Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
295
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572e211dc1cb1798608b4567/alasan-media-sekarang-banyak-yang-abal-abal
Spoiler for NoRepsol: Insha Allah NoRepsol gan :D pemikiran ane sendiri Permisi agan kaskuser sekalian. Ane mau bagi pendapat tentang MEDIA di Indonesia yg kayanya makin banyak ngasi berita yg simpang siur dan gajelas kebenarannya. Trit ini ane tulis karena ane ngerasa (mungkin agan semua juga) rata-rata media sekarang ngebuat berita yg gajelas kebenarannya. Berikut (menurut ane) alasan kenap
Lapor Hansip
08-05-2016 00:08

Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal Belakangan Ini !

Past Hot Thread
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !


NoRepsol


HT#4


JANGAN GAN !!!


Permisi agan kaskuser sekalian. Ane mau bagi pendapat tentang MEDIA di Indonesia yg kayanya makin banyak ngasi berita yg simpang siur dan gajelas kebenarannya. Trit ini ane tulis karena ane ngerasa (mungkin agan semua juga) rata-rata media sekarang ngebuat berita yg gajelas kebenarannya. Berikut (menurut ane) alasan kenapa media sekarang banyak ngasi berita yg abal-abal. Cekidot !


Quote:
1. Ngejar Rating
pict

Media sekarang cuman ngejer rating aja gan.Ga peduli isi. Yg penting kebutuhan kantor akan berita terus terpenuhi. Bayangin aja, rata-rata berita sekarang dibuat semau "mereka" tanpa ada kejelasan dari pihak yg terlibat. emoticon-Cape d... (S)


Quote:
2. Mendongkrak Popularitas Media Itu Sendiri
pict

Popularitas juga termasuk salah satu yg media kejar sekarang ini. Gatau apa alasan mereka ngejer popularitas dengan cara membohongi publik dengan isi berita yg terkesan asal-asalan dan ga bermutu. Ketika ada berita baru, mereka langsung ngebuat isi berita yg terkesan "wah" untuk dibaca.


Quote:
3. Kejar Target
pict

Kejar target emoticon-Cape d... (S) Ntah apa yg ada dibenak para pembuat berita sekarang. Target berita tercapai tapi isi ga bermutu.


Quote:
4. Asal Ada
pict

Yang penting ada ! Ga peduli isi dan mutu. Ada berita, dapet target, dapet fulus emoticon-Big Grin


Quote:
5. Cuman Ngutamain Berita yg Lagi Hangat
pict

Misalnya ada salah satu topik yg lagi hot-hotnya nih, pembuat berita pasti ngutamain berita itu. Ketika berita yg lain datang, mereka juga ngebuat berit itu tapi dengan isi yg alakadarnya dan isi yg gabisa dipertanggungjawabkan.


Itu dia beberapa alasan media sekarang banyak yg abal-abal. Tapi diantara banyak media yg aba-abal itu, masi ada juga kok media yg masi bisa kita percaya, update-an jelas, asal-usul jelas, dan punya narasumber yg terpercaya. Ada juga tips biar ga ketipu sama berita abal-abal gan.
1. Jangan cuman baca judulnya aja, tapi isinya juga dibaca !
2. Kenali nama medianya !
3. Jangan mau nelan mentah-mentah berita yg disajikan !
4. Cari kebenarannya dari sumber berita yg lain (yg lebih agan percayai) !

Sekian trit dari ane gan emoticon-Cendol (S) Kalo agan sekalian mau nambahin, monggo gan ntar di taro di pejwan. Kalo ada yg kurang berkenan mohon di maapin. Ini cuman pandangan dari ane aja, ga bermaksud untuk menyinggung perasaan siapa pun emoticon-Peace

Komeng agan sekalian

Quote:Original Posted By primadi anggoro
Kecepatan penyebaran informasi, cepet2an ngerilis berita kadang menjadikan isi berita "ngawur" karna kurangnya sumber yg dapat dipercaya..
Yup, betul, jangan cepet kemakan sama judul.. Judul lebay uda kayak jadi keharusan bagi media2...
Sebagai pembaca, kalo mau baca berita jangan sampe "panas" duluan...
Tipe2 yg mudah diprovokasi..


Quote:Original Posted By 4X3L4
poin 6.
karena udah gak ada aturan pers seketat era orba. jadilah media seakan2 teriak "merdeka"emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By cuuupa
betul banget tu hebohnya cuma berita2 yg lagi panas aja.. terus demi terlihat contentnya unik dan uptodate, suka bikin judul yang heboh dan provokatif.. kemudian di contentnya digantung aja ga jelas.. jadi nya keburu males da si pembaca..
ngenesnya lagi, kalau uda judulnya heboh, isinya digantung atau dikarang, kemudian endingnya digantung, ga sedikit jg pembaca / pemirsanya kemakan, disebar ke sanak saudara atau teman, dan dari 1 pembaca ke pembaca lain jadinya dilingkungan itu beritanya simpang siur.. seandainya jika media2 yg suka bikin berita ga jelas dan ga bener bisa dengan mudah dilaporkan dan ditindak, pastinya informasi yg beredar di lingkungan itu yg akurat2 saja..

Quote:Original Posted By primadi anggoro
Kecepatan penyebaran informasi, cepet2an ngerilis berita kadang menjadikan isi berita "ngawur" karna kurangnya sumber yg dapat dipercaya..
Yup, betul, jangan cepet kemakan sama judul.. Judul lebay uda kayak jadi keharusan bagi media2...
Sebagai pembaca, kalo mau baca berita jangan sampe "panas" duluan...
Tipe2 yg mudah diprovokasi..


Quote:Original Posted By 4X3L4
poin 6.
karena udah gak ada aturan pers seketat era orba. jadilah media seakan2 teriak "merdeka"emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By dihari
Jangan lupa Gan, media itu memberikan suguhan berita apa yang diinginkan masyarakat.
Sebenernya ada banyak jurnalis jujur yang masih memegang erat kode etik jurnalisme.

Banyak "berita beneran" yang ada tersedia,
Tapi karena masyarakat kita yang demen banget sama kejadian luar biasa, aneh, ajaib, kriminalitas, fanatisme, dan sebagainya jadi lah yang viral itu seperti yang kita liat kebanyakan sekarang ini.

Judul-Judul beritanya harus dipelintir semenarik mungkin buat menarik banyak klik. Walaupun isi kadang gak sesuai judul.

Karena itu, cerdaslah sebagai penikmat berita.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al Hujurat: 6).


Quote:Original Posted By siscon94
Media sekarang
- berita kurang akurat dan yang penting asal cepat
- kurang etika IYKWIM
- terlalu membesar2kan/mendewakan masalah


Quote:Original Posted By nicknameo
skrg banyak berita sampah yg d sajikan........ dan tujuan,y pun bermacam-macam,
mengejar rating.......
traffic........ atau malah menjadi media utk provokasi baik yg berbau politik maupun sara,
sayang,y lg terlalu byk masyarakat yg menelan mentah2 berita tersebut,,
dunia maya mmg luas dan tanpa batas, butuh sikap bijak dlm mencerna maksud dr berita tsb,
dan ane kira sudah seharus,y menjadi tugas kita bagi yg lebih mengerti utk menjadi penyeimbang, salah satu,y lewat thread ini sudah cukup jelas menjadi bagian dr kampaye positif agar lebih dewasa hidup dalam dunia maya, CMIIW.....


Quote:Original Posted By s.id
untuk bikin propaganda juga gan jangan lupa emoticon-Cool


Quote:Original Posted By oomraden
sesuai tuntutan pasar. sekarang orang2 kan dah banyak yg baca berita lewat smartphone. jadinya kapanpun di manapun kita berada, kita bisa cari bahan bacaan sampai akhirnya jadi obsesi. kadang sampai jam 1 malam pun masih baca hal2 yg gak penting. dengan adanya fenomena ini, perusahaan penyedia informasi/media yah bakal lebih tergiur lagi mancing kita dengan berita2 yg gak bakal ngebosenin walau itu tidak penting. intinya perusahaan gak akan menjual kalau tidak ada yg membeli.
susah kalo harapin perusahaan baca trit bagus kyk gini dan berubah. mgkn lebih baik ngubah diri sendiri biar lebih kritis. hasilnya lebih pasti..
nice thread emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By tnvrtlss88
emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller

Bagus-bagus alasannya emoticon-thumbsup

Saya jadinya kasihan sama orang-orang yang kelihatannya concern sama kondisi carut-marut di negeri ini, terutama di masalah perpolitikan. Banyak orang yang membabibuta membagi-bagikan artikel dari portal-portal yang diragukan kredibilitasnya emoticon-Busa
Coba saja lihat di timeline medsos (facebook, dll), banyak orang tolol yang cuma sekedar baca judul doang (tapi isinya ngga dibaca) langsung membagikan tautan artikel/berita tersebut disertai dengan komentar yang ternyata tidak sesuai dengan konten dari artikel/berita tersebut emoticon-Betty (S)

Kenapa?

Karena orang-orang tolol ini cuma membaca judul/headline nya saja semata, yang biasanya dibuat dengan kalimat-kalimat yang sebenarnya tidak mewakili isi atau konten beritanya. Dan biasanya judul-judul tersebut bersifat provokatif ataupun berlebihan emoticon-Tai

Sayangnya, kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi, notabene sudah pasti khatam baca-tulis dengan sangat sempurna. Tapi dikarenakan mudahnya orang-orang jaman sekarang terprovokasi oleh "media", jadinya secara tidak langsung orang-orang seperti ini mengumbar ketololan mereka sendiri secara tidak sadar emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa


Quote:Original Posted By kintarooe
kebanyakan Media kan sudah disetir sama pemilik Parpol/pejabat atau Pengusaha tertentu
beritanya pun selalu diplintir semau mereka, ngejatuhin pihak2 terkait, yang penting duit masuk dari usaha bullshitnya.

itu saja emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By primadi anggoro
Kecepatan penyebaran informasi, cepet2an ngerilis berita kadang menjadikan isi berita "ngawur" karna kurangnya sumber yg dapat dipercaya..
Yup, betul, jangan cepet kemakan sama judul.. Judul lebay uda kayak jadi keharusan bagi media2...
Sebagai pembaca, kalo mau baca berita jangan sampe "panas" duluan...
Tipe2 yg mudah diprovokasi..


Quote:Original Posted By 4X3L4
poin 6.
karena udah gak ada aturan pers seketat era orba. jadilah media seakan2 teriak "merdeka"emoticon-Big Grin


Komeng dari agan wartawan



Quote:Original Posted By mrgets
emoticon-Cool
Gue wartawan, dulunya... dan gue akan jelaskan lebih detil kenapa media cetak maupun elektronik sekarang mayoritas abal-abal...

1. Kejar target... Iya, itu benar... tapi ini untuk fresh graduate atau junior yang baru masuk. Ente tau targetnya berapa berita? 50 berita dalam satu bulan. Atau yang lebih ekstrim ada juga yang masang target 100 berita dalam sebulan... Kalo nggak nyampe kuota segitu, ga bakalan di gaji. Dan untuk beberapa koran ada yang sistem gajinya per berita hanya Rp5000. Kalo mau gajinya setara UMR berapa dong? Silahkan hitung sendiri. Content Writer untuk blogging aja rata-rata mampu menulis sampe 10 artikel per hari. Kalo lagi di forsir maksimal paling kenceng cuma 20 artikel per hari.

2. Yang anak baru masuk jadi wartawan UMUMNYA TIDAK MEMILIKI BACKGROUND JURNALISME SEDIKITPUN. Mereka jadi wartawan karena diajak atau karena ga punya pekerjaan lain. Ilmu jurnalistiknya baru dipelajari sambil jalan. Jadi bisa ente bayangkan kualitas beritanya gimana.

3. Lanjutan dari nomor 2, yang fresh graduate asli dari kampus jurnalistik atau komunikasi umumnya memiliki ideologi yang tinggi seperti, "Oh, hanya dengan tulisan saya bisa merubah dunia! Saya akan meraih Pulitzer!" tapi apa daya, tulisan mereka harus melalui editor dulu kan? Kalo kata redaksi A, ya harus A. Kalau mereka bikin berita B, tapi bisa diputar menjadi A, ya mereka harus merelakan berita itu menjadi berita A, kalau ga gitu ya ga dapet gaji.

4. Kepentingan pemilik media. Mayoritas media dipimpin / sahamnya dipegang oleh politikus... ATAU pemilik media adalah temannya si politikus.

5. Sangat sedikit sekali wartawan senior yang sangat idealis dalam mengolah berita. Gue bertemu beberapa diantara mereka dan mereka sendiri yang udah senior juga kecewa dengan pemberitaan sekarang yang kurang berbobot dari beberapa sisi.

6. Dalam jurnalisme online, sesuai dengan "Pedoman Media Siber" yang ditandatangani pada 30 Januari 2012 oleh Dewan Pers Indonesia, media DILARANG KERAS menulis berita bohong/fitnah/sadis/cabul, tapi BOLEH MELAKUKAN VERIFIKASI ULANG pada berita yang salah dengan menautkan sebuah link ke artikel baru yang menjelaskan berita sebelumnya, dan berita lama yang salah TIDAK BOLEH ditarik lagi setelah di posting.

Contoh judul beritanya: "Udin Tewas Diinjak Kerbau!"

Judulnya menghebohkan ya? Tapi siapa si udin? Apa bener dia diinjak kerbau? Isi beritanya hanya menyebutkan dia mati diinjak kerbau tanpa ada keterangan lainnya seperti pendapat saksi atau laporan dari kepolisian. Tapi karena judulnya udah heboh, pembaca pun jadi heboh. Baru 5 menit kemudian ada berita verifikasi:

"Udin Yang Mati Diinjak Kerbau Ternyata Hanya Pingsan"

Dan artikel terbaru yang merupakan berita verifikasi ini sudah terlanjur tenggelam oleh berita lainnya. Orang-orang sudah keburu heboh dengan berita sebelumnya. Salah? Kalau menurut "Pedoman Media Siber" nggak salah. Tapi persepsi masyarakat sudah terlanjur terbentuk. Seperti pada kasus JIS, ternyata si guru bule dinyatakan nggak bersalah sama hakim tapi beritanya ada nggak? Nggak ada karena yang lebih populer adalah berita terdakwa lainnya. Link berita si guru bule pun hilang timbul.

emoticon-Cool
Profesi wartawan itu mulia karena menyibak tabir kebenaran bagi masyarakat. Tapi itu bukanlah profesi bagi mereka yang mengejar hidup mapan dan kekayaan. Ente yang beridealisme tinggi jangan sampai termakan sama kepentingan segelintir orang yang memanfaatkan the power of media.

emoticon-Cool
BTW, gaji wartawan di daerah luar pulau jawa berkisar Rp500,000 sampai Rp1,5 juta.
Untuk pulau jawa berkisar Rp2,2 juta sampai Rp4 juta tergantung perusahaannya.
Berminat jadi wartawan?
Setelah 1 atau 2 tahun jadi wartawan kalo mau naek level jadi redaktur harus nyari iklan dengan nilai tertentu untuk perusahaan.




Kalo agan berkenan bisa
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Kalo boleh di traktir
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Tapi jangan
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

Mampir di trit ane yg lain juga gan
Rindukah Agan Dengan "Jaman Batu" ? HT#1
9 Gadget Jadul Ini Bisa Menyelamatkan Agan ! HT#2
10 Tipe Orang Yang Bakalan Agan Jumpai Dalam Setiap Antrian HT#3
25 Foto yang Belum Pernah Dipublikasikan National Geographic
8 Orang Ini Paling Susah Mati Meski Dibunuh Berkali-kali
21 Ilustrasi "Pup" Superhero



Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !

Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
Diubah oleh kalahdepo
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 15
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:04
nice thread gan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:06
gak ngerti lg deh aama pertelevisian indonesaemoticon-Hammer (S):
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:08
jurnalisnya abal2 gan, kurang kompeten
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:09
Karna nasbung butuh.. 😎

G caya? Liat aj d bepeh yg sumbernya aneh2 pasti nasbung.. 😎
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:14
Apalagi kalau musim pemilihan.
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:14
Pada kejer rating gan. Dan hasilnya banyak judul berita yang di alay-in demi masyarakat penasaran buat baca
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:15
Quote:Original Posted By kalahdepo
asdasd


sungguh miris,,
indonesia bodoh dibodohi lagi emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:16
ngebosenin, beritanya itu2 mulu.
D ulang2. emoticon-Hammer2
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:16
ekonomi lagi lesu, jadi kejar setoran deeeeh...
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:17
emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller

Bagus-bagus alasannya emoticon-thumbsup

Saya jadinya kasihan sama orang-orang yang kelihatannya concern sama kondisi carut-marut di negeri ini, terutama di masalah perpolitikan. Banyak orang yang membabibuta membagi-bagikan artikel dari portal-portal yang diragukan kredibilitasnya emoticon-Busa
Coba saja lihat di timeline medsos (facebook, dll), banyak orang tolol yang cuma sekedar baca judul doang (tapi isinya ngga dibaca) langsung membagikan tautan artikel/berita tersebut disertai dengan komentar yang ternyata tidak sesuai dengan konten dari artikel/berita tersebut emoticon-Betty (S)

Kenapa?

Karena orang-orang tolol ini cuma membaca judul/headline nya saja semata, yang biasanya dibuat dengan kalimat-kalimat yang sebenarnya tidak mewakili isi atau konten beritanya. Dan biasanya judul-judul tersebut bersifat provokatif ataupun berlebihan emoticon-Tai

Sayangnya, kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi, notabene sudah pasti khatam baca-tulis dengan sangat sempurna. Tapi dikarenakan mudahnya orang-orang jaman sekarang terprovokasi oleh "media", jadinya secara tidak langsung orang-orang seperti ini mengumbar ketololan mereka sendiri secara tidak sadar emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:20
Kebanyakan kan gedein Kuantitinya drpd Kualitasnya... emoticon-Malu emoticon-Malu
Biasa kejar paket artikel biar up to date.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Menurut ane sih, buat jangka panjangnya agak gimana gitu (Maksud ane Incomenya emoticon-Wink)...
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:21
Media jaman sekarang mana ada yg netralemoticon-DP
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:22
Klo media nta tv, ane g nonton tv gan emoticon-Cool
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:23
yg ane rasakan sama dg ts emoticon-Shakehand2
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:23
kebanyakan Media kan sudah disetir sama pemilik Parpol/pejabat atau Pengusaha tertentu
beritanya pun selalu diplintir semau mereka, ngejatuhin pihak2 terkait, yang penting duit masuk dari usaha bullshitnya.

itu saja emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:24
media sampah disturbing banyak yang ngeshare pula emoticon-Sorry
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:24
Kecepatan penyebaran informasi, cepet2an ngerilis berita kadang menjadikan isi berita "ngawur" karna kurangnya sumber yg dapat dipercaya..
Yup, betul, jangan cepet kemakan sama judul.. Judul lebay uda kayak jadi keharusan bagi media2...
Sebagai pembaca, kalo mau baca berita jangan sampe "panas" duluan...
Tipe2 yg mudah diprovokasi..
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:25
pada ngejar rating gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:25
Ah tampolin aja media gitu
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !.
0 0
0
Alasan Media Sekarang Banyak yang Abal-Abal !
08-05-2016 22:27
Quote:Original Posted By nusareborn
jangan lupa 1 hal

politik


emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Halaman 5 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia