Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
139
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d83155529a4550688b4570/desa-sikka-amp-gereja-tua-170-tahun-di-maumere-flores
Apabila anda umat Kristiani ingin melakukan wisata religius, mengunjungi desa Sikka bisa jadi pilihan bagi anda. Desa Sikka adalah sebuah wilayah berupa desa dari kabupaten Sikka, letaknya berada di pesisir selatan Pulau Flores. Meski masih banyak yang tidak mengetahui pesona dari desa Sikka, namun tempat ini cukup layak dijadikan destinasi wisata di pulau Flores. hal menarik apa saja yanga ada di
Lapor Hansip
03-03-2016 19:43

Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.

Past Hot Thread
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.


Apabila anda umat Kristiani ingin melakukan wisata religius, mengunjungi desa Sikka bisa jadi pilihan bagi anda. Desa Sikka adalah sebuah wilayah berupa desa dari kabupaten Sikka, letaknya berada di pesisir selatan Pulau Flores. Meski masih banyak yang tidak mengetahui pesona dari desa Sikka, namun tempat ini cukup layak dijadikan destinasi wisata di pulau Flores. hal menarik apa saja yanga ada disini?

Ada sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat di desa Sikka setiap hari Jum’at yaitu Perarakan Jumat Agung. Tradisi ini telah bertahan selama 100 tahun lebih , prosesi dilakukan dengan menggotong atau mengarak patung Sinyor mengelilingi desa bertepatan pada saat Jum’at Agung. Kepercayaan masyarkat setempat siapa yang bisa menerobos di bawah patung Sinyor saat Perarakan Jumat Agung maka keinginan orang tersebut dapat terkabul.


Video Kekayaan Budaya dan Alam Maumere Flores

Great Collaboration Video by Giri Prasetyo, Barry Kusuma, Michael Sjukrie & Budi Supriyanto.

Menurut penuturan kepala desa Sikka terkait tradisi Perarakan Jumat Agung, pernah dulu ada orang yang mengidap suatu penyakit dalam waktu yang lama namun setelah ia menerobos di bawah patung Sinyor, penyakitnya berangsur sembuh. Setelah kejadian itu, orang tersebut selalu rutin mengikuti tradisi Jumat Agung yang dilaksanakan setiap tahun. Awal mula patung Sinyor diperkenalkan oleh Raja Sikka yang berasal dari Malaka pada tahun 1607.

Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.

Adanya pengaruh bangsa Portugis yang pernah menduduki wilayah ini pada zaman dulu masih bisa dirasakan pengaruhnya, salah satunya adalah dari tarian tradisioanl desa Sikka yang bernama Tarian Bobu. Sebuah bentuk sendratari yang dimainkan oleh 40 orang dengan durasi sekitar 1 jam, tarian ini memakai bahasa Portugis Kuno sehingga dapat kita rasakan adanya pengaruh dari bangsa lain terhadap tarian tradisonal disini. Biasanya tarian Bobu dimainkan pada saat hari Natal dan Tahun Baru. Ada sebuah sanggar yang turut menjaga kelestarian tarian Bobu yaitu Sanggar Gerebue, berkat keberadaan sanggar yang dibina oleh bapak Orestis Pareira ini, masih banyak pemuda di desa Sikka yang bisa memainkan Tarian Bobu.

Gereja Tua Sikka merupakan ikon dari desa Sikka yang berdiri lebih dari satu abad. Gereja ini dibangun oleh Pastor Y. Engbers pada tahun 1899 saat masih zaman Portugis. Gereja yang masih bertahan dan berdiri kokoh hingga saat ini menjadi kebanggaan umat katolik Sikka di Flores. Pembanguana gereja pada masa lampau dapat dilakukan berkat adanya bantuan dari raja Yoseph Mbako Ximenes da Silva.

Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.

Dari bentuk arsitektur bangunan Gereja Tua Sikka, dapat dilihat adanya ciri khas pada bentuk dan corak bangunan yang menunjukkan bahwa gereja dibangun pada masa lampau, tepatnya abad XVIII-XIX. Keunikan lainnya dari gereja ini adanya sebuah prasasti yang bertuliskan nama seorang pastor Belanda yang merupakan generasi pertama di desa Sikka. Selain itu terdapat keterangan tanggal hari pentabisan Gereja Tua Sikka. Pada area dalam bangunan gereja, dapat kita lihat dinding-dinding gereja dihiasi lukisan dengan motif tenun ikat Sikka, tenun ini merupakan tenun tradisional masyarakat Sikka yang telah ada sejak dulu hingga sekarang. Sebagian besar bangunan gereja terbuat dari kayu.
Pantai yang Indah

Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.

Letak Desa Sikka yang ada di pesisir membuat pemandangan di desa tersebut sangat indah. Pantai-pantai berpasir putih dan laut yang biru dengan udara sejuk membuat rasa lelah usai berkeliling desa menjadi hilang. Ada sebuah rumah panggung yang terletak disisi pantai yang bisa digunakan untuk melepas lelah sambil menikmati pemandangan alam dan pantai.

Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.

Jika anda ingin mendapatkan oleh-oleh saat berkunjung ke desa Sikka, anda bisa membawa pulang tenun tradisional masyarakat setempat. Hampir setiap hari ada peragaan menenun kain yang bisa disaksikan langsung oleh para wisatawan yang datang, namun khusus hari minggu peragaan menenun kain tidak dilaksanakan. Anda bisa membeli langsung dari pembuatnya jika tertarik membeli. Biasanya kegiatan menenun kain tradisional ini dilakukan oleh ibu-ibu atau perempaun desa Sikka.

Cara Menuju Desa Sikka, Maumere Flores


Desa Sikka terletak arah selatan jika dari kota Maumere, berjarak sekitar 28 km. Jalan yang dilalui untuk menuju lokasi, sebagian ada yang rusak dan sebagian cukup bagus karena sudah beraspal, namun tetap bisa dilalui alat transporatsi seperti mobil.


Video Kekayaan Budaya dan Alam Maumere Flores

Great Collaboration Video by Giri Prasetyo, Barry Kusuma, Michael Sjukrie & Budi Supriyanto.


Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.

Buat agan yang pingin lihat Video lainnya tentang destinasi tersembunyi di Indonesia, silahkan klik Youtubenya TS (Barry Kusuma) dan jangan lupa di subscribe juga gan youtube.com/BarryKusuma


Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
Diubah oleh bheka
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 16:24
Mantap mania gan emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 16:27
Grja nya keren amat
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 16:50
Putar ke kiri nona manis, sekarang kanane nona manis
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 16:56
wiih keren abis bung..
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:06
pulau2 kecilnya bagus deh
jd pengen maen ksna nti akhir tahun
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:08
Masih kokoh gitu ye meskipun umur udah 3 digit emoticon-Wow
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:11
Wih bagus ya gan..
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:16
indonesia timur masih bagus...
emoticon-Wow
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:17
Aaak pemandangannya amazing emoticon-Matabelo
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:20
emoticon-Traveller emoticon-Toast
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:22
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.Uniknya indonesia dgn segala yg ada
Diubah oleh nanis69
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:37
gile ada ya Gereja sampe setua itu , tapi emang sih ya kalo orang timur ngejaga budayanya ketat banget sampe bisa pertahanin gereja itu salut
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:51
keren gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:54
Klasik dan keren....
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 17:54
Wah design gereja keren banget,
emoticon-Traveller
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 18:07
wah trit apaan nih? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
delete ah emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 18:10
maumere flores emoticon-thumbsup: emoticon-Kiss:
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 18:22
indonesia timur luar biasa gan emoticon-Big Grin
ane pernah ke indonesia timur ajiiibbb emoticon-Big Grin
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 18:50
pemandangannya asri sekali gan sepertinya...
0 0
0
Desa Sikka & Gereja Tua 170 tahun di Maumere flores.
29-04-2016 18:53
subhanelloh luarbiasa indahnya keberagaman kekayaan indonesia. emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia