News
Batal
KATEGORI
link has been copied
846
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53cce150a3cb17a8758b4676/pojok-tanya-jawab-masalah-pajak-sepuas-puasnya-fast-respone
halo agan-agan ane cuma pengen membantu temen-temen yang masih galau untuk masalah perpajakan di Indo. ane bisa bantu sebisa ane. :malus monggo silahkan bertanya gan
Lapor Hansip
21-07-2014 16:45

Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)

halo agan-agan ane cuma pengen membantu temen-temen yang masih galau untuk masalah perpajakan di Indo. ane bisa bantu sebisa ane. emoticon-Malu (S) monggo silahkan bertanya gan
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan tata604 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 38
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
21-07-2014 17:00

minta pendapat agan aja

menurut agan, kelembagaan Ditjen Pajak saat ini sudah oke dengan kondisi sekarang atau perlu adanya keleluasaan alias otonomi kelembagaan? alasan agan apa?

trims gan
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
21-07-2014 17:16
Quote:Original Posted By avenyfunky
menurut agan, kelembagaan Ditjen Pajak saat ini sudah oke dengan kondisi sekarang atau perlu adanya keleluasaan alias otonomi kelembagaan? alasan agan apa?

trims gan


wah pertanyaannya mengarah ke internal DJP ya. FYI ane bukan pegawai DJP gan. tapi beberapa teman dekat, banyak yang bekerja disana. Jadi sedikit banyak ane tau polemik internal dari curhatan mereka. Menurut kebanyakan mereka sih itu mepet banget HARUS SEGERA dilakukan. Karena DJP adalah penghimpun hampir 80% APBN negara, untuk institusi seperti itu, ane bahkan semua orang merasa DJP sudah seharusnya terpisah dan tidak terjerat lagi dibawah Kementerian Keuangan.

Bayangin aja gan, tanggung jawab pegawainya berat-berat ternyata loh. Ditarget penerimaan negara harus tercapai tiap tahunnya, namun di dalemnya masih harus menghadapi birokrasi yang sangat panjang, benturan sana-sini, hak-hak pegawai yang masih kurang.

Faktanya, negara-negara maju semacam Singapura, Malaysia, Australia Korea Selatan, Jepang, Amerika serikat, dll sudah beberapa langkah lebih di depan kita, lembaga pajak ya lembaga pajak berdiri independen.
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
21-07-2014 18:23
Quote:Original Posted By flowluxia


wah pertanyaannya mengarah ke internal DJP ya. FYI ane bukan pegawai DJP gan. tapi beberapa teman dekat, banyak yang bekerja disana. Jadi sedikit banyak ane tau polemik internal dari curhatan mereka. Menurut kebanyakan mereka sih itu mepet banget HARUS SEGERA dilakukan. Karena DJP adalah penghimpun hampir 80% APBN negara, untuk institusi seperti itu, ane bahkan semua orang merasa DJP sudah seharusnya terpisah dan tidak terjerat lagi dibawah Kementerian Keuangan.

Bayangin aja gan, tanggung jawab pegawainya berat-berat ternyata loh. Ditarget penerimaan negara harus tercapai tiap tahunnya, namun di dalemnya masih harus menghadapi birokrasi yang sangat panjang, benturan sana-sini, hak-hak pegawai yang masih kurang.

Faktanya, negara-negara maju semacam Singapura, Malaysia, Australia Korea Selatan, Jepang, Amerika serikat, dll sudah beberapa langkah lebih di depan kita, lembaga pajak ya lembaga pajak berdiri independen.


Apakah dengan menguatnya kelembagaan Ditjen Pajak, menurut agan Ditjen Pajak mampu lebih optimal dalam bekerja menghimpun penerimaan negara dari perpajakan? Alasan agan apa?

Terima kasih gan
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
21-07-2014 19:02
Quote:Original Posted By avenyfunky


Apakah dengan menguatnya kelembagaan Ditjen Pajak, menurut agan Ditjen Pajak mampu lebih optimal dalam bekerja menghimpun penerimaan negara dari perpajakan? Alasan agan apa?

Terima kasih gan


Kemungkinan bakal lebih optimal. Karena reward dan punishment-nya jadi semakin jelas. Itu konsekuensi bagi pegawainya nanti gan. Siap lebih modernisasi lagi, siap bekerja dengan lebih profesional lagi, tapi nanti kemungkinan ada kompensasi berupa tunjangan, mengenyam pendidikan yang lebih baik. Mungkin sekelas Bank Indonesia nanti take home pay-nya, enak juga ya kalo dipikir-pikir. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
21-07-2014 20:14
Nanya dikit gan, penasaran aja soal pajak 2 ini:
- Katanya kalo jual rumah sekarang ada PPN-nya ya gan? Itu nanti dihitungnya gimana ya?
- Kalo misalnya ada orang, si A berpenghasilan ganda: 1 tetap dari kantor, 1 sambilan kecil2an (entah jualan tahu goreng, bikin website, atau main saham) itu perhitungan PPhnya gimana sih? Let's say si A rata menerima 10 juta sebulan dari kantor terus sampingannya random, kadang ada pemasukan kadang nggak... Apakah sampingan wajib dilaporkan juga? Kalau tidak, ada batas minimal kah?
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
21-07-2014 20:34
Quote:Original Posted By ReverseF
Nanya dikit gan, penasaran aja soal pajak 2 ini:
- Katanya kalo jual rumah sekarang ada PPN-nya ya gan? Itu nanti dihitungnya gimana ya?
- Kalo misalnya ada orang, si A berpenghasilan ganda: 1 tetap dari kantor, 1 sambilan kecil2an (entah jualan tahu goreng, bikin website, atau main saham) itu perhitungan PPhnya gimana sih? Let's say si A rata menerima 10 juta sebulan dari kantor terus sampingannya random, kadang ada pemasukan kadang nggak... Apakah sampingan wajib dilaporkan juga? Kalau tidak, ada batas minimal kah?


bantu jawab, kebetulan pernah belajar masalah pajak. kalo salah bisa dibenerin TS sama2 belajar.hehee..
1. kalo agan jualnya perseorangan misal :
Joni jual rumah sama Boy berapapun gak kena PPN gan.
kecuali agan punya usaha real estate ato jual beli rumah.
nah kalo itu ada PPN nya.
2. untuk penghasilan yang dikantor biasanya kan udah dipotong sama kantor jd PPh Pasal 21 tuh gan jadi aman. tinggal lapor nanti di SPT Tahunannya.
untuk pekerjaan sampingannya kalo dibawah 4,8 M setahun tinggal setor PPh Final berdasar PP 46 sebesar 1% dari omzet.

itu yang ane tahu sih.
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
23-07-2014 06:48
nah, itu sudah dijawab. silahkan buat penanya berikutnya... emoticon-Big Grin
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
25-07-2014 11:31
tlg nanya sedikit mengenai perpajakan gan. ane usaha bergerak dibidang jasa fotografi sdh pny npwp terdaftar mulai 2005, kemudian tahun 2013 ane pindah rumah. yg ane tanyakan:
1. apakah dgn pindah rumah itu ane harus lapor ke dirjen pajak sesuai wilayah ane yg baru?
2.,dengan pindahnya rumah ane sekaligus juga udh gak kerja dibidang fotografi lagi, apakah ane jg hrs lapor dan rubah pekerjaan ane yg skrg kerja makelaran? klo iya perhitungan pajaknya utk makelar gmn ya?

itu dulu pertanyaan ane gan semoga bisa dibalas secepatnya. thx..
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
25-07-2014 14:31
Terima kasih atas jawabannya agan2 sekalian emoticon-Matabelo
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
26-09-2014 09:03

Tanya Gan

Gan ane mahasiswa yang sedang penelitian buat skripsi, ane ambil tema penerapan e-nofa dan e-faktur sebagai upaya untuk meningkatkan pelaporan wajib pajak nah metode pengumpulan data ane pake kualitatif, mungkin ada saran gan buat informan yang tepat ? trus koneksi buat kesananya makasih ya sebelumnya
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
22-10-2014 16:53

Tolong bantu gan, thank you :)

gan, sorry bisa tolong bantu ane ga?

gini gan kasusnya, ane kerja di PT.A July 2012 - Januari 2014.
tahun 2014 ini ane belum laporin pajak penghasilan ane berarti yang tahun 2013 ya.
sebelumnya diurusin PT.A jadi ane dikasih SPT tahunan tinggal serahin ke petugas ambil buktinya selesai.
nah, ane belum tanya nih sama perusahaan A apa SPT Tahunan ane sudah di laporin

yang mau ane tanyain :
- berarti pajak tahun 2013 ane harusnya dibayar oleh perusahaan A. betul ga?
- apa ane kena denda karna telat bayar? 100 ribu ya?
- ane harus ke kantor pajak semua wilayah atau sesuai dengan tempat ane bikin npwp? (kasusnya ane telat lapor)
- perhitungan dan isinya gimana sih gan?

ane mau nutup npwp nya abis ane males lapor pajak.

tapi saudara ane bilang ribet waktu dia mau nutup npwp ditanyain gini
Pajak : Kenapa ibu mau nutup NPWP ?
Saudara : Saya sudah tidak kerja lagi pak, ngurus ibu saya yang sakit. (kenyataannya begitu)
Pajak : kalau ibu tidak kerja , kebutuhan sehari-hari ibu dan mamanya siapa yang tanggung?
Saudara : kakak saya (kenyataan juga)
Pajak : Saudara ibu kerja apa ? sudah punya NPWP?
zzzzzz.. ribetttt..

Kurang lebih gitu gan, disurvey dulu kerumah.
kalau ane pikir2 sih mending ga usah ditutup, pertama ribet kedua kalau nanti mau ambil KPR rumah wajib ada NPWP.

Kalau kata2 ane membingungkan, silahkan tanya gan.
Thank you untuk bantuannya emoticon-Shakehand2
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
23-10-2014 07:14
Quote:Original Posted By m4rl3n3

gini gan kasusnya, ane kerja di PT.A July 2012 - Januari 2014.
tahun 2014 ini ane belum laporin pajak penghasilan ane berarti yang tahun 2013 ya.
sebelumnya diurusin PT.A jadi ane dikasih SPT tahunan tinggal serahin ke petugas ambil buktinya selesai.
nah, ane belum tanya nih sama perusahaan A apa SPT Tahunan ane sudah di laporin
yang mau ane tanyain :
- berarti pajak tahun 2013 ane harusnya dibayar oleh perusahaan A. betul ga?
- apa ane kena denda karna telat bayar? 100 ribu ya?
- ane harus ke kantor pajak semua wilayah atau sesuai dengan tempat ane bikin npwp? (kasusnya ane telat lapor)
- perhitungan dan isinya gimana sih gan?


Sama kantor PT.A dikasih form 1721-A1 (bukti pemotongan pph21 karyawan) tahun kalender 2013 ngga ?
Kalau dikasih ya tinggal isi aja spt 1770SS (aslinya sih maksimal akhir maret 2014) tapi masih boleh kok ngisi telat sekarang sebelum 31 desember 2014)
Datang aja ke kantor pajak sesuai alamat tempat npwp nya, nanti dibantu sama AO pajak nya.
Tapi kalau gak dikasih form 1721-A1 berarti kantor PT.A nggak ngelaporin anda tahun kalender 2013 ke pajak.
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
24-10-2014 01:21
gan ane belum laporan SPT untuk tahun 2013 kmrn.
kira-kira masih boleh gak yah klo lapor sekarang. sanksinya apa aj ?
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
24-10-2014 12:53
Quote:Original Posted By Mr. XanaX
gan ane belum laporan SPT untuk tahun 2013 kmrn.
kira-kira masih boleh gak yah klo lapor sekarang. sanksinya apa aj ?


Isi spt 1770SS lalu langsung aja gan datang ke kpp tempat domisili agan, lalu serahin. gak ada sanksi apa2 kok sampai 31 des 2014 emoticon-Malu (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
24-10-2014 21:29
Quote:Original Posted By okenet


Isi spt 1770SS lalu langsung aja gan datang ke kpp tempat domisili agan, lalu serahin. gak ada sanksi apa2 kok sampai 31 des 2014 emoticon-Malu (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)


ok, thx atas bantuannya gan emoticon-Toast
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
06-05-2015 15:34
gan aku ada problem nih tentang ppn baru pertama kali ngalamin.
kalo misalnya ppn masukan 7jt ppn keluaran cuma 60rb itu pas laporannya gimana ya gan?
persyaratannya apa aja ya gan? bakal ditanya2 detail gak gan? tks gan
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
06-05-2015 17:18
wah kebetulan nih, ane mau nanya gan.
ane kan rencana mau bikin npwp tuh, soalnya kalo mau bikin apa2 sekarang persyaratannya harus ada npwp.
nah yg ane takutin klo misalkan ane bikin npwp itu kita harus bayar pajak nya brapa ya gan? per bulan? atau per tahun?
thanks gan emoticon-Smilie
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
19-05-2015 03:10
ijin nyimak gan..kali kali aja nambah ilmu..
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
18-03-2016 11:14
gan ane nanya ya..
ane WP pribadi/perorangan bukan badan, tiap bulan setor pajak ke kas negara via bank, jadi ada tanda terima SSP
kode akun 411128
kode setoran 420
untuk pasal pph final 1%

apakah wajib/harus lapor SPT bulanan atau sejenisnya dimana ada lembar 3 SSP yang harus di laporkan sesuai tertera di formulir
mungkin bisa dijelaskan ke ane dan temen2 ane juga, makasih banyak sesudah dan sebelumnya niy
0 0
0
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
20-03-2016 16:45

npwp dan efin

Slmt sore gan..
Ane kan mau lapor pajak...
Nah pas daftar efin kata org pajaknya npwp ane ga terdeteksi..
Krn sistem pajak blm terintegrasi antara satu kpp ke kpp lainnya jd ane hrs lgsg ke kpp asal..berhub. Ane blm bs ijin dr kntr jd ane minta solusi lain...
Akhirnya dibuatkan npwp br secara online dan sdh dpt efinnya...
Kan ane sdh dpt formulir 1721 dgn npwp lama nih...
Mnrt agan ane urus dl npwp lama ane apa menggunakan yg br?
Krn kan yg br blm ada 1721...
Mohon pencerahannya gan..
0 0
0
Halaman 1 dari 38
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
benarkah-tuhan-itu-ada
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia