udin6067Avatar border
TS
udin6067
Haji Mabrur : Sebuah Fenomena Empiris
Haji Mabrur : Sebuah Fenomena Empiris


Sumber : Buletin Ulul Albab No.01/Th.11/Juni 1991, Iskandar Al-Warisy

Dan dari Abu Hurairah: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Satu Umrah ke Umrah lain adalah penghapus (dosa-dosa) antara keduanya, sedangkan hajji yang mabrur tiada balasan lain selain surge (HR. Jamaah Kecuai A. Dawud).

Informasi dari hadist tersebut hanya memberitahukan bahwa suatu balasan bagi orang yang menjalankan hajji mabrur akan mendapatkan surge, tetapi hadist tersebut tidak menjelaskan APA dan BAGAIMANA mendapatkan hajji mabrur, sehingga banyak umat islam mencoba memberikan takwil tentang APA dan BAGAIMANA mendapatkan hajji mabrur, bagi umat islam yang masih melakukan sinkritisme dengan ajaran Jawanya, melahirkan versi penafsiran sesuai dengan ajaran Jawa, demikian juga yang melakukan sinkritisme dengan ajaran-ajaran selain Islam yang melahirkan polanya sendiri-sendiri.

Apabila ditinjau dari sudut pendekatannya ada yang sangat tradisional dan irrasional, data-data yang digunakan dalam menganalisa tidak dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, mereka lebih menggunakan rekaan secara spekulatif, sehingga sebagian besar dari mereka, cenderung memandang hakekat hajji mabrur sebagai suatu fenomena yang bersifat religious, penuh dengan kesakralan, jauh dari hal-hal yang mengandung urusan keduniawian, baik sebagai terapi kemanusiaan, sosialisasi budaya dan politik. Sehingga banyak sekali orang-orang setelah melakukan ibadah hajji, tidak semakin baik sikap dan ketundukannya kepada Allah justru semakin berani, mereka tidak segan-segan mengkoreksi dan menentang hokum-hukum Allah dan diantara mereka ada yang meninggalkan usaha untuk membangun masyarakat taqwa.
Spoiler for "Penjelasan Tentang Arti Hajji":

Berangkat dari landasan pemikiran diatas, orang Islam yang melakukan ibadah hajji, sesungguhnya mereka melakukan ziarah ke Baitullah, merupakan tempat yang bersejarah bagi hamba-hamba Allah. Tentunya mereka yang paling baik ziarahnya adalah mereka yang paling mengetahu dan memahami berkas-berkas sejarah yang terdapat pada Baitullah baik yang tampak maupun yang tidak tampak, kemudian mereka mampu mengambil pelajaran dan menjadikan terapi, prinsip-prinsip kehidupan, ideologi, politis, dan ekonomi. Itulah menurut tinjauan Bahasa merupakan penziarah yang baik atau hajji mabrur, orang yang tidak pernah mengetahui sejarah Baitullah, khususnya dalam kaitannya dengan nabi Ibrahim tidak akan bisa menjadi peziarah yang baik atau ia tidak akan memperoleh HAJJI MABRUR walaupun setelah hajji ia banyak rejekinya, menjadi kaya, atau amalnya banyak, karena banyaknya orang tidak sedikit yang hancur karena perbuatan amal lainnya, seara sholat dan infaq mungkin mereka baik, tapi secara aqidah dan politik, amalnya ada yang menyebabkan mereka menjadi kafir. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan informasi pengetahuan sejarah dan kemampuan menganalisa realita, semakin tinggi kemampuan mereka dalam menganalisa obyek sejarah, semakin baik amal ziarahnya/hajjinya.

Menurut tinjauan al-Qur’an, tertulis dalam surat Ash-Shoffaat ayat 103-109, berbunyi sebagai berikut :
Spoiler for "surat Ash-Shoffaat ayat 103-109":

Pada ayat tersebut ada dua hal yang prinsip yang berkenaan dengan Ibadah Hajji yaitu 1. Peristiwa penyembelihan seorang Ayah terhadap Anaknya, demi memenuhi perintah Tuhannya; 2. Pahala Allah atas Ibrahim berupa :a. Batalnya pembunuhan, b. Tempat pujian yang baik bagi Ibrahim, c. Allah mengabdikan perisitiwa itu, dengan system, orang-orang yang datang kemudian menirukan berbagai peristiwa besar yang telah dialami Nabi Ibrahim, sebagaimana yang terlihat pada rukun Hajji.

Pada surat Al-Hajj ayat 26-28, kita dapat melihat orientasinya perintah Hajji, berbunyi sebagai berikut :
Spoiler for "surat Al-Hajj ayat 26-28":

Dari ayat tersebut dapat diketahui adanya perintah untuk mempekerjakan hajji/ziarah ke Baitullah, dengan tujuan agar mereka mempersaksikan hal-hal yang terdapat di sekitar Baitullah, dengan demikian mereka akan mengetahui sifat-sifat Allah khususnya yang berkaitan dengan sejarah yang mengisi Baitullah.
Spoiler for "Pembahasan Penutup":

Spoiler for "Kesimpulan":
Diubah oleh udin6067 07-03-2016 04:49
tata604
tien212700
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
2
15.6K
231
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
Spiritual
icon
6.2KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.