News
Batal
KATEGORI
link has been copied
801
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56f25cebdc06bd4f188b456b/keputusan-pemerintah-soal-taksi-berbasis-aplikasi
Kemarin terjadi aksi unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan oleh para pengemudi taksi dan angkutan umum untuk menolak adanya transportasi berbasis aplikasi. Setelah terjadinya demonstrasi itu, kini Pemerintah memutuskan bahwa taksi berbasis aplikasi harus mematuhi peraturan Undang-Undan nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Darat. Cekidot beritanya gan Quote:Ini Keputusan Pemerinta
Lapor Hansip
23-03-2016 16:07

Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi

Past Hot Thread
Kemarin terjadi aksi unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan oleh para pengemudi taksi dan angkutan umum untuk menolak adanya transportasi berbasis aplikasi. Setelah terjadinya demonstrasi itu, kini Pemerintah memutuskan bahwa taksi berbasis aplikasi harus mematuhi peraturan Undang-Undan nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Darat.

Cekidot beritanya gan

Quote:Ini Keputusan Pemerintah soal Taksi Uber dan Grabcar

Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi

Pemerintah memutuskan bahwa taksi Uber dan Grabcar harus mematuhi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Darat.

Kedua perusahaan tersebut mesti bergabung ke dalam operator angkutan yang legal.

Keputusan itu didapat setelah rapat antara Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rabu (23/3/2016).

Rapat yang digelar di Ruang Bima, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu dipimpin Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.

"Posisi saat ini untuk Uber Taxi dan Grabcar, belum memiliki izin angkutan umum resmi atau belum bekerja sama dengan operator yang memiliki izin angkutan umum resmi," ujar Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Sugihardjo usai rapat.

"Jadi, solusinya sudah ketemu. Mereka akan bekerja sama dengan operator angkutan umum yang memliki izin operasi resmi. Baik nantinya sebagai taksi atau angkutan sewa," kata dia.

Lebih spesifik lagi, pemerintah memberikan dua alternatif bagi Grabcar, apakah bergabung ke dalam perusahaan taksi atau hanya cukup berbadan hukum sebagai perusahaan rental mobil saja.

Sementara Uber hanya dimungkinkan untuk bekerja sama dengan perusahaan rental mobil.

Meski demikian, pemerintah menyadari hal itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Akan ada masa transisi di mana Uber dan Grabcar mendaftarkan dirinya sebagai moda angkutan umum yang resmi memiliki izin.

Proses itu pun membutuhkan sejumlah syarat.

Sugihardjo melanjutkan, Rabu sore nanti, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan rapat bersama manajemen Uber dan Grabcar untuk membicarakan syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi kedua perusahaan itu agar mendapatkan izin angkutan umum resmi.

"Dari hasil rapat itu, besok, jam 15.00 WIB, kami rapat kembali dipimpin Menko Polhukam untuk menentukan kira-kira berapa lama masa transisi yang dibutuhkan untuk menyesuaikan aturan yang berlaku," ujar dia.

Jika dalam masa transisi yang ditetapkan, dua perusahaan itu tidak segera bergabung ke operator, pemerintah akan melakukan tindakan tegas sesuai UU tentang angkutan umum ilegal.

sumur


Quote:Kemenhub Tawarkan Pilihan ke Uber dan Grab

Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya memberikan pilihan solusi kepada Uber dan Grab terkait polemik yang terjadi saat ini.

Meski demikian, solusi yang ditawarkannya belum menjadi keputusan mutlak dari pemerintah. Pasalnya, pemerintah akan kembali menggelar rapat dipimpin Menko Polhukam Luhut Panjaitan hari ini.

"Jadi, tadi kami sudah tanyakan, pilihannya ada dua yaitu apakah sebagai operator angkutan atau sebagai informasi teknologi (IT) provider atau hanya penyedia jasa aplikasi," kata Plt Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo saat konfrensi pers di Kemenhub, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Dia juga menjelaskan, jika memilih sebagai operator angkutan, tentu harus tunduk pada aturan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Jalan.

"Tentunya kalau dia harus memenuhi berbagai aturan mengenai badan hukumnya, sudah pasti kendaraan yang mereka miliki harus terdaftar, kalau operasinya sebagai taksi. Mereka juga mesti punya argo meter yang ditetapkan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat," imbuhnya.

Sugihardjo menambahkan, jika taksi online ini ditetapkan sebagai rental car, maka mereka harus menggunakan pelat hitam dan tanda khusus yang diberikan kepolisian. Ini dikarenakan semua angkutan umum harus terdaftar baik kaitannya dengan uji KIR maupun dengan aspek-aspek pengamanannya.

"Untuk pengemudinya, jika mereka memang sebagai pengemudi angkutan umum, maka pengemudinya harus memiliki SIM umum. Itu sudah diatur di UU, tinggal pilihannya mau jadi operator lakukan itu. Tapi kalau mau jadi penyedia jasa aplikasi itu silakan," papar dia.

Menurutnya, jika Uber dan Grab memilih sebagai penyedia jasa aplikasi, harus bekerja sama dengan pengusaha angkutan umum resmi yang sudah terdaftar.

"Seperti Grab, ada namanya Grab Taxi yang itu enggak menyalahi dan kerja sama dengan operator-operator taksi yang enggak punya sistem aplikasi itu tetap jalan, enggak ada yang dilanggar," tegasnya.

Sementara, untuk Uber dan Grab jika ingin cepat mendapatkan izin, maka bisa berbentuk perusahaan rental mobil.

"Kalau bentuk rental kan banyak di DKI, angkutan-angkutan rental yang punya izin, kalau punya cepat silakan kerja sama dengan yang punya izin, tapi mereka katakan akan membentuk koperasi, silakan juga. Tapi semuanya harus mengikuti aturan yang ada," tutup Sugihardjo.

sumur


Semogaa aja pemerintah bisa secepatnya mengatasi permasalahan antara taksi konvensional dan taksi berbasis aplikasi ini. Dan juga angkutan umum ini bisa berkesinambungan dan bisa membangun kota Jakarta dan Indonesia lebih baik lagi transportasinya. Dan masyarakat jadi nggak susah dan nyaman ketika menggunakan angkutan transportasi umum.


Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
Diubah oleh mangmamas25
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 41
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:18
masalah kayak gini harusnya diselesain sama petinggi2 taksi konvensional, taksi online, dan pemerintah. duduk berembuk bareng2 fokus ke solusi. semua akar dari keributan itu kan nyari keadilan. kasian juga supir2 yang jadi korban kapitalis.
semoga masalahnya cepet kelar.
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:18
rombak total undang-undangnya ah elah jadi pejabat males amat ngerubah undang-undang.

zaman udah canggih pak, pemikiran jadul tinggalin dah.

solusinya kagak enak gw bilang sih

emoticon-Ngakak
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:20
Quote:Original Posted By visacom
Ada perusahaan konveksi namanya BlueCrot yg menjual baju2nya di mall dalam hal ini dia harus sewa tempat,bayar iuran a,i,u,e,o dan keamanan,pajak reklame,parkir,dll

Nah ada satu perusahaan lagi namanya UberCloth dia gak produksi sendiri baju2nya dia cuma reseller doang terus dia jualan online di FJB,OLX dll

Barang kualitas sama tapi UberCloth jauh lebih murah,nah si BlueCrot ngomel,ngamuk,mewek guling2 di lantai

Bluecrot protes dia nyalahin Pemerintah,dia suruh Pemerintah tutup UberCloth

Pemerintah bilang gak ada urusan Pemerintah dalam hal ini kalo mau BlueCrot saingi UberCloth dengan cara buka toko online juga

Kan gak ada yg maksa lu dagang di mall,gak ada yg maksa lu produksi baju sendiri

Gak ada paksaan dari Pemerintah lu usaha taxi konven,gak ada yg maksa lu beli mobil banyak2

Kalo mewek soal regulasi ya jelas lu diketawain orang,jelas dagang di mall lebih ribet dari dagang online

Taxi Konven peraturannya jelas jauh lebih ribet dari Grab atau Uber,siapa suruh lu bikin Taxi Konven bukannya aplikasi Ride Sharing kayak Uber atau Grab hayoo?

Daripada lu mewek mending lu bikin aplikasi kayak Uber pake mobil orang lain dan plat hitam namain Blue Trans,Blue Band,Blue Safir apa kek..



betul nih... setuju banget ane. semua harus ngikutin perkembangan jaman. sekarang semua serba online. mau ngapa2in pake online.

liat aja tuh nokia, dulu mentereng no 1 dipasar ponsel, tp karna ga ada inovasi sekarang ancur total. mana ada yg mau beli hp nokia sekarang. seperti itulah contohnya
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:21
Bener gan.. Semoga perselusihan antar moda transportasi ini cepet terselesaikan kasihan masyaakat pengguna yang jado korban
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:21
teknologi kan ada nya di dunia, kalo diindonesia gak ada itu
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:22
kalo tegas dari awal gak bakalan begini... adek kakak kelahi rebutan mainan, tetap ortunya yg salah..
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:22

SATU LAGI

Semua perusahaan taxi.kek ato apa aj yg yg berbau moda transportasi massal
semua kan tetap masyarakat yg MENILAI, masyarakat yg PAKE, mna yg nyaman..murah..praktis..
konsumen kan RAJA. nah kalo semua.yg mnurut masyarakat NYAMAN didalam.menggunakan alat transportasi umum/massal itu dibuat ribet..yg UJUNGnya malah bikin masyarakat g NYAMAN lg mungkin tatifnya jd NAIK, ato pelayanany jd g bagus.??
ya SUDAH...WASSALAM...
KALO MASYARAKAT PAKE KENDARAAN PRIBADI. yg berakibat pd MENINGKATNYA KEMACETAN...
INNALILLAHI.
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:22
kenyataan nya tetap saja macet
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:23
kmaren polisi ga pake gas air mata, peluru karet ya?, yg bayar kerusakan, pengobatan sapa nih
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:23
gk setuju gw emoticon-Marah
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:24
Quote:Original Posted By semaput.dara
Gak yakin ah ada yang mau ngusut.
Backingnya BB kan pentolan OrBa.
Coba liat rusuh kemaren. Ada aparat gak?
Gak ada kan? Cenderung ngebiarin aja kan?
Karena BB backingnya kuat emoticon-Ngakak



yah suram dah..mending lindungin keluarga masing2 dah dan orang terdekat sekitar...klo mental driver nya kaya begitu semua ngeri juga..klo lg naek taksi blueprett tiba2 supirnya ngeliat jaket ijo ngojek terus dia atraksi debus nelen golok nyembur api ngeri juga ane...ahhahaha...emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:25
kalo presiden kpengen duduk nyaman, silakan turutin kemauan rakyat.
btw cagub jkt berikutnya dukung onlen apa koneksi yah...
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:26
nanti bakal ada pahlawan lg gak
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:26
wah...bakal naik ongkosnya
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:26
damai itu indah gan, kenapa harus anarkis demo nya
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:27
The point is as a customer chooses the cheapest one! emoticon-Toast
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:27
Quote:Original Posted By ariedarma83



betul nih... setuju banget ane. semua harus ngikutin perkembangan jaman. sekarang semua serba online. mau ngapa2in pake online.

liat aja tuh nokia, dulu mentereng no 1 dipasar ponsel, tp karna ga ada inovasi sekarang ancur total. mana ada yg mau beli hp nokia sekarang. seperti itulah contohnya


ah coba nokia potong harga
separuh dibanding kompetitornya
pasti laku keras lah
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:27
nanti adalagi nih rental vs taxi.Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:28
kenapa g bikin aturan baru emoticon-Bingung (S) masa mengatur hal2 yg baru pakai aturan yg dah lama kok kayaknya terlalu patuh sama aturan lama ya emoticon-Nohope klo kyk gini mah orang susah mau inovasi klo aturan nya g bisa berkembang ikutin perkembangan jaman emoticon-Nohope tinggal tunggu waktu aja pedagang konvesional ngeluh biar pedagang online untuk di kenain pajak macem2 emoticon-Nohope emoticon-Shutup
0 0
0
Keputusan Pemerintah Soal Taksi Berbasis Aplikasi
23-03-2016 21:29
Modal hape sama mobil pribadi, paman gober udah bisa dapat duit.. Angry bird dan kawan kawannya harus urus ini itu bayar ini itu nyediain ini itu ngikutin aturan ini itu baru bisa nyari duit...
Logika yang belum bisa ane dapat, supaya bisa bersaing dengan paman gober, istilah kerennya uptodate, angry bird harus bikin aplikasi online juga buat reservasi??? Hubungannya dimana pake aplikasi online sama tarif jadi lebih murah??
Dipemikiran para pendukung paman gober, gak masalah nerobos lampu merah asal hati senang cepat sampai, peduli amat ke yang sudah rela bermenit2 nunggu lampu hijau menyala baru bisa jalan...
0 0
0
Halaman 13 dari 41
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia