alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
127
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572304a5dc06bd0f798b456b/mengenal-radio-taiso-senam-kesegaran-jasmani-ala-jepang
Apakah kalian masih ingat dengan ngetrend-nya dua orang Jepang yang beberapa bulan ke belakang seliweran di berbagai macam acara TV lalu mereka melakukan gerakan senam?? Masih ingat kan dengan Senam Ya, iyalah itu? Sebenarnya Indonesia juga punya senam yang melegenda, namanya Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) atau Senam Pagi Indonesia (SPI) yang mulai diperkenalkan di akhir 70an. Sasarannya untuk diaj
Lapor Hansip
29-04-2016 13:52

Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang

Past Hot Thread
Apakah kalian masih ingat dengan ngetrend-nya dua orang Jepang yang beberapa bulan ke belakang seliweran di berbagai macam acara TV lalu mereka melakukan gerakan senam??

Masih ingat kan dengan Senam Ya, iyalah itu?

Sebenarnya Indonesia juga punya senam yang melegenda, namanya Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) atau Senam Pagi Indonesia (SPI) yang mulai diperkenalkan di akhir 70an. Sasarannya untuk diajarkan ke seluruh lapisan masyarakat. Senam ini diiringi berbagai macam instrumen musik, malahan tidak jarang juga menggunakan beberapa lagu-lagu daerah. Secara garis besar SKJ dibagi menjadi tiga bagian, yaitu gerakan pemanasan, gerakan, inti dan pendinginan.


ini gerakannya


Nah, bagaimana dengan di Jepang? Negeri matahari terbit itu juga punya senam yang memasyarakat namanya Radio Taiso atau Senam Radio. Radio Taiso adalah siaran Live Radio NHK berupa iringan musik senam selama 5-10 menit. Musik iringannya berupa dentingan piano yang sederhana. Surat Kabar The Japan Post dan Radio NHK-lah yang memulai proyek tersebut. Ada kemungkinan mereka terinspirasi dari program Senam radio Amerika Metlife, yang muncul pada masa yang bersamaan.

Radio Taiso sempat berhenti untuk beberapa saat setelah Perang Dunia II, ketika para penjajah Amerika berpikir bahwa massa yang sehari-harinya berkumpul untuk melakukan olah tubuh Taiso itu terlihat terlalu militeristik. Tapi, program tersebut kemudian dihidupkan kembali pada tahun 1950-an dan lebih difokuskan untuk latihan dan menguatkan ikatan dengan rekan kerja, teman sekelas, dan anggota masyarakat sekitar.


ini ketika setelah perang


Dikutip dari wikipedia istilah Radio Taiso (ラジオ体操 Rajio taisō) atau Radio Calisthenics adalah jenis senam pemanasan yang populer di Jepang. Radio Taiso mulai dipraktikan sejak Tahun 1928, dalam rangka memperingati penobatan pemerintahan Kaisar Hirohito yang bergelar Kaisar Showa.


Saat ini berdasarkan survei Federasi Senam Radio Nasional Jepang 20% populasi Jepang atau sekitar 27 juta orang dan 76,4 % Sekolah Dasar yang masih mempraktikan Radio Taiso.


ini di sekolah


Di Jepang Taiso atau senam dilakukan tiap hari Senin-Jum’at sebelum beraktifitas. Misalnya, waktu kerja dimulai jam 08:00, maka 10 menit sebelumnya, musik Taiso akan terdengar di seluruh tempat kerja. Ada juga versi sore hari untuk Taiso ini, yang disiarkan pada pukul 03.00 sore

Di pabrik misalnya, Taiso dilakukan di koridor, di samping mesin tempat kerja, di ruang-ruang yang memungkinkan untuk untuk Taiso. Mereka yang sudah memulai pekerjaan mereka terlebih dahulu, secara otomatis akan menghentikan kegiatan mereka sejenak untuk melakukan senam peregangan ini secara rutin maksimal 10 menit. Musik Taiso yang merupakan dentingan piano yang lembut, selalu terdengar setiap menjelang jam kerja pada jam yang sama. Dan sudah disetel secara otomatis.


ini di pabrik


Maka tidak heran jika ditemukan segerombolan orang, dari anak kecil hingga usia lanjut berkumpul, yang berbaris ke belakang, membentuk lingkaran atau saling berhadapan untuk melakukan Taiso di taman-taman lokal, di tanah lapang, di halaman tempat kerja, di trotoar-trotoar yang agak luas, atau di tempat-tempat lain.

Di Jepang, saat musim panas para murid sekolah atau anak-anak pada umumnya didorong untuk bergegas menuju taman. Mereka diharapkan untuk bergerak secara aktif, salah satunya dengan melakukan Taiso. Tidak jarang juga dalam satu kelompok Taiso ada seseorang yang secara sukarela menjadi instruktur di bagian depan barisan. Tapi, karena Taiso sudah dibudayakan sejak mereka kecil, atau sejak dari Taman Kanak-kanak sudah diajari di sekolah, jarang sekali ditemukan orang Jepang yang tidak hapal dengan gerakannya.


senam di taman


Di banyak daerah, seorang instruktur relawan akan memberikan sutampu (stamp/cap) pada Kartu Partisipasi pada setiap anak yang datang untuk melakukan taiso. Jika cap pada kartu anak tersebut penuh, maka dia akan mendapatkan sebuah hadiah partisipasi.


cap jika setelah senam


cap jika setelah senam


Taiso punya dua versi, pertama, yang bisa dilakukan secara berdiri, biasanya untuk mereka yang lebih muda dan gerakannya lebih enerjik, versi kedua adalah taiso yang bisa dilakukan sambil duduk di kursi, untuk orang tua usia lanjut atau orang yang tidak memungkinkan untuk melakukan gerakan taiso versi pertama. Latihan dasarnya sebagian besar berupa peregangan tangan, kepala hingga kaki, pemanasan sederhana untuk memperlancar aliran darah dan pikiran yang lebih tajam agar bisa fokus untuk hari itu.


keluarga senam


Berdasarkan Federasi Senam Radio Nasional, olahraga di pagi hari memiliki efek yang baik untuk membangunkan sistem tubuh. Biasanya, untuk bangun secara penuh tubuh memerlukan waktu sekitar 3 jam, namun dengan adanya senam ini, yang dimulai sejak pukul 6.30 di setiap pagi, fungsi syaraf diaktifkan dan mempercepat peredaran darah ke otot serta otak.

Dan tahukah agan, taiso memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap kesehatan orang Jepang dan umur panjang orang Jepang pada umumnya, lho!


Ingin sehat dan panjang umur seperti orang Jepang? Yuk, senam pagi!




ini versi asli Indonesia




SUMBER
Like Facebook Kami
Follow Twitter Kami
Follow G+ Kami
Kunjungi Web Kami untuk Info Menarik
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 7
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 05:48
Senam Senayan gan .
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:04
Ane pilih senam kasur Gan... emoticon-Embarrassment
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:16
nice info gan..
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:17
senam emang bermanfaat banget gan buat ngilangin ngantuk pagi-pagi. tapi kalo dijepang unik juga ya abis senam dikasih cap emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:19
SKJ itu radio taiso versi indonesia ya?
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:19
pertama denger kata Taiso..dari Film warkop DKI ...kasino ngomong gue lagi taiso emoticon-Wakaka..emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:25
Quote:Original Posted By gancek
makanan sehat, pola hidup sehat.. budaya yang ok



dapet hadiah gan klo dah penuh,...emoticon-Wow
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:34
Yang keerja di perusahaan jepang pasti tau senam ini seperti ane 😂
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:37
ane taunya cuma senam SKJ gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:39
ane suka senam juga. tapi tujuannya untuk cuci mata doang hahahah
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:39
Raiso emoticon-Frown
Males gerak
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:41
hahahaha...
ternyata bnyak ya d Jepang pame senam ini..
hahahaha
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 06:42
wah pas banget ni trit, tiap hari ini radio taisho dilakukanjuga di tempat kerja ane gan, selain untuk badan sehat juga biar nambah semangat....
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 07:05
Kerja diperusahaan jepang wajib taiso gan. Kaya ane tiap pagi hehe.
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 07:10
Wah menarik juga senamnya buat diajarkan ke anak-anak emoticon-Wow
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 07:22
mari kita hidup sehat gan
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 07:23
ntt punya vanyak senam dansa gan... gemufamire emoticon-Betty
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 07:25
senam si kakek legen ada gak ? emoticon-Betty
0 0
0
Mengenal Radio Taiso, Senam Kesegaran Jasmani Ala Jepang
30-04-2016 07:26
kayak dikantor ane tiap pagi raiso...ehh taiso...
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia