News
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5719d41e60e24bd1628b456a/apa-sih-yang-membuat-prita-kena-pencemaran-nama-baik
Si Prita itu didakwa pidana atau perdata? Perkataan Prita yang mana yang dianggap pencemaran nama baik? Ada specificnya? Misal kita melihat 1 toko menjual dengan harga lebih mahal dari yang lain. Lalu kita bilang toko A jauh lebih mahal dari toko B, bisakah toko A menuntut pencemaran nama baik? Jelas toko A amat dirugikan dengan pernyataan tersebut meskipun betul. Nah misalnya toko A tidak saja ja
Lapor Hansip
22-04-2016 14:34

Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?

Si Prita itu didakwa pidana atau perdata?

Perkataan Prita yang mana yang dianggap pencemaran nama baik? Ada specificnya?

Misal kita melihat 1 toko menjual dengan harga lebih mahal dari yang lain. Lalu kita bilang toko A jauh lebih mahal dari toko B, bisakah toko A menuntut pencemaran nama baik? Jelas toko A amat dirugikan dengan pernyataan tersebut meskipun betul.

Nah misalnya toko A tidak saja jauh lebih mahal tapi menggunakan unsur unsur desepsi dalam menjual. Misal toko A mencantumkan harga dengan tidak jelas seperti toko http://news.asiaone.com/news/singapo...phone-warranty

Jadi tidak saja A lebih mahal tapi ada unsur desepsi. Unsurnya bisa jadi legal karena biaya asuransi ditulis di kontrak yang ditandatangani konsumen.

Kalau konsumen lapor polisi susah, karena ini legal.
Kalau konsumen cerita cerita ini pencemaran nama baik karena membuat toko A terlihat jelek. Nah gimana dong hukum di indo?
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
22-04-2016 20:55
Quote:Original Posted By hemore
Si Prita itu didakwa pidana atau perdata?

Perkataan Prita yang mana yang dianggap pencemaran nama baik? Ada specificnya?

Misal kita melihat 1 toko menjual dengan harga lebih mahal dari yang lain. Lalu kita bilang toko A jauh lebih mahal dari toko B, bisakah toko A menuntut pencemaran nama baik? Jelas toko A amat dirugikan dengan pernyataan tersebut meskipun betul.

Nah misalnya toko A tidak saja jauh lebih mahal tapi menggunakan unsur unsur desepsi dalam menjual. Misal toko A mencantumkan harga dengan tidak jelas seperti toko http://news.asiaone.com/news/singapo...phone-warranty

Jadi tidak saja A lebih mahal tapi ada unsur desepsi. Unsurnya bisa jadi legal karena biaya asuransi ditulis di kontrak yang ditandatangani konsumen.

Kalau konsumen lapor polisi susah, karena ini legal.
Kalau konsumen cerita cerita ini pencemaran nama baik karena membuat toko A terlihat jelek. Nah gimana dong hukum di indo?


tolol

emoticon-Wakaka
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
23-04-2016 17:06
maksudnya? Kalau ada toko seperti http://news.asiaone.com/news/singapo...phone-warranty di indo? Apa legal cerita cerita tentang kasusnya? Kok saya tidak pernah dengar ya kasus seperti ini di Indo? Apa hukum kita lebih berpihak konsumen gitu?
Diubah oleh hemore
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
24-04-2016 01:00
Pasal 310

(1) Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(2) Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(3) Tidak merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, jika perbuatan jelas dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri.

ente bisa liat di ayat 3 yang bilang kalo jika perbuatan itu dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri itu gapapa. dikasus ini perbuatan ente yang bilang kalo toko a memberi harga yang jauh lebih mahal itu menurut ane udah memenuhi unsur kepentingan umum, jadi bukan merupakan pencemaran.

selanjutnya kalo ente bertanya tentang menyerang kehormatan apa sih yang dapat dipidana menurut pasal ini, ada beberapa ahli yang membahas tentang menyerang kehormatan atau nama baik seperti apa yang dapat dipidana. yang dapat ane simpulkan kalo unsur menyerang kehormatan atau nama baik itu subjektif tergantung dari setiap orang karena standar orang dalam menentukan itu merupakan serangan atau pencemaran nama baik itu berbeda-beda, contohnya ketika ane ngatain ente bego atau bab*, ente bisa aja mengadukan ane ke polisi atas pencemaran nama baik karena ente merasa terhina oleh perkataan ane. jadi kalo menurut ane pasal ini merupakan pasal karet yang berarti ngga ada batasan yang jelas mengenai kehormatan atau nama baik seseorang, jadi seharusnya polisi juga ngga bisa memproses seluruh aduan orang tentang pencemaran nama baik ini, harus melihat norma atau budaya dalam masyarakat dalam menentukan unsur ini.

semoga membantu gansemoticon-Toast emoticon-Toast
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
25-04-2016 09:38
Quote:Original Posted By appachai
Pasal 310

(1) Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(2) Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(3) Tidak merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, jika perbuatan jelas dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri.

ente bisa liat di ayat 3 yang bilang kalo jika perbuatan itu dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri itu gapapa. dikasus ini perbuatan ente yang bilang kalo toko a memberi harga yang jauh lebih mahal itu menurut ane udah memenuhi unsur kepentingan umum, jadi bukan merupakan pencemaran.

selanjutnya kalo ente bertanya tentang menyerang kehormatan apa sih yang dapat dipidana menurut pasal ini, ada beberapa ahli yang membahas tentang menyerang kehormatan atau nama baik seperti apa yang dapat dipidana. yang dapat ane simpulkan kalo unsur menyerang kehormatan atau nama baik itu subjektif tergantung dari setiap orang karena standar orang dalam menentukan itu merupakan serangan atau pencemaran nama baik itu berbeda-beda, contohnya ketika ane ngatain ente bego atau bab*, ente bisa aja mengadukan ane ke polisi atas pencemaran nama baik karena ente merasa terhina oleh perkataan ane. jadi kalo menurut ane pasal ini merupakan pasal karet yang berarti ngga ada batasan yang jelas mengenai kehormatan atau nama baik seseorang, jadi seharusnya polisi juga ngga bisa memproses seluruh aduan orang tentang pencemaran nama baik ini, harus melihat norma atau budaya dalam masyarakat dalam menentukan unsur ini.

semoga membantu gansemoticon-Toast emoticon-Toast




Saya tambah cendolnya gan.

Jadi kalau memang ada kepentingan umum bahwa sesuatu seharusnya jadi lebih jelas tidak masalah. Ada contoh kasus orang dituntut pencemaran nama baik?

Kayaknya hakim punya diskresi dan perusahaan bisa punya ilmu water bending, eh salah, law bending pake duit.

Diubah oleh hemore
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
30-04-2016 21:19
contoh kasus menenai pencemaran nama baik banyak gan ente bisa googling.

kalo untuk power of money ane ngga bisa bicara banyak. tapi percayalah gan ngga semua seperti yang agan pikirkan, masih banyak kok orang-orang baik diluar sana yang ngga diberitakan oleh media. yang penting ente berusaha gan untuk mencapai tujuan ente dan tetep optimis. jadi ngasih motivasi haha emoticon-Cool emoticon-Cool
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
30-04-2016 21:22
Quote:Original Posted By hemore




Saya tambah cendolnya gan.

Jadi kalau memang ada kepentingan umum bahwa sesuatu seharusnya jadi lebih jelas tidak masalah. Ada contoh kasus orang dituntut pencemaran nama baik?

Kayaknya hakim punya diskresi dan perusahaan bisa punya ilmu water bending, eh salah, law bending pake duit.



contoh kasus menenai pencemaran nama baik banyak gan ente bisa googling.

kalo untuk power of money ane ngga bisa bicara banyak. tapi percayalah gan ngga semua seperti yang agan pikirkan, masih banyak kok orang-orang baik diluar sana yang ngga diberitakan oleh media. yang penting ente berusaha gan untuk mencapai tujuan ente dan tetep optimis. jadi ngasih motivasi haha
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
02-05-2016 00:42
Quote:Original Posted By appachai


contoh kasus menenai pencemaran nama baik banyak gan ente bisa googling.

kalo untuk power of money ane ngga bisa bicara banyak. tapi percayalah gan ngga semua seperti yang agan pikirkan, masih banyak kok orang-orang baik diluar sana yang ngga diberitakan oleh media. yang penting ente berusaha gan untuk mencapai tujuan ente dan tetep optimis. jadi ngasih motivasi haha


Masalahnya nggak cuman kepentingan umum doang gan. Contoh kalau saya baca hukum secara literal kesannya menuduhkan sesuatu yang benar pun bisa kena. CCTV anda menangkap orang lagi mencuri. Anda mempublikasikan itu. Nah itu pencemaran nama baik. Padahal namanya juga bukti CCTV.

Bagaimana kalau yang dituduhkan benar? Lalu benar juga belum tentu gampang dibuktikan? Misal kita ngomong xiaomi lebih bagus dari apple? Dan ternyata benar. Apa kita bisa dituntut pencemaran nama baik oleh apple?

Nah ini ada kasus lagi. Ada orang complain kalau teman ahok mencuri ktp dia.

http://www.islamnkri.com/2016/04/Ini...witternya.html

Tapi kayaknya orang ini tidak tahu. Yang mengirim KTP dia adalah maminya itu orang. Jadi bukan teman ahok yang mengirim.

Dua duanya lebai. Yang satu bilang yang lain nuntut KTP. Dan teman ahok juga kayaknya berlebih bilang itu fitnah.

Kalau mau rame, bisa bisa dua duanya dipenjara. Yang satu karena bilang yang lain nyolong KTP. Yang satunya lagi karena bilang yang lain memfitnah. Padahal untuk pasal pemfitnahan kalau nggak salah musti ada unsur kesengajaan.

Apa yang dimaksud "menuduhkan" suatu hal? Kalau saya bilang seseorang berambut hitam, apakah saya kena "penuduhan" suatu hal? Bagaimana kalau saya bilang harga di toko B lebih murah dari di toko A? Berarti saya menuduh toko A menjual lebih mahal yang tentu saja merugikan toko A. Apakah "suatu hal" harus kriminal?
Diubah oleh hemore
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
09-05-2016 20:58
Quote:Original Posted By hemore


Masalahnya nggak cuman kepentingan umum doang gan. Contoh kalau saya baca hukum secara literal kesannya menuduhkan sesuatu yang benar pun bisa kena. CCTV anda menangkap orang lagi mencuri. Anda mempublikasikan itu. Nah itu pencemaran nama baik. Padahal namanya juga bukti CCTV.

Bagaimana kalau yang dituduhkan benar? Lalu benar juga belum tentu gampang dibuktikan? Misal kita ngomong xiaomi lebih bagus dari apple? Dan ternyata benar. Apa kita bisa dituntut pencemaran nama baik oleh apple?

Nah ini ada kasus lagi. Ada orang complain kalau teman ahok mencuri ktp dia.

http://www.islamnkri.com/2016/04/Ini...witternya.html

Tapi kayaknya orang ini tidak tahu. Yang mengirim KTP dia adalah maminya itu orang. Jadi bukan teman ahok yang mengirim.

Dua duanya lebai. Yang satu bilang yang lain nuntut KTP. Dan teman ahok juga kayaknya berlebih bilang itu fitnah.

Kalau mau rame, bisa bisa dua duanya dipenjara. Yang satu karena bilang yang lain nyolong KTP. Yang satunya lagi karena bilang yang lain memfitnah. Padahal untuk pasal pemfitnahan kalau nggak salah musti ada unsur kesengajaan.

Apa yang dimaksud "menuduhkan" suatu hal? Kalau saya bilang seseorang berambut hitam, apakah saya kena "penuduhan" suatu hal? Bagaimana kalau saya bilang harga di toko B lebih murah dari di toko A? Berarti saya menuduh toko A menjual lebih mahal yang tentu saja merugikan toko A. Apakah "suatu hal" harus kriminal?


begini gan selama ente memaparkan sesuatu sesuai dengan data dan fakta yang ada serta dengan bahasa yang baik dan sopan dengan tidak ada kesan untuk mejelekkan atau merendahkan pihak lain sepanjang pengetahuan ane ente ngga bisa dikenakan pencemaran nama baik. intinya selama ente menjelaskan fakta dengan tata bahasa yang baik dengan tidak ada kesan merendahkan ente tidak bisa dilaporkan dengan pencemaran nama baik, walaupun pihak yang bersangkutan tetap melaporkan hal tersebut jangan takut, ikutin proses yang ada dan percayalah ente bakal diputus bebas oleh hakim secara ente ngga melakukan suatu tindak pidana apapun. semoga menjawab ganemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
09-05-2016 23:31
Quote:Original Posted By angku.leman


tolol

emoticon-Wakaka


emg pencemaran nama baik itu
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
11-05-2016 10:00
Quote:Original Posted By appachai


begini gan selama ente memaparkan sesuatu sesuai dengan data dan fakta yang ada serta dengan bahasa yang baik dan sopan dengan tidak ada kesan untuk mejelekkan atau merendahkan pihak lain sepanjang pengetahuan ane ente ngga bisa dikenakan pencemaran nama baik. intinya selama ente menjelaskan fakta dengan tata bahasa yang baik dengan tidak ada kesan merendahkan ente tidak bisa dilaporkan dengan pencemaran nama baik, walaupun pihak yang bersangkutan tetap melaporkan hal tersebut jangan takut, ikutin proses yang ada dan percayalah ente bakal diputus bebas oleh hakim secara ente ngga melakukan suatu tindak pidana apapun. semoga menjawab ganemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Apakah kebenaran bisa dijadikan pembelaan dalam pencemaran nama baik?

Sesudah itu, apakah kebenaran yang susah dibuktikan bisa dijadikan pembelaan?

Kayaknya tidak. KUHP 310 hanya bilang apa bila seseorang dengan sengaja menuduh orang lain melakukan sesuatu. Sesuatunya bisa apa saja. Eh saya lihat Bob makan siang. Nah itu kasus. Atau Bob bilang begini secara lisan. Nah itu meskipun bukti circumistansialnya banyak bukti pastinya kan susah.

Bahasa pasal 311 itu kayaknya dirancang untuk menaruh beban pembuktian pada orang yang dituduh mencemarkan nama baik. Si pengadu tidak harus membuktikan kalau si pelaku pencemaran nama baik salah atau "sengaja" mengatakan sesuatu yang salah.

Ini masalahnya. Kalau dilihat hukumnya seperti ini, anda dirampok ditodong pakai piso dompet anda diambil anda ditusuk. Anda treak rampok, rampoknya bisa nuntut pencemaran nama baik. Definisi perampokan di dalam hukum harus ada unsur kesengajaan lho. Memang kamu bisa baca pikiran saya niat merampok? Memang ada bukti kalau kamu kasih dompet ke saya tidak suka rela? Saya mengancam akan membunuh kamu memang ada rekaman? Merekam tanpa ijin illegal lho. bla bla bla. Cuman kalo rampoknya sepinter itu dia jadi pengacara atau anggota DPR kali. Nggak praktek di jalan.

Btw UU KUHP 310 hanya melindungi orang (bukan perusahaan) dari pencemaran nama baik. Kok RS OMNI bisa nuntut prita sampai masuk penjara ya?
Diubah oleh hellopals
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
13-05-2016 09:06

Quote:Original Posted By smoked.guy


emg pencemaran nama baik itu


lu perhatikan baik baik aja yg ini, yg lain abaikan, udah jelas ketololannya

Quote:Original Posted By hemore
Si Prita itu didakwa pidana atau perdata?



0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
19-05-2016 22:07
Quote:Original Posted By hellopals


Apakah kebenaran bisa dijadikan pembelaan dalam pencemaran nama baik?

Sesudah itu, apakah kebenaran yang susah dibuktikan bisa dijadikan pembelaan?

Kayaknya tidak. KUHP 310 hanya bilang apa bila seseorang dengan sengaja menuduh orang lain melakukan sesuatu. Sesuatunya bisa apa saja. Eh saya lihat Bob makan siang. Nah itu kasus. Atau Bob bilang begini secara lisan. Nah itu meskipun bukti circumistansialnya banyak bukti pastinya kan susah.

Bahasa pasal 311 itu kayaknya dirancang untuk menaruh beban pembuktian pada orang yang dituduh mencemarkan nama baik. Si pengadu tidak harus membuktikan kalau si pelaku pencemaran nama baik salah atau "sengaja" mengatakan sesuatu yang salah.

Ini masalahnya. Kalau dilihat hukumnya seperti ini, anda dirampok ditodong pakai piso dompet anda diambil anda ditusuk. Anda treak rampok, rampoknya bisa nuntut pencemaran nama baik. Definisi perampokan di dalam hukum harus ada unsur kesengajaan lho. Memang kamu bisa baca pikiran saya niat merampok? Memang ada bukti kalau kamu kasih dompet ke saya tidak suka rela? Saya mengancam akan membunuh kamu memang ada rekaman? Merekam tanpa ijin illegal lho. bla bla bla. Cuman kalo rampoknya sepinter itu dia jadi pengacara atau anggota DPR kali. Nggak praktek di jalan.

Btw UU KUHP 310 hanya melindungi orang (bukan perusahaan) dari pencemaran nama baik. Kok RS OMNI bisa nuntut prita sampai masuk penjara ya?


iya gan kebenaran bisa dijadikan pembelaan dalam pencemaran nama baik.

kebenaran yang susah dibuktikan seperti apa gan, bisa dijelaskan lebih detail?

untuk contoh yang agan berikan ane dapet poin agan dan yang mau ane sampaikan adalah contoh agan terlalu abstrak dan sepanjang pengetahuan ane belum ada kasus seperti yang agan bilang diatas, mungkin agan bisa kasih contoh lain.

Pasal 310 KUHP menyatakan bahwa dengan sengaja merusak kehormatan atau nama baik orang lain dengan cara menuduh. Untuk Pasal 311 KUHP ini pada intinya menyatakan bahwa kalo ente ngga bisa membuktikan tuduhan ente kepada orang yang ente tuduh, maka perbuatan ente tersebut termasuk dalam fitnah yang mana ancaman pidananya lebih berat, untuk beban pembuktian masing-masing pihak dalam persidangan harus membuktikan apa yang dia dalilkan jadi bukan salah satu pihak saja yang harus membuktikan dan dalam Pasal 311 ini tidak diwajibkan si pencemar atau penuduh untuk membuktikan tuduhannya, unsur dari pasal tersebut mengatakan "diizinkan".

sekali lagi contoh yang ente berikan terlalu ekstrem dan (maaf) terlalu mengada-ada.

Ente bisa diadukan dengan pencemaran nama baik walaupun apa yang ente kemukakan (tuduhkan) itu sesuai dengan data dan fakta yang ada tetapi hakim lah nanti yang akan menentukan ente bersalah atau ngga. jadi ente tidak perlu takut apabila seseorang mengancam ente akan mengadukan perbuatan yang ente lakukan. walaupun aduan sudah dibuat dan polisi menerima aduan tersebut ente belum tentu melakukan pencemaran nama baik karena sekali lagi hakim lah yang nanti akan menentukan.

semoga menjawab gansemoticon-Toast emoticon-Toast
Diubah oleh appachai
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
21-05-2016 11:41
Jadi sesuatu yang dituduhkan haruslah sesuatu yang "mencemarkan" dan "merusak" kehormatan orang lain. Ini yang agak pasal karet.

Contoh yang amat nyata adalah kasus Yudi Sutadi melawan mantan istrinya http://news.detik.com/berita/2004579...sutadi-dihapus

Jadi, kalau saya tidak salah, istrinya datang bawa preman merusak rumahnya. Eh polisi bukan ngurusin pengrusakan rumah malah mengurus pencemaran nama baik Yudi.

Kemudian YLKAI disuruh bayar 1 m karena mencemarkan nama baik asuransi unit link.

http://www.hukumonline.com/berita/ba...ugi-rp1-miliar

Padahal detail kasusnya aja tidak jelas.
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
21-05-2016 13:16
Quote:Original Posted By hellopals
Jadi sesuatu yang dituduhkan haruslah sesuatu yang "mencemarkan" dan "merusak" kehormatan orang lain. Ini yang agak pasal karet.

Contoh yang amat nyata adalah kasus Yudi Sutadi melawan mantan istrinya http://news.detik.com/berita/2004579...sutadi-dihapus

Jadi, kalau saya tidak salah, istrinya datang bawa preman merusak rumahnya. Eh polisi bukan ngurusin pengrusakan rumah malah mengurus pencemaran nama baik Yudi.

Kemudian YLKAI disuruh bayar 1 m karena mencemarkan nama baik asuransi unit link.

http://www.hukumonline.com/berita/ba...ugi-rp1-miliar

Padahal detail kasusnya aja tidak jelas.


saya setuju jika agan bilang ini pasal karet, karena dalam setiap orang punya standarnya masing-masing dalam menentukan kehormatannya seperti yang sudah saya jelaskan di post 4.

untuk contoh kasus yang pertama kayanya beritanya salah gan. mungkin agan bisa cari putusannya biar jelas.

untuk contoh kasus yang kedua saya udah baca dan putusan pengadilan negerinya di banding, tapi ane belum dapet putusannya dan bahkan berita lanjutannya pun ane cari ngga ada.
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
21-05-2016 20:16
Quote:Original Posted By appachai


saya setuju jika agan bilang ini pasal karet, karena dalam setiap orang punya standarnya masing-masing dalam menentukan kehormatannya seperti yang sudah saya jelaskan di post 4.

untuk contoh kasus yang pertama kayanya beritanya salah gan. mungkin agan bisa cari putusannya biar jelas.

untuk contoh kasus yang kedua saya udah baca dan putusan pengadilan negerinya di banding, tapi ane belum dapet putusannya dan bahkan berita lanjutannya pun ane cari ngga ada.



Kayaknya pasal pencemaran nama baik ini juga amat jarang digunakan. Saya dengar Prita. Kayaknya yang kena adalah orang yang memaki. Padahal pasalnya jelas melarang orang untuk "menuduh" melakukan sesuatu.

Kalau di amrik, memaki itu legal. Kita bisa bilang Obama badut, kucing, atau apa lah. Tidak bisa dibuktikan benar salahnya karena tuduhan tidak scientific.
Diubah oleh hellopals
0 0
0
Apa sih yang membuat prita kena pencemaran nama baik?
07-06-2016 12:23
Kalau saya lihat di http://www.hukumonline.com/berita/ba...si-unit-linked

YLKAI memang mengada ngada. Masak mau melarang unit link? Nuntut 200 milyar.

Tapi kasus ini tetap saja aneh.

Menuntut orang di pengadilan kok bisa dituntut pencemaran nama baik? Ini yang kita bingung. Setau saya kalau lewat jalur resmi pasalnya pengaduan palsu yang perlu ada pembuktian kalau tuduhannya salah dan si penuduh tau salah. Sedangkan kalau pencemaran nama baik syaratnya sedikit.


Quote:Original Posted By appachai


saya setuju jika agan bilang ini pasal karet, karena dalam setiap orang punya standarnya masing-masing dalam menentukan kehormatannya seperti yang sudah saya jelaskan di post 4.

untuk contoh kasus yang pertama kayanya beritanya salah gan. mungkin agan bisa cari putusannya biar jelas.

untuk contoh kasus yang kedua saya udah baca dan putusan pengadilan negerinya di banding, tapi ane belum dapet putusannya dan bahkan berita lanjutannya pun ane cari ngga ada.


0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
bank-cabut-dari-aceh
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia