Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
926
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb89b61cbfaa18388b456d/generasi-muda-wajib-masuk-islam-melarang-gaya-rambut-potongan-qoza
Islam agama yang syamil mutakamil. Ia bukan hanya mengatur ibadah ritual tetapi juga memberikan tuntunan kepada umatnya dalam segala segi kehidupan, termasuk masalah mode. Qoza’ yang kini banyak dijumpai ternyata adalah mode potong rambut yang dilarang dalam Islam. Qoza’ adalah memotong rambut secara tidak rata sehingga sebagian dicukur habis (dibotaki), sebagian lainnya tidak dipotong atau di
Lapor Hansip
30-03-2016 15:09

(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!

Islam agama yang syamil mutakamil. Ia bukan hanya mengatur ibadah ritual tetapi juga memberikan tuntunan kepada umatnya dalam segala segi kehidupan, termasuk masalah mode.

Qoza’ yang kini banyak dijumpai ternyata adalah mode potong rambut yang dilarang dalam Islam.

Qoza’ adalah memotong rambut secara tidak rata sehingga sebagian dicukur habis (dibotaki), sebagian lainnya tidak dipotong atau dibiarkan panjang hingga membentuk motif tertentu. Misalnya ukiran, suatu lambang, atau garis-garis.

Qoza’ sebenarnya telah ada sejak zaman jahiliyah. Rasulullah kemudian memberikan tuntunan kepada umatnya bahwa qoza’ merupakan perbuatan yang dilarang.

عَنْ نَافِعٍ مَوْلَى عَبْدِ اللهِ أَنهُ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ – رضى الله عنهما – يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – يَنْهَى عَنِ الْقَزَعِ


Dari Nafi’ Maula Abdullah bahwa ia mendengar Ibnu Umar radhiyallahu anhuma mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari)

Hadits lain melalui jalur Anas bin Malik juga menegaskan larangan yang sama

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَن رَسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – نَهَى عَنِ الْقَزَعِ


Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari)

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan qoza’ adalah:

يُحْلَقُ بَعْضُ رَأْسِ الصبِى وَيُتْرَكُ بَعْضٌ

Mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian lainnya (HR. Muslim)

Rasulullah juga pernah melihat qoza’ secara langsung lalu beliau melarangnya.

رأَى رسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – صَبِيّاً قَدْ حُلِقَ بَعْضُ شَعْرِ رَأسِهِ وَتُرِكَ بَعْضُهُ ، فَنَهَاهُمْ عَنْ ذَلِكَ ، وقال : احْلِقُوهُ كُلهُ ، أَوِ اتْرُكُوهُ كُلهُ


Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah melihat anak yang dicukur sebagian rambutnya dan dibiarkan sebagian lainnya, maka beliau melarang hal itu dan bersabda: “Cukurlah seluruhnya atau biarkan seluruhnya” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa para ulama telah sepakat bahwa qoza’ ini hukumnya makruh. Kecuali jika untuk keperluan tertentu seperti bekam atau pengobatan. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah.net]

SUMBER : TARBIYAH.NET

INI DIA GAYA RAMBUT QOZA :

(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!



MOHON MAAF BILA ADA PENYAMPAIAN DAN KATA-KATA YANG BELUM DIMENGERTI DI KOMEN,SAYA HANYALAH HAMBA YANG TIDAK LUPUT DARI KESALAHAN DAN JAUH DARI KESEMPURNAAN


PENDAPAT BIJAK DARI SAUDARA-SAUDARA KU YANG BERIMAN :


Quote:Original Posted By spinjacktuna
Ane luruskan dulu rambut qoza tidak HARAM

Potongan qoza hukumnya Makruh(tidak berdosa tapi Allah tidak menyukai hal tersebut), artinya lebih baik tidak melakukannya.

Potongan side part undercut/klimis yg trend sekarang tidak masalah karena hanya cukur tipis samping tidak cukur habis/botak, karena yg dimaksud potongan qoza adalah cukur botak habis sampe akar samping belakang atau depan.

Quote:Original Posted By heavenlyhost
Subhanaallah,kita hidup dijaman dimana kita mengingat kan seseorang agar lebih paham,malah banyak yang nyela bully ,kan tolol, emang si NERAKAKU BUKAN URUSANMU DAN SURGA BELOM TENTU JADI TEMPATMU, tapi apa salahnya kita sebagai manusia saling mengingatkan,geleng geleng aja dah liat yang ngaku islam liat thread kayak gini malah ngebully mencibir emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By rondeanget
saya udah tau lama ini mas gan, alhamdulillah ada yang ngeshare, kalo yang gak suka yaudh biarin aja, namany hidup emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By sasikiranawibaw
Alhamdulillah ada yg bikin thread kaya gini di kaskus. Ane tau ini udah mayan lama gan, soalnya di sekolah ane pernah dibahas, dan kalau haram memang haram, gak peduli mau ngetrend apa enggak hehe.




Quote:Original Posted By fire.girls13
Ane perempuan ane jg tahu ckur kyk gni emg gak boleh dlu pnh baca artikel ilmu islam dlm nanggepin ckuran kyk gni




Quote:Original Posted By hellboy1109
ane cuma bisa bantu emoticon-Rate 5 Star


Mantap isi trit nya...dan alhamduliillaah ane dari dulu sekolah sampe sekarang kerja selalu potong rambut model gundul alias cuma sisa 3 cm doang...ngirit shampoo dan berasa semriwing kalo kena hembusan angin emoticon-Big Grin




Dan ane cuma ketawa aja baca comment2 disini yang menghujat TS habis habisan...emoticon-Ngakak (kayak udah merasa paling bener aja)




Quote:Original Posted By erwin6661
ane dah tobat gan cukur gituan, karna udah tau nabi ngelarang, ane gk cukur gitu lagi.emoticon-Malu (S)

woe buat elu yg laen jangan pada ribut. itu yg bilang bukan TS lo, itu nabi yg bilang. sbagai muslim kita wajib mngikutinya bukan malah mengolok-olokinya. emoticon-Peace

emoticon-No Sara Please



Quote:Original Posted By Burtowsky
Bakal banyak yang comment "negatif", gan! but, buat syiar why not. Rasul aja dulu waktu syiar gak semua orang nerima. So, keep posting and be positive.emoticon-Shakehand2



Quote:Original Posted By rainshine
Ane potongan model apaan ya? emoticon-Bingung (S) yang penting rapih sih emoticon-Big Grin
Kalo qoza emang dilarang dan dari dulu juga ane ga minat potongan rambut model begitu emoticon-Big Grin
Ntar malah disangka ngasih jalur buat kutu lewat emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By bacanomer
gak sopan banget potong model gitu



MEREKA YANG TIDAK MENGERTI :


Quote:Original Posted By kuda.unta
Peduli setan
Asal perbuatan dlm keseharian baik n gak ganggu org
Cuek aja


Quote:Original Posted By jon.sansiro
ada orang jaman jahiliyah nyasar di kaskus


Quote:Original Posted By HPP2
Pertamak di trit aliran cingkrang


DAN SAYA DIBELA OLEH MEREKA YANG MENGERTI

Quote:Original Posted By piramidaini


si HPP2 yg menyebut Islam aliran cingkrang harus kita lacak dan telanjangi dimuka umum, hajar habis2an dan perkosa istri/pacarnya
Diubah oleh mohammadwahabi
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 10 dari 47
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:43
seru di sesi komen
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:46
Quote:Original Posted By anggaadd
Belum pernah ngikutin trend rambut beginian emoticon-Big Grin
Dan, gak akan pernah buat nyoba emoticon-Big Grin


bagus kalau begitu emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By zack.ve
Alhamdulillah ane ga orrnah cukuran model gitu gan. Hahaha


bagus kalau begitu emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By captain.luffy
seru di sesi komen


emoticon-Smilie
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:47
Quote:Original Posted By captain.luffy
seru di sesi komen


Ada sesi tanya jawab juga gan.? Hehehehe
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:50
Subhanaallah,kita hidup dijaman dimana kita mengingat kan seseorang agar lebih paham,malah banyak yang nyela bully ,kan tolol, emang si NERAKAKU BUKAN URUSANMU DAN SURGA BELOM TENTU JADI TEMPATMU, tapi apa salahnya kita sebagai manusia saling mengingatkan,geleng geleng aja dah liat yang ngaku islam liat thread kayak gini malah ngebully mencibir emoticon-Cape d...
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:50
saya udah tau lama ini mas gan, alhamdulillah ada yang ngeshare, kalo yang gak suka yaudh biarin aja, namany hidup emoticon-Smilie
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:52
Quote:Original Posted By arifaz17

kok komennya komendan yg satu ini diloncati? kagak dikomen balik. padahal komendan gadankz menyampaikan syiar juga lho ndan TS. jadi ngakak liat tingkah polahnya TS.
kalo mau berdakwah, gak perlu sampe mengkafirkan orang lain lah masbro. karena belum tentu yg situ lakukan selama ini udah paling benar dan yang lain salah.
ane kagak pernah potong kayak gitu. tapi cara ente menyampaikan dakwah yg ane rasa jadi terkesan frontal.
Keep Calm. emoticon-Big Grin


tujuan sy tidak ingin menyudutkan TS gan, tp sesama saudara muslim sy wajib mengingatkan sesama. tidak perlu dikomen balik yg penting pesannya sampai... InsyaAllah.
sy kok jd ingat Syi'ir Tanpo Waton Al-magfurlah KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ada penggalannya berbunyi :

Akeh kang apal quran hadise
Seneng ngafirke marang liyane
Kafire dewe dak digatekke
Yen isih kotor ati akale

(Banyak yang hapal Quran dan hadistnya
Seneng mengfkafirkan pada lainnya
Kafirnya sendiri nggak diperhatikan
Yang masih kotor hati akalnya)

semoga kita termasuk golongan yg selalu mendapat hidayah Allah SWT...
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:53
Quote:Original Posted By zorro.roronoa


akang ga modus atuh neng,neng orang sunda ya ? emoticon-Wowcantik emoticon-rose


iya bener emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By pegasuschibi



mending pacarin ane aja sis, nggak aneh2 emoticon-Wowcantik emoticon-Big Grin


emoticon-Takut (S)

0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:58
nice info gan emoticon-thumbsup
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:58
Quote:Original Posted By khalifah05
Kalo menurut ane pribadi sih potong rambut gaya qoza itu justru kyk orang kampungan, alias norak, org ngeliat bknnya malah simpatik, jadinya malah aneh! emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Setubuh sama ente gan, no offense ya. Dari kecil emang enggak tertarik sama model rambut begituan emoticon-Big Grin
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 20:58
Lanjutkan gan TS..emoticon-Toast
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:04
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:05
mau lu orang nya gaul kek,berduit kek emoticon-Tai , tetap dari dulu sebelum potongan model begitu jadi trend sekarang ,ane dari dulu memandang nya ya...klo bukan orang kampungan yg pengen paksa jadi sok keren , ya.... sejenis bangsa alay lah emoticon-Najis

orang yg kulit kepala nya bekas abis d bacok,robek gara2 kecelakaan aje sampai bekas nya keliatan kulit nya aje kadang malu buat menampak kan , lah...elu yg normal malah bangga. gak sekalian aje k tempat ane biar ane bantu in bacok kulit kepala ente emoticon-Wakaka
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:07
MOHAWK boleh gak gan??? emoticon-Hai
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:10
meski baru tau kalo itu haram,
ane malu potong model begitu
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:14
wkwkwkw...Ontaaaaaaaaaaaaa....ribet amat urusin rambut.emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:14
Alhamdulillah ada yg mengingatkan dan jujur ane baru tau... dari dulu jg ane gk pernah tertarik cukur model begitu... kesannya agak norak gmn gto... lbh suka yg simple rapi aja... No offense emoticon-Malu
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:22
Dear TS..

Thread Lu sbenarnya bagus, malah bisa dikatakan bagus sekali..
Tapi cara lu tong nanggepin komen2 tak bermutu, apalagi sampe ngatain orang seenaknya sendiri dan menjudge orang lain tidak punya agama. Ente mengatakan klo ente difitnah tapi disini ente juga memfitnah orang.. Istighfar tong

Saran aja niih gan mending perdalam lagi ilmu agamanya, pikir dahulu sebelum kata2 ente keluar, agar tdk menjadi bumbu bully kedepannya..
Diubah oleh febrykamek
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:26
qoza=skin rambut??
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:30
Banyak yang nanya.."Jadi model rambut yang mna?"
Pahami hadist ini
Dari Ibn Umar beliau berkata, “Rasulullah
shallallaahu alaihi wa sallam bersabda,
ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﺑﻘﻮﻡ ﻓﻬﻮ ﻣﻨﻬﻢ
‘Barangsiapa menyerupai suatu kaum
maka ia termasuk bagian dari
mereka” (HR Abu Dawud, hasan)

Nah mau disamain? emoticon-Smilie

Tapi yah udah sunnatullah sih.. Salah satu tanda hari kiamat kan emoticon-Smilie selamat berpikir.. emoticon-Cool

Quote:Original Posted By sitch_07
Jadi kalo motong rambut gt = dosa?
Barbershop artinya sumber dosa dong?
Kayaknya minum sambil berdiri jg dilarang deh?
Tapi kok ga ada yg protes kalo pas lagi nikahan?

Kalo menurut gua, dasarnya itu norma yg berlaku saat itu.
Dimana pada jaman tsb, potongan rambut ga rata dan makan minum sambil berdiri ga lazim.
Bukan berarti kalo dilakuin = dosa.
Ada2 aja manusia jaman skrg. emoticon-Big Grin
Ga bs bedain Tuntunan dan Aturan.


Kebiasaan orang indonesia itu gini gan.. Yang sunnah di tinggalkan, yang makruh malah dijalankan.. Hehe seharusnya kebalik.. Klo dilarang pasti banyak mudrhatnya.. Klo agan belajar ushul fiqih pasti lebih ngerti kenapa suatu aturan bisa ditetapkan..

Quote:Original Posted By mohammadwahabi


ada apa dengan username saya ?
username saya berasal dari nama saya M.Wahab
apa salah punya nama seperti itu ?
apa saya harus punya nama kebarat-baratan ?


Hadapi dengan kepala dingin aja gan emoticon-Smilie, masyarakat agak sensitif dengan nama belakang agan.. Ceritanya panjang(cenderung banyak fitnah)
Tapi saran lebih bagus tambahin abdul karena wahab itu salah satu asmaul husna(nama ALLAH).. Memakai nama yang bagus itu sangat dianjurkan..
Dan satu lagi saran ane.. Agan udah bagus karena mau menyampaikan dakwah.. Dan bisa Lebih bagus lagi jika perdalami ilmu agamanya..

Diubah oleh okyo.d.r.z
0 0
0
(GENERASI MUDA WAJIB MASUK) ISLAM MELARANG GAYA RAMBUT POTONGAN QOZA !!
30-03-2016 21:54
Quote:Original Posted By gadankz


tujuan sy tidak ingin menyudutkan TS gan, tp sesama saudara muslim sy wajib mengingatkan sesama. tidak perlu dikomen balik yg penting pesannya sampai... InsyaAllah.
sy kok jd ingat Syi'ir Tanpo Waton Al-magfurlah KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ada penggalannya berbunyi :

Akeh kang apal quran hadise
Seneng ngafirke marang liyane
Kafire dewe dak digatekke
Yen isih kotor ati akale

(Banyak yang hapal Quran dan hadistnya
Seneng mengfkafirkan pada lainnya
Kafirnya sendiri nggak diperhatikan
Yang masih kotor hati akalnya)

semoga kita termasuk golongan yg selalu mendapat hidayah Allah SWT...


Amiin.. Tapi ane agak kurang setuju ama syair itu gan.. Hehehe
Karena orang yang hapal alquran dan hadist serta sudah ahli dalam ilmu2 yang berkenaan dengan tafsir maupun pemahamannya.. Tidak akan mudah mengkafirkan seseorang.. Bahkan Ulama2 salafus sholih(sahabat,tabi, tabiu tabiin) mengangap perkara ini sangat berat..
emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By the.ironhead
rambut belah tengah juga engga boleh gan


Klo agan belajar ushul fiqih.. Salah satu kaidahnya disebutkan begini " dunia itu pada asalnya Halal sampai ada dalil yang mengharamkannya"
Maksudnya ap .. Begini klo ada suatu permasalahan tentang dunia.. Yang tidak ada dalil yang mengharamkannya.. Pada dasrnya boleh.. Cuma liat juga pendapat2 ulama disekitar agan.. Karena kewajiban orang awam kyak kita itu harus ikut ulama.. Jadi ga sembarangan menetapkan aturan.. emoticon-Smilie
Diubah oleh okyo.d.r.z
0 0
0
Halaman 10 dari 47
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia