BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Hari Bawa Bekal Nasional, tentang tren dan asal-usulnya
Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mamajang 1 menunjukkan bekalnya saat mengikuti kampanye Hari Bawa Bekal Nasional di Makassar (12 April 2013).
Tagar #HariBawaBekalNasional memuncaki Tren Twitter Indonesia, Selasa (12/4/2016). Akun pencatat tren Twitter, @TrendinaliaID, telah memberi sinyal ihwal melonjaknya tagar tersebut sejak pukul 7.02 WIB.

Beragam aktivitas meramaikan tagar itu, mulai dari berbagi ucapan selamat hingga berbagi foto bekal makanan. Sejumlah akun berpengaruh juga turut memopulerkannya. Termasuk para personel grup idol JKT48, seperti Yansen Indiani, Feni Fitriyanti, dan Aninditha Rahma.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi (@DediMulyadi71 ), juga turut berkicau ihwal peringatan ini. Ia membagikan foto dirinya yang tengah menyantap bekal makan siang bersama para siswa di Purwakarta.

Sebagai informasi, aktivitas membawa bekal memang dilakukan para siswa di Purwakarta saban hari. Inilah.com mencatat bahwa kebijakan membawa bekal bagi siswa di Purwakarta sudah diinisiasi sejak 2012. Tak heran bila Dedi menyebut Hari Bawa Bekal Nasional berlangsung setiap hari di kabupaten yang dipimpinnya sejak 2008 itu.
#HariBawaBekalNasional di Purwakarta diperingati setiap hari. saling berbagi antar pelajar membentuk karakter mereka [URL="https://S E N S O RoD1S9NMjdR"]pic.twitter.com/oD1S9NMjdR[/URL]
— Kang Dedi Mulyadi (@DediMulyadi71) April 12, 2016 #haribawabekalnasional ! Siapa yg suka bawa bekal dari rumah? Kalo yg ga suka bawa, sini tak masakin bekal dr rumah???????? harus di makan ya haha
— Aninditha Rahma (@R_AninJKT48) April 12, 2016hari ini #HariBawaBekalNasional ya? Di Purwakarta anak2 sekolah bawa bekal tiap hari lalu pas istirahat, begini ???? [URL="https://cumas2S7EGpWv"]pic.twitter.com/As2S7EGpWv[/URL]
— NEG (@negativisme) April 12, 2016@CosmopolitanFM @tupperwareID bawa bekal lebih sehat lebih hemat #tupperwarebawabekal #haribawabekalnasional [URL="https://S E N S O RdjiM41Q8Q1"]pic.twitter.com/djiM41Q8Q1[/URL]
— De' RA (@rahmaarss) April 12, 2016
Asal usul Hari Bawa Bekal Nasional

Situs web Sekretariat Kabinet, memuat daftar hari-hari penting di Indonesia. Namun "Hari Bawa Bekal Nasional" atau semacamnya tak termuat di daftar itu. Pada tanggal 12 April juga tak tercantum apapun.

Sejauh ini, belum ada keputusan presiden, lembaga negara, dan menteri tertentu soal Hari Bawa Bekal Nasional. Hal itu merujuk pada keterangan Setkab, bahwa hari-hari penting yang mereka catat telah dibagi berdasar:
Hari-Hari Besar Nasional yang Ditetapkan oleh PresidenHari-Hari yang Ditetapkan oleh Masing-Masing Menteri/Kepala LembagaHari-Hari yang Ditetapkan/Disepakati oleh Masing-Masing Lembaga/Komunitas TertentuHari-Hari Besar Keagamaan.
Penelurusan lewat mesin pencari Google, menampilkan bahwa artikel soal Hari Bawa Bekal Nasional sudah muncul sejak tahun 2013. Berikut sejumlah artikel tahun 2013 yang memuat cerita soal peringatan ini:
Antara News (12 April 2013) "Tupperware kampanyekan Hari Bawa Bekal Nasional"Intisari Online(12 April 2013) "Pencanangan Kampanye "Hari Bawa Bekal Nasional"Beritasore.com (12 April 2013) "12 April, Hari Bawa Bekal Nasional"
Dari arsip-arsip artikel itu, terjelaskan bahwa Hari Bawa Bekal Nasional merupakan kampanye dari Tupperware, perusahaan multi-nasional asal Amerika Serikat yang memproduksi produk plastik untuk keperluan rumah tangga.

Dalam kampanye ini, Tupperware berkerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan Nasional RI, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Acara pengesahan kampanye Hari Bawa Bekal Nasional, berlangsung pada 12 April 2013, dilaksanakan serentak di empat kota: Jakarta, Medan, Pontianak, dan Makassar.

Artikel Antara News menyinggung alasan kampanye ini. Antara lain, soal data BPOM pada tahun 2006-2010 yang menyebut bahwa 40 - 44 persen jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat kesehatan. Lantaran itu, membiasakan anak membawa bekal dianggap sebagai salah satu solusi untuk menjamin nutrisi dan kesehatan anak.

Akun Muhammad Isa di Kompasiana, menyebut bahwa peringatan ini juga selaras dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39/2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

Pasal 3 peraturan itu mengamanatkan materi pembinaan siswa yang meliputi, kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi. Salah satu turunan dari amanat itu adalah "melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah."

Adapun bagi Tupperware, kampanye Hari Bawa Bekal Nasional merupakan puncak program Aku Anak Sehat yang telah berjalan sejak 2007.

Tahun ini, Tupperware kembali merayakan Hari Bawa Bekal Nasional. Pusat perayaan berlangsung di lapangan parkir Sarinah, Thamrin, Jakarta. Sejak pagi tadi (12/4), Tupperware [URL="http://tupperware.co.id/bawabekal/article/tips

Baca Selengkapnya : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-asal-usulnya

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.id
icon
13.4KThread730Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.