budimansia
TS
budimansia
Nah lhoo, tiba2 Jokowi minta Proyek Hambalang dicek ulang. Termasuk kasus hukumnya?
Jokowi Amati Hambalang
JUM'AT, 18 MARET 2016 , 17:38:00 WIB



Presiden Joko Widodo, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/3). Setelah melihat kondisi bangunan-bangunan utama yang memprihatinkan, Jokowi yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono, Menpora Imam Nahrawi, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo, Bupati Bogor Nurhayanti dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi, merencanakan perhitungan ulang terkait rencana pembangunan kembali proyek Hambalang yang mangkrak sejak 2012 lalu. Penghitungan itu akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta sejumlah pemangku kepentingan lainya.
http://www.rmol.co/read/2016/03/18/2...ati-Hambalang-


JOKOWI MINTA PROYEK HAMBALANG DICEK ULANG
JUM'AT, 18 MARET 2016 , 16:26:00 WIB

RMOL. Presiden RI Joko Widodo dan Menpora Imam Nahrawi telah meninjau langsung kondisi Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor.

Sebelum memutuskan dilanjutkan atau tidak, presiden minta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengecekan menyeluruh.

"Dua hari lalu Menpora melaporkan kondisi Hambalang, karena itu saya ingin mengecek langsung. Sebab ini sudah menghabiskan anggaran triliunan. Harus diputuskan lanjut atau tidak. Yang penting penyelamatan aset negara," kata Jokowi di Bogor, Jumat (18/3).

Jokowi melihat lima bangunan yaitu GOR, Gedung Serba Guna, dan tiga asrama di proyek Hambalang. Dia didampingi Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Jokowi, Imam dan Basuki terlihat serius berdiskusi terkait kondisi bangunan yang terlantar itu.

Jokowi ingin Kementerian PUPR mengecek masalah stabilitas tanah, pondasi, struktur bangunan dan banyak lainnya. Bila dibutuhkan, pemeirntah pusat akan meminta masukan dari Bupati Bogor, Nurhayanti.

"Cek secara total. Begitu juga dengan segera peralatan sport science maupun AC, juga harus diinventaris. Kalau tidak cepat diputuskan akan musnah," tegas presiden.

Setelah di cek, pemerintah akan membahas lagi peruntukan lahan dalam waktu paling lambat dua pekan lagi.

"Apakah untuk sekolah olah raga, seperti rencana semula, atau untuk wisma atlet tempat pemusatan latihan, atau juga Rusunawa atau dibiarkan saja seperti ini. Bisa juga nanti malah dikembangkan," imbuhnya.

Pembangunan Hambalang merupakan hasil kajian Kemenpora pada 1998, yang awalnya untuk mengganti sekolah olah raga Ragunan. Hambalang memiliki luas sekitar 32 hektar bagi 18 cabang olah raga
http://politik.rmol.co/read/2016/03/...g-Dicek-Ulang-


Jokowi Perintahkan BPKP Dilibatkan dalam Audit Hambalang
JUM'AT, 18 MARET 2016 | 15:36 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah tampaknya hendak meneruskan proyek Wisma Atlet Hambalang yang statusnya masih terlunta-lunta. Namun sebelum meneruskan pembangunan, Presiden Joko Widodo meminta lembaga dan kementerian terkait untuk mengaudit terlebih dahulu. Salah satu yang akan diajak audit ialah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Saya ingin turunkan BPKP, agar kalau ke depan diputuskan lanjut menjadi jelas," kata Presiden Jokowi di tengah kunjungan ke Wisma Atlet Hambalang, Bogor, Jumat, 18 Maret 2016. Pemerintah, lanjutnya, akan secepatnya memutuskan proyek wisma atlet apakah diteruskan atau tidak.

Keputusan cepat diperlukan lantaran ada sejumlah sarana dan prasarana yang sudah dibeli tapi tidak terpakai. Beberapa di antaranya adalah pendingin udara dan mebel. Selain itu, Presiden Jokowi juga menerima laporan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga kalau penanggung jawab proyek mesti mengeluarkan biaya bulanan.

Biaya itu dipakai untuk keamanan dan perawatan. "Biayanya besar, miliaran. BUMN sudah mengeluh," kata Presiden Jokowi.

PT Adhi Karya Tbk (persero) merupakan pemenang tender proyek wisma atlet. Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan menyatakan kerja sama operasi (KSO) mengalami kerugian lantaran harus menjaga dan merawat proyek tanpa ada imbalan. Namun ia menolak mengungkapkan jumlah kerugian yang ditanggung.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi akan membawa persoalan wisma atlet ke rapat terbatas kabinet. Ia tak memasang target kapan proyek itu bakal tuntas. Menurut dia, semuanya tergantung audit yang juga akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Mereka perlu waktu," ucapnya.

Proyek Wisma Atlet Hambalang terhenti lantaran terjadi kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara dan anggota DPR. Pengadilan menilai terjadi kerugian negara sebesar Rp 461 miliar di proyek berbiaya Rp 1,17 triliun. Skandal korupsi itu melibatkan mantan Menpora Andi Mallarangeng; anggota DPR, Angelina Sondakh; dan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

Kini, kondisi wisma amat memprihatinkan. Sebagian besar bangunan yang belum selesai dibangun tampak usang. Rumput liar setinggi orang dewasa mengelilingi bangunan utama seperti asrama atlet. Fasilitas seperti pendingin udara dan lemari terbengkalai. Dengan ditemani Menpora Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Presiden Jokowi melihat-lihat kondisi tiga gedung utama. Ikut pula juru bicara kepresidenan, Johan Budi.
https://sport.tempo.co/read/news/201...udit-hambalang

Quote:



Keasikan Mengkritik, SBY Tak Sadar Disentil Jokowi
JUM'AT, 18 MARET 2016 , 22:42:00 WIB


Jokowi dan SBY

RMOL. Susilo Bambang Yudhoyono sepertinya tak sadar sedang disentil Presiden Joko Widodo. Langkah Jokowi meninjau mega proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/3) pagi, secara tak langsung merupakan bentuk sindiran terhadap Ketua Umum Partai Demokrat yang belum lama ini melakukan roadshow.

"Presiden Jokowi ini memiliki pola komunikasi high contact. Seperti saat menyindir MKD dengan mengumpulkan para pelawak di Istana. Maka tindakan Jokowi ke Hambalang memang untuk menjawab kritik SBY yang cukup gencar dalam roadshow ya," kata Ketua DPP PAN Teguh Juwarno saat dikontak, Jumat (18/3).

Adapun SBY saat ini sedang keliling Jawa untuk menyerap aspirasi masyarakat jelang Pilkada serentak. SBY Tour De Java ini berlangsung selama 16 hari mengunjungi empat provinsi di Pulau Jawa.

"Karena Hambalang peninggalan era SBY yang sangat erat dengan tokoh-tokoh Partai Demokrat," tegas Teguh.

Pagi tadi Presiden Joko Widodo meninjau mega proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Proyek Hambalang merupakan salah satu megaproyek di era Presiden SBY.

Menpora Andi Mallarangeng dan adiknya Zulkarnain Mallarangeng menjadi terpidana dan tersangka dalam kasus korupsi proyek ini. Begitu pula dengan Ketum Demokrat Anas Urbaningrum yang menerima gratifikasi terkait proyek ini.
http://politik.rmol.co/read/2016/03/...sentil-Jokowi-

------------------------------

Gaya politik ala jawa, memang menarik karena penuh dengan simbol-simbol. Ada yang bisik-bisik, bahwa Jokowi ke Hambalang bukan sekedar menyindir SBY yang getol mengkritik proyek-proyek infrastruktur yang sedang dibangun Jokowi .... tetapi jauh dari itu, yaitu ketika Demokrat melemparkan wacana akan mencapreskan Ibu ANI-SBY di Pilpres 2019 yad. Nah, itu secara politis, berarti itu bisa dianggap sebagai sebuah ancaman terbuka, bukan? Soalnya bukankah itu hal yang nggak sopan secara etika politik? karena Prsiden yang berkuas, baru juga menjabt kurang dari 2 tahun.


emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh budimansia 19-03-2016 01:38
0
58.4K
446
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.