News
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5714ecc6947868c44c8b4573/kpu-ingin-dukungan-bakal-calon-perseorangan-pakai-meterai
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menginginkan surat pernyataan dukungan terhadap calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah ditambahkan meterai. Hal itu tercantum dalam draf Perubahan Kedua atas Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan kepala daerah. Draf itu ditambahkan satu ayat. Dalam Pasal 14 ayat 8 disebutkan bahwa meterai dibubuhkan pada perseoran
Lapor Hansip
18-04-2016 21:18

KPU Ingin Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pakai Meterai

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menginginkan surat pernyataan dukungan terhadap calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah ditambahkan meterai.

Hal itu tercantum dalam draf Perubahan Kedua atas Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan kepala daerah.

Draf itu ditambahkan satu ayat. Dalam Pasal 14 ayat 8 disebutkan bahwa meterai dibubuhkan pada perseorangan, dalam surat pernyataan dukungan dihimpun secara perseorangan atau materai dibubuhkan pada dokumen kolektif per desa, dalam surat pernyataan dukungan dihimpun kolektif per desa.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mempertanyakan alasan KPU mengunakan meterai. Menurut dia, penggunaan meterai akan membuat pembengkakan anggaran yang tidak perlu.

"Kalau pemilu itu harus efektif dan efisien, draf ini jadi tidak sesuai dengan semangat tersebut," kata Titi dalam acara uji publik rancangan PKPU terkait Pilkada di aula KPU, Jakarta, Senin (18/4/2016).

Titi sempat menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk verifikasi dukungan bakal calon perseorangan. Hasil perhitungannya, bakal calon akan mengeluarkan hingga miliaran rupiah.

"Kalau pakai contoh DPT 7 persen Jakarta itu ada 532.213 orang. Dengan pakai materai Rp 3000 menghabiskan dana Rp 1,5 miliar. Sedangkan kalau pakai materai Rp 6000, menghabiskan dana Rp 3,1 miliar. Walau kolektif per desa akan banyak makan biaya," kata Titi.

Menanggapi kritik Titi, komisioner KPU Fery Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, pihaknya akan memperimbangan kembali usulan tersebut.

"Kami akan pertimbangkan efektivitas penggunaan meterai untuk verifikasi," ucap Fery.


[SUMUR]


Apaa lagi NIH? emoticon-Cape d...

UPDATE


UPDATE
Diubah oleh misteri.soliter
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 7
KPU Ingin Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pakai Meterai
19-04-2016 11:20
Hehe alasan saja mo jegal emoticon-Big Grin
0 0
0
KPU Ingin Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pakai Meterai
19-04-2016 11:23
Quote:Original Posted By korelang
bener lah harus pake materai biar ada kekuatan hukum.
nunggu penjelasan om yusril ajaemoticon-Ngacir


Kekuatan hukum apaan itu metrai klo mau ada kekyatan hukum ke notaris sana.... metrai cuman akal akalan cari duit saja di negara lain jaga ada metrai metraian bikin surat kuasa di kedutaan juga ngak pakai metrai cuman di stampel sama notaris saja...
0 0
0
KPU Ingin Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pakai Meterai
19-04-2016 15:07
Quote:Original Posted By fuckbp3

wassuuuu jadi inget penyanyi DANGDUT, nunggu di gigit biar MODYAR emoticon-Ngakak


kasian gan, andai ada yg berani gugat EO nya karna nggak profesional, ular pake diganti-ganti emoticon-Cape d...
0 0
0
KPU Ingin Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pakai Meterai
19-04-2016 18:59
Quote:Original Posted By rootbreaker


Kekuatan hukum apaan itu metrai klo mau ada kekyatan hukum ke notaris sana.... metrai cuman akal akalan cari duit saja di negara lain jaga ada metrai metraian bikin surat kuasa di kedutaan juga ngak pakai metrai cuman di stampel sama notaris saja...


Setuju gan. Gila aja, kalo bener besok itu calon pendukung perseorangan tu jumlah minimalnya 15% DPT, artinya sekita 1jt orang buat ahok. Itu semua dikali 6rb rupiah, jadi kawan ahok harus keluar duit 6miliar, sakit jiwa.
0 0
0
KPU Ingin Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pakai Meterai
19-04-2016 19:24
semoga aja bukan obor rakyat jilid 2
0 0
0
KPU Ingin Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pakai Meterai
20-04-2016 12:44


UPDATE
Diubah oleh misteri.soliter
0 0
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia