• Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • 5 bulan menunggu, PDAM Sidoarjo belum juga memasang instalasi PDAM di rumah saya.

janarkoAvatar border
TS
janarko
5 bulan menunggu, PDAM Sidoarjo belum juga memasang instalasi PDAM di rumah saya.
Saya hendak menyampaikan keluhan mengenai pelayanan PDAM Sidoarjo yang sangat mengecewakan. Berikut ini kronologi nya:

Saya membeli rumah di Perum Sapphire Residence, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Realisasi dengan pihak developer berlangsung pada 27 Oktober 2015. Pada saat itu, pihak developer menyampaikan bahwa biasanya proses pemasangan air dan listrik oleh PDAM dan PLN memakan waktu sekitar 3 bulan.

Pada awal Januari 2016, saya menayakan ke pihak developer mengapa instalasi PDAM belum terpasang, sedangkan PLN sudah. Pihak developer menjawab bahwa di PDAM Sidoarjo ada pembekuan pengadaan instalasi baru, kemungkinan pada bulan Februari 2016 baru bisa diadakan pemasangan baru.

Saya tunggu sampai tanggal 22 Februari 2016, tidak ada tanda tanda pihak PDAM mendatangi rumah saya untuk memasang instalasi PDAM. Perlu diketahui bahwa perumahan tersebut sudah ada sejak 2014. Pipa PDAM sudah terpasang dan beberapa rumah yang dibeli di awal tahun 2015 sudah terpasang instalasi PDAM. Artinya, pihak PDAM hanya perlu menghubungkan pipa besar yang sudah terpasang di bawah jalan di perumahan tersebut.

Saya mencoba mengirim komplain ke PDAM melalui website resminya nya, Tetapi saya tidak mendapat respon yang memuaskan karena hanya dijawab dengan: "Komplain anda akan kami sampaikan ke pihak terkait". Saya coba telpon ke kantor PDAM Sidoarjo dan yang mengangkat telepon seakan akan tidak paham harus menjawab apa, kemudian dilempar ke orang lain hingga beberapa kali. Hingga akhirnya saya diberitahu bahwa PDAM Sidoarjo sedang dalam proses tender pengadaan meteran dan aksesori instalasi karena stok meteran habis. Petugas nya kemudian meminta saya menunggu.

Tanggal 16 Maret 2016, saya hubungi lagi pihak PDAM dan sekali lagi dijawab bahwa masih dalam proses pengadaan. Karena tidak puas, saya datangi kantor PDAM pada akhir maret 2016, saya ditemui oleh petugas PDAM Sidoarjo bernama Pak Udin yang mengatakan bahwa proses tender terhambat karena belum mendapat persetujuan dari Direksi. Beliau menyatakan bahwa masalah ini akan diusahakan selesai dalam kurun 1 bulan ke depan. Saya juga dijanjikan akan dihubungi ketika proses tender sudah mendapat persetujuan Direksi.

Tanggal 20 April 2016, karena tidak ada yang menghubungi saya, saya telpon lagi pihak PDAM dan menanyakan status proses tender pengadaan meteran air dan aksesorinya, dan dijawab bahwa proses tender masih menunggu keputusan Bupati.

Saya yang tidak terima penjelasan itu kemudian marah dan meminta kepastian kapan PDAM di rumah saya bisa terpasang. Mengingat april ini berarti sudah hampir 5 bulan sejak pembayaran, PDAM di rumah saya belum juga terpasang. Petugas yang menerima telpon saya tidak memberikan jawaban dan malah menutup telepon tanpa permisi/pamit.

Sekali lagi saya kirim komplain ke website resmi PDAM sidoarjo dan lagi lagi mendapat jawaban yang sama: "Komplain anda akan kami sampaikan ke pihak terkait".

Saya tidak tahu harus melakukan apa lagi agar pihak PDAM Sidoarjo bertanggung jawab karena saya sudah melakukan kewajiban saya yakni melunasi biaya pembayaran pemasangan instalasi baru, tetapi pihak PDAM seperti tidak memiliki iktikad baik untuk melaksanakan kewajibanya.

Saya googling dan menemukan berita ini:
Berita korupsi PDAM Sidoarjo

Saya khawatir proses pemasangan instalasi baru terhambat gara-gara kasus ini. Jika benar, sungguh keterlaluan, karena tidak hanya merugikan negara tapi juga merugikan pelanggan yang hendak menggunakan PDAM.

Pihak PDAM Sidoarjo juga tidak memberikan solusi atau alternatif lain selain menunggu. Saya sudah coba tanyakan apakah mungkin membeli meteran PDAM sendiri dulu tanpa lewat tender, mereka jawab tidak bisa. Menggunakan sumur bor juga tidak membantu karena kualitas air tanah yang kurang baik. Saat ini, tiap hari saya meminta air ke tetangga sebelah rumah yang sudah terpasang PDAM nya.

Saya sudah kirimkan surat pembaca ini ke detik dan jawapos, tapi baru detik yang memuatnya:
Surat Pembaca Detik.com

Saya ingin berita ini ter-blowup agar pihak PDAM Sidoarjo merasa semakin tertekan untuk segera menyelesaikan masalah pemasangan PDAM baru di Sidoarjo, terutama di rumah saya (info dari petugas nya, yang tertunda pemasangan nya tidak hanya saya, tapi ada 100 an pelanggan lain). Mohon kepada agan KASKUS yang punya akses ke media atau wartawan untuk membantu memblow up, karena saya tidak menemukan berita kasus korupsi PDAM Sidoarjo ini di media-media Nasional.

Terima kasih atas bantuanya.

Salam hangat
Hafiq WIjanarko
Sapphire Residence, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur
0
8.1K
22
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.