Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
559
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5715fb2c947868f22a8b4569/bingung-cara-balik-nama-sertifikat-yuk-simak-infonya-di-sini-gan
Sebuah kebanggan tersendiri pastinya kalo agan pada bisa beli rumah dengan uang hasil kerja keras sendiri, dengan melewati berbagai rintangan dan kerikil tajam hingga pada akhirnya bisa kebeli dan segera menempati rumah baru :D. Berbagai cara yang agan lakukan sebagai bentuk rasa syukur. Mulai dari manggil seluruh teman kerabat untuk ngumpul, atau mengundang seluruh saudara ngadain pengajian syuku
Lapor Hansip
19-04-2016 16:32

Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!

Past Hot Thread
Sebuah kebanggan tersendiri pastinya kalo agan pada bisa beli rumah dengan uang hasil kerja keras sendiri, dengan melewati berbagai rintangan dan kerikil tajam hingga pada akhirnya bisa kebeli dan segera menempati rumah baru emoticon-Big Grin. Berbagai cara yang agan lakukan sebagai bentuk rasa syukur. Mulai dari manggil seluruh teman kerabat untuk ngumpul, atau mengundang seluruh saudara ngadain pengajian syukuran rumah baru.

Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
Setelah terbeli rumah, entah itu secara cash ataupun nyicil ngga apa-apa gan! yang penting punya rumah. Dan setelah itu pasti bawaannya agan udah pada nggak sabar pingin move on alias segera pindah menempati rumah baru, ya kan? Eitssss,..! Tunggu dulu gan! Pastikan sertifikat rumah sudah balik nama atas nama Agan sendiri. Nggak ada gunanya kalo kita memegang fisik dari sertifikat jika nama agan nggak tercantum sebagai pemilik emoticon-Cape d....

Bagaimana Cara Balik Nama Sertifikat, Gan?

Dalam proses jual beli rumah, baik rumah baru ataupun rumah second, hal yang paling penting wajib agan perhatikan betul demi kelangsungan dan keamanan saat menghuni rumah baru adalah sertifikat rumah. Sebagai negara hukum, bukti-bukti hitam di atas putih kayak semacam sertifikat rumah sebagai tanda bukti bahwa sebuah rumah atau aset properti lainnya benar-benar milik seseorang. Jika agan lalai akan hal ini, bukan nggak mungkin bakal terjadi hal yang tidak diinginkan seperti klaim atas rumah yang sudah kita beli oleh pemilik lama yang curang. Makanya hal yang semacam ini riskan dan harus dipahami dan diurus secara lengkap.

1. Kenali dulu Jenis Sertifikatnya Apa Dulu, Gan!

Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
Sebelum membeli tanah, bangunan, rumah atau property lainnya, ada baiknya agan memperhatikan segala jenis dokumen tertulisnya. Buat agan yang belum begitu paham, ini dia neh beberapa jenis dokument tertulis sehubungan dengan kepemilikan sebuah rumah/property, Cekidot :

SHM (Sertifikat Hak Milik)
SHM merupakan jenis sertifikat dengan bukti kepemilikan hak atas penuh oleh pemegang sertifikat tersebut. SHM ini juga menjadi bukti kepemilikan paling kuat atas lahan atau tanah karena tidak ada lagi campur tangan ataupun kemungkinan kepemilikan pihak lain.

SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangun)
Sertifikat Hak Guna Bangunan adalah jenis sertifikat dimana pemegang sertifikat hanya bisa memanfaatkan tanah tersebut, baik untuk mendirikan bangunan atau untuk keperluan lain, sedang kepemilikan tanah adalah milik negara. SHGB mempunyai batas waktu 30 tahun. Setelah melewati batas 30 tahun, maka pemegang sertifikat wajib mengurus perpanjangan SHGB-nya. Berbeda dengan Sertifikat Hak Milik yang kepemilikannya hanya untuk WNI.

SHSRS (Sertifikat Hak Sewa Rumah Susun)
Adapun SHSRS berhubungan dengan kepemilikan seseorang atas rumah vertikal, rumah susun yang dibangun di atas tanah dengan kepemilikan bersama. Pengaturan kepemilikan bersama dalam satuan rumah susun digunakan untuk memberi dasar kedudukan atas bench tak bergerak yang menjadi obyek kepemilikan di luar unit, mulai taman, tempat parkir, sampai area lobi.

Akta Jual Beli (AJB)
AJB sebenarnya juga bukan sertifikat melainkan perjanjian jual-beli dan merupakan salah satu bukti pengalihan hak atas tanah sebagai akibat dari jual-beli. AJB dapat terjadi dalam berbagai bentuk kepemilikan tanah, baik Hak Milik, Hak Guna Bangunan, maupun Girik. Bukti kepemilikan berupa AJB biasanya sangat rentan terjadinya penipuan AJB ganda, jadi sebaiknya segera dikonversi menjadi Sertifikat Hak Milik.
(Sumber : Rumah.Com)

2. Simak Nih gan, Prosedur Cara Balik Nama Sertifikat

Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
Sebagai bukti kepemilikan paling kuat, SHM menjadi alat paling valid untuk melakukan transaksi jual beli properti atau lumayan kan buat penjaminan untuk kepentingan pembiayaan perbankan emoticon-Big Grin. Ini dia nih gan 5 langkah mudah ngurus balik nama sertifikat yang ane comot dari Rumah.com.

Quote:
1. Penjual dan pembeli telah menandatangani Akta Jual Beli dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Proses balik nama sertifikat rumah tidak dapat dilakukan jika akta jual beli belum ditandatangani oleh penjual, pembeli, PPAT, dan saksi.
2. Penjual telah melunasi pajak penghasilan (PPh), sementara pembeli telah melunasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Proses balik nama sertifikat rumah tidak dapat dilakukan jika PPh, BPHTB, PBB, belum dilakukan pembayaran lunas.
3. Pembeli dan penjual telah melunasi biaya Akta Jual Beli sekaligus bea balik nama sertifikat pada PPAT yang ditunjuk. Untuk jasa pelayanan yang maksimal, penjual dan pembeli sebaiknya membayar jasa PPAT di muka.
Hal ini dimaksudkan, ketika proses balik nama sertifikat rumah telah selesai, maka pembeli tinggal mengambil sertifikat yang telah balik nama tersebut tanpa mengeluarkan biaya lagi.
4. Kantor PPAT akan mengurus balik nama ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat dengan disertakan sertifikat asli, akta jual beli, fotokopi KTP penjual dan pembeli, bukti pelunasan PPh, bukti pelunasan BPHTB. Untuk proses balik nama maka yang diserahkan ke BPN adalah sertifikat aslinya berikut salinan akta jual beli.
5. Jika sesuai jadwal dan prosedur maka proses balik nama kurang lebih 2 minggu, namun dalam prakteknya antara 1 sampai 2 bulan. Hal ini terjadi karena kantor PPAT mengurus balik nama sertifikat ke kantor BPN secara kolektif.


3. Biaya Yang Harus Dikeluarkan

Sebenarnya biaya balik nama sertifikat rumah itu bergantung pada Zona Nilai Tanah (ZNT). Sedangkan Badan Pertanahan Nasional menetapkan ongkos pembuatan yang tergantung dari nilai transaksi berikut lokasi rumahnya. Berdasarkan sumber yang ane baca di hukumonline.com, berikut ini standar biaya pengurusannya.
biaya urus sertifikat

Nah, berikut ini juga bakal TS suguhin cara yang bisa agan tempuh tata cara pengurusan SHM berikut waktu dan biayanya, yang ane ambil dari Rumah.com.
Syarat dan Biaya

BIAYA
Biaya pengurusan Ser
tifikat Hak Milik atau SHM berbeda-beda, tergantung dari provinsi tempat tanah Anda berada serta luas tanahnya. Untuk Anda yang memiliki tanah seluas 120 meter persegi di provinsi DKI Jakarta, berikut simulasinya;
• Biaya pengukuran: Rp124.960
• Biaya panitia: Rp354.800
• Biaya pendaftaran: Rp50.000
Total biaya: Rp529.760
* catatan: tanah milik perorangan (bukan badan hukum atau instansi pemerintah), bukan pendaftaran massal, tidak termasuk golongan khusus (TNI, Polri, panti jompo, panti asuhan, veteran), dan jenis tanah non-pertanian.

Itulah dia info tentang bagaimana cara atau mekanisme Balik Nama Sertifikat Rumah. Semoga thread ini bisa bermanfaat untuk yang emang lagi dihadapkan dengan urusan sertifikat, atau mungkin agan yang punya pengalaman ngurus balik nama sertifikat, boleh dong gan share di mari biar jadi bahan referensi untuk agan yang lain.


Ditunggu Share Pengalamanmu, Gan.
Sumber Thread : Rumah.com

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 29
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:10
wah bangus banget.. kebetulan Ane juga lagi pelajarin surat2 tanah emoticon-Malu (S)emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:10
Quote:Original Posted By brandalz89
wah murah ya ternyata, tp kok tmn gw kmren balik nama abis 24 juta emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) emoticon-Shutup emoticon-Nohope


Wkwkwkwk...
Coba dulu cek Harga Transaksi nya brp duit gan ???
Kan ada Pajak PPH & BPHTB nya gan...
Dan kl memang lewat PPAT pasti ada biaya lebih nya...
Hehehehe...
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:11
Trit Berguna minggu ini emoticon-thumbsup

Tandai dulu
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:12
ane jadi lebih ngerti negh gan. makasih buat tritnya yagh
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:12
ane lagi proses balik nama sertifikat dari nama Alm bokap ane ke nama ahli waris anak2nya, di Depok katanya ada program pemutihan dari yg sertifikatnya HGB ke SHM tp ternyata masalah ane lebih ribet

Case, Bokap Meninggal, sertifikat masih HGB, sudah expired masa berlaku HGB nya, rumahnya dulu perumnas yg buat
karena ane sama adik ane kerja, coba mau pake jasa notaris, dimintain biaya 15 Juta
mahal biayanya ane sama adik ane coba ngurus sendiri, enaknya di Depok, BPN sabtu-minggu buka gan sampe jam 10 an pagi

dan ternyata coba ngurus sendiri ribet bngt gan, ane coba datang sabtu minggu, ternyata petugasnya gak ada yg ngerti masalah ane, setiap orang di BPN, jawabannya beda2, terus ada yg kash tau, datang hari kerja ktmu orang yg mengerti, ini agak kendala ane sama adik ane, gantian cuti, atau kl gak bisa terpaksa ibu sama adik ipar ke BPN
sebulan lebih baru tahap pengukuran ulang, karena jatuhnya ke ahli waris ada biaya BPHTB, terus masih HGB, jadi harus ngukur dr awal lagi, baru sampe situ prosesnya

persyaratan yg paling penting siapin surat kematian dari kelurahan, fc KTP masing2 ahli waris, fc akte kelahiran ahli waris, fc surat nikah yg meninggal, surat keterangan ahli waris ttd RT, RW, Lurah dan Camat minta info lengkap persyaratan di klurahan) kalau ane suratnya harus diketik, fc Sertifikat, PBB yang terbaru, IMB, Akta Jual Beli, beli MAP pemindahan hak milik di BPN, nanti persyaratan selanjutnya bisa tanya ke BPN gan, karena rumah alm. bapak ane yg buat perumnas, harus minta surat rekomendasi dr perumnas adanya di Klender Jaktim gan

itu aja gan sedikit infonya
kalau ada yg sertifikatnya masih HGB coba langsung ditingkatkan ke SHM biayanya murah koq di Depok kl kota lain tanya ke BPNnya aja, di Depok bisa datang sabtu minggu tp buat yg ngurus sendiri, karyawan notaris gak dilayanin, harus banyak tanya lebih dr 1 orang, kadang setiap petugas jawabannya beda gan, kl bisa jalur resmi biar murah gan...
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:14
thx info gan
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:15
Quote:Original Posted By mr.velg
kl emang gratis, ane mau buat gan.
tp ane msh minim pengalaman dan ga ngerti dalam proses pengurusan surat2 tanah


Langsung ke BPN Wilayah ente aja gan...
Biasa nya kelengkapan nya cuma Bukti Tanah (Seripikat/Girik), Fotocopy Identitas Pihak Pemilik Sertipikat & Pihak Penerima ajah kok..
Dan jangan lupa buat bayar Pajak PPH dan atau BPHTB nya tergantung Proses Pengalihan nya yah...
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:15
nice info bray emoticon-Toast
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:16
mejeng dulu di trit calon HT emoticon-Ngakak
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:16
blm punya sertifikat2 macam kek gitu emoticon-Frown tp mungkin suatu saat bakal berguna emoticon-2 Jempol
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:16
ilmu nih..
ijin nenda..emoticon-Traveller
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:19
Quote:Original Posted By foetza
Ane ga tau pasti gan prosedur di BPN sana bagaimana...
Tp mungkin kurang lebih kaya gini :
Siapin Asli & Fotocopy Surat Kematian Mertua ente kl memang blm ada, bs buat di Rumah Sakit atau Puskesmas daerah situ. Fotocopy semua KTP & Kartu Keluarga semua Ahli Waris. Terus ente lanjut buat Surat Keterangan Ahli Waris ke Kelurahan & Kecamatan.
Nah terus siapin juga Asli & Fotocopy Sertipikat nya. Jgn lupa PBB 2016 & bukti bayarnya. Dan jgn sampe ada Hutang PBB 10 Tahun kebelakang.
Terus ente bs Tanya ke Kantor Pajak sesuai Lokasi Tanah buat pengurusan Pajak Kepemilikan (PPH) nya. Biasa nya di kasih Form & kita isi. Habis itu nanti diitungin Total Pajak yg harus dibayar.
Setelah ente bayar ente Fotocopy tuh Bukti Bayar PPH.
Nah terus semua berkas yg semua ente jadiin 1 Map.

Dan ente bisa langsung cabut ke BPN buat Cek kelengkapan Berkas nya. Kl memang ada yg kurang, bilang suruh Catat semua berkas yg kurang + minta Paraf Pihak BPN nya. Biar kl ente balik bs ketemu sm Pihak itu lagi.



lumayan ribet juga ya gan!kalo kata kades tempat ane sih bisa habis 10 jutaan lebih! mungkin karena faktor urus ini urus itu nya yg ribet sih! padahal beli tanahnya cuman 10 jutaan juga (antara orang tua dan anak)emoticon-Malu terima kasih banget info nya gan! sapa tau ada waktu urus sendiri!emoticon-Ngakak
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:21
ternyata murah ya gan emoticon-Big Grin

saya kira sampe berjut jut emoticon-Embarrassment
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:24
Quote:Original Posted By foetza


Wkwkwkwk...
Coba dulu cek Harga Transaksi nya brp duit gan ???
Kan ada Pajak PPH & BPHTB nya gan...
Dan kl memang lewat PPAT pasti ada biaya lebih nya...
Hehehehe...


emng rata" biaya PPAT berapa ya om??
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:24
Quote:Original Posted By Yuzecatoo
lumayan ribet juga ya gan!kalo kata kades tempat ane sih bisa habis 10 jutaan lebih! mungkin karena faktor urus ini urus itu nya yg ribet sih! padahal beli tanahnya cuman 10 jutaan juga (antara orang tua dan anak)emoticon-Malu terima kasih banget info nya gan! sapa tau ada waktu urus sendiri!emoticon-Ngakak



Ribet sih ngga gan...
Cuma makan waktu aja...
Soal nya kadang 1 berkas blm tentu 1 hari selesai...
Coba dicek Harga Pasaran disana...
Mungkin ga dijual 10jt...
Hehehehe...
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:24
Ninggalin jejak dulu ah
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:24
Mantap gan infony. Semoga bisa beli rumah baru untuk keluarga kecil ane emoticon-Smilie
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:26
Buat agan2 yg blm beli rmh nih ane kasih tau untung rugi beli rumah di perumahan yg baru or second dilihat dr sudut pandang bea balik nama n PPN, lbh enak beli rumah second gan, krn pemilik jelas bkn perusahaan developer lg, terus utk hrg kita bs reka ke PPAT, jd utk pajaknya bs g terlalu tinggi, utk perumahan baru biasanya balik nama dr developer, trus utk hrg g bs diturunkan (reka) jdnya pajak g bs turun, itu aj sih gan, oya FYI kalo ada agan2 disini mau beli rumah di Jogjakarta, mau Kodya, Sleman, Bantul, Kulon Progo, atau Gunungkidul, pastikan agan bkn WNA, atau WNI keturunan, soalnya agan g bs punya sertifikat SHM, agan cm bs punya sertifikat SHGB ( no offense ya) emang kebijakan daerah ini ky gt, ane pny ipar beli rmh status SHM, pas balik nama ipar ane sama BPN seempat status diubah SHGB coz ipar ane WNI keturunan Chinesse, agan disini bisa cek klo kebetulab pny sodara di Jogja yg beli rmh

oya klo agan2 beli rumah or tanah dibawah hrg 60jt, pajaknya nihil, coz pajak untuk pembeli itu utk hrg tanah or rumah diatas 60 jt, klo pajak penjual full
Diubah oleh Mr. Popo
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:27
Quote:Original Posted By brandalz89
emng rata" biaya PPAT berapa ya om??


Tergantung gan...
Ente bs kok cm minta buat AJB aja...
Nanti buat Pajak & BPN nya ente yg urus sendiri...
Tapi balik lagi, semua tergantung kesepakatan agan sm PPAT nya...
0 0
0
Bingung Cara Balik Nama Sertifikat? Yuk Simak Infonya Di Sini, Gan!
20-04-2016 11:29
ijin bukmark gan, ilmu buat 2thn kedepan
0 0
0
Halaman 7 dari 29
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia