blueminderAvatar border
TS
blueminder
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016

Wilayah Indonesia memeroleh kesempatan istimewa berupa fenomena alam Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Ada beberapa wilayah yang bakal dilintasi oleh bayangan Gerhana Matahari Total, meliputi Palembang, Belitung, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Palu, Ternate, Bangka, Palangkaraya, Poso, serta Halmahera.

Berhubung kaskuser aktivis dari Balikpapan lagi sibuk-sibuknya mendekati hari H untuk acara kimpoy-nya, maka saya mewakili Kaskuser Balikpapan dan Kaskus Community untuk mendokumentasikan kegiatan dan aktivitas menyambut gerhana matahari total di Balikpapan pada tanggal 9 Maret 2016 dalam bentuk thread, yang nanti akan dijadikan HT oleh Officer Kaskus Community, Bang Ipul Jamil Hap Hap Hap. Jika ada informasi tambahan, silahkan pm saya untuk memindahkannya ke page one.

Balikpapan Siapkan Wisata Gerhana Matahari Total

Quote:


GMT Balikpapan: Jadwal Waktu dan Durasi Gerhana Matahari Total 2016 di Balikpapan

Quote:

Jadi di Kaltim, GMT tidak hanya di Balikpapan saja, karena Penajam dan Tana Paser pun juga kebagian dilewati GMT. Jika ada kaskuser Penajam dan Tana Paser yang juga mendokumentasikan GMT di masing-masing kota, mohon di share di mari juga ya.
Spoiler for waktu GMT:


BMKG Prediksi Cuaca di Balikpapan Berawan saat Gerhana Matahari Total

Quote:

Perkiraan cuaca untuk Balikpapan besok adalah berawan. Namun jika hujan pun tak perlu berduka, sambut dengan suka cita karena hal itu adalah rejeki dari Maha Kuasa. Seperti yang kita tahu, kondisi di Balikpapan pun sekarang sedang krisis air yang beralasan. Terlalu sering hujan ditunda turun demi euforia Ulang Tahun Kota yang (katanya) meriah

Spoiler for gerhanabpn:

Spoiler for gerhanabpn:


Balikpapan Meriah Menyambut Gerhana Matahari

Quote:


SAKSIKAN SIARAN LANGSUNG GERHANA MATAHARI TOTAL TANGGAL 9 MARET 2016 DI BALIKPAPAN MELALUI STREAMING DI LINK http://media.bmkg.go.id/gmt.bmkg?s=gmt_balikpapan


Menyambut GMT di Balikpapan, kacamata gerhana di Gramedia ludes dibeli warga



Oke, jadi saya akan rangkum. Kalau acara mengamati GMT yang termasuk salah satu dari agenda HUT Balikpapan akan dibagi menjadi dua lokasi yaitu :
1. Di pantai Manggar
Selain mengamati GMT, di Pantai Manggar akan diadakan Pesta laut yang menyuguhkan aneka kuliner tradisional asli Kalimantan dan olahraga khas masyarakat lokal, lomba perahu hias dan perahu naga. Juga akan tampil Budi Do Re Mi Fa Sol La Si Do yang katanya sih dia artis ibukota, whatever lah. Dan mungkin hiburan lainnya akan dilengkapi dengan hiburan mainstream seperti biasa, kalo gak dangdut goyang seronok atau gak yang acara gebuk-gebuk rebana.
2. Di Lapangan Merdeka dan Kafe Kilang Pertamina Benua Patra
Spoiler for souljah:

Selain mengamati GMT, Di Kilang Mandiri akan dimeriahkan hiburan‑hiburan, antara lain tarian Paraga dari Gowa, Sulawesi Selatan, parade fashion show Duta Wisata , hingga band Souljah. Tak hanya itu, pemkot melibatkan masyarakat memecahkan rekor Muri memakan kue mantau sebanyak 2.119. Kemungkinan acara Kampoeng Seni yang seharusnya diadakan tanggal 28 Februari 2016, namun tidak jadi dan sepertinya di jadwal ulang untuk acara penyambutan GMT. Apa tariannya hanya tarian Paraga dari Gowa, Sulawesi Selatan? Entahlah. Semoga ada tarian tradional yang mewakili daerah Kalimantan Timur. Dan nanti juga melibatkan paguyuban‑paguyuban untuk mengisi kegiatan seni selama GMT berlangsung. Antara lain kuda lumping, reog, dan acara komunitas lokal yang terlibat. Dan mungkin saja nanti dimeriahkan lagi-lagi dangdut seronok atau acara gebuk-gebuk rebana. Dikabarkan Awang Faroek mau ikut berbaur dengan warga di Heliped Benua Patra, whatever lah.
Disporabudpar memprediksi jumlah wisatawan domestik sekitar 150 ribu, sedangkan wisatawan asing bisa mencapai 1.500 orang, belum lagi jumlah warga lokal, namun kacamata gerhana hanya dibagikan terbatas sejumlah 1000 kacamata di masing-masing lokasi. Bau-baunya chaos rebutan kacamata emoticon-Big Grin, gimana ni Pemkot? di TKP juga disediakan 8 unit teleskop untuk memantau detik‑detik terjadinya GMT.


Gerhana Matahari Total di Balikpapan akan terlihat pada 4 kontak. Kontak pertama yaitu pada jam 07.25, kontak ke dua jam 08.33, kontak ke tiga jam 08.34, dan kontak ke empat jam 09.35. Durasi totalitas gerhana matahari tsb adalah 1 menit 9 detik dan ketinggian matahari saat totalitas berada di 32,8 derajat.
Spoiler for gerhanabpn:

Kontak 1, posisi Bulan sudah mendekati garis antara matahari & Bumi. Piringan Bulan hampir menutup piringan matahari
Spoiler for kontak1:

Kontak 2, posisi Bulan sudah berada di antara matahari & Bumi. Cahaya matahari hampir seluruhnya tertutup oleh Bulan
Spoiler for kontak2:

Kontak 3, posisi Bulan bergeser sehingga cahaya matahari yang sebelumnya hampir tertutup mulai tampak lagi
Spoiler for kontak3:

Kontak 4, posisi Bulan semakin menjauhi garis antara matahari & Bumi. Cahaya matahari sudah tidak tertutup oleh Bulan
Spoiler for kontak4:


Namun di media sosial sedang ramai menggunjingkan acara GMT di Balikpapan hanya karena 1 postingan dari 1CAK
Spoiler for Postingan 1cak:

Dari postingan tersebut ada yang merespon dan menghina sarkasme dgn sudut pandang keagamaan saja. Walaupun saya sama-sama tidak suka dengan acara yang disajikan oleh seksi acara, namun please hargai dan kagumi fenomena luar angkasa yang terjadi sangat langka yang hanya bisa terjadi lagi sekitar 33 tahun sekali. Dengan menghargai dan mengagumi fenomena tersebut, kita akan mengetahui kebesaran kekuasaan-Nya. Tetapi tak perlu khawatir, karena di Balikpapan sangat banyak yang mengadakan acara shalat gerhana berjamaah. Berikut masjid-masjid yang mengadakan acara shalat gerhana berjamaah yang berhasil saya kumpulkan
Spoiler for Tempat Shalat Gerhana Berjamaah:



Bonus : Trik memotret gerhana

Spoiler for Trik memotret gerhana:


update pembagian kacamata gerhana

Quote:


Dokumentasi lainnya besok menyusul.
Diubah oleh blueminder 08-03-2016 21:59
nona212
nona212 memberi reputasi
1
63.8K
297
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kalimantan Timur
Kalimantan Timur
icon
983Thread472Anggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.