan salah satu raksasa eS E N S O Rmerce global yang bermarkas di Beijing, China, dan saat ini menjadi perusahaan eS E N S O Rmerce terbesar kedua di dunia dalam hal skala dan pendapatan di kuartal pertama tahun 2016 lalu. JD.ID sendiri mengkhususkan diri untuk melayani pangsa pasar Indonesia dan memulai kehadirannya pada November 2015 lalu. Didukung perusahaan logistik dan gudang penyimpanan milik sendiri, JD.ID tumbuh menjadi perusahaan eS E N S O Rmerce yang memiliki nilai kompetitif yang baik berkat harga dan varian produk yang inovatif dan unik di 12 kategori mulai dari smartphone, peralatan rumah tangga, hingga keperluan ibu dan bayi dan terus bertambah.

Pada tanggal 20 Mei 2016, JD.ID menggelar kegiatan promo bertajuk ‘Crazy Deal’ yang menampilkan salah satu ponsel besutan Apple terbaru, iPhone SE varian 64GB dengan harga promosi Rp. 99 ribu dan jumlah yang disediakan mencapai 100 unit. Untuk mengikuti promo ini, pihak JD.ID melakukan proses sosialisasi yang menjelaskan langkah-langkah serta syarat dan ketentuan agar para pengguna dan calon pembeli dapat dengan nyaman bertransaksi. Diantaranya melakukan registrasi sebagai member JD.ID, melengkapi informasi akun (alamat, cara pembayaran), informasi jam promo, jumlah stok dan cara melakukan transaksi.



Seperti yang di informasikan sebelumnya, sesi promo akan dibagi dua termin, yaitu jam 10 pagi dan jam 3 sore, dengan masing-masing dialokasikan 50 unit dengan sistem siapa cepat, dia dapat (first come, first serve). Menjelang jam 10 pagi, kami telah melihat jumlah pengunjung situs dan aplikasi ponsel meningkat secara drastis dan menunjukkan tingginya animo calon pembeli. Secara kapasitas, server kami mampu menangani-nya, namun tentu saja secara kecepatan akan berpengaruh apalagi konsumen mengakses di waktu yang bersamaan. Beberapa menit sebelum mulai, masalah teknis pertama muncul, yaitu halaman uji coba yang seharusnya tidak muncul saat kami melakukan uji coba sebelum mulai menampilkan ucapan selamat kepada calon pembeli yang seolah mengesankan proses penjualan sudah dimulai sebelum waktu yang ditentukan. Ini menjadi perhatian para konsumen yang kemudian mengutarakan kebingungan dan kekecewaan mereka yang memang sudah bersiap dari pagi sebelumnya. Dan pada saatnya, jam 10 pagi, kurang dari 10 detik, barang iPhone SE sejumlah 50 unit ludes terjual seharga Rp. 99 ribu. Perlu kami sampaikan bahwa masalah teknis yang timbul sebelum dimulainya secara resmi sudah dapat kami atasi segera sehingga tidak ada peserta yang bisa mengakses halaman promo iPhone SE sebelum jam 10 pagi. Seluruh barang yang terjual dalam hitungan detik tersebut murni hasil penjualan yang sah tercatat dalam sistem kami. Tidak ada pengaturan dengan sengaja karena memang sudah komitmen kami untuk melakukan ini hanya untuk para pelanggan kami, dan dari awal kami sudah menetapkan syarat dan ketentuan yang jelas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan mempertimbangkan unsur keadilan.

Untuk sesi sore hari, kami juga mempersiapkan jumlah yang sama yaitu 50 unit. Belajar dari sesi pagi, kami mempersiapkan server dan aspek teknis secara lebih cermat. Namun pada jam yang ditentukan, kembali masalah teknis terjadi di karenakan jumlah pengakses yang lebih besar dari pagi hari. Dan untuk sesi sore kembali seluruh iPhone SE habis dalam waktu beberapa detik. Dan 100 unit yang kami persiapkan pun kembali terjual habis dalam waktu singkat.

Pihak JD.ID pada hari ini juga langsung melakukan pengiriman kepada para pembeli yang beruntung di wilayah Jabodetabek dan menyusul bagi yang tinggal di luar kota. Perlu kami sampaikan sekali lagi tidak ada pengaturan dan permainan secara internal, apalagi maksud melakukan penipuan. Semua pemenang adalah asli dan mereka mendapat barangnya murni dari keberuntungan masing-masing secara individu meski secara sistem dan teknis tidak bekerja optimum seperti yang kita harapkan sebelumnya.

Kami mohon maaf atas ketidaknyaman yang terjadi dan akan selalu berkomitmen menghadirkan barang dengan kualitas asli, terbaik dan berupaya maksimal agar dapat memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.
0
28K
70
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.