News
Batal
KATEGORI
link has been copied
634
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57389c8231e2e6e23b8b4569/jembatan-tol-bsd-ambruk-ditabrak-truklumpuh-total
VIVA.co.id – PT Jasa Marga mengkonfirmasikan adanya sebuah jembatan penyeberangan yang ditabrak oleh truk besar di jalan tol malam ini. Insiden terjadi sekitar pukul 21.50 WIB di jalan tol arah BSD menuju Pondok Indah. "Benar ada terjadi, truk menabrak jembatan penyeberangan di jalan tol dari arah BSD menuju ke Pondok Indah," kata petugas Jasa Marga ketika dihubungi VIVA.co.id, Minggu,
Lapor Hansip
15-05-2016 22:57

Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!

Past Hot Thread
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!


VIVA.co.id – PT Jasa Marga mengkonfirmasikan adanya sebuah jembatan penyeberangan yang ditabrak oleh truk besar di jalan tol malam ini. Insiden terjadi sekitar pukul 21.50 WIB di jalan tol arah BSD menuju Pondok Indah.

"Benar ada terjadi, truk menabrak jembatan penyeberangan di jalan tol dari arah BSD menuju ke Pondok Indah," kata petugas Jasa Marga ketika dihubungi VIVA.co.id, Minggu, 15 Mei 2016.

Disampaikan hingga saat ini kemacetan panjang masih terjadi imbas tabrakan tersebut. Namun arah arah sebaliknya masih belum bisa dipastikan karena Jasa Marga masih belum mendapat informasi terbaru dari petugas di lapangan.

“Sebaiknya melalui jalur lain agar terhindar dari kemacetan. Kami masih bekum bisa memastikan keadaan di jalur sebaliknya karena belum mendapat informasi. Kondisi cukup berat karena ditabrak oleh truk crane. Kejadian 15 menit lalu," kata petugas Jasa Marga.

Namun dari laporan beberapa saksi, jembatan penyeberangan ini menutup kedua ruas tol. Truk raksasa yang mengangkut alat berat ini menabrak jembatan penyeberangan karena membawa muatan yang terlalu tinggi.



© VIVA.co.id

http://m.news.viva.co.id/news/read/772638-jembatan-tol-bsd-ambruk-ditabrak-truk-lumpuh-total


Ini Penampakan Truk Yang Tabrak JPO di Tol BSD

Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!

Jakarta - Truk trailer bermuatan crane menabrak Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di KM 7.600 Tol BSD. Saat ini truk tersebut masih terparkir di dekat lokasi kejadian.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (16/5/2016), bagian belakang truk yang mengangkut crane terparkir di depan JPO yang mengarah ke Jakarta. Truk trailer ini bernomor polisi B 9026 UEA.

Sementara bagian depan truk trailer terparkir di tak jauh dari lokasi di bahu tol . Walau crane tampak tak mengalami kerusakan parah usai tabrak JPO, namun tidak digunakan untuk membantu mengangkut sisa reruntuhan jembatan tersebut.

Tak tampak pengemudi truk di sekitar lokasi kejadian. Petugas kepolisian di lapangan mengatakan si sopir telah dibawa ke Polres Tangerang Selatan untuk dimintai keterangan terkait kecelakaan ini.

Polisi masih mencari penyebab pasti truk trailer pengangkut crane yang menabrak JPO tersebut. Sebelum menabrak, trailer itu diketahui sudah melalui dua JPO sebelumnya.

"Dua JPO sebelumnya aman, ketiganya nyangkut. Makanya sopir kebingungan termasuk petugas," ucap Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ayi Supardan saat dihubungi, Senin (16/5).

Dari pengakuan sopir semula, kecelakaan terjadi karena adanya miskalkulasi saat trailer hendak melewati jembatan tersebut. Sopir memperkirakan tinggi crane cukup untuk melewati JPO, lantaran 2 JPO sebelumnya bisa. Ternyata gagal.

"Ada kemungkinan sedikit terangkat, atau ada goyangan ke atas sehingga nyangkut," jelas Ayi. (rii/miq)

http://m.detik.com/news/berita/3210991/ini-penampakan-truk-trailer-yang-tabrak-jpo-di-tol-bsd

Update :

Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!

Petugas Buka Dua Lajur Contra Flow untuk Pengendara Menuju Jakarta

Jakarta - Petugas memberlakukan contra flow di ruas tol JORR BSD untuk memberi jalan bagi pengendara menuju Jakarta. Saat ini contra flow diperlebar sehingga ada dua lajur yang bisa digunakan.

Pantauan di lokasi KM 7.600 Tol JORR BSD, Senin (15/5/2016), semula hanya satu lajur yang dibuka petugas lantaran lajur sebelahnya masih ada crane yang sedang mengevakuasi JPO.

Namun saat evakuasi selesai, crane itu berpindah ke ruas seberangnya untuk mengevakuasi sisi lain JPO yang masih melintang di jalan. Dengan begitu, ruas Jakarta arah BSD yang diberlakukan contra flow diperlebar.

Tampak kendaraan mengantre di dua lajur itu untuk mengarah ke Jakarta, Bintaro, dan Pondok Aren. Jalur contra flow diberlakukan di KM 10 sampai dengan KM 7.

Sementara, bagi pengendara yang ingin menghindari Tol BSD dapat melalui jalur alternatif berikut ini:

1. Pintu masuk Tol Tegal Rotan arah BSD kami tutup total sehingga masyarakat yang akan menuju Bintaro silakan melewati Jalan Cendrawasih, Merpati Raya, Aria Putra, Bukit Raya, Ciater, BSD, Alam Sutra - Pintu Tol Alam Sutera.
2. Pintu masuk Tol Rawa Buntu arah Jakarta kami tutup total sehingga masyarakat bisa menggunakan akses pintu tol Alam Sutera
3. Pintu masuk Tol BSD arah Jakarta kami tutup total sehingga masyarakat bisa menggunakan akses pintu tol Alam Sutera
4. Masyarakat yang sudah terlanjur menggunakan akses tol JORR menuju BSD akan kami arahkan keluar pintu TOL pondok Aren selanjutnya melewati Tegal Rotan, Cendrawasih, Merpati Raya, Aria Putra, Bukit Raya, Ciater, BSD.


(miq/fiq)

http://m.detik.com/news/berita/3210995/petugas-buka-dua-lajur-contra-flow-untuk-pengendara-menuju-jakarta


Quote:Untuk Kaskuser yang biasa melewati rute tersebut bisa melewati jalur alternatif yang ane share diatas ya..

Btw pertanyaannya kenapa dua Jembatan sebelumnya dia bisa lewat ya? Apa JPO yang ini lebih pendek? Atau cranenya terangkat? Semoga hasil penyelidikan bisa segera terungkap.

Btw HT kedua ane,terimakasih Mimin dan Momod emoticon-Cool

Diubah oleh visacom
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 21 dari 33
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:45
jangan2 james bond lagi melakukan sebuah misi untuk menghalau organisasi terlarang yang sedang merencanakan pembunuhan lalu berantem dengan musuhnya di truk dan boooomm!!!! hal ini pun terjadi,, ayolah kita tidak tahu,, kita hanya masyarakat awam,, jasa marga pun tidak tahu,,, alasannya pasti sedang mendalami,, hati2 dengan agen2 intelejen
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:52
Quote:Original Posted By visacom
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!


VIVA.co.id – PT Jasa Marga mengkonfirmasikan adanya sebuah jembatan penyeberangan yang ditabrak oleh truk besar di jalan tol malam ini. Insiden terjadi sekitar pukul 21.50 WIB di jalan tol arah BSD menuju Pondok Indah.

"Benar ada terjadi, truk menabrak jembatan penyeberangan di jalan tol dari arah BSD menuju ke Pondok Indah," kata petugas Jasa Marga ketika dihubungi VIVA.co.id, Minggu, 15 Mei 2016.

Disampaikan hingga saat ini kemacetan panjang masih terjadi imbas tabrakan tersebut. Namun arah arah sebaliknya masih belum bisa dipastikan karena Jasa Marga masih belum mendapat informasi terbaru dari petugas di lapangan.

“Sebaiknya melalui jalur lain agar terhindar dari kemacetan. Kami masih bekum bisa memastikan keadaan di jalur sebaliknya karena belum mendapat informasi. Kondisi cukup berat karena ditabrak oleh truk crane. Kejadian 15 menit lalu," kata petugas Jasa Marga.

Namun dari laporan beberapa saksi, jembatan penyeberangan ini menutup kedua ruas tol. Truk raksasa yang mengangkut alat berat ini menabrak jembatan penyeberangan karena membawa muatan yang terlalu tinggi.



© VIVA.co.id

http://m.news.viva.co.id/news/read/7...k-lumpuh-total


Ini Penampakan Truk Yang Tabrak JPO di Tol BSD

Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!

Jakarta - Truk trailer bermuatan crane menabrak Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di KM 7.600 Tol BSD. Saat ini truk tersebut masih terparkir di dekat lokasi kejadian.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (16/5/2016), bagian belakang truk yang mengangkut crane terparkir di depan JPO yang mengarah ke Jakarta. Truk trailer ini bernomor polisi B 9026 UEA.

Sementara bagian depan truk trailer terparkir di tak jauh dari lokasi di bahu tol . Walau crane tampak tak mengalami kerusakan parah usai tabrak JPO, namun tidak digunakan untuk membantu mengangkut sisa reruntuhan jembatan tersebut.

Tak tampak pengemudi truk di sekitar lokasi kejadian. Petugas kepolisian di lapangan mengatakan si sopir telah dibawa ke Polres Tangerang Selatan untuk dimintai keterangan terkait kecelakaan ini.

Polisi masih mencari penyebab pasti truk trailer pengangkut crane yang menabrak JPO tersebut. Sebelum menabrak, trailer itu diketahui sudah melalui dua JPO sebelumnya.

"Dua JPO sebelumnya aman, ketiganya nyangkut. Makanya sopir kebingungan termasuk petugas," ucap Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ayi Supardan saat dihubungi, Senin (16/5).

Dari pengakuan sopir semula, kecelakaan terjadi karena adanya miskalkulasi saat trailer hendak melewati jembatan tersebut. Sopir memperkirakan tinggi crane cukup untuk melewati JPO, lantaran 2 JPO sebelumnya bisa. Ternyata gagal.

"Ada kemungkinan sedikit terangkat, atau ada goyangan ke atas sehingga nyangkut," jelas Ayi. (rii/miq)

http://m.detik.com/news/berita/32109...jpo-di-tol-bsd

Update :

Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!

Petugas Buka Dua Lajur Contra Flow untuk Pengendara Menuju Jakarta

Jakarta - Petugas memberlakukan contra flow di ruas tol JORR BSD untuk memberi jalan bagi pengendara menuju Jakarta. Saat ini contra flow diperlebar sehingga ada dua lajur yang bisa digunakan.

Pantauan di lokasi KM 7.600 Tol JORR BSD, Senin (15/5/2016), semula hanya satu lajur yang dibuka petugas lantaran lajur sebelahnya masih ada crane yang sedang mengevakuasi JPO.

Namun saat evakuasi selesai, crane itu berpindah ke ruas seberangnya untuk mengevakuasi sisi lain JPO yang masih melintang di jalan. Dengan begitu, ruas Jakarta arah BSD yang diberlakukan contra flow diperlebar.

Tampak kendaraan mengantre di dua lajur itu untuk mengarah ke Jakarta, Bintaro, dan Pondok Aren. Jalur contra flow diberlakukan di KM 10 sampai dengan KM 7.

Sementara, bagi pengendara yang ingin menghindari Tol BSD dapat melalui jalur alternatif berikut ini:

1. Pintu masuk Tol Tegal Rotan arah BSD kami tutup total sehingga masyarakat yang akan menuju Bintaro silakan melewati Jalan Cendrawasih, Merpati Raya, Aria Putra, Bukit Raya, Ciater, BSD, Alam Sutra - Pintu Tol Alam Sutera.
2. Pintu masuk Tol Rawa Buntu arah Jakarta kami tutup total sehingga masyarakat bisa menggunakan akses pintu tol Alam Sutera
3. Pintu masuk Tol BSD arah Jakarta kami tutup total sehingga masyarakat bisa menggunakan akses pintu tol Alam Sutera
4. Masyarakat yang sudah terlanjur menggunakan akses tol JORR menuju BSD akan kami arahkan keluar pintu TOL pondok Aren selanjutnya melewati Tegal Rotan, Cendrawasih, Merpati Raya, Aria Putra, Bukit Raya, Ciater, BSD.


(miq/fiq)

http://m.detik.com/news/berita/32109...menuju-jakarta





seharusnya membangun jembatan itu harus lebih tinggi lagi karena truck banyak yang tinggi
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:57
kalo malem biasanya JPO emang mengecil alias mengkerut.. ntar kalo pagi baru agak tegak..
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:57
decepticon detected emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:58
Ade ade ajeee itu truk. emoticon-Wakaka
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:58
Pasti ini salah AHOK!! emoticon-Marah
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:59
Quote:Original Posted By okiksetianto
Gan klu menurut ane yang harus di benerin tuh dari pengelola tol nya:
1. Dilakukan pengukuran tinggi antara jalan dan jembatan - jembatan yang ada di Tol.
2. Di awal pintu tol di sediakan petugas khusus untuk mengecek ketinggian truk - truk.
3. Di pasang rambu maksimum ketinggian

Agar kasus - kasus ini tidak akan terjadi lagi. Kalau udah begini yang repot siapa? semuanya.



pernah lewat tol gak gan?
klw nanti lewat tol ente liat....
1. di jembatan ada marka yang menginformasikan tinggi maksimum...
2. Pintu tol jg ada bermacam-macam marka jalan... (untuk kasus ini pintu tol ada di pintu exit tol bukan pintu masuk tol, jadi buat yang ngomentar kok bisa lewat pintu tol ya emang pintunya gak ada, bayarnya pas exit)
3. udah dipasang rambu2 tentang maksimum ketinggian... klw lewat tol perhatiin rambu2 nya...
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 11:59
Quote:Original Posted By scooblack.2005
Truk raksasa yang mengangkut alat berat ini menabrak jembatan penyeberangan karena membawa muatan yang terlalu tinggi.

Ini petugas keamanan pintu tol kecolingan ato gmn sii?? Kok bs2 nyavtruk over tinggi bisa lolos? Ato petugas tol/satuan keamanannya yg kurang bisa antisipasi??


Quote:Original Posted By donndonn
lha itu truk masuk toll gate gimana caranya?
:gagalpaham


Quote:Original Posted By bottle17oz


yang ane bingung kok bisa masuk tol tapi gak mentok di pembatas tinggi gerbang tol. nah pas ditengah jalan tol malah mentok.

berarti kan ada beda tinggi toh?

atau cranenya naek pas jalan?


klo masuknya dr arah BSD memang gak ada gatenya gan.. pas mau keluar / bayar baru ada
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:00
Quote:Original Posted By abgsexylover
kalo malem biasanya JPO emang mengecil alias mengkerut.. ntar kalo pagi baru agak tegak..


tiang nya bobo ya gan jadi memendek.....
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:01
ngantuk kali yah
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:02
kurang kuat
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:02
Quote:Original Posted By abu.cakil
keknya ngantuk ni sopiremoticon-linux2
Loh patwal kecolongan atau gimana nih?


Bukan gan. JPO 3 yang ngantuk emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:02
Bakalan kena ganti rugi berapa nih? Buat betulin JP Onya
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:06
Quote:Original Posted By l13apower


ada kemungkinan kalo aspal dibawah jpo yg tertabrak sudah pernag mengalami peninggian aspal. jadi jarak antara aspal sama JPO berkurang

karena yg ane tau rata rata penambalan aspal banyak dilakukan dijalur kiri karena serint cepat rusak dilewati beban kendaraan yg berat
CMIIW


penambalan aspal ya....mungkin kalo yang gak digaruk gitu yang parah.. tapi seinget ane sih emang si JORR ini diaspal lagi kisaran akhir tahun lalu, mungkin. nambah 10 cm ya lumayan juga kalo ke ketinggian truk maksimal.

tambah parah kalo kejadian di pas agak nanjak/nurun. mantab.
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:08
ntar sore dah beres blom ya macetnya
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:08
Quote:Original Posted By DestinyTriangle


Engineer here ...

Jadi begini dalam perhitunga kalkulasi suatu struktur itu ada dasarnya.
kalo jembatan ada standar d SNI Perhitungan Jembatan dan mengacu ke SNI Perhitungan Beton Bertulang
Ada namanya Kombinasi Beban ... "Load Combination" ...
ada pembebanan Statiks dan dinamis temporary (angin (Wind) / gempa (Earthquake/Seismic)

Secara umum struktur jembatan itu sangat rentan terhadapa gaya horizontal (Wind / Seismic) ...
besaranya itu mengacu lagi ke SNI Perhitungan Gempa ....

Pada umumnya jembatan itu sudah didesain sedemekian sehingga untuk sanggup menahan gaya gempa / wind ...
tapi tidak untuk gaya lateral akibat accident (gaya akibat tabrakan) ini ...

Kenapa ? karena jembatan sudah didesain dengan ketinggian tertentu agar tidak terjadi lateral collide.

Nah kalo jembatan roboh itu bisa di prediksi ... gaya tabrakan crane ini lebih besar dari desain gaya horizontal seismic /wind .... apalagi kalau titik tabraka itu mendekati pier (kolom jembatan) sehingga gaya yg diterima lebih besar dan memungkinakn kolom menjadi terguling ...

Sekian Info dari saya. Semoga bisa bermanfaat.


mantabs penjelasannya emoticon-Selamat

dari temen yang ilmu sipil pun begitu penjelasannya. ini sih murni salah yg nabrak *supir yg bawa crane-nya*
tp aneh juga sih karena biasanya di gerbang toll pun idealnya udah dibatasin ketinggian kendaraan yg boleh lewat. ogut sih curiga kayak kasus di jagorawi, si crane-nya "ngaceng" di tengah jalan, jadi deh tabrakan sama JPO
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:11
ya ane berharap itu jembatan penyebrangan dibangun lagi, kasian warga situ nantinya kalo sampe kaga dibangun lagi
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:13
yang aneh kok bisa masuk tol itu ya? kalo emang tingginya melawati batas? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:14
Yg ditabrak jembatan penyebrangan orang?
0 0
0
Jembatan Tol BSD Ambruk Ditabrak Truk,Lumpuh Total!
16-05-2016 12:17
makin macetttt dahh
0 0
0
Halaman 21 dari 33
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia