beastkh
TS
beastkh
Penipuan Modus Baru: Mandiri E-Cash
Selamat malam agan-agan, sebelumnya ane minta maaf karena thread ini masih terlalu simple karena kebetulan ane mau buat thread via pc tapi charger laptop lagi rusak, jadilah ane open thread melalui hp. Ane cuma mau ngeshare pengalaman ane kemarin yang hampir kena tipu sama pembeli ane gan, kronologi ane share di bawah.

Jadi hari Sabtu siang tanggal 2/1/16, ane yang mau jual hp nyokap ane melalui situs jual beli online sebelah (ol*), ane pasang iklan barang dagangan ane dengan informasi lengkap, ane cantumin foto dan nomor hp ane tapi emang ga ane cantumin pin bb soalnya banyakan orang iseng doang yang suka inviteemoticon-Malu. Foto udah beres, judul iklan beres, keterangan barang yg mau dijual juga udah sip, ane kliklah itu tombol posting iklannya.
Pas malemnya jam 19.43 ada telpon masuk dari nomor yang ga ane kenal, yaudah ane angkat. Ternyata itu orang mau beli hp ane yang sebelumnya ane iklanin di situs tadi. Percakapan kita kurang lebih kaya gini:
A = Ane
B = Si tukang tipu

B: Assalamualaikum, mba ini tadi saya liat iklannya di ol*, saya mau beli handphonenya mba
A: Oh iya mas, mau beli handphone yang mana ya? (kebetulan ane sebelumnya ngepost iklan untuk handphone yg berbeda)
B: Iphone 3gs mba, masih ada?
A: Oh, masih mas
B: itu minusnya apa ya mba? kelengkapannya ada apa aja?
A: (sebenernya ane sempet dongkol sama buyer yg gini, sebelumnya ane udh pasang info lengkap tentang barangnya, yaudah jadi sama ane, ane jelasin lagi)
B: Oh, boleh deh mba. Harganya bisa kurang lagi ga?
A: bisa mas, nanti saya sms ya. Saya lagi diluar soalnya.
B: Iya mba, tolong di sms ya. Saya tunggu, terima kasih

Setelah itu sambungan kita terputus dan ane sms buyer ini untuk harga nett nya 850rb, terus ga lama buyer bilang 900rb udah ongkir ke metro timur, lampung. Yaudah ane deal aja kan. Terus si buyer nelpon ane lagi sekitar jam 20.22

B: Assalamualaikum, mba saya minta nomor rekeningnya ya. Saya mau transfer nih
A: Boleh mas, nanti saya kirim via sms aja ya nomor rekeningnya
B: Oke mba ditunggu ya
A: Siap mas

Abis itu ane baru ngeh, klo besoknya itu hari Minggu, kebetulan ane ga ada yang anter (maklum ane kaga bisa bawa kendaraan sendiri gans:$) untuk ke jne pusat di kota ane. Jadi maksud ane, itu barang mau dikirim senin karena takut ntar si buyer ini lama nunggu barangnga karena udah transfer duluan, ane telponlah si buyer ini.

A: mas, besok kan minggu. Jne tempat saya biasanya tutup minggu, saya juga ga ada yang nganterin jadi kemungkinan baru mau saya korom barangnya senin jam 10an, biar nyampe di mas juga cepet.
B: Oh gitu ya mba, tapi setahu saya JNE buka minggu mba
A: iya mas ada yang buka setengah hari tapi saya ga ada yang nganterin ke jnenya mas jadi mas transfernya besok aja atau senin pagi biar mas ga nunggu lama.
B: Saya transfer malem ini juga gapapa mba, kebetulan saya juga mau keluar ini
A: Yaudah klo mas mau transfer hari ini gapapa mas nanti kabarin saya aja ya biar saya cek nanti
B: Siap mba nanti saya kabarin kalau udah transfer, klo ga yaudah mba besok aja saya transfernya

Kurang lebih gitu gan isi telpon ane sama si buyer, lanjut besok paginya Minggu tanggal 3/1/16, paginya ane sms buyer lagi nanya dia jadi apa ga ambil handphonenya karena sebelumnya ada yg nanyain handphonenya juga. Sekitar jam 13.31 buyer nelpon ane bilang katanya dia jadi ambil handphonenya dan mau transfer. Yaudah ane nunggu kabarnya si buyer kan, sampe sekitaran jam 14.51 buyer nelpon ane lagi.

B: mba uangnya udah saya transfer ya, tolong di cek ya mba. Nanti sesampai di atm langsung telpon saya ya mba
A: Iya mas nanti saya kabarin kalo uangnya udah masuk.

Sekitar jam 17.30 ane baru sempet ke atm buat cek, ternyata belom ada uang masuk. Kebetulan ane saat itu ga bawa hp, ane juga bingung kenapa bisa ketinggalan padahal biasanya hp nempel mulu gan. Terus pas sampe rumah sekitar jam 17.42 ane sms buyer bilang uangnya belum masuk, dan saat itu juga buyer nelpon ane.

B: mba uangnya belum masuk?
A: belum mas, udah di cek
B: beneran belum masuk mba? udah di cek saldonya mba sekian sekian gitu?
A: iya udah mas (dlm hati ane juga ngomel dikiranya ane bego apa ga ngerti begituan)
B: Ini mba dimana?
A: di rumah mas
B: Lho? Kan tadi saya bilang kalo keluar atm telepon saya mba! (ini nada bicaranya udah rada ngebentak)
A: saya lupa bawa hp mas (ane masih sabar aja)
B: Yaudah mba ini mungkin lg gangguan man*iri nya soalnya kan saya kirim uangnya ke rekening b*i, ada rekening lain ga mba?
A: yaudah klo gitu kirim ke rekening mama saya aja mas, pake man*iri juga, nanti saya kirim nomor rekening melalui sms
B: oke mba ini saya mau ke atm juga, mba bisa ke atm juga ga skrg? biar kita cek sama-sama mba, nanti klo blm masuk juga mba hubungi saya

Yaudah kan dengan keselnya ane ngajak bokap ane lagi buat anterin ke atm lagi, yaudah pas sampe atmnya ane cek ga masuk. Ane hubungi lagi buyer setelah di depan atm.

A: belum masuk juga nih mas, klo ga bisa yaudah batalin aja atau ga besok aja mas.
B: bentar ya mba ini saldo saya udah berkurang 1.8jt karena tadi udah transfer ke b*i sama man*iri, mba jangan matiin ya saya telpon dulu customer care mandiri. (sekitar 1 menitan ane nunggu dan akhirnya telpon terputus karena pulsa ane abis)

Akhirnya ane putusin untuk keluar dulu dari atm, dan nunggu di depan atmnya, terus buyer nelpon lagi. Si buyer bilang itu telponnya tersambung dengan man*iri customer care 14000, yaudah kan si buyer pura-pura cerita kronologisnya yg transfer ga bisa bisa, sementara ane dengerin aja dulu percakapan buyer sama orang yang ngaku-ngaku CS man*iri itu. Sampe akhirnya telponnya di oper ke ane.

C: selamat sore menjelang malam ibu, blablablbla (ini dia sempet perkenalin diri dulu sbg CS bank) baik ibu, jadi saat ini sistem data kami sedang terputus sehingga banyak transaksi tidak terdaftar. Sebaiknya kita coba sama-sama ibu untuk penggabungan dananya. Tolong ibu masukkan atmnya dan kode pin (ane saat itu ngikutin petunjuknya), masuk ke bagian menu lain, lalu pilih informasi saldo (saat itu ane juga ngikutin). Bisa ibu informasikan saldo yang tertera ibu?

Nah disaat ini, bokap ane yang kebetulan ngekorin ane sampe ke dalem langsung bilang jangan dikasih tau. Abis itu ane cancel kan transaksinya dan kartu atmnya keluar lagi, telponnya ane matiin dulu. Terus bokap ane bilang klo dia ga percaya dan pasti itu penipuan. Ane orangnya sebelum ada bukti mah mana berani su'udzon, jadi ane keluar lagi dari atmnya. Terus buyer nelpon lagi, rada lama baru ane angkat.

B: Halo? Mba kok lama angkatnya? Kok tadi telponnya mati?
A: Oh iya tadi sinyalnya putus mas.
B: Mba ini masih tersambung sama bagian CS bank nya
C: Iya, ibu. Saya bisabantu untuk penggabungan dana, silakan ibu masukkan kembali kartu atmnya, lalu masukkan kode pinnya.
A: (ane saat itu masih berdiri di luar atm, jadi ane iyain aja)
C: Maaf ibu tapi kami lihat ini atmnya belum online, ibu. Coba ibu masukkan kembali atm ibu (akhirnya ane coba masuk lagi ke dalem)
Setelah masukkan kode pin, ibu bisa pilih menu mandiri e-cash (ane ikutin), setelah itu ibu pilih menu isi ulang (ane ikutin lagi), setelah itu ibu masukkan nomor berikut ini 081378..... (ane setelah itu udah ngeh klo itu penipuan, jadi langsung ane cancel dan ane oper handphone ane ke bokap ane)

Ane sama bokap ane masih stuck di depan atm, bokap ane bilang saat itu buyer ini menekankan bokap ane buat masuk ke atm lagi dan melanjutkan transaksi, katanya buyer dia udah rugi 1.8jt blablabla. Sampe akhirnya ane berinisiatif untuk manggil sekuriti bank yang lagi jaga disana, ane sama bokap ane masih on the phone sama buyer terus ngetok pintu belakang bank sampe akhirnya sekuritinya keluar dan bokap ane oper aja telponnya sama sekuritinya (kebetulan bokap kenal sama sekuritinya)

Kronologinya gitu gan, sampe akhirnya pas ane nyampe rumah ane masih bingung kan itu orang beneran nipu apa ga, jadi ane tanya aja ke man*iri care di twitter (ane ga ada pulsa mau nelpon 14000 wkwk), ane jelasin kronologinya via dm, dan adminnya bilang klo otu emang penipuan karena CS bank tersebut tidak pernah meminta nasabah untuk melakukan transfer kaya gitu. Ane juga penasaran kan gunanya mandiri e-cash ini apa, terus ane tanya juga dan jawaban adminnya:
mohon maaf atas atas ketidaknyamanannya. mohon utk tidak melanjutkan transaksi tsb karena terindikasi penipuan. apabila Ibu memilih menu isi ulang ( top Up) maka Ibu akan melakukan transaksi isi ulang (transfer) ke no rekening ecash yg dituju. menu isi ulang ( Top Up) di ATM digunakan apabila nasabah ingin melakukan isi ulang ke no HP yg trdftar ecash.


Untuk nomor telepon penipu: 082331708565
Ini ada alamatnya juga sih gan, kmrn dia kirim buat alamat pengiriman barangnya tapi pastinya ya ini alamat palsu: Jl. AH. Nasution No.255, Kel. Yosodadi, Kec. Metro Timur, Lampung, 34111.
Dia ngakunya atas nama Bayu Wahyudi.

Ane mau share pengalaman ane buat ente gan, lumayan buat dijadiin pelajaran buat ga selalu positive thinking dan mudah percaya sama orang. Semoga ga ada lagi yang kena tipu tipu kaya ane gini ya gan. Sekali lagi ane minta maaf banget threadnya berantakan. Nanti ane edit klo udah beli charger laptopnya wkwk. Thanks gan udeh mau sempet baca thread aneemoticon-Malu
Diubah oleh beastkh 07-01-2016 06:53
0
13.3K
95
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.