Selamat sore semua penghuni kaskus.. Ane mau bagi informasi ni, mungkin ada yang perlu. Agan/Sista sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek/Astek? sebenernya BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek/Astek itu sama aja sih cuma ganti nama aja. Nah...disini ane mau ngasih tau cara buat cairin salah satu program dari BPJS Ketenagakerjaaan, yaitu JHT (Jaminan Hari Tua), cuma hati" jangan sampe ketuke
Terima kasih buat agan sista semua sejagat kaskus...tanpa bantuan agan/sista semua ini tidak akan bisa ane capai..
Selamat sore semua penghuni kaskus..
Ane mau bagi informasi ni, mungkin ada yang perlu.
Agan/Sista sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek/Astek? sebenernya BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek/Astek itu sama aja sih cuma ganti nama aja.
Nah...disini ane mau ngasih tau cara buat cairin salah satu program dari BPJS Ketenagakerjaaan, yaitu JHT (Jaminan Hari Tua), cuma hati" jangan sampe ketuker sama BPJS Kesehatan soalnya kebanyakan suka ketuker
nih contoh kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek.
Kalau yang ini BPJS Kesehatan
Sebelum membahas cara pencairannya ada beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus terpenuhi dulu nih..
A. Ketentuan
1. Sudah terdaftar e-KTP (soalnya sistemnya online sama data kependudukan)
2. Sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan
3. Sudah tidak bekerja (Resign, Habis Kontrak atau PHK)
4. Belum bekerja di tempat baru (Biasanya walaupun daftar baru BPJS Ketenagakerjaannya, kepesertaan yang lama tetap tidak bisa dicairkan, karena dianggap masih bekerja)
5. Ada masa tunggu 1 bulan (contoh kasus : agan resign per tanggal 05 April 2016, berarti bulan april kepesertaan agan masih aktif karena bulan April masih ada iuran dari perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan, baru non aktif di bulan Mei 2016, dan setelah itu ada masa tunggu 1 Bulan, sehingga baru bisa di cairkan di bulan Juni 2016.)
B. Dokumen Pendukung
1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) Asli & Fotocopy
2. Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Asli & Fotocopy
3. KK (Kartu Keluarga) Asli & Fotocopy
4. Surat Referensi/Pakelaring dari Perusahaan Asli & Fotocopy
5. Buku Tabungan Asli & Fotocopy
NB : Semua Dokumen Pendukung yang asli discan/difoto untuk keperluan upload dokumen
Sekarang kita baru masuk ke bahasan utama kita yaitu..
Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online
1. Silahkan masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan Klik Disini
Berikut tampilannya
2. Masukkan No e-KTP
3. Masukkan Nama Lengkap
4. Masukkan Tanggal Lahir (Setelah sampai sini biasanya sistem akan mencocokan dahulu dengan data kependudukan, apabila telah valid akan muncul keterangan seperti ini
5. Masukkan Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek
6. Pilih alasan anda melakukan klaim/pencairan
7. Masukkan nomor handphone (Sebaiknya gunakan nomor anda yang selalu aktif)
8. Masukkan email (Wajib diisi, jadi bagi yang belum punya harus dibuat dulu dan harus menggunakan email milik sendiri)
9. Jika semua telah terisi klik pada tombol Proses
10. Selanjutnya website akan meminta anda memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui email (silahkan cek email masuk)
11. jika sudah di verifikasi maka akan muncul tampilan seperti ini
12. Pilih cabang yang ingin anda datapngi (Boleh dimana saja karena sistemnya sudah online, saran ane pilih yang paling deket)
13. Masukkan PIN (PIN yang anda terima di handphone yang anda daftarkan di no. 7)
14. Masukkan No Peserta (Nama akan muncul sendiri jika data valid)
15. Isi Nama Pemilik Rekening, Nama Bank dan No. Rekening (Rekening harus atas nama ybs)
16. Selanjutnya Dokumen Pendukung yang sebelumnya sudah di scan, upload di kelengkapan administrasi (File minimal 100 kb dan maksimalnya 1,6 mb dengan ext. JPG atau PDF)
17. Tekan simpan, jika semua telah terisi dengan benar akan muncul seperti ini
18. Silahkan cek kembali email anda jika ada email seperti ini, berarti anda telah berhasil
19. Tunggu email selanjutnya biasanya 1 hari kerja setelah email pertama (akan ada email kedua untuk panggilan penyerahan dokumen)
20. datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang telah anda pilih, serahkan dokumen, dan isi formulir tambahan (surat pernyataan bahwa telah berhenti bekerja) bawa materai 6000.
21. Setelah pemeriksaan dokumen dan foto tinggal menunggu transfer (Kalau pas ane nyobain, besoknya langsung ada transfer)
NB : Antrian untuk klaim JHT secara online dibedakan dengan yang langsung dan untuk validasi dokumennya pun lebih cepat, soalnya sudah ada dokumen yang di upload jadi lebih cepat (pas ane proses, ngantri + validasi + foto itu cuma makan waktu setengah jam)
Dan keseluruhan proses dari awal sampe dana JHT di transfer itu cuma makan waktu 4 hari (beda sama yang manual, kalau di tempat ane masih dijadwalin sampe harus nunggu berminggu minggu sampai berbulan bulan)
Rinciannya : hari pertama isi formulir online hari kedua dapet email panggilan hari ketiga datang ke kantor BPJS (Validasi & Foto) hari keempat dana JHT Ditransfer
Semoga infonya bermanfaat, ane cerita berdasarkan pengalaman ane sendiri.
kalau bermanfaat buat agan terus mau ngasih ane ga akan nolak
warga negara yang baik adalah yang menghargai jasa jasa pahlawannya
dan
warga kaskus yang baik adalah yang menghargai thread yang dibaca dengan meninggalkan jejak
Sumber Tulisan : Pengalaman ane sendiri
Sumber Gambar : google.co.id
Ane ucapin banyak terima kasih buat agan/sista yang udah ngasih cendol..udah comment...udah ngasih bintang...terus udah share thread ane...semoga info dari ane bisa bermanfaat
Ane mohon maaf kalau ada comment yang ga ke jawab sama ane...mungkin kelewat soalnya lumayan banyak comment yang masuk..kalau masih ada yang mau ditanyakan silahkan gan..ane jawab semampu ane...
Tanpa maksud apa pun, ada sedikit tambahan nih dari ane...
Buat agan sist yg mau klaim bisa dari link yg agan TS kasih Klik Disini atau dari sini BPJS TK perbedaannya apa?
Penjelasan
"5. Ada masa tunggu 1 bulan (contoh kasus : agan resign per tanggal 05 April 2016, berarti bulan april kepesertaan agan masih aktif karena bulan April masih ada iuran dari perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan, baru non aktif di bulan Mei 2016, dan setelah itu ada masa tunggu 1 Bulan, sehingga baru bisa di cairkan di bulan Juni 2016.)"
Sebagai mana yang sudah dituliskan oleh agan TS di atas, ada masa tunggu. Dari status AKTIF menjadi NON AKTIF.
Nah bagaimana kita mengetahui status sudah NON AKTIF atau belum?
Berapa saldo yang kita punya?
Bagaimana status pengajuan klaim kita? Proses atau ditolak kah?
Jadi silahkan registrasi dari BPJS TK *sama saja sebenarnya, ane hanya merincikan saja*
klik "REGISTRASI" maka akan muncul seperti ini ...
Lihat bagian yang ane blok Informasi saldo, simulasi saldo, form pengajuan klaim online.
Silakan registrasi dulu
usahakan isi dengan sebenar-benarnya yak, email dan no. hp masih aktif
setelah lengkap, silahkan SUBMIT DATA *FYI >>> Terkadang isi password yg kita terima melalui email dan sms berbeda, disarankan pakai dari yg email. (klo lupa, tinggal search di email pake keyword "BPJS" )
Kadang password registrasi g bisa, coba registrasi ulang diluar jam kerja. Inget, diluar jam kerja
next... setelah berhasil login, maka tampilannya seperti ini
Silakan masuk ke bagian PROFIL, lalu pilih bagian LAYANAN
Nah, klo Status Layanan : AKTIF berarti agan sist belum bisa mengajukan klaim.
*cek secara berkala aja, seminggu sekali misalnya
Nah ada juga option + TAMBAH KPJ, jadi agan sist yg punya KPJ lebih dari 1 bisa menambahkan pada option tersebut
*klo mau klaim lebih baik 1-1 jangan sekaligus, nanti tabungannya cepet abis
Bagian PENGATURAN, ada option untuk mengubah no. hp dan password.
*boleh diganti, seterah agan sist aja
CEK SALDO
pilih KPJ yg ingin dilihat jumlah saldonya, klik SUBMIT
PENGAJUAN KLAIM
Pilih bagian e-Klaim JHT, maka tampilan seperti ini Cek Status Klaim : apakah klaim yg diajukan sedang proses pemeriksaan berkas atau ditolak atau proses transfer dana
*punya ane udah cair, Alhamdulillah
Pengajuan Klaim : nah, setelah proses ini akan ada form pengajuan klaim seperti agan TS infokan
tapi sebelumnya pilih jenis klaim yang sesuai yak
Nah, setelahnya silahkan mengikuti cara yg udah agan TS jelaskan
Info tambahan : Sebelum mengajukan e-Klaim (klaim online), sebaiknya telp terlebih dahulu ke KanCab yg akan agan sist pilih. Karna belum semua KanCab responsif. Dari pengalaman pribadi ane sih, yg harusnya cepet karna kekurangtahuannya petugas KanCab tersebut walhasil prosesnya makan waktu kurang lebih satu setengah jam Saat datang ke KanCab (setelah terima email bahwa pengajuan klaim disetujui), ada baiknya bukti email agan sist SS (selain form yg harus agan sist print yah) kenapa? balik ke pernyataan ane sebelumnya, belum semua KanCab responsif dengan proses e-Klaim.
Selamat mencairkan dana BPJS agan sist
==================== page one gan TS
Quote:Original Posted By kuprakupret► dokumen pendukungnya kurang tuh gan
1.masih harus bawa mail kedua untuk panggilan (dicetak/print), buat tanda bukti soalnya nti diminta sma satpamnya
2.sama bawa surat dri perusahaan yg ditujukan kedisnaker (klo resignnya setelah september 2015 harus dilegalisir)
itu wkt kmren ane urus punya istri bulan januari 2016\
format surat yg mna gan?
klo no.1 itu didpt dri email balasan untuk panggilan ke cabang bpjs yg dituju
no. 2 itu surat yg ditunjukan buat disnaker dri perusahaan agan, ane dikasih contohnya sama pegawai bpjs
wkt itu ane prosesnya hampir 1 bulan gan,
rinciannya :
kurang lebih 1mingguan ane bru dpt email balesan yg no.1, itu juga krn ane tlp CSnya 2x
trus ane kurang surat yg buat disnaker itu (ini paklaring bini ane, ane edit jdi surat buat disnaker )
uang cair sekitar 4hri setelah data2 ane dianggep lengkap (nti dikasih tanda bukti dri bpjsnya)
nah proses uang masuk ga ada pemberitahuan, jdi agan mesti sering2 cek
yg paling penting knp ane hampir 1 bulan selain krn alesan diatas
ini
krn wkt ane lg ngurus,pas banget ane lg bnyk kerjaan jdi ga sempet
klo agan udh komplit semua berkas2nya dan ada wkt luang MUNGKIN cuma 1atau 2 minggu
uang udh cair
ohiya wkt itu ane dikasih tau pencairan dannya maksimail 7hri kerja
Proses pengajuannya udah sampe mana gan?
upload berkas?
udah terima email yg kedua? pengajuan diterima?
Email Balasan Pengajuan e-Klaim
Balasan email pertama, berkas yg di upload berhasil tersimpan ke database BPJS TK
Balasan email kedua, (klo proses diterima/disetujui) ada lampiran yg harus diprint untuk nanti dibawa ke KanCab yg kita tuju
hoo, jadi "status belum diproses".
coba agan e-Klaim lagi, klo gagal kemungkinan disana data udah masuk cuma belum proses cek berkas
klo agan ragu, telp ke CSnya, buka terus kok..
karna waktu itu, ane sempet nanya ke CSnya, sabtu minggu tetap terima telp atau libur
jawaban CSnya 7x24jam
*sorry editnya telat*
Quote:Original Posted By bawors► Ane tambahin gan dokumen yg dilapirin kemaren baru urus ktanya paklaring kudu di legalisir ternyata nggak usah gan
Nih buktinya
Yg perlu adalah surat pemberitahuan bahwa agan terdaftar sebagai peserta dan akan mencairkan jht krn sudah tidak bekerja yg ditujukan ke depnaker dgn tembusan ke kepala bpjs naker yg ngeluarin perusahaan yang tandatangan hrdnya
Kmrn baru aja ke cbang bpjs dkt sni gan,tp syng msh blm bsa.sy resign tgl 20 maret,lalu sy k bpjs tgl 21 april.
Kta ptgasnya ke anggotaannya blm dcbut dr kantor ane dulu.jd msh nnggu lg akhir mei,saran ni buat agan" yg mau resign wktu mnta packlaring k kntor sXan aja blng lngsung dcbut keanggotannya k prsonalianya,biar cpt nnti.
Nb : buat yg mau klaim packlaring nya hrs ada stempel asli dr disnaker,,
Gan ane punya 4 kartu BPJS TK.. Saat ini masih bekerja di sebuah perusahaan. Nah di perusahaan baru ini ane dibuatkan lagi Kartunya yg baru, yg lama tdk di pindahkan.
masih ada kendala ni gan untukpendaftaran pake nomor Ind*sat.. sms konfirmasinya gak dapet terus.
beda dengan istri ane yang daftar langsung pake nomor telko*msel..langsung dapet sms konfirmasi..
mana susah lagi ngubah nomernya.. udah email ke cs bpjs tapi g ada tangepan.. nelpon ke layanannya gak jelas.. :capedeh
Sedikit nambahin utk yg habis kontrak mulai september 2015 harus ada surat tembusan dr pt utk disnaker, atau lebih mudahnya fc paklaring minta dilegalisir ke disnaker
ane masih ada saldo jamsostek di tempat kerja yang lama, ada niat mau klaim/ cairin dana tapi klo kartu Jamsostek ane yang lama hilang gimana gan?
scan-an kartunya masih ada
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.