News
Batal
KATEGORI
link has been copied
223
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56f4dc4e1cbfaad6458b4568/mui-sepatu-dan-baju-juga-harus-punya-sertifikasi-halal
Selain makanan dan minuman, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga akan melakukan sertifikasi halal terhadap produk non konsumtif ke depannya. Produk-produk tersebut seperti sepatu, baju, celana, dan pakaian lainnya. Ketua MUI, Ma’ruf Amin, mengatakan sertifikasi itu dilakukan terkait banyaknya laporan dari masyarakat, mengenai bahan yang digunakan untuk membuat berbagai produk. Menurutnya, selama i
Lapor Hansip
25-03-2016 13:35

MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal

Selain makanan dan minuman, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga akan melakukan sertifikasi halal terhadap produk non konsumtif ke depannya. Produk-produk tersebut seperti sepatu, baju, celana, dan pakaian lainnya.

Ketua MUI, Ma’ruf Amin, mengatakan sertifikasi itu dilakukan terkait banyaknya laporan dari masyarakat, mengenai bahan yang digunakan untuk membuat berbagai produk. Menurutnya, selama ini sering ditemukan bahan pakaian yang terbuat dari kulit babi.

“Makanya karena berasal dari bahan yang haram, jadi tetap saja tidak boleh dipakai,” kata Ma’ruf saat menghadiri sebuah seminar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Kamis.

Ma’ruf mengungkapkan, pada tahun 2018 mendatang setidaknya sebanyak 85 persen produk di Indonesia harus tersertifikasi halal. Sampai saat ini menurutnya masih sangat sedikit produk yang beredar di pasaran yang bersertifikasi halal.
“Hanya ada sekitar 15 persen saja,” papar Ma’ruf.

Dengan cara itu, Ma’ruf menilai masyarakat akan lebih terlindungi untuk menggunakan produk-produk yang beredar.

“Bahkan standar kita saat ini tidak hanya diakui di tingkat nasional tapi juga secara global. Sebab, permintaan sertifikasi juga berdatangan dari China dan Korea,” urainya.

http://m.news.viva.co.id/news/read/7...tifikasi-halal

Setoran sana sink ternyata masih kurang emoticon-Gila
Diubah oleh lknightmare11
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 12
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 00:44
Setau gua babi haram kalo dimakan..
Dalilnya mana nih kalo masalah pakaian?
Yang haram kalo pake baju dari hasil maling / korupsi
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 00:46
sejalian semen, paku beton, cat tembok dll
siapa tahu mengandung bahan haram.

huhuhue
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 00:51
Quote:Original Posted By propalestina


efeknya cuma najis aja gan setau ane kalau najis dibawa sholat kagak sah , untuk non muslim sih kagak masalah kalau ada babi atau yang pake produknya juga gak masalah bagi non-muslim , masalahnya di muslim aja , jadi kalau tau itu dari kulit babi , muslim mana sih mau pake ? yang mana kudu sholat sehari 5x sehari . pan berabe kalau kagak sholat gan .

Padahal enzim babi dibawa buat naik haji lho emoticon-Big Grin
Sebenernya nih ormas jobdes nya apaan ya? emoticon-Big Grin
Kl mengurusi masalah agama udah ada kemenag emoticon-Big Grin
Kl soal makanan kenapa kaga dikasih ke bppom? emoticon-Big Grin
Kl produksi dll kasih kementrian terkait? emoticon-Big Grin
Jika begitu itu pembuatan elektronik, dr elektroda, dioda, smp arus energi dr kumparan kudu diperiksa jg dong siapa tau menciptakan listrik haram? emoticon-Big Grin
Trs jika kita order sepatu yg sudah halal tp kurirnya mampir beli babi guling dl trs megang2x sepatu itu tanggung jawab sapa? emoticon-Big Grin


Sebegitu rendahnya kah kaum gua sampe2x "anjuran/ajakan/himbauan" yang terkesan dipaksakan itu sampe2x seperti tidak punya akal dan naluri untuk survive buat hidup padahal itu sudah sepaket diberi Allah SWT buat pegangan hidup kita supaya sesuai agama? emoticon-Nohope

Apabila emang bener2x untuk menegakkan dan menjaga Islam, maukah ormas ini di audit? emoticon-Nohope

Apabila bener2x nih ormas bekerja demi umat, maukah nih ormas bikin standar gratisan? Biaya operasional dibuat terbuka mengenai pembuatan baru dan perpanjangan sesuai golongan macem di tol.

Dasar agama Islam di Indonesia ini sendiri patokannya masih abu2x emoticon-Nohope
Coba yg udah pernah naik haji pasti tau deh rasanya emoticon-Nohope
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 00:53
agama bisnis, sejak dulu pun ini agama lahir karena ekonomi.
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 00:59
Quote:Original Posted By propalestina


setau ane sih , dulu penciptaan babi pada saat jaman nabi nuh / noah. yang mana 1 kapal isinya kotoran hewan, jadi karena nabi nuh merasa risih dengan adanya kotoran hewan , beliau meminta sama ALLAH untuk menyelesaikan masalah ini , lalu ALLAH menciptakan babi dari hewan gajah, dan dimakan lah semua kotoran hewan di kapal nabi nuh itu .

agan bisa cari di google : keyword = penciptaan babi versi muslim , anjing , kucing dll.
lucu" sih ceritanya tapi memang menarik untuk cerita penghantar tidur anak emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Ditanya serius, malah jawabannya ngelawak. emoticon-Nohope


emoticon-Wakaka
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 01:22
gak cuma pemerintah aja yg bisa kejar target pajak...si mui jg bisa coy...
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 01:58
Bagaimana harga barang di kita bisa turun yah. Kalau ada biaya biaya tambahan seperti ini. Blum dari pengeluaran pengeluaran yg tak terduga lainnya lagi
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 02:16
stempel mana stempel.....



Wkwkwkwkwk....
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 05:46
dari kulit babi emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 07:28
Quote:Original Posted By okeboyz85


emoticon-Marah

Sembarangan ngomong

mereka pemegangan kunci surga emoticon-Malu


Wow
Seenak udel dong keluar masuk ke surga emoticon-Big Grin
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 07:32
ati2 gan..ntar hengpong juga mengandung tante pig..
harus ada sertfikasi emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 07:38
Ohhhh ya sudah dimaklumin aja. Skr ini ekonomi lg susah, jadi kalo ga dibuat buat yg seperti ini mah ga makan MUI, ga bisa nge beer, ga bisa happy happy lah. Kasihan ui MUI nya

Cuma apa bener masyarakat yg minta sertifikasi ini????? Kalo kata ratna terompet come onnn.....

Wakakaakakaakakkakak ada ada aja ulah ini manusia manusia MUI, ga kita kira caranya
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 09:07
Hijab aja ada yang halal...
Masak yang lain gak ada?

Harus Halal semua dong ahhh
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 09:12
Quote:Original Posted By propalestina


segala bentuk dari babi itu udah haram gan , jadi gak perlu cari" lagi
ntar nanya lagi paduan sholat itu di al qur'an .

tapi mungkin karena agan mau belajar ane kasih deh ayatnya dan hadistnya

إِنمَا حَرمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدمَ وَلَحْمَ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِل بِهِ لِغَيْرِ اللّهِ فَمَنِ اضْطُر غَيْرَ بَاغٍ وَلاَ عَادٍ فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِن اللّهَ غَفُورٌ رحِيمٌ

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah.” (QS. Al Baqarah: 173)

Firman-Nya:

حُرمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالْدمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِل لِغَيْرِ اللّهِ بِهِ

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.” (QS. Al Maa’idah: 3)

Dan firman-Nya:

إِنمَا حَرمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالْدمَ وَلَحْمَ الْخَنزِيرِ وَمَا أُهِل لِغَيْرِ اللّهِ بِهِ

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah.” (QS. An Nahl: 115)

Demikian juga sabda beliau:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَن رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ قَالَ إِن اللهَ حَرمَ الْخَمْرَ وَثَمَنَهَا وَحَرمَ الْمَيْتَةَ وَثَمَنَهَا وَحَرمَ الْخِنْزِيرَ وَثَمَنَهُ

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan khamr dan hasil penjualannya dan mengharamkan bangkai dan hasil penjualannya serta mengharamkan babi dan hasil penjualannya.” (HR. Abu Daud)

Dengan demikian jelaslah haramnya daging babi dan seluruh anggota tubuhnya. (Ibnu Hazm menandaskan hukum ini merupakan ijma’ dalam kitab Al Muhalla 7/390-430)

jadi disini jelas ya , seluruh tubuh babi itu haram , apalagi kulit babi dari sepatu atau jaket ya gan.


Sorry bos, gw liat-liat cuma lu yang serius bahas ini thread. Gw mau tanya:
Mana yang benar:
1. Semua itu halal kecuali yang di haramkan, atau
2. Semua itu haram kecuali yang di halalkan
3. Dari seluruh dzat di muka bumi ini, mana yang lebih banyak?yang haram atau yang halal?


Dasar hukumnya, terkait dengan isi thread ini.
Diubah oleh vladimirvlavin
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 09:33
kenapa ngga sekalian sertifikasikan oksigen yang kita hirup, biar ketauan mana udara yang mengandung babi mana yang ngga?emoticon-Wkwkwk
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 09:39
besok kalo urusan stampel halal di ambil alih pemerintah bisa kejang2 kali nih mui kekurangan fulus emoticon-Ngakak (S)

btw stampel halal di GTI Syariah masih ada gak tuh emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 09:42
Hidup yg sangat ribet
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 09:52
Wah ada kategori baru, mayan tuh pundi2nya

Kemarin makanan minuman..

Barangkali ada indikasi pakaian dr serat bulu babi dan kirik, jd tampak khawatir apparel hrs di stempel halal.

Habis ini pasti elektronik, furniture, bahan bangunan, dsb distempel halal.
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 10:05
Quote:Original Posted By propalestina


efeknya cuma najis aja gan setau ane kalau najis dibawa sholat kagak sah , untuk non muslim sih kagak masalah kalau ada babi atau yang pake produknya juga gak masalah bagi non-muslim , masalahnya di muslim aja , jadi kalau tau itu dari kulit babi , muslim mana sih mau pake ? yang mana kudu sholat sehari 5x sehari . pan berabe kalau kagak sholat gan .

tidak berguna sama sekali.
kasian si babi..emoticon-Turut Berduka



saran ane buat para babi2, ntar klo uda mati protes aja tuh sama Tuhan.

tanyakan ke Tuhan: "(Tuhan.. bukankah anda itu Maha Adil, tp kenapa dahlil anda seakan2 mendiskriminasikan saya, sampai2 matipun tubuh saya tidak diperbolehkan untuk dibuat sesuatu apapun. apakah sebegitu bodohnya anda dgn gelar sang maha sempurna tp menciptakan sebuah karya yg tidak bisa berguna sama sekali untuk sebuah kehidupan yg anda ciptakan sendiri, bahkan menjadi penghalang hubungan antara engkau dan manusia.)"
emoticon-Traveller
0 0
0
MUI: Sepatu dan Baju Juga Harus Punya Sertifikasi Halal
26-03-2016 10:14
Di negara yang mayoritas non muslim, perlu adnya sertifikat halal.

Di negata yang mayoritas muslim, yg diperlukan adlh sertifikat haram.

Ane muslim tp ane g setuju dg sertifikat2 itu. Misal bakso mau dijual di sertifikatin. Lolos dan dinyatakan halal.

Nah orang yg jual di kemudian hri. Ane mau yakin halal g drmn? Kn yg di tes bkn bakso yg ane mau makan. Apa ane mau makan harus di sertifikatin dlu??
0 0
0
Halaman 8 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia