News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2082
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56f9ebce5c77988e248b456a/seputar-penculikan-kelompok-abu-sayyaf-di-flipina-selatan
http://cnnindonesia.com/internasional/20160329093238-106-120175/10-wni-diculik-abu-sayyaf-minta-tebusan-ke-pemilik-kapal/ Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Filipina mengonfirmasi kabar penculikan 10 awak kapal tunda (tugboat) asal Indonesia oleh militan Abu Sayyaf pada akhir pekan lalu. Senin malam (28/3), dua pejabat militer Filipina juga mengatakan bahwa kelompok militan itu telah menuntut ua
Lapor Hansip
29-03-2016 09:43

10 WNI Diculik Abu Sayyaf di Flipina Selatan

http://cnnindonesia.com/internasiona...pemilik-kapal/

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Filipina mengonfirmasi kabar penculikan 10 awak kapal tunda (tugboat) asal Indonesia oleh militan Abu Sayyaf pada akhir pekan lalu.

Senin malam (28/3), dua pejabat militer Filipina juga mengatakan bahwa kelompok militan itu telah menuntut uang tebusan yang tak disebutkan jumlahnya kepada pemilik kapal. Para pejabat militer ini tidak ingin disebutkan namanya karena tidak berwenang berbicara kepada media.
Lihat juga:
Kapal Indonesia Diduga Dibajak Kelompok Abu Sayyaf
Kapal itu disebut dimiliki oleh perusahaan swasta Taiwan, dan dibajak dekat perbatasan Malaysia.

Sumber itu mengatakan bahwa para awak kapal berhasil menghubungi pemilik kapal untuk memberi informasi soal pembajakan, namun lokasi tepat insiden itu terjadi belum diketahui.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa kapal Brahma 12 yang mengangkut batubara bertolak dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menuju Filipina pada 15 Maret.

Terkait kasus tersebut, beberapa lembaga pemerintah Indonesia di sektor pelayaran, keamanan serta pertahanan, telah berkoordinasi.

Hal tersebut diutarakan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, Laksamana Ade Supandi, saat dihubungi melalui sambungan telepon.
Lihat juga:
Pemerintah Tangani Kapal Indonesia yang Disandera di Filipina
"Koordinasi penanganan kasus sedang dilakukan," ujarnya Senin malam.

Ade menuturkan, TNI Angkatan Laut akan terus menjaga wilayah perairan Indonesia yang berdekatan dengan kawasan Filipina. Beberapa kapal perang Indonesia, kata Ade, saat ini sedang berpatroli di sekitar Ambalat, Laut Sulawesi.

Abu Sayyaf, salah satu kelompok militan di selatan Filipina, sebelumnya sudah kerap melakukan penculikan warga asing demi mendapat uang tebusan.

Motif uang tebusan...
Dan Caper...

Diubah oleh gombaljaya
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 77 dari 106
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 00:08
Quote:Original Posted By nylekamin
Alhamdulillah 10 sandera dibebaskan..terimkasih buat semua pihak yg sudah bekerja keras..

Yg kurang sreg Metro Tv kokk segitunya amat jd ajang narsis boss dan partainya gitu ya??!! Seolah2 yg berperan plg gede mereka? Numpang nama di kasus sandera??



bner gan.jadi bahan politik parpol2 lagi.kalau menurut pendapat pribadi saya.total ini kesuksan injtelejan kita dan deplu.bin.dan tni.
ini di tv sibuk pada cari nama.
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 00:33
Quote:Original Posted By nylekamin
Alhamdulillah 10 sandera dibebaskan..terimkasih buat semua pihak yg sudah bekerja keras..

Yg kurang sreg Metro Tv kokk segitunya amat jd ajang narsis boss dan partainya gitu ya??!! Seolah2 yg berperan plg gede mereka? Numpang nama di kasus sandera??


iya gan.. tadi ane juga nonton.. pakai bawa bawa nama partai lagi... semua dipolitisasi,.
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 01:11
Quote:Original Posted By gesit.79
negotiatornya ternyata mayjen (purn) kivlan zen...


Kivlan Zein salah satunya,
Yang aktif juga ada. Tukang bakso, gorengan, mancing dsb.
Kerjabersama pemerintah setempat&indonesia
Bukan kerja partai bahkan media dari Indonesia.
Karena orang media Indonesia lebih 'safe stanby di ZAMBOANGA
Udah gitu aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 01:26
Udah selesai...

Mudah-mudahan yang sisanya juga segera dilepaskan.

Maritime Close Protection ala jalur Teluk Aden - Somalia untuk kapal-kapal berbendera Indonesia sudah dirumuskan. Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi operating modelnya disetujui oleh negara-negara sahabat. Teman-teman di AL akan semakin sibuk.

Salam,
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 01:46
Ikut bersyukur Alhamdulillah 10 sandera telah dibebaskan, terimakasih kpd unsur2 yg terlibat baik formal atopun non formal dlm pembebasan sandera.
Dan ane ucapkan selamat dan bahagia kpd keluarga 10 sandera krn penantian panjang dan derita batin telah berakhir.
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 02:27
Alhamdulillah...
Terimakasih kepada pihak2 yg telah berupaya semaksimal mungkin dalam upaya pembebasan sandera ini, baik formal maupun informal...

Oot, pak kivlan dan dan pak gatot mengatakan hal yg sama, ini operasi intelejen, emang boleh ya? Bukankah itu rahasia negara?
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 02:57
alhamdulilah.. senang aye bacanya..
tinggal 4 lagi yah.. semoga aja bisa bebas semua .. amin..
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 05:29
Serasa De javu

Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan

Dulu di irak juga di lepas ... sekarang juga di lepas ??

.............................. emoticon-Ngacir
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 06:28
Quote:Original Posted By alexprison
Alhamdulillah...
Terimakasih kepada pihak2 yg telah berupaya semaksimal mungkin dalam upaya pembebasan sandera ini, baik formal maupun informal...

Oot, pak kivlan dan dan pak gatot mengatakan hal yg sama, ini operasi intelejen, emang boleh ya? Bukankah itu rahasia negara?


Yang rahasia kan proses nya.
Itu yang gak di beberin ke publik. Cukup garis besarnya aja
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 07:10
Antisipasi Ancaman, Kapal Perang Indonesia Bersiaga di Perairan Tawi-Tawi

Bandar Seri Begawan -
Kapal perang Indonesia yaitu KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) bersiap dalam kondisi siaga tempur ketika melintasi perairan Tawi-Tawi Filipina. Perairan itu lebih dikenal saat ini ketika kelompok Abu Sayyaf menyandera anak buah kapal (ABK) asal Indonesia.

"Kesiagaan ini disiapkan untuk mengantisipasi ancaman terhadap unsur KRI sendiri maupun kapal lain yang kemungkinan dalam kondisi darurat dan meminta bantuan," ucap Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangannya, Senin (2/5/2016).

KRI SIM-367 melintasi perairan itu dalam rangka mengemban misi sebagai delegasi Indonesia pada Latihan Bersama (Latma) Asean Defence Ministers Meeting-Plus Maritime Security dan Counter Terorrism Exercise 2016 (ADMM PLUS MS & TC 2016) yang berlangsung di Brunei Darussalam dan Singapura, Minggu (1/5). Kapal itu melintas pada Sabtu (30/4) dini hari.

"Dalam peran tempur bahaya asimetris ini, Letkol Laut (P) Ashari Alamsyah selaku Komandan KRI SIM-367 menempatkan beberapa prajurit yang dilengkapi dengan senjata ringan serta di-backup oleh pasukan khusus TNI Angkatan Laut dari Detasemen Jalamengkara (Denjaka) di sekeliling kapal," ujar Maman.

Ketika melintas, kapal dalam kondisi tanpa penerangan apapun di sisi luar kapal. Hal itu dilakukan agar kapal terselubung gelap sehingga tidak diketahui keberadaannya oleh musuh.

"Setelah melaksanakan lintas laut selama dua hari dengan melintasi perairan Tawi-Tawi dan Laut Cina Selatan, Minggu (1/5) KRI SIM-367 tiba di perairan Brunei Darussalam yang rencananya akan merapat pada 20.00 waktu setempat dan siap bergabung dalam even multilateral yang melibatkan 10 negara Asean dan 8 negara mitra Asean yang bertajuk ADMM PLUS MS & TC 2016," ucapnya.

Perairan itu memang tengah menjadi sorotan ketika 4 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf dikabarkan disandera di Tawi-Tawi. Mereka merupakan ABK kapal tunda TB Henry yang menarik kapal tongkang Cristi.

Sementara itu, 10 WNI yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf sebelumnya telah dibebaskan. Mereka disandera sejak 26 Maret 2016. Penyanderanya yang berafiliasi dengan Abu Sayyaf meminta tebusan sebesar 50 juta peso atau setara dengan 1 juta dolar AS. Para WNI tersebut adalah ABK dari kapal Brahma 12 yang menarik kapal tongkang Anand 12 yang berisi 7.000 ton batubara.
(dhn/dhn)

http://news.detik.com/berita/3201126...iran-tawi-tawi

pas banget momentnya ya wek wek wek wek emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 07:13
Quote:Original Posted By chibiyabi
Antisipasi Ancaman, Kapal Perang Indonesia Bersiaga di Perairan Tawi-Tawi

Bandar Seri Begawan -
Kapal perang Indonesia yaitu KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) bersiap dalam kondisi siaga tempur ketika melintasi perairan Tawi-Tawi Filipina. Perairan itu lebih dikenal saat ini ketika kelompok Abu Sayyaf menyandera anak buah kapal (ABK) asal Indonesia.

"Kesiagaan ini disiapkan untuk mengantisipasi ancaman terhadap unsur KRI sendiri maupun kapal lain yang kemungkinan dalam kondisi darurat dan meminta bantuan," ucap Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangannya, Senin (2/5/2016).

KRI SIM-367 melintasi perairan itu dalam rangka mengemban misi sebagai delegasi Indonesia pada Latihan Bersama (Latma) Asean Defence Ministers Meeting-Plus Maritime Security dan Counter Terorrism Exercise 2016 (ADMM PLUS MS & TC 2016) yang berlangsung di Brunei Darussalam dan Singapura, Minggu (1/5). Kapal itu melintas pada Sabtu (30/4) dini hari.

"Dalam peran tempur bahaya asimetris ini, Letkol Laut (P) Ashari Alamsyah selaku Komandan KRI SIM-367 menempatkan beberapa prajurit yang dilengkapi dengan senjata ringan serta di-backup oleh pasukan khusus TNI Angkatan Laut dari Detasemen Jalamengkara (Denjaka) di sekeliling kapal," ujar Maman.

Ketika melintas, kapal dalam kondisi tanpa penerangan apapun di sisi luar kapal. Hal itu dilakukan agar kapal terselubung gelap sehingga tidak diketahui keberadaannya oleh musuh.

"Setelah melaksanakan lintas laut selama dua hari dengan melintasi perairan Tawi-Tawi dan Laut Cina Selatan, Minggu (1/5) KRI SIM-367 tiba di perairan Brunei Darussalam yang rencananya akan merapat pada 20.00 waktu setempat dan siap bergabung dalam even multilateral yang melibatkan 10 negara Asean dan 8 negara mitra Asean yang bertajuk ADMM PLUS MS & TC 2016," ucapnya.

Perairan itu memang tengah menjadi sorotan ketika 4 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf dikabarkan disandera di Tawi-Tawi. Mereka merupakan ABK kapal tunda TB Henry yang menarik kapal tongkang Cristi.

Sementara itu, 10 WNI yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf sebelumnya telah dibebaskan. Mereka disandera sejak 26 Maret 2016. Penyanderanya yang berafiliasi dengan Abu Sayyaf meminta tebusan sebesar 50 juta peso atau setara dengan 1 juta dolar AS. Para WNI tersebut adalah ABK dari kapal Brahma 12 yang menarik kapal tongkang Anand 12 yang berisi 7.000 ton batubara.
(dhn/dhn)

http://news.detik.com/berita/3201126...iran-tawi-tawi

pas banget momentnya ya wek wek wek wek emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin



tumben lagi ada denjaka onbord di kpl.biasanya acara2 seperti itu jarang banget di ikuti oleh denjaka hehehehehe bner bnget pas momentya
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 07:18
Murni Negosisasi ternyata, emoticon-2 Jempol

=======
JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu negosiator yang ikut dalam pemulangan 10 warga negara Indonesia yang disandera oleh perompak di Filipina pimpinan Abbu Sayyaf menganalogikan peristiwa tersebut sebagai "ulah nakal anggota keluarga."

"Intinya ini ada anak nakal dalam satu keluarga. Nah, bagaimana kita komunikasi dengan itu," kata negosiator Eddy Mulya sebagai Minister Counsellor, Koordinator Fungsi Politik dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, Filipina, saat ditemui di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (1/5/2016) malam.

Ia menekankan bahwa pembebasan 10 WNI tersebut murni atas hasil negosiasi tanpa adanya uang tebusan.

"Ini full negosiasi. Ada sahabat saya Pak Baidowi dengan teman-teman mereka yang atur, kita tindak lanjutnya," tutur Eddy.

(Baca: Jokowi: Puji Syukur, Akhirnya 10 ABK WNI Dibebaskan)

Dia mengungkapkan bahwa pendekatan yang dilakukan lebih kepada hubungan antarpersonal yang sudah terjalin melalui kerja sama pendidikan.

Dalam hubungan tersebut, ada seseorang yang dituakan dan dihormati bersama sehingga menghasilkan perundingan pembebasan sandera 10 WNI.

Eddy tidak mau menyebut apabila negosiasi yang dilakukan berkaitan dengan adanya utang budi pihak penyandera dengan tim negosiasi yang dipimpin Baidowi.

"Kami enggak ada utang budi. Jangan berpikiran negatif. Kita kerja sama sesama umat Islam," ucap dia.

(Baca: Tiba di Jakarta, 10 WNI yang Bebas dari Kelompok Abu Sayyaf Langsung Dibawa ke RSPAD)

Dalam siaran pers yang diterima sebelumnya disebutkan bahwa pembebasan sandera dilakukan atas kerja Tim Kemanusiaan Surya Paloh yang merupakan sinergi gabungan jaringan pendidikan Yayasan Sukma atau Sekolah Sukma Bangsa di Aceh, pimpinan Ahmad Baidowi.

Namun, Eddy mengatakan dirinya tidak bisa menceritakan secara detil tentang proses penyanderaan hingga pembebasan 10 WNI yang merupakan anak buah kapal Brahma-12. Dia juga enggan menjawab pertanyaan apakah motif penyanderaan murni uang tebusan.

Sebanyak 10 ABK yang disandera telah tiba di Tanah Air melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (1/5/2016) pukul 23.30 WIB. Para sandera langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk pengecekan kesehatan.

======
http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Khlwp
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 07:27
Quote:Original Posted By rusianstrong



tumben lagi ada denjaka onbord di kpl.biasanya acara2 seperti itu jarang banget di ikuti oleh denjaka hehehehehe bner bnget pas momentya


maksudnya ada peran denjakanya jg yak di operasi ini?
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 07:50
Pemberitaan nya emang lebay tp ga bisa di pungkiri grup mereka bnyk kerja sama pendidikan kebanyakan moro,pesantren dll alhasil mereka dpt kontak tokoh filipin selatan "Badoewi" yg masih dipertanyakan mujgkinkah tanpa tebusan ?
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 08:17
edit aja , belum baca page belakang
Diubah oleh knoxvillee
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 08:21
"Nobody knows you when you're down and out"

"Everybody wants a little piece of heaven that you've taste"

Jadi wajar aja, banyak yg ngaku-ngaku ini-itu klo ada sesuatu...emoticon-Embarrassment
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 08:28
Quote:Original Posted By cumapetruk
Pemberitaan nya emang lebay tp ga bisa di pungkiri grup mereka bnyk kerja sama pendidikan kebanyakan moro,pesantren dll alhasil mereka dpt kontak tokoh filipin selatan "Badoewi" yg masih dipertanyakan mujgkinkah tanpa tebusan ?


Kenapa tidak mungkin? cermati saja pernyataan 'anak nakal di dalam keluarga', mengandung banyak makna. bisa saja maksudnya adalah si 'anak nakal' ini merupakan kelompok penculiknya dan kemudian tim negosiator coba berkomunikasi dengan 'kepala keluarga', melakukan negosiasi, meminta supaya sang 'bapak' untuk membujuk si 'anak nakal' ini agar bisa melepaskan para sandera WNI.

Akhirnya negosiasi berjalan lancar dengan mempertimbangkan banyak faktor seperti yang sudah dijelaskan di media. Ransom untuk mereka mungkin ada sebagai imbal balik lancarnya proses negosiasi, walaupun mungkin tidak sebesar tuntutannya di awal. Bisa diistilahkan sebagai 'uang rokok' atau 'uang makan' atau apapun itu namanya. Who knows.

Dan sekarang mungkin tim sedang mencoba untuk melakukan pendekatan ke si 'anak nakal' lainnya yang masih menyandera 4 orang WNI dalam kasus terpisah.

Wallahualam.

0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 08:38
Quote:Original Posted By b4yu70
Murni Negosisasi ternyata, emoticon-2 Jempol

=======
JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu negosiator yang ikut dalam pemulangan 10 warga negara Indonesia yang disandera oleh perompak di Filipina pimpinan Abbu Sayyaf menganalogikan peristiwa tersebut sebagai "ulah nakal anggota keluarga."

"Intinya ini ada anak nakal dalam satu keluarga. Nah, bagaimana kita komunikasi dengan itu," kata negosiator Eddy Mulya sebagai Minister Counsellor, Koordinator Fungsi Politik dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, Filipina, saat ditemui di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (1/5/2016) malam.

Ia menekankan bahwa pembebasan 10 WNI tersebut murni atas hasil negosiasi tanpa adanya uang tebusan.

"Ini full negosiasi. Ada sahabat saya Pak Baidowi dengan teman-teman mereka yang atur, kita tindak lanjutnya," tutur Eddy.

(Baca: Jokowi: Puji Syukur, Akhirnya 10 ABK WNI Dibebaskan)

Dia mengungkapkan bahwa pendekatan yang dilakukan lebih kepada hubungan antarpersonal yang sudah terjalin melalui kerja sama pendidikan.

Dalam hubungan tersebut, ada seseorang yang dituakan dan dihormati bersama sehingga menghasilkan perundingan pembebasan sandera 10 WNI.

Eddy tidak mau menyebut apabila negosiasi yang dilakukan berkaitan dengan adanya utang budi pihak penyandera dengan tim negosiasi yang dipimpin Baidowi.

"Kami enggak ada utang budi. Jangan berpikiran negatif. Kita kerja sama sesama umat Islam," ucap dia.

(Baca: Tiba di Jakarta, 10 WNI yang Bebas dari Kelompok Abu Sayyaf Langsung Dibawa ke RSPAD)

Dalam siaran pers yang diterima sebelumnya disebutkan bahwa pembebasan sandera dilakukan atas kerja Tim Kemanusiaan Surya Paloh yang merupakan sinergi gabungan jaringan pendidikan Yayasan Sukma atau Sekolah Sukma Bangsa di Aceh, pimpinan Ahmad Baidowi.

Namun, Eddy mengatakan dirinya tidak bisa menceritakan secara detil tentang proses penyanderaan hingga pembebasan 10 WNI yang merupakan anak buah kapal Brahma-12. Dia juga enggan menjawab pertanyaan apakah motif penyanderaan murni uang tebusan.

Sebanyak 10 ABK yang disandera telah tiba di Tanah Air melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (1/5/2016) pukul 23.30 WIB. Para sandera langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk pengecekan kesehatan.

======
http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Khlwp


wew KZ dan SP saling klaim, jangan2 ini mau dipolitisasi juga emoticon-Cape d... (S)
KZ sudah lama dikenal sebagai pendukung Prabowo sedangkan SP dengan Nasdemnya dibelakang Jokowi.

Apapun itu tetap bersyukur sandera sudah bebas. Itu yang utama, yang laen cuma bumbu2.

0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 08:48
Terlalu lebay kah kl dibilang ini prestasi cemerlang Indonesia?

10 orang loh.. dan 'tanpa tebusan'..
Harusnya ini bisa jd modal tambahan untuk memperluas pengaruh kita di Asteng.. siapa tau kl negara2 yg WN nya jd sandera meminta bantuan kita dan katakanlah kita berhasil lg.. bisa membuat indonesia sedikit lebih dihormati dan disegani.. CMIIW..
0 0
0
Seputar Penculikan Kelompok Abu Sayyaf di Flipina Selatan
02-05-2016 08:51
Kok di tv itu sudah mulai ke politik... Ah sudahlah...
0 0
0
Halaman 77 dari 106
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia