News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
35
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57198150d89b09a4748b4567/dulu-ikon-banjir-kini-kampung-pulo-bebas-banjir
JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sebagian Jakarta dilanda banjir hingga Kamis (21/4/2016) sore, sebagian kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, bebas banjir. Padahal sebelum ditertibkan, dibangun tanggul, serta jalan inspeksi, Kampung Pulo menjadi "ikon" banjir Jakarta paling ramai dikunjungi wartawan. Pukul 17.00 Kamis sore itu, tinggi permukaan air Kali Ciliwung su
Lapor Hansip
22-04-2016 08:41

Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir

Quote:Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sebagian Jakarta dilanda banjir hingga Kamis (21/4/2016) sore, sebagian kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, bebas banjir. Padahal sebelum ditertibkan, dibangun tanggul, serta jalan inspeksi, Kampung Pulo menjadi "ikon" banjir Jakarta paling ramai dikunjungi wartawan.

Pukul 17.00 Kamis sore itu, tinggi permukaan air Kali Ciliwung sudah hampir sama dengan permukaan jalan inspeksi. Arus kalinya pun deras. Tetapi tinggi tanggul setinggi semeter lebih di sepanjang ruas Kampung Pulo, mencegah air kali tumpah ke jalan inspeksi.

"Sebelum dibangun tanggul, permukaan air kali setinggi itu, sudah membuat rumah rumah di pemukiman yang paling rendah seperti yang tampak di tepian jalan inspeksi ini sekarang, tinggal kelihatan separuhnya saja," Ketua RT 5 RW 3, Dadang sambil menunjuk deretan rumah berlantai dua.

Hari itu, rumah warga di tepi jalan inspeksi, hanya tergenang air sekitar 50 sentimeter. "Genangan air di situ berasal dari hujan lokal, sedang air pasang di Kali Ciliwung berasal dari air hujan yang jatuh di Bogor," tutur Ronny (33) petugas mesin pompa Sudin PU Tata Air Jakarta Timur saat ditemui disela kerjanya, mengontrol mesin pompa air, kemarin. Menurut dia, permukaan air Sungai Ciliwung mulai naik sejak pukul 15.00.

Dadang menambahkan, genangan terjadi karena mobil pompa air datang terlambat. "Baru datang (Kamis) jam 07.00 tadi. Biasanya ngga ada genangan di pemukiman. Karena petugas terlambat datang, pintu air juga terlambat ditutup sehingga air dari Kali Ciliwung yang sedang naik, masuk ke pemukiman penduduk," papar Dadang.

Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir

Menurut dia, sejak tanggul selesai dibangun, sudah enam kali Kali Ciliwung pasang karena hujan lebat turun di Jakarta dan Bogor. Meski demikian, Kampung Pulo tak lagi tergenang apalagi banjir. Genangan baru terjadi hari itu saja karena mobil pompa datang terlambat. "Tapi petugasnya tanggap kok. Begitu kita telpon langsung datang. Mobil pompa memang biasanya diparkir di sini. Tapi karena petugas kemarin libur, mobil mereka bawa pulang," lanjut Dadang.

Dia mengatakan, sebelum mobil pompa datang, genangan air di pemukiman mencapai 80 sentimeter. Air mulai menggenangi rumah warga sampai 50 sentimeter pada pukul 07.00 setelah hujan deras mengguyur sejak pukul 22.00.

Dadang mengatakan, saat ini Pemprov DKI sedang menyiapkan memasang saluran air di tepi pemukiman, serta rumah pompa air. Kelak, air hujan maupun air limbah rumah tangga yang tertampung di saluran air, disedot dan dibuang ke Kali Ciliwung.

"Kalau rumah pompa sudah jadi, truk mesin pompa air ngga perlu datang lagi. Rumah pompa berfungsi, saluran air selesai dibangun, Kampung Pulo dijamin bebas genangan. Apalagi banjir. Dah lupa tuh. Wahahahahaha..." kata Dadang senang.

Sore itu Dadang dan belasan warga duduk duduk di atas deretan beton beton saluran air yang masih menunggu dipasang. Beberapa anak bermain sepeda. Meski demikian masih ada beberapa anak lain memilih bermain air di genangan air yang ada di gang pemukiman

emoticon-Selamat
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:42
Dari TMC Polda Metro Jaya, Kamis (21/4/2016), hingga pukul 09.30 WIB, berikut daftar sejumlah ruas jalan yang banjir.

1. Lalin Jl. Raya Pasar Minggu dekat Ramayana arah Buncit padat

2. Jl Gunung Sahari depan Hotel Golden s/d TL hotel Fashion Kartini.

3. Banjir di depan Golden Truly Jll. Gunung Sahari, lalin padat di sekitar lokasi.

4. Banjir di dekat Sekolah Strada Jl. Pejaten Raya Jakarta Selatan dan berimbas lalin tersendat.

5. Banjir di Pemukiman Warga Rawa Jati Jakarta Selatan

6. Banjir di depan Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari dan berimbas lalin tersendat.

7. Banjir di Komplek Paspampres Kramat Jati Jakarta Timur

8. Banjir di Hek, Jl. Raya Pondok Gede arah ke Kramat Jati lalin padat.

9. Banjir di depan Stasiun Jayakarta 30 cm. Banyak kendaraan roda 2 mogok

emoticon-Traveller
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:46
ada seekor tergunciang. yang laen?
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:47
Quote:Original Posted By ong.gok.tai
Dari TMC Polda Metro Jaya, Kamis (21/4/2016), hingga pukul 09.30 WIB, berikut daftar sejumlah ruas jalan yang banjir.

1. Lalin Jl. Raya Pasar Minggu dekat Ramayana arah Buncit padat

2. Jl Gunung Sahari depan Hotel Golden s/d TL hotel Fashion Kartini.

3. Banjir di depan Golden Truly Jll. Gunung Sahari, lalin padat di sekitar lokasi.

4. Banjir di dekat Sekolah Strada Jl. Pejaten Raya Jakarta Selatan dan berimbas lalin tersendat.

5. Banjir di Pemukiman Warga Rawa Jati Jakarta Selatan

6. Banjir di depan Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari dan berimbas lalin tersendat.

7. Banjir di Komplek Paspampres Kramat Jati Jakarta Timur

8. Banjir di Hek, Jl. Raya Pondok Gede arah ke Kramat Jati lalin padat.

9. Banjir di depan Stasiun Jayakarta 30 cm. Banyak kendaraan roda 2 mogok

emoticon-Traveller


cuma segitu doang? emoticon-Big Grin bandingin dong ama yg dulu biar adil emoticon-Big Grin
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:48
Quote:Original Posted By ong.gok.tai
Dari TMC Polda Metro Jaya, Kamis (21/4/2016), hingga pukul 09.30 WIB, berikut daftar sejumlah ruas jalan yang banjir.

1. Lalin Jl. Raya Pasar Minggu dekat Ramayana arah Buncit padat

2. Jl Gunung Sahari depan Hotel Golden s/d TL hotel Fashion Kartini.

3. Banjir di depan Golden Truly Jll. Gunung Sahari, lalin padat di sekitar lokasi.

4. Banjir di dekat Sekolah Strada Jl. Pejaten Raya Jakarta Selatan dan berimbas lalin tersendat.

5. Banjir di Pemukiman Warga Rawa Jati Jakarta Selatan

6. Banjir di depan Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari dan berimbas lalin tersendat.

7. Banjir di Komplek Paspampres Kramat Jati Jakarta Timur

8. Banjir di Hek, Jl. Raya Pondok Gede arah ke Kramat Jati lalin padat.

9. Banjir di depan Stasiun Jayakarta 30 cm. Banyak kendaraan roda 2 mogok

emoticon-Traveller


Sekarang hari jumat... nyet
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:53
Quote:Original Posted By ong.gok.tai
Dari TMC Polda Metro Jaya, Kamis (21/4/2016), hingga pukul 09.30 WIB, berikut daftar sejumlah ruas jalan yang banjir.

1. Lalin Jl. Raya Pasar Minggu dekat Ramayana arah Buncit padat

2. Jl Gunung Sahari depan Hotel Golden s/d TL hotel Fashion Kartini.

3. Banjir di depan Golden Truly Jll. Gunung Sahari, lalin padat di sekitar lokasi.

4. Banjir di dekat Sekolah Strada Jl. Pejaten Raya Jakarta Selatan dan berimbas lalin tersendat.

5. Banjir di Pemukiman Warga Rawa Jati Jakarta Selatan

6. Banjir di depan Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari dan berimbas lalin tersendat.

7. Banjir di Komplek Paspampres Kramat Jati Jakarta Timur

8. Banjir di Hek, Jl. Raya Pondok Gede arah ke Kramat Jati lalin padat.

9. Banjir di depan Stasiun Jayakarta 30 cm. Banyak kendaraan roda 2 mogok

emoticon-Traveller


Sementara di tetangga sebelah sdh jd Venezia bray,..gmn tanggapannya..haa
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:54
Sejak merdeka kamp. Pulo di era ahok baru kaya gini. Salut!
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:56
Ga mungggkinnnn ini pasti salah Ahok

Ahok pasti edit itu gambar

Ayo Nasbung kita serbu balai kota

Btw ane udh bs naek gaji lom ua sbg Nasbung permanen
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 08:57
bagus bos dikit2 aja yg penting hasil kerjanya ada, ini emg udah berlarut2 dan dibiarin dr rezim2 sebelumnya maju terus bos beresin jakarta ini emoticon-Toast
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:02
Jalan raya yg rendah dinaikin 50cm dgn beton, kiri kanan saluran yg rapi beres....ada PPSU pasukan andalan pemprov DKI Jakarta...
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:04
Makanya piccolo ngungsi ke bumi emoticon-Cape deeehh
Namec kebanjiran gitu emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:10
ini masih mending , sebelah udah 7 meter diberita emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:15
Bagus lah kalo udah berkurang banjirnya

Kalo untuk tidak banjir selamanya kayaknya gak mungkin buat kmpung pulo.

Tapi kalo meminimalkan banjir sangat mungkin terjadi
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:17
mantab

ane ikut senang buat warga disana

untuk kawasan lain yang masih banjir semoga segera dapat teratasi

apresiasi buat pemprov emoticon-Shakehand2
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:19
Yah udah d gusur g banjir lagi... emoticon-Traveller
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:20
Quote:Original Posted By granksall.
Bagus lah kalo udah berkurang banjirnya

Kalo untuk tidak banjir selamanya kayaknya gak mungkin buat kmpung pulo.

Tapi kalo meminimalkan banjir sangat mungkin terjadi


Kalau sudetan ke BKT jadi bakalan terbagi 2 sungai ciliwung. Alias debitnya gak bakalann sebesar sekarang dibuang ke timur. Istana bebas banjir. Sayang belum selesai masih terkendala pembebasan lahan kalau tidak salah.
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:22
Quote:Original Posted By ong.gok.tai
Dari TMC Polda Metro Jaya, Kamis (21/4/2016), hingga pukul 09.30 WIB, berikut daftar sejumlah ruas jalan yang banjir.

1. Lalin Jl. Raya Pasar Minggu dekat Ramayana arah Buncit padat

2. Jl Gunung Sahari depan Hotel Golden s/d TL hotel Fashion Kartini.

3. Banjir di depan Golden Truly Jll. Gunung Sahari, lalin padat di sekitar lokasi.

4. Banjir di dekat Sekolah Strada Jl. Pejaten Raya Jakarta Selatan dan berimbas lalin tersendat.

5. Banjir di Pemukiman Warga Rawa Jati Jakarta Selatan

6. Banjir di depan Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari dan berimbas lalin tersendat.

7. Banjir di Komplek Paspampres Kramat Jati Jakarta Timur

8. Banjir di Hek, Jl. Raya Pondok Gede arah ke Kramat Jati lalin padat.

9. Banjir di depan Stasiun Jayakarta 30 cm. Banyak kendaraan roda 2 mogok

emoticon-Traveller


Oi monyet
Coba lu bandingin yg sebelumnya bijimane
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:23
Quote:Original Posted By mr.rightspeech
ini masih mending , sebelah udah 7 meter diberita emoticon-Turut Berduka


Demi nasi bungkus sumbangan

Mau 25 meter juga asik2 aja
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:25
jangan lupa buang sampah pada tempatnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:25
Mustahil emoticon-Marah
Jakarta belum sepenuhnya bebas banjir emoticon-Mad
dari jaman penjajahan belanda udah banjir harusnya ahox udah bisa bebasin genangan apalagi banjir 100% emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Dulu Ikon Banjir, Kini Kampung Pulo Bebas Banjir
22-04-2016 09:26
Quote:Original Posted By ong.gok.tai
Dari TMC Polda Metro Jaya, Kamis (21/4/2016), hingga pukul 09.30 WIB, berikut daftar sejumlah ruas jalan yang banjir.

1. Lalin Jl. Raya Pasar Minggu dekat Ramayana arah Buncit padat

2. Jl Gunung Sahari depan Hotel Golden s/d TL hotel Fashion Kartini.

3. Banjir di depan Golden Truly Jll. Gunung Sahari, lalin padat di sekitar lokasi.


4. Banjir di dekat Sekolah Strada Jl. Pejaten Raya Jakarta Selatan dan berimbas lalin tersendat.

5. Banjir di Pemukiman Warga Rawa Jati Jakarta Selatan

6. Banjir di depan Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari dan berimbas lalin tersendat.

7. Banjir di Komplek Paspampres Kramat Jati Jakarta Timur

8. Banjir di Hek, Jl. Raya Pondok Gede arah ke Kramat Jati lalin padat.

9. Banjir di depan Stasiun Jayakarta 30 cm. Banyak kendaraan roda 2 mogok

emoticon-Traveller


Kemarin lewat gunung sahari emang macet banget sampe gak gerak
Tapi gak ada tuh banjir, cuma air kali ciliwung lagi pasang aja...

0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia