Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
363
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/573190bedac13ee25a8b4568/ciptakan-kompor-bahan-bakar-air-dede-langsung-diincar-asing
Kreativitas Dede Miftahul Anwar (22) di bidang ilmu pengetahuan patut diperhitungkan. Dia berhasil membuat kompor berbahan bakar air yang digunakan masyarakat di Kampung Kerajan, Desa Cihambulu, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Penemuan Dede tersebut dianggap sanggat membantu masyarat di kampung kelahirannya itu, pasalnya gas elpiji jarang dipasok ke daerah tersebut. Alasan kampun
Lapor Hansip
10-05-2016 14:41

Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing


Kreativitas Dede Miftahul Anwar (22) di bidang ilmu pengetahuan patut diperhitungkan. Dia berhasil membuat kompor berbahan bakar air yang digunakan masyarakat di Kampung Kerajan, Desa Cihambulu, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Penemuan Dede tersebut dianggap sanggat membantu masyarat di kampung kelahirannya itu, pasalnya gas elpiji jarang dipasok ke daerah tersebut. Alasan kampung tersebut tidak terjamah distributor gas elpiji sangat klasik. Karena akses jalan susah.

"Mobil pengangkut elpiji tidak sampai ke rumah saya," ucap Dede saat berbincang dengan Money.id beberapa waktu lalu.

Dede menggambarkan, untuk menuju ke kampungnya butuh waktu sekitar lima jam apabila berangkat dari pusat Kota Bandung. Apabila menggunakan sepeda motor, jalan yang diambil adalah menuju Padalarang, kemudian menuju jalur ke arah Purwakarta. Dari sana langsung menuju ke Pabuaran, Subang.

Dia menegaskan, menuju ke Kampung Kerajan tidak ada angkutan khusus. Alat transportasi satu-satunya adalah ojek. Sepanjang jalan menuju kampungnya harus melewati bentangan sawah dan hutan karet.

Tidak hanya itu, salah satu yang membuat akses ke kampungnya sangat sulit adalah harus melewati sungai yang sangat lebar dengan arus deras. "Hanya ada satu jembatan kayu yang menjadi penghubung ke kampung saya," tuturnya.
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing

Dede sedang mempresentasikan tabung gas hidrogen hasil risetnya (Facebook)

Dari sulitnya pasokan gas itulah yang membuatnya bersikeras menciptakan sebuah produk bermanfaat bagi orangtuanya dan seluruh warga Kampung Kerajan. "Kalau tidak ada gas warga di kampung saya harus cari kayu bakar ke hutan," tutur Dede.

Melihat kondisi tersebut akhirnya Dede membuat kompor berbahan bakar air tersebut. Secara sederhana dia menjelaskan, dua unsur yang ada di dalam air yakni oksigen dan hidrogen diurai.

Kata dia, selanjutnya senyawa oksigen diendapkan dan gas hidrogen itulah yang digunakan sebagai bahan bakar. Dede membuat senyawa khusus yang bisa mengurai oksigen dan hidrogen tersebut.

"Bahan-bahannya sangat mudah didapatkan dan sangat murah. Jadi saya bisa menjual gas hidrogen itu lebih murah dari gas elpiji," ujar Dede.

Melalui perusahaannya, bernama CV Energon Teknologi, Dede menjual gas hidrogen Rp10 ribu per tabung. Untuk pemakain kebutuhan memasak keluarga sehari-hari, gas hidrogen itu biasanya cukup untuk dua pekan.

"Saya juga mendirikan Saung Pengisian Bahan Bakar Hidrogen (SPBH). Sehingga warga di kampung saya tidak sulit untuk melakukan pengisian hidrogen," jelasnya.

Hasil penemuan itu dilombakan dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015. Karena kompor berbahan bakar air itu, Dede menjadi juara pertama di ajang Wirausaha Muda Mandiri 2015 untuk bidang usaha teknologi non digital.

SUMUR
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 18 dari 19
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 00:06
Quote:Original Posted By fiexie55
1. Ya penemu itu juga kan gak koar2 ini air yang langsung bisa dibakar
2. Penemu itu bilang ini BAHAN DASAR nya air, mau itu oksigen sama hidrogen dipisah ya urusan ke 2.
3. Ini mungkin bukan teori baru, tapi alangkah lebih baik diapresiasi penemunya yang berbuat baik untuk warga desanya.
4. ENTE udah berbuat APA buat orang2 disekitar dengan ILMU ente yang sepertinya sudah sangat tinggi, yang sudah tau aer sama hidrogen beda? emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah


sama kaya garam NaCl
belajar dlu gih
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 00:10
bukannya ga menghargai perkembangan anak bangsa, tapi ada bbrp hal yg menggelitik pengen coba saya lurusin. CMIIW yah...air jadi bahan bakar msti lewat proses fusi dingin, yg sampai skrg blm ditemukan metode yg efisien, maksudnya efisien itu , energi yg diperlukan buat ngubah air jadi energi jauh lebih banyak dari energi yg nantinya dihasilkan dari penggunaan air sbgai bahan bakar nantinya. jadi kurang tepat kalau dibilang kompor tenaga air. mgkn ini salah jurnalisnya yg bikin judul beritanya. kedua, kalaupun dibilang tenaga hidrogen, yg mana hidrogen diambil dari reaksi balik hidrogen + oksigen -> air, saya jadi amat sangat penasaran dgn metodenya. di tulis bahwa ada senyawa yg digunakan tapi tidak disebutkan. dan lagi2, CMIIW reaksi hidrogen oksigen sebenarnya bukan hanya air, tapi juga energi. jadi kalaupun dibalik, berarti berlaku hukum kekekalan energi (energi tidak dapat diciptkan&dimusnhkan hanya dapat dirubah bentuk) berarti diperlukan energi utk memecah hidrogen dan oksigen dari air. pertanyaannya, energi nya dari mana? pemanasan kah? berarti perlu bahan bakar atau reaksi penghasil energi lain. jadi kembalu lagi, efisienkah energi yg dibutuhkan buat mecah hidrofen dari air, dengan energi yg nantinya dihasilkan dari pemanfaatan hidrogen itu?

bukan bermaksud menjegal perkembangan iptek di Indonesia, tapi berita2 seperti ini seharusnya di cover dgn jelas, dgn penjelasan lebih detil, jgn dgn bahasa yg terlalu mengagungkan narasumber. jangan sampai kejadian iron man indonesia terjadi lagi.
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 00:37
Quote:Original Posted By themonparu
Kalau dilihat videonya, Kemungkinan besar material yg dimasukkan ke tabung adalah Karbit (CaC2)

Karbit campur air bereaks menjadi:
CaC2 + 2H2O --> Ca(OH)2 + C2H2

Ca(OH)2 mengendap, dan C2H2 ini gas asetilen.
Reaksi ini sama persis dengan yg digunakan di Las Karbit.

Jadi menurut saya, bahanbakarnya KARBIT dan gas yg dihasilkan bukan hidrogen tapi Asetilen (C2H2).

Kalau gas hidrogen nyampur sama oksigen (pembakaran hidrogen) gak akan timbul api kek gitu gan, yang ada langsung meledak

CMIIW

Yah,masa karbit sob?
Eh ane g bisa buffer videonya sob,mau tanya warna apinya apa sob?
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 00:43
Mantappp... Mmg orang indo keren2 yak.
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 01:36
Quote:Original Posted By beyond.
Kompornya pakai bahan bakar hidrogen, si Dede cuma memfilter/menyuling air supaya unsur kimia hidrogen murninya bisa keambil lalu dialihkan ketabung gas.

Perusahaan asing kelihatannya melirik dede cuma ingin tahu dia memisahkannya pake cara apa, kalau pakai elektrollisasi mahal, yang paling murah itu pake seng oksida.

ane setuju dg pendapat agan,ane jg berpikir Dede bikin kayak bikin minyak Atsiri dr tumbuhan dg cara d suling hny klo hidrogen agak susah krn bs cepet hangus d udara itu yg kita tdk tau caranya hny Dede yg tau n hidrogen sebenarnya mahal emoticon-Bingung

hidrogen berada dmn2 d udara d tanaman n d air bentuknya tdk kelihatan krn cepet mengnguap emoticon-Smilie
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 02:16
kayak nya penemu awal nya kang dicky zainal deh
dlu pernah ada di liputan nya di trans 7..klo versi yusup nya di mari https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=zoEm_wHDoyw

trus tulisan kang dicky ttg hidrogen jg bisa di. baca di mari hydrantana.blogspot.co.id/2013/12/all-about-hidrogen.html?m=1
Diubah oleh pipitgaklebay
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 03:25
ane curiga itu karbit. kalo itu bener karbit ya tekor alias buntung lah. secara karbit mahal ndak sebanding hargnya dibandingkan lpg atau lng.
1 0
1
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 03:34
Kayak karbit yah?
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 04:45
Quote:Original Posted By bukanromeo


banyak omong lu.
teori mulu.
berkarya sono.
emoticon-Wkwkwk

udah, meskipun hasil karyanya untuk uang untuk ane sendiri.

ente? nggak ngerti teori, bahkan nggak ngerti apa itu teori.. praktik? cuma hari ini ditipu orang yang sedikit lebih pinter dari ente, besok nyari orang lain yang lebih bodoh buat balas nipu. salah?
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 04:49
Quote:Original Posted By bramantyonagas
Kita lihat respon dari sang thjahaja asia, apakah akan dicolong negara tetangga lagi seperti yg sudah2?


Biasanya si . habis di colong sama negara tetangga . kita baru tereak tereak itu buatan negri kite . kalo gak dicolong ya dibiarkan aje emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 09:24
bisa jadi sumber energi terbarukan ini ya
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
14-05-2016 09:26
SNI ndak tuh ? ati2 kena semprot emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
16-05-2016 11:57
Quote:Original Posted By terakhirx

udah, meskipun hasil karyanya untuk uang untuk ane sendiri.

ente? nggak ngerti teori, bahkan nggak ngerti apa itu teori.. praktik? cuma hari ini ditipu orang yang sedikit lebih pinter dari ente, besok nyari orang lain yang lebih bodoh buat balas nipu. salah?


iya dah. lu emang paling bener gan. paling jago di dunia akhirat. emoticon-Big Grin
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
19-05-2016 18:57
Kalo analisa gw sih dia pake sodium borohidrida, cukup efisien sih menhasilkan H2... tapi ya.. tetep mahal..
Lg pula hidrogen reaktif bgt loh.. safety alatnya gmana tuh?
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
21-05-2016 18:33
Quote:Original Posted By sdsgphk

Yah,masa karbit sob?
Eh ane g bisa buffer videonya sob,mau tanya warna apinya apa sob?


Videonya udah ada di yutup sob, langsung tonton aja disitu.
Warna apinya merah rada kuning (artinya suhunya gak terlalu tinggi, maybe gas yg dihasilkan gak banyak)

Di videonya zat yg dimasukkan ke tabung berbentuk kek batu kerikil warna putih keabuan (sama dengan karbit yg dijual di pasaran).
Makanya gua bilang itu gasnya bukan H2 tapi asetilen (C2H2).

Kalau mau bikin H2 kan mustinya airnya dicampur sama soda api dan aluminium.

Btw, kl digugling, yg bikin "kompor-air" ini dari dulu2 sudah banyak dan gak ada yg bisa dikomersialkan.
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
21-05-2016 18:49
yg jd pertanyaan, tu berita ga ada nyenggol2 diminati asing emoticon-Mad:
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
21-05-2016 18:52
[QUOTE=pipitgaklebay;5736282112e25765488b456c]kayak nya penemu awal nya kang dicky zainal deh
dlu pernah ada di liputan nya di trans 7..klo versi yusup nya di mari

Si Dicky zainal mana pernah nemu sendiri?
Dia kan dikasih tahu sama alien... emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
21-05-2016 18:53
Air ya air
Hidrogen yah hidrogen
Beda dong
Klo mesti dipisahin oksigen dan hidrogen sih ga cuma air
Zat lain yg unsurnya ada hidrogen juga bisa
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
21-05-2016 18:58
hmm... salut sih dgn beliau ini..

namun waspada juga dgn asing..

aplg perusahaan minyak..mereka ga akan rela bisnis mereka krn inovasi ini..
0 0
0
Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air, Dede Langsung Diincar Asing
21-05-2016 23:54
Iya koplak. Mana ada air bisa jadi bahan bakar. Hidrogen bisa. Itu hasil persenyawaan air dan karbit. Pake soda api juga bisa. Judulnya bikin absurd. emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 18 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia