• Beranda
  • ...
  • Japan
  • CONVENIENCE STORE DI JEPANG, LEBIH DARI SEKEDAR MINI MARKET!

karaksaAvatar border
TS
karaksa
CONVENIENCE STORE DI JEPANG, LEBIH DARI SEKEDAR MINI MARKET!

MAIDO!!

Halo lagi, Semua!
Mudah-mudahan pada seneng baca artikelnya trus bisa nambah pengetahuan dikit juga tentang Jepang sama Kansai, soalnya ane juga seneng banget bisa share di sini emoticon-Betty (S)

Jadi tema kali ini lebih ke hal-hal yang menurut kita agak “luar biasa” di convenience store (biasa disingkat jadi kombini).
Kombini itu udah ada dari 30 tahun yang lalu di Jepang. Jumlahnya aja gila banget! Total di seluruh Jepang ada sekitar 54.000 toko! Perkembangannya sampe 8x lipat dari awal-awalnya tahun 1980an. Jadi kebayanglah yaaa gimana Kombini jadi bagian dari kehidupan orang Jepang? Di tiap sudut ada! Stasiun kereta, perkantoran, airport, ..SEMUA. Udah kayak penyangga hidup aja, hahha..

Spoiler for :

http://frequ2156.blog.fc2.com/blog-entry-106.html


Beberapa tahun belakangan, kombini yang ada di Jepang juga akhirnya “buka cabang” di Indonesia. Kombini di Indonesia bahkan jadi salah satu opsi yang dijadiin anak-anak muda sebagai alternatif tempat "nongkrong" murah meriah buat ngobrol sama temen-temen. Bentuk kombini di Indonesia, kayak Lawson, Seven Eleven, Mini Stop, Family Mart, and Circle-K. Logo, penampakan, setting dalem toko, sama produknya juga banyak banget yang sama (bekal atau di Jepang disebutnya sih bento, onigiri, sama snack ringan).

Lha, terus kalo sama semua, APA YANG BEDA? Nih ya, Gan, yang bikin beda tapi asli KEREN BANGETmenurut ane;

1. Bisa bayar tagihan bulanan!

Spoiler for :

Ngomongin soal tagihan bulanan, di Jepang tuh banyaak banget yang harus dibayar. Mulai dari sewa apartemen, gas, listrik, telepon (hape sama rumah), asuransi, uang sekolah, tagihan kartu kredit, dan bahkan online shopping (Oops! Yang ini favorit kita, hahaha).
Kalo di Indonesia kan harus bayar pake ATM atau langsung ke Bank. Nah, ini nih, kalo ke Bank yang repot, cuma bisa pas jam kerja aja kan ya? RIBET deh emoticon-Hammer (S)Sementara kalo di kombini, kapan aja bisa! Wuhuuuww..
Terus prosedurnya gimana? Gampang!
Jadi kita bawa slip bayaran yang dikirim ke apartemen (sewaan, Gan, bukan kayak di Jakarta hahha) kita tiap bulan, nah kita bawa deh ke kombini dan langsung bilang sama kasirnya mau bayar. Tagihannya juga lengkap sama barcode gitu kok, jadi ga usah nulis lagi.


2. Beli tiket
Nih yaa, SEMUA MACAM TIKET bisa dibeli di sini! Eksebisi, pameran, konser, tanda masuk museum, daaaan lainnya. Asli praktisss banget!

Spoiler for :


3. Sedia Minuman botol dan kaleng HANGAT
Kopi sama teh kayaknya minuman wajib di Jepang dan biasanya disimpen di kulkas super gede atau di etalase took. Tapi kayak yang kita tau, Jepang kan negara 4 musim yang mayoritas udaranya dingin. Makanya minuman hangat jadi kebuthan pas musim-musim ini. Terus, apa harus minum yang dingin juga? TENANG! Kombini punya kulkas PANAS. Iya, kulkas panas emoticon-Malu (S)

Jadi kapan pun kita perlu ngangetin badan, langsung ke kombini buat beli minuman hangatlah deh! Aman, damai, sejahtera. Hahaha.

Spoiler for :

Jadi, menurut ane itulah 3 hal yang bikin kaget dari kombini Jepang. Mungkin buat yang udah pernah ke jepang bisa share hal lain yang bikin kaget lainnya ke ane supaya pas balik kerja bisa langsung cek dan kaget bareng deh! Hehehe..

Lain kali kalo pas ke Jepang dan lupa apa-apa ga usah khawatir yaa, soalnya kan bisa nemuin semuanya di sini juga, apalagi bisa dibilang kombini pasti ada di radius 500 meter deh. BEBAS STRESS!

OOKINI!

Jangan lupa follow & like SNS kita yaa!
Facebook : karaksa.id
Twitter : karaksa_id
Instagram : karaksa.id
0
5.3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Japan
Japan
icon
1.3KThread636Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.