loker.jabodetabAvatar border
TS
loker.jabodetab
12 Ilmuwan Paling Berpengaruh Dalam Sejarah
Seperti apa kira-kira dunia ini tanpa nenek moyang yang menemukan dan mengendalikan api sejak 400.000 sampai 125.000 tahun yang lalu. Dengan ringkas kita bisa membayangkan dunia tanpa makanan matang, pelita dalam gelap, atau berbagai alat dan wadah berbahan logam. Dalam hal ini, penemuan secara sengaja atau tidak sudah sangat besar pengaruhnya bagi manusia.

Wajah dunia tak akan sama tanpa para innovator yang sudah berpikir dan bekerja keras mewujudkan ide dan inovasi mereka. Dan secara garis besar, Inovasi-inovasi itu menjadi pemisah paling kentara antara satu masa dengan masa yang lain. Bukan sekedar buah kreativitas yang menghiasi peradaban, beberapa inovasi sudah menjadi lonjakan paling besar dalam keberadaan umat manusia di muka bumi.

Berikut 12 Inovasi paling berpengaruh dalam peradaban manusia modern.

Thomas Edison

Ia menjadi salah satu inovator paling penting dalam sejarah, meskipun dunia hanya mengenali Bola Lampu Pijar sebagai karya Edison sebagai inovasi nya yang paling terkenal, namun dia sebenarnya adalah Bapak dari banyak terobosan lainnya. Diantaranya termasuk fonograf dan kamera film pertama. Dan tak hanya menemukan bohlam, Edison juga berpengaruh dalam mengembangkan cara ekonomis pertama dalam mendistribusikan cahaya, panas, dan listrik dengan sistem stasiun pusat.

Steve Jobs

Pengusaha Amerika ikonik yang jadi pendiri Apple ini akan terus tercatat dalam sejarah sebagai salah satu inovator paling besar. Sebagai CEO Apple pada tahun 1980an dan berlanjut sekali lagi memimpin pada akhir 90-an sampai era 2000-an, Jobs memainkan peran sentral dalam revolusi komputer pribadi. Selama hidupnya Ia tak pernah berhenti mengembangkan produk utamanya, yaitu McIntosh, iPod dan iPhone.

Nikola Tesla

Nama ini lekat dengan sosok penemu, insinyur, dan futuris sejati. Jika Edison mengembangkan sistem aliran listrik satu arah (DC), Tesla membantu mengembangkan sistem aliran listrik dua arah AC). Sepanjang hidupnya ia terkenal dengan berbagai eksperimen liar yang terus menjadi inspirasi hingga hari ini. Salah satu yang paling dekat dengan era saat ini adalah pemikiran terkait teknologi nirkabel dan sistem transmisi jarak jauh.

Bill Gates

Namanya bersandingan dengan Steve Jobs dalam inovasi computer. Ia juga menjadi sosok salah satu pengusaha dan dermawan terbesar dalam abad 21. Gates mendirikan dan membangun Microsoft menjadi perusahaan software raksasa tak tertandingi. Tak hanya menyumbangkan hasil inovasi nya pada peradaban dunia, Gates juga pendiri Yayasan Bill dan Melinda Gates, lembaga yang mengucurkan dana hibah dan sumbangan miliaran dolar untuk meningkatkan kesehatan global dan mengurangi kemiskinan.

Benjamin Franklin

Sosoknya paling terkenal sebagai salah satu pendiri negara Amerika Serikat. Namun di balik itu Franklin adalah seorang brilian polymath, penemu, ahli teori politik, ilmuwan, negarawan, dan penulis. Dia memiliki pikiran dan sikap ilmiah yang sudah berpengaruh secara luar biasa bagi para innovator. Selain berbagai pendapat dan tulisannya di dunia politik, ia juga paling terkenal de dengan eksperimen pada obyek petir dan listrik.

Leonardo Da Vinci

Ini adalah sosok “Renaissance man,” asli yang benar-benar menjabarkan era itu. Da Vinci memang paling terkenal karena berbagai lukisannya yang legendaris (Perjamuan Terakhir, Mona Lisa). Tapi dia juga adalah seorang filsuf, insinyur, dan penemu. Dia mewariskan koleksi gambar yang luar biasa yang hingga hari ini terus menjadi teka-teki dan pemicu ide berbagai inovasi di dunia eknik mesin, helikopter, tank, dan tenaga surya.

Alexander Graham Bell

Penemu dan insiyur asal Skotlandia ini memulai sejarah dan pengaruhnya sejak mematenkan teknologi telepon pada tahun 1876. Karyanya di bidang telekomunikasi, aeronautika, dan banyak juga temuan di bidang lain (termasuk detektor logam) membuatnya mendapatkan reputasi sebagai salah satu tokoh terbesar dari abad kesembilan belas .

Sandford Fleming

Fleming adalah ilmuwan skotlandia-Kanada yang menjadi Bapak dalam ilmu teknik, survei, dan keterampilan pemetaan. Ia adalah sosok paling ilmuwan yang sangat membantu dalam mengembangkan dan membangun kereta api lintas benua dari abad kesembilan belas. Selain di bidang transportasi, ia juga ilmuwan yang mencanangkan waktu standar dan zonasi waktu yang digunakan hingga saat ini.

Marie Curie

Ia adalah Ilmuwan Perempuan pertama yang memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1903. Tak hanya sekali Curie mendapat penghargaan itu sebanyak dua kali selama hidupnya dalam bidang fisika. Ia adalah sosok ahli fisika dan kimia yang dikenal untuk ide-ide terobosan di ranah radioaktivitas dan penemuannya terkait elemen kimia. Temuan-temuannya menjadi perintis bagi sekian banyak penemuan hingga hari ini.

The Wright Bersaudara

Dua saudara ini menjadi nama paling lekat dengan inovasi pesawat terbang. Mereka menjadi perintis yang berhasil menerbangkan pesawat untuk pertama kalinya pada tahun 1903. Berbagai hasil eksperiman dan prinsip-prinsip penerbangan buah pikiran mereka menjadikan dua saudara ini sebagai penemu legendaris dan innovator dunia penerbangan.

Galileo Galilei


Sosok jenius legendaris dari Italia ini adalah pembawa ide-ide terobosan yang membuahkan revolusi ilmiah pada abad ketujuh belas, Galileo paling sering disebut sebagai bapak ilmu pengetahuan modern. Demi mempertahankan pandangan Ilmiah soal teori heliocentric yang terus menjadi teori penting hingga saat ini, Ia harus menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam penjara karena tuduhan penistaan Agama. Galileo adalah ikon bagi integritas ilmiah dalam menghadapi mistisme, klenik, dogmatisme dan mitos yang masih mengisi benak manusia hingga saat ini.

Richard Feynman

Ia adalah salah satu ilmuwan besar dari abad kedua puluh, ide-ide terobosan Feynman dalam teori Quantum membantu merevolusi bidang itu dan terus berkembang hingga saat ini.

sumber
0
56K
338
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.