bheka
TS
MOD
bheka
Mengenal lebih dalam Kamera Mirrorless.

Banyak yang menanyakan kepada saya mau pilih DSLR atau Kamera Mirrorless? Kedua kamera ini punya fungsi dan kegunaan masing masing, walaupun saat ini kamera mirrorless sudah sama canggihnya dengan kamera DSLR baik kualitas foto maupun fungsinya.
Umumnya sebagian besar orang membeli kamera mirrorless dikarenakan fungsi, buat yang sering traveling memang paling enak memakai kamera mirrorless. Selain ringan, kecil, juga tidak berat. Itulah kenapa saya memakai kamera mirrorless 3 tahun belakangan ini.


Video Keindahan Indonesia dari Aceh Sampai Papua, Video by Barry Kusuma.

Video diatas diambil menggunakan kamera mirrorless.

Ketika pertama kali membeli kamera Mirrorless kita biasanya asik mencoba kamera baru tersebut, cuma masih banyak yang tidak membaca buku manual sehingga bingung terhadap fungsi dari kamera mirrorless karena banyaknya tombol dan fitur. Kamera mirrorless membuat siapa saja gampang memotret, seperti fitur (iA Intellegent auto mode) memudahkan pengguna, dengan mengeset fitur iA ini semua biar kamera yang mengatur dan memudahkan kita untuk mengambil foto terbaik.


Tetapi sebagai fotografer kita juga harus memahami teknik dan fitur fitur yang ada di dalam kamera, pengaturan ini bisa kita baca di manual book sehingga fungsi kamera menjadi lebih optimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memotret dan mencoba kamera mirrorless baru.

Kamera Mirrorless itu tidaklah murah sehingga kita harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin agar kamera bisa menghasilkan foto dengan kualitas optimal. Untuk foto kualitas terbaik sebaiknya kita gunakan pengaturan foto format JPEG kualitas tertinggi Jpeg Fine ukuran file Large. Format RAW juga bisa dipilih untuk kualitas lebih baik. Dalam hal ini kita harus faham perbedaan file foto – format JPEG atau RAW. Jika memilih format RAW pastikan perangkat komputer memiliki software serta spesifikasi memadai supaya konversi RAW ke format standar dapat terbaca.


Setting ISO serendah mungkin dan gunakan high iso jika memang diperlukan. Pada dasarnya semakin rendah iso semakin baik kualitas foto tersebut, namun lensa kit yang sudah ada dikamera membuat pemotretan disaat cahaya kurang maksimal. Sehingga harus mempush iso lebih tinggi mutlak diperlukan pada saat cahaya kurang atau pas memotret dimalam hasi. Setting ISO pada kamera Mirrorless cukup penting mengingat ISO sangat menentukan besaran cahaya yang dibutuhkan oleh kamera untuk menghasilkan foto. Rekomendasi setting kamera Mirrorless bagian ISO umumnya terdiri dari beberapa pilihan.

Setelan ISO tinggi, misalnya 6400 sangat berguna untuk memotret di ruangan atau tempat yang minim pencahayaan. Namun resikonya akan banyak muncul noise (bintik-bintik) pada foto. Sebaliknya untuk setting ISO rendah misalnya 100 atau 200 mampu menghasilkan foto lembut tanpa noise sehingga terlihat jernih. Namun resikonya foto rentan mengalami blur terutama ketika memotret dalam ruangan.


Kartu Memory dengan speed cepat semakin baik. Sebelum mencari kartu memory, saya sarankan untuk membeli kartu memory bertanda Class 10. Selain cepat kartu ini juga direkomendasikan untuk video. Pertama kali buka kartu memori lalu masukkan ke kamera Mirrorless. Selanjutnya format kartu memori akan beberjalan sesuai file yang sudah ditentukan oleh kamera. Untuk rekomendasi setting kamera Mirrorless bagian kartu memori, pertama masuk ke menu utama kamera selanjutnya cari perintah format dan mulailah memotret.


Buat yang belum tahu bentuk kamera mirrorless seperti apa, ini salah satu contoh jenis kamera mirrorless. rata rata bentuk kamera ini kecil dan klasik, kebetulan kamera mirrorless yang saya bawa pada saat traveling adalah Panasonic Lumix GX8 dan lensa 7-14mm (untuk memotret landscape).


Ketika traveling untuk membuat foto dan video travel saya membawa 2 body dan 3 lensa, 1 body untuk backup dan lensa dari rentang 7mm sampai dengan 300mm, nanti saya akan buat thread khusus tentang perlengkapan yang saya bawa apa saja pada saat traveling. agar agan agan bisa punya gambaran kebutuhan travel fotografer dan videografer itu harus dipersiapkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga.

yang tidak kalah pentingnya adalah mengeset White Balance Yang sering saya lakukan adalah mengeset white balance di Auto White Balance, tetapi jika cuaca diluar berbeda dengan yang kita lihat difoto saatnya mengganti white balance. Pengaturan White Balance pada kamera Mirrorless umumnya sangat mempengaruhi akurasi warna pada foto. Karena sering salah atau setting White Balance kurang pas maka akan berdampak cukup signifikan pada hasil foto. Misalnya warna kulit atau baju mungkin terlihat aneh.

Namun semakin kesini, kamera yang kini beredar dipasaran sudah sangat canggih sehingga bisa dipastikan tidak meleset. Untuk sementara kita gunakan Auto White Balance sambil kita mencoba bereksperimen dengan setting White Balance yang lainnya.


Fitur Fokus pada lensa dan kamera. Yang membuat saya betah menggunakan kamera mirrorless karena memudahkan untuk focus, dengan menyentuh layar kamera sudah otomatis focus. Namun secara umum kamera yang sering kita pakai secara otomatis mencari fokus melalui sistem autofocus bawaan kamera. Namun bisa juga melalui sistem manual dengan cara memutar cincin fokus pada lensa.

Kamera semakin canggih dibuat untuk memudahkan kita, salah satu fitur yang menawan di kamera mirrorless adalah auto focus. kita bisa memanfaatkan sistem autofocus (AF) kamera kemudian memilih mode Single AF (One Shot AF / Single Area AF). Pada mode ini secara otomatis lensa akan mengunci fokus di satu titik yang sudah kita tentukan ketika tombol shutter kita pencet separuh. Akurasi sangat penting untuk mendapatkan momen yang baik.


Fitur dan Setting Drive Mode Drive Mode fungsi yang jarang saya pakai, tapi sangat berguna ketika memotret action dan sport. Fungsi Drive Mode yaitu menentukan kecepatan kamera ketika mengambil eksposure. Untuk pemotretan obyek foto biasa umumnya lebih cocok menggunakan Mode Single Shot. Pilihan mode ini, setiap kali kita memencet tombol shutter secara penuh, kamera akan menghasilkan foto.

Sebuah kamera canggih akan lebih maksimal manfaatnya kalau kita memang menggunakannya secara maksimal, caranya ya membaca buku manual. Secara teknis kita sudah paham tinggal bagaimana kita melatih feeling kita untuk menciptakan sebuah momen, apapun alatnya yang terpenting adalah man behind the gun.




Video Keindahan Indonesia dari Aceh Sampai Papua, Video by Barry Kusuma.

Video diatas diambil menggunakan kamera mirrorless.



Buat agan yang pingin lihat Video lainnya tentang destinasi tersembunyi di Indonesia, silahkan klik Youtubenya TS (Barry Kusuma) dan jangan lupa di subscribe juga gan youtube.com/BarryKusuma


Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com(Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
Diubah oleh bheka 11-03-2016 02:35
0
106.7K
483
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
Domestik
icon
10.2KThread3.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.