blackhacker72Avatar border
TS
blackhacker72
Kusta Bukan Penyakit Kutukan ! Jangan Kucilkan Mereka !
KUSTA atau lepra masih menjadi penyakit menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Pada tingkat yang parah, penyakit ini bisa membuat beberapa bagian tubuh si penderita hilang. Kusta disebabkan oleh sejenis bakteri yang memerlukan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh.

Selama berabad-abad, penyakit kusta menjadi ancaman yang mengerikan, bahkan sempat dikatakan bahwa kusta adalah kutukan dari Tuhan. Akibatnya, tidak jarang penghakiman kepada penderita kusta sangatlah kejam, seperti diasingkan ke daerah terpencil dan tertutup. Ilmu kedokteran sudah berkembang, dan segala tentang kusta sudah dipahami mulai dari sumber penyakit, cara penularan, hingga obatnya. Kusta sudah sangat jelas dapat disembuhkan, bahkan di Indonesia pengobatan kusta sifatnya gratis.



Tetapi, cara pandang masyarakat umum tentang kusta masihlah tidak berubah. Penderita kusta dianggap aib, baik di masyarakat dan keluarga, bahkan yang sudah mengikuti pengobatan hingga sembuh. Orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) tetap tidak dapat hidup normal di masyarakat. Anggapan masyarakat jika penyakit kusta bisa menular masih cukup kuat.

Pada kenyataanya, bukan hanya bagian tubuh saja yang hilang. Masalah pelik lain juga dialami sang penderita. Di antaranya sosial, ekonomi, budaya, dan keamanan. Bahkan, rasa kenyamanan saat harus bergaul dengan masyarakat.

Mengatasi permasalahan tersebut, Relawan #PutusUratMiskin dari efekgila.com bersama Dompet Peduli Umat Darut Tauhid (DPU) Darut Tauhid) memberikan bantuan pelatihan menjahit bagi orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) agar mereka dapat kembali bangkit, berkarya,dan mendapatkan kesetaraan sosial di masyarakat.



“Bagi sebagian orang, OYPMK dianggap momok dan dijauhi. Maka dari itu, kami ingin membantu mereka memiliki kesempatan berkarya dengan memberikan penyuluhan dan kursus menjahit secara cuma-cuma,” ujar Bryan Wicaksono (23) mewakili relawan #PutusUratMiskin.

Kursus yang digelar sepekan 3 kali pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dari pukul 9.30 WIB hingga 12.00 WIB ini bertempat di sebuah ruangan di mesjid Rahmi Hatta, Tangerang.



Diharapkan banyak orang yang mau membantu program #PutusUratMiskin Mesin Jahit Untuk Mantan Penyandang Kusta. Dasarnya, semua manusia punya hak untuk mendapatkan kesetaraan dan kesejahteraan hidup. Termasuk orang yang pernah mengalami kusta.



Mari bantu donasi penggalangan mesin jahit untuk para ibu-ibu mantan pengidap kusta.
Berapun donasinya sangat berarti bagi mereka untuk bangkit dan berkarya.

Amal adalah salah satu ibadah, bukalah pintu rejeki sahabat dari surga dgn melakukan perbuatan baik dgn amal. Karena selagi kita mampu, selagi diberikan waktu dan kesempatan berbuat kebajikan maka akan membuka pintu rejeki dari surga. Utk celengan kita nanti di alam surga.

Cara donasi :
1. Klik https://kitabisa.com/MesinJahitKusta
2. Klik Donasi Sekarang
3. Masukkan Nominal Donasi Kalian
4. Masukkan identitas kalian (nama, email, no.hp)
5. Pilih Metode Pembayaran (BCA, BNI, Mandiri, BRI, Kartu Kredit)
6. Dan lakukan transfer
Semoga Tuhan membalas kebaikan kita semua dan menjadikan hal ini sebagai inspirasi agar kita lebih banyak bersyukur.

0
1.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.